×

Orang Indonesia yang Menjadi Perdana Menteri Malaysia

Hampir 80% keturunan Melayu di Malaysia adalah keturunan orang Indonesia. Mereka berasal dari berbagai wilayah, seperti Aceh, Padang, Sumatera Utara, Jambi, Palembang, Jawa, Madura, Bawean dan Bugis.

Kesuksesan Malaysia dibangun juga oleh orang-orang perantauan asal Indonesia yang turut menyulap negara yang bergantung pada karet itu menjadi negera maju dengan topangan
sektor jasanya yang cemerlang, seperti pariwisata, perbankan, serta sektor pendidikan.

Pembangunan gedung Petronas juga melibatkan orang-orang Indonesia. Presiden Soeharto pernah mengirim ribuan guru, dokter, dan perawat ke Malaysia pada awal tahun 1970-an. Banyak pula dosen dari Indonesia yang diminta mengajar di Malaysia.

Ada banyak orang Indonesia dan keturunannya yang akhirnya sukses di Malaysia. Bintang film legendaris Malaysia, P. Ramlee, misalnya, adalah anak Aceh yang sukses di Malaysia. Ada lagi penyanyi slow rock yang beralih menjadi penyanyi dangdut, yakni Iwan, adalah orang Medan. Penyanyi lainnya yaitu Mawi, merupakan keturunan orang Jawa.

Rais Yatim adalah Menteri Penerangan dan Kebudayaan Malaysia yang menghabiskan masa kecilnya di Sawahlunto, Sumatera Barat. Menteri Pertahanan Malaysia yang bernama Ahmad Zahid Hamidi mempunyai kakek yang berasal dari Yogyakarta. Bahkan, bahasa Jawanya pun masih terdenganr sangat medhok.

Beberapa sultan di negara bagian juga keturunan Indonesia, contohnya Sultan di Johor Baru dan Selangor adalah keturunan Bugis. Bahkan, kebudayaan di suatu wilayah sangat dekat dengan kebudayaan Sumatera Barat, yang memang dibangun oleh orang Minang.

Boleh jadi, tidak banyak yang tahu bahwa PM Najib Tun Abdul Razak adalah Perdana Menteri Malaysia VI yang merupakan keturunan orang Indonesia. Keluarganya berasal dari Gowa, Sulawesi, dan menetap di pahang. Sebelumnya, ayahnya juga pernah menjadi Perdana Menteri Malaysia II.

Nah, sahabat, orang Malaysia saja bisa sukses. Itu semua karena usaha keras dan tentunya harus ada keprihatinan dan rendah hati. Kita sebagai bangsa Indonesia tidak boleh kalah. Kita sebagai bangsa Indonesia harus selalu membuat nama Indonesia bersinar di dunia demi kebaikan kita semua.

Sekian info yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat kebaikan

6 people WOW

Fachrul KiNi HilaNg 30-05-2013 09:55
Nensi Widiawati 13-03-2013 20:04
Tiara.V.RI 13-03-2013 17:02
Aurellia Amanda 12-03-2013 14:45
top Kembali ke atas