Menguak Misteri Keberadaan Ratu Kidul
Loading...
 
posted on WOW Keren
17,462 views
Menguak Misteri Keberadaan Ratu Kidul

Kanjeng Ratu Kidul adalah sosok kontroversial. Keberadaan dan sosoknya yang misterius kerap dinafikan sekaligus dicari-cari orang.

Kontroversi ini disebabkan Kanjeng Ratu Kidul adalah makhluk halus yang hidup di alam limunan (gaib) sehigga sukar untuk membuktikanya secara ilmiah dan rasional.

Meskipun demikian, bagi masyarakat Jawa, sosok Kanjeng Ratu Kidul merupakan simbol yang hidup di tengah-tengah budaya. Riwayat legendanya diteruskan dari generasi ke generasi seiring dengan perkembangan sejarah dan budaya Jawa. Banyak versi tentang kisah Kanjeng Ratu Kidul, yang umumya selalu diceritakan melalui cerita lisan. Seperti kisah perkawinan gaib Kanjeng Ratu Kidul dengan panembahan senopati hingga keturunan-keturunannya.

Buku Kanjeng Ratu Kidul dalam Perspektif Islam Jawa ini, mengupas Kanjeng Ratu Kidul dari perspektif islam Jawa. Dimana ia dihidupkan dan dielu-elukan masyarakat Jawa hingga sosoknya begitu melegenda di tengah-tengah masyarakat Jawa pada umumya.

Kanjeng Ratu Kidul merupakan bagian dari fenomena alam gaib. Walaupun ia bukanlah satu-satunya makhluk gaib yang masuk dalam kerangka rukun keimanan bagi agama islam, namun ia adalah salah satu dari eksistensi barzakhi serta ruhi yang termasuk dalam dimensi kegaiban. Dalam pandangan orang jawa, Kanjeng Ratu Kidul merupakan bentuk kesadaran tentang adanya kehidupan lain dibalik kehidupan jasmani.

Oleh karenanya, keyakinan terhadap eksistensi dan posisnya oleh orang jawa dihayati sebagai salah satu wujud keyakinan terhadap alam dan makhluk halus (gaib), sebagaimana keyakinan terhadap malaikat, jin, roh dan sebagainya.

Maka yang perlu dibenahi adalah konteks aplikasi dari keyakinannya yang membutuhkan kerja keagamaan untuk meluruskan beberapa hal yang masih bengkok dalam aspek keberagamaan. Misalnya, kerjasama dengan jin, menggunakan jasa dari jin dan roh yang sesat, jelas hal tersebut dilarang baik oleh agama maupun dalam sistem keyakinan orang Jawa.

Tentu saja dalam beberapa hal tetap terdapat konteks yang menjadi kontroversi, terutama jika dilihat dalam perspektif keagamaan. Dalam hal ini, dibutuhkan kearifan dan saling penghargaan terhadap adanya perbedaan pendapat, keyakinan dan ekspresi keagamaan masing-masing. Jika dilihat dari perspektif sufisme, eksistensi Kanjeng Ratu Kidul adalah suatu hal yang biasa-biasa saja, yakni sebagai makhluk yang mendiami nomena dibalik alam yang kasat mata.

Adapun untuk kalangan masyarakat Jawa yang masih “awam”, eksistensi Kanjeng Ratu Kidul merupakan salah satu bentuk keyakinan adanya dimensi alam halus, yang haru disikapi dengan cara “pergaulan yang sehat dan baik”, yakni sebagai wujud saling pengertian tentang eksistensi masing-masing, keduanya dalam kosmos ini. Menurut orang Jawa, jika keberadaan makhluk halus dihargai maka mereka juga akan menghargai eksistensi manusia serta merasa ikut mewujudkan kebaikan bagi alam dan eksistensi manusia.

