Kumpulan soal-soal Tes IQ 2013
Loading...
 
posted on WOW Keren
17,224 views
Kumpulan soal-soal Tes IQ 2013

Pada posting kali ini saya akan share tentang Kumpulan soal-soal Tes IQ 2013, masih ingat dengan posting sebelumnya tentang Cara Tes IQ Online dan Offline maka kali ini saya akan membagikan soal langsung pada blog, dan ingat jangan membuka jawaban terlebih dahulu, Berikut soalnya :

Soal 1

Ada seorang pria yang tinggal di lantai paling atas di sebuah apartemen yang sangat tinggi. Setiap hari ia menggunakan lift menuju ke lantai dasar, meninggalkan apartemen itu lalu pergi bekerja.

Sekembalinya dari kerja, ia hanya bisa naik ke separuh perjalanan saja, sisanya ia harus berjalan kaki menggunakan tangga, kecuali hari sedang hujan. Mengapa ? (Ini mungkin adalah teka-teki klasik yang paling terkenal dari sekian banyak teka-teki berpikir lateral yang ada. Meski terdapat banyak kemungkinan jawaban yang sesuai dengan kondisi-kondisi di atas, namun hanya ada sebuah jawaban "resmi" yang benar-benar memuaskan.

Soal 2

Seorang pria menggunakan pakaian berwarna serba hitam, celana hitam, sepatu hitam, kaos kaki hitam, sarung tangan hitam, dan kacamata hitam. Ia berjalan di sebuah lorong hitam. Seluruh lampu di lorong itu padam total. Kemudian, sebuah kendaraan berwarna hitam dengan lampu yang juga padam meluncur memasuki lorong. Namun tepat di depan orang itu kendaraan berhenti. Bagaimana mungkin pengendara kendaraan bisa melihat lelaki itu ?

Soal 3

Mengapa lubang penutup riol jalan tidak berbentuk persegi, melainkan bulat ? (Sebenarnya ini lebih merupakan pertanyaan logika ketimbang lateral, namun pertanyaan ini adalah teka-teki menarik yang bisa dipecahkan menggunakan tehnik berpikir lateral. Sebuah perusahaan perangkat lunak terkenal diketahui menggunakannya sebagai pertanyaan dalam wawancara dengan calon karyawan mereka.)

Soal 4

Seorang pria pergi ke sebuah pesta dan minum beberapa gelas punch (semacam minuman campuran dengan es batu). Tak lama kemudian ia pergi meninggalkan pesta. Semua orang lain dalam pesta itu yang juga minum punch meninggal karena keracunan. Mengapa pria tadi tidak ikut meninggal ?

Soal 5

Seorang pria masuk ke sebuah bar dan meminta segelas air putih pada bartender. Segera saja bartender itu mengeluarkan senapan dan menondongkannya pada pria itu. Pria itu malah mengucapkan "terima kasih" lalu meninggalkan bar. (Teka-teki ini dianggap sebagai teka-teki terbaik dalam kategorinya. Jawabannya benar-benar sederhana, mengejutkan dan memuaskan. Kebanyakan orang berusaha keras untuk memecahkan teka-teki ini sebelum mereka menyukai jawaban memuaskan yang diberikan. Untuk mengukur kemampuan anda, silakan periksa jawabannya di bawah ini.

Soal 6


Seorang importir menerima kiriman barang dari luar negeri. Ia lupa berapa banyak barang yang ia pesan dan berapa harga masing-masing barang tersebut. Ia hanya ingat bahwa total harga barang tersebut adalah 1.111.111.

Berapa banyak barang yang ia pesan dan berapa harga masing-masing barang tersebut ?

Soal 7

Ada sepuluh tumpuk batang emas, dan masing-masing tumpuk terdiri dari sepuluh batang emas. Setiap batang emas asli memiliki berat 1 Kg, dan setiap batang emas campuran memiliki berat kurang 1 gram dari emas yang asli.

Salah satu tumpukan adalah tumpukan batang emas yang semuanya batangan emas campuran.

Berapa kali penimbangan yang tercepat yang dapat dilakukan ? Ingat bahwa ada 10 tumpukan dengan10 batang emas pada masing-masing tumpukan, jadi semuanya ada 100 batang emas.

