Mitos Hantu Lokal Vs Hantu Luar Negeri
Loading...
 
posted on WOW Keren
45,841 views
Tweet Share
Mitos Hantu Lokal Vs Hantu Luar Negeri

Dunia mitos bukan hanya monopoli orang-orang Indonesia. Di Negara Asing pun beredar kisah-kisah hantu yang membuat bulu kuduk berdiri.

TNGS akan mengulas hantu-hantu Negara Asing dan dalam Negeri. Lalu, hantu mana yang paling menyeramkan? Hantu Luar Negeri atau Hantu Lokal?.

Berdasarkan Jumlah dan Varian Hantu

Hantu Indonesia tampaknya lebih banyak dan bervariasi dibanding hantu Asing. Sebut saja pocong, tuyul, kuntilanak, genderuwo, leak dan masih banyak lagi. Kalau hantu luar negeri, seputar mahluk penghisap darah dan manusia jadi-jadian atau bahasa kerennya siluman. Berdasarkan jumlah dan varian hantu. Tentunya hantu Lokal lah pemenangnya.

Berdasarkan Mitos Tentang Kemunculannya

Mitos-mitos yang beredar di masyarakat akan kemunculan mahluk gaib ini tentu berbeda-beda. Seperti Drakula diercaya berasal dari seorang bangsawan penghisap darah dari kota Transilvania, Rumania. Sementara vampir mulai populer pada awal abad ke 18 di Eropa Barat dari daerah Balkan dan Eropa Timur.
Untuk hantu Indonesia, sebut saja kuntilanak, berasal dari kata Kuntil dan Anak. Jadi kalau diartikan secara harfiah, kuntilanak adalah mahluk gaib yang suka menguntil anak-anak. Beberapa orang percaya bahwa kuntilanak berasal dari seorang perempuan yang terpaksa meninggal dan kehilangan anaknya karena sebuah perbuatan keji. Lain halnya dengan Leak, dalam mitologi Bali, Leak adalah penyihir jahat. Le artinya penyihir dan Ak artinya jahat. Kalau gendruwo dipercaya berasal dari arwah seseorang yang meninggal secara tidak sempurna.

Target Incaran

Pada umumnya hantu lokal dan hantu asing memiliki incaran atau target operasi masing-masing dan keluar di malam hari, seperti drakula yang mengincar darah manusia dan hewan. Kalau vampir umumnya menyamar sebagai kelelawar dan kemudian menghisap darah seseorang yang sedang tertidur dengan taringnya yang panjang-panjang.
Beda halnya dengan target incaran hantu Indonesia. Hantu di Indonesia lebih milih-milih incarannya seperti Kuntilanak, biasanya mengganggu perempuan yang sedang hamil. Begitu pula dengan Leak yang mengincar ibu-ibu hamil dan kemudian menghisap darah janin yang masih berada dalam kandungan. Kalau gendruwo lebih memilih menggoda istri-istri kesepian yang ditinggal suami atau para janda, sampai-sampai melakukan hubungan seksual.

Perwujudan

Drakula umumnya bertubuh tinggi, mata yang bersinar, berkulit pucat serta mengenakan jas lengkap dengan sarung tangan. Sedangka vampir digambarkan berpenampilan rapi, elegan dan mempunyai taring yang panjang. Secara keseluruhan, hantu Asing terlihat lebih berkelas, contohnya vampir pada film Twilight, sangat berbanding terbalik dengan hantu-hantu kita yang rupanya lebih aneh-aneh. Seperti pocong yang berwajah pucat dan mata yang kosong dengan kain kafan membalut sekujur tubuhnya. Lalu Gendruwo berwujud mirip kera, berbadan besar dan kekar, ditambahi rambut yang memenuhi seluruh bagian tubuhnya. Dan leak berupa kepala manusia dan organ-organ tubuh yang masih menggantung di kepala.

Itulah beberapa mitos tentang hantu lokal dan hantu luar negeri yang tentu sama-sama bikin bulu kuduk berdiri. Dilihat dari beberapa kategori di atas, tentu Indonesia lebih mendominasi mitos-mitos mahluk gaib dari pada orang-orang luar negeri yang lebih menggambarkan hantu sebagai mahluk buas penghisap darah manusia.

Ayo,,, kira-kira hantu mana yang lebih menakutkan. Hantu dari dalam negeri, atau hantu dari luar negeri?

Trending Now

10 Hal yang Bikin Netizen Indonesia Unik

Pulsker, tahukah kamu bahwa netizen Indonesia terkenal unik? Oh iya, netizen sendiri artinya kelompok masyarakat yang telah mengenal dan akt
97,613 views 657 shares

Jangan Heran Kalau Orang Korea,China,Jepang Cantiknya Luar Biasa

Wajah-wajah cantik artis Korea emang bikin fansnya jatuh cinta, apalagi di Indonesia banyak sekali penggemar boyband/girlband Korea dengan s
38,020 views 1,342 shares

Hati-Hati Pas Selfie! Ini 9 Foto Selfie di Momen Terakhir Hidup!

Hai Pulsker! Kegiatan selfie makin berkembang nih beberapa taun ke belakang. Banyak orang ngelakuin selfie dengan tujuan ngeksis di sosial m
84,491 views 1,827 shares
TRANSFORMASI MAKE-UP Paling LUCU dan GOKIL dalam Sejarah!