Buku ini mencoba membedah berbagai aspek tentang eksistensi Kanjeng Ratu Kidul, dari aspek geneologi keyakinan, asal usul Kanjeng Ratu Kidul, hubungan khusus antara Kanjeng Ratu Kidul dengan para raja di Yogyakarta dan Surakarta, rahasia mistik dan makna spiritual dari berbagai ritual yang dilaksanakan masyarakat yang dikaitkan dengan eksistensi Kanjeng Ratu Kidul, serta kaitan antara keyakinan terhadap Kanjeng Ratu Kidul dengan jalan mistik dan makrifat.
Dengan demikian, dapat dinyatakan bahwa dalam konteks ikonografi dan simbolisme spiritual, tokoh Kanjeng Ratu Kidul tidak terpisah dari pola ajaran kemakrifatan manunggaling kawula gusti dari kalangan muslim Jawa.

Trending Now
7 Tips Menikmati Makanan Pedas Tanpa Takut Kepedasan, Bau Mulut dan Panas Dalam

7 Tips Menikmati Makanan Pedas Tanpa Takut Kepedasan, Bau Mulut dan Panas Dalam

Thumbnail : health.liputan6.com   Di Indonesia, banyak masyarakatnya yang doyan menyantap makanan dengan cita rasa pedas. Ya, makana
6,893 views 1,095 shares
9 Meme Lucu Terciduk Razia Polisi, Lebih Suram Ketimbang Ketemu Mantan

9 Meme Lucu Terciduk Razia Polisi, Lebih Suram Ketimbang Ketemu Mantan

Razia atau operasi tilang sampai sekarang menjadi momok bagi sebagian pengendara kendaraan. Apalagi jika dilakukan mendadak dan tanpa ada pe
2,301 views 0 shares
10 Artis yang Kepergok Ketiduran Tapi Tetap Cantik

10 Artis yang Kepergok Ketiduran Tapi Tetap Cantik

Saat kita merasa lelah, menjadi hal yang lazim jika kita tanpa sadar tiba-tiba ketiduran. Apalagi jika kita bangun kepagian dan harus langsu
6,212 views 0 shares
Tingkah Lucu Hewan Peliharaan Saat Menunggu di Depan Jendela, Epik Banget !

Tingkah Lucu Hewan Peliharaan Saat Menunggu di Depan Jendela, Epik Banget !

Bagi manusia, menunggu adalah hal paling nggak enak dan ngeselin. Apalagi kalau yang ditunggu ternyata nggak kunjung datang. Dongkol sudah p
972 views 0 shares
7 Pose Hewan dan Manusia yang Mirip Benda di Sekitarnya

7 Pose Hewan dan Manusia yang Mirip Benda di Sekitarnya

Dunia beserta isinya menyimpan banyak misteri. Termasuk hal yang mirip antara satu dengan lainnya. Pernah kan Pulsker kalian melihat ada dua
1,625 views 0 shares
Potret Menggemaskan Kehidupan Anak Beruang Kutub di Alam Liar

Potret Menggemaskan Kehidupan Anak Beruang Kutub di Alam Liar

Dunia hewan memang menarik untuk disimak, terutama kehidupan mereka di habitat alam liar. Selalu saja ada hal tak terduga mereka lakukan. Se
845 views 0 shares
10 Foto Editan Kocak ‘Sepeda Tak Kasat Mata’

10 Foto Editan Kocak ‘Sepeda Tak Kasat Mata’

Keberadaan sepeda di dunia memiliki sejarah panjang Pulsker. Dulu di tahun 1800-an sepeda dikenal dengan nama Hobby Horse  atau Velocipide.
1,524 views 0 shares
Nostalgia Masa Sekolah Yuk dengan 10 Meme Ini

Nostalgia Masa Sekolah Yuk dengan 10 Meme Ini

Masa-masa paling indah adalah masa sekolah. Pepatah ini memang ada benarnya Pulsker. Di sekolah-lah kita banyak merasakan berjuta kenangan.
1,482 views 0 shares
10 Foto Hasil Kreatif Para Traveler di Menara Pisa

10 Foto Hasil Kreatif Para Traveler di Menara Pisa

Menara Pisa merupakan salah satu objek wisata yang harus dikunjungi jikalau kita berkunjung ke Italia. Pemandangan dan sisi sejarahnya menja
25,597 views 3,665 shares
10 Cuitan Netizen