Soal 8

Jika Anda mempunyai 5 pasang kaus kaki berwarna hitam, dan 7 pasang kaus kaki berwarna abu-abu, dan semuanya tersimpan menjadi satu dalam satu tempat. Berapa kali Anda harus mengambil agar Anda mendapatkan sepasang kaus kaki yang berwarna sama ? Ini adalah pertanyaan termudah yang seharusnya bisa Anda jawab dengan benar.

Soal 9

Ini adalah salah satu strategi perang jaman dulu yang masih sering ditiru oleh hampir semua negara. Asal strategi ini dari daratan China. Berikut adalah simulasinya.

Anda menjadi komandan perang yang membawahi 3 (tiga) buah barisan pasukan dengan kekuatan yang berbeda-beda, yang pertama sangat kuat, yang kedua sedang, dan yang ketiga lemah.

Anda juga tahu bahwa kekuatan musuh pun seperti Anda terdiri dari tiga barisan pasukan, yang kuat, sedang dan lemah.

Dapatkah Anda memenangkan perang tersebut ?

Dan Berikut Jawabanya :

Soal 1

Pria itu sangat, sangat pendek dan hanya bisa menjangkau tombol lantai separuh perjalanan ke atas gedung apartemennya. Tetapi, saat hari hujan ia membawa payung yang bisa ia gunakan untuk menekan tombol yang paling atas.

Soal 2

Saat itu adalah siang hari.

Soal 3

Tutup riol yang berbentuk persegi dapat tergelincir jatuh ke dalam riol secara diagonal. Sedangkan tutup riol yang berbentuk bulat tidak akan bisa tergelincir jatuh ke dalam lubang. Demi keselamatan dan kepraktisan, semua tutup riol haruslah bulat.

Soal 4

Racun yang ada dalam minuman punch itu berasal dari balok-balok es. Ketika pria itu meminum punch, es-es itu masih membeku dengan sempurna. Namun, sedikit demi sedikit meleleh dan meracuni minuman punch seluruh tamu lainnya.

Soal 5

Pria itu sedang kecegukan (kesedakan). Bartender mengetahuinya ketika pria itu mengatakan permintaannya. Bartender segera mengeluarkan senapan untuk mengejutkan pria itu. Ternyata apa yang dilakukannya berhasil menyembuhkan kecegukan pria itu. Maka pria itu tak lagi memerlukan air putih. (Ini adalah teka-teki yang sederhana saja namun sulit untuk dijawab. Ini adalah contoh sempurna atas sebuah situasi yang kelihatannya aneh dan tak masuk akal ternyata mempunyai penjelasan yang jelas dan sederhana. Anehnya teka-teki klasik ini tampaknya berlaku di budaya dan bahasa yang berbeda-beda.)

Soal 6

Barang yang dipesan sebanyak 239 buah dengan harga 4649 perbuah.

Soal 7

Cukup satu kali penimbangan. Caranya ambil satu batang emas dari tumpukan pertama, ambil dua batang emas dari tumpukan kedua, ambil tiga batang emas dari tumpukan ketiga, dan seterusnya sampai tumpukan kesepuluh. Total batangan emas yang ditimbang adalah 1+2+3+4+5+6+7+8+9+10 = 55. Seharusnya total berat untuk 55 batang emas tersebut adalah 55 Kg. Jika beratnya ternyata kurang 1 gram, berarti tumpukan pertama adalah tumpukan batangan emas campuran. Jika beratnya berkurang 2 gram, berarti tumpukan kedua adalah tumpukan batangan emas campuran, dan seterusnya.

Soal 8

Sobat cukup mengambil 3 (tiga) kali.

Soal 9

Anda dapat menang dalam perang jika Anda menggunakan strategi berikut. Pertama, Adu barisan lemah Anda dengan barisan kuat musuh (Anda kalah). Kedua adu barisan sedang Anda dengan barisan lemah musuh (Anda menang). ketiga adu barisan kuat Anda dengan barisan sedang musuh (Anda menang). Anda akan kalah sekali dan menang dua kali.