TRANSFORMASI MAKE-UP Paling LUCU dan GOKIL dalam Sejarah!

Hola Pulsker! udah sering yak kalian liat transformasi makeup yang ngerubah wajah orang yang biasa aja jadi luar binasa cantik atau ganteng
48,226 views 317 shares

Ini yang Dilakuin Anak Kostan Di Luar Negeri Kalo Lagi Nggak Punya Duit..So Creative!

Menjadi mahasiswa yang jauh dari rumah atau lebih gampangnya menjadi anak kost memang tidak selamanya hidup enak dan tinggal tunggu kiriman
64,266 views 2,161 shares

PARAH! Kasih Contekan Anaknya, Orang Tua Manjat Dinding Sekolah

MIRIS, mungkin itulah kata-kata yang akan diucapkan ketika mendengar aksi para orang tua ini. Bagaimana tidak, jika seharusnya para orang tu
2,269 views 228 shares
Leh Ughaaa... 25 Orang Kurang Kerjaan Yang Kegiatannya Bikin Geregetan !

Leh Ughaaa... 25 Orang Kurang Kerjaan Yang Kegiatannya Bikin Geregetan !

Banyak orang memiliki waktu terlalu luang, hingga mereka disebut kurang kerjaan. Biasanya untuk mengisi waktunya, mereka akan emmbuat suartu
30,227 views 2 shares
[20 FOTO] BOOMING Selfie FISH GAPE Gantikan Selfie Bibir Monyong

[20 FOTO] BOOMING Selfie FISH GAPE Gantikan Selfie Bibir Monyong

Beberapa tahun ini masih ngetren gaya selfie dengan gaya bibir dimonyongkan ala wajah bebek (duck face), eittss tunggu dulu! Karena tahun in
22,985 views 336 shares
20 Meme KOCAK di Saat Hujan

20 Meme KOCAK di Saat Hujan

Wah boleh dong PULSKER kita tertawa sejenak sambil menikmati musim hujan ini! Daripada kita cuma berkeluh kesah dengan hujan yang mengguyur
256,063 views 706 shares
ORANG-ORANG Dengan HEWAN PELIHARAAN Paling ANEH dan GAK LAZIM!

ORANG-ORANG Dengan HEWAN PELIHARAAN Paling ANEH dan GAK LAZIM!

punya hewan peliharaan gaes? kucing? anjing? ikan? burung? kelinci? wah masih lazim ya, umumnya hewan-hewan peliharaannya ya itu deh.. tapi
58,398 views 546 shares
Terbaru

Tradisi Aneh Valentine Ini Benar-Benar Ada Di Berbagai Penjuru Dunia!

Keunikan tradisi valentine yang ada di berbagai negara di dunia Sebentar lagi hari Kasih Sayang atau Valentine Day's akan segera tiba, per
5 views 0 shares

Kartu Ucapan Valentine Paling Romantis

Valentine selalu saja menarik untuk dinanti. Bakal ada banyak cerita seru di hari penuh cinta dan kasih sayang ini. Salah satu cara menunjuk
26 views 0 shares

Republic Furniture Jepara

Directory of Jepara Republic Indonesia Teak Furniture Wholesaler, Exporters, Suppliers and Manufacturer. Indonesian factory market reference
6 views 0 shares

Misteri Sang Cupid Dewa Asmara

Cupid adalah salah satu simbol dari cinta yang banyak digunakan terutama ketika hari valentine mendekat seperti saat ini. Cupid biasanya dit
52 views 0 shares

COC Kamu Bisa Kayak gini gak?

Kalian pasti pada ngerti apa itu COC, Clash of Clans merupakan game paling masyhur kali ini, biasanya memakai bahasa inggris, namun apa jadi
164 views 0 shares
Game NDS Role Playing Game (RPG) Yang Seru

Game NDS Role Playing Game (RPG) Yang Seru

Kali ini tekangame menyajikan game NDS Role Playing Game disingkat RPG, memang tidak semua ditulis karena sangat banyak tapi tekan game meny
34 views 0 shares
Prambanan

Prambanan

LEGENDA CANDI PRAMBANAN   Di dekat kota Yogyakarta terdapat candi Hindu yang paling indah di Indonesia. Candi ini dibangun dalam abad ke
56 views 6 shares

Daerah yang Dilintasi Gerhana Matahari Total

Gerhana matahari total itu akan terjadi 9 Maret 2016. Ini kesempatan bagus sekali bagi masyarakat untuk melihat fenomena itu di tempat yang
167 views 1 shares

Bingung Cari Penghasilan Tambahan? Coba Bisnis Ini, Tanpa Modal, Minim Resiko & Gak Pake Ribet

Seiring dengan rutinitas kerja sehari-hari, pernahkah anda merasa bahwa penghasilan yang anda dapatkan dari hasil kerja tersebut kian hari k
189 views 5 shares

[INFO PENTING]: 7 Tips Ampuh membeli rumah... !!!

Siapapun anda, jangan sampai mengalami masalah karena tidak berhati-hati saat membeli rumah.   Selengkapnya di bawah ini : http://bangyo
55 views 0 shares