Gimana berapa pertanyaan yang dapat sobat jawab ?, Sekian dari saya semoga menambah pengetahuan, dan bermanfaat :)

Sumber : http://www.pram-software.com/2013/04/kumpulan-soal-soal-tes-iq-2013.html

Trending Now
5 Hal Seru yang Bisa Kamu Lakukan Untuk Menyambut Hari Kemerdekaan

5 Hal Seru yang Bisa Kamu Lakukan Untuk Menyambut Hari Kemerdekaan

Bulan Agustus adalah bulan yang istimewa bagi negara kita, Indonesia. Pasalnya, setiap tahun pada bulan Agustus kita pasti memperingati Hari
3,863 views 3,274 shares
15 Foto Keren Ini Benar-Benar Nyata Tanpa Photoshop Lho!

15 Foto 'Keren' Ini Benar-Benar Nyata Tanpa Photoshop Lho!

Nggak perlu jadi fotografer profesional untuk mengambil gambar yang unik, keren dan menarik. Kamu juga bisa jadi fotografer terbaik dunia de
55,152 views 2,081 shares
Potret Masa Lalu Adolf Hitler, Sang Diktator Jerman di Perang Dunia II

Potret Masa Lalu Adolf Hitler, Sang Diktator Jerman di Perang Dunia II

Sejarah dunia tidak terlepas dari peristiwa besar yang melanda umat umat manusia dan hancurnya harta benda, yakni Perang Dunia II. Perang ya
2,497 views 731 shares
10 Kelakuan Kocak Jomblo Diluar Nalar Yang Bikin Kita Ngakak Online!

10 Kelakuan Kocak Jomblo Diluar Nalar Yang Bikin Kita Ngakak Online!

Jomblo adalah status yang sangat melekat pada mereka-mereka yang nggak punya pasangan. Seseorang yang berstatus jomblo ini terkadang selalu
17,452 views 3,617 shares
Foto Langka Daftar Menu Makanan yang Ada di Restoran Kapal Titanic

Foto Langka Daftar Menu Makanan yang Ada di Restoran Kapal Titanic

Sekitar 105 tahun silam, terjadi peristiwa paling bersejarah dalam dunia pelayaran dunia Pulsker. Yakni tenggelamnya kapal RMS Titanic, atau
1,801 views 433 shares
Beginilah Tampak 9 Tokoh Kartun Ketika Mereka Beranjak Dewasa

Beginilah Tampak 9 Tokoh Kartun Ketika Mereka Beranjak Dewasa

Pulsker suka nonton kartun ga waktu masih kecil? Jangan-jangan sampe sekarang masih suka nonton yaa? Sama dong! Saking seringnya nonton kart
321,469 views 30,257 shares
10 Foto Bentuk Sepeda Dari Sederhana-Tradisional Hingga Futuristik-Modern

10 Foto Bentuk Sepeda Dari Sederhana-Tradisional Hingga Futuristik-Modern

Sepeda merupakan kendaraan alternatif bagi masyarakt perkotaan untuk menghindari macet. Selain harganya yang ekonomis, bersepeda juga dapat
6,965 views 1,217 shares
10 Foto Kerennya Momen Saat Efek Cahaya Seakan Membekas!

10 Foto Kerennya Momen Saat Efek Cahaya Seakan Membekas!

Fotografi seringkali menggunakan model berupa makhluk hidup ataupun benda mati. Namun bagaimana jika kali ini model yang digunakan adalah ca
5,752 views 784 shares
Beragam Benda yang Sering Kita Gunakan Tapi Belum Paham Namanya

Beragam Benda yang Sering Kita Gunakan Tapi Belum Paham Namanya

Kalau mau kita urut nih, ada banyak banget benda-benda yang sering kita gunakan Pulsker. Mulai dari yang sederhana sampai yang rumit banget.
11,831 views 3,095 shares
Tokoh Animasi Hewan Ini Diubah Dalam Bentuk Manusia

Tokoh Animasi Hewan Ini Diubah Dalam Bentuk Manusia

Buat kamu yang suka nonton film kartun atau animasi, pasti udah tahu kalau sebagaian karakternya adalah hewan atau makhluk abstrak seperti S
147,887 views 10,878 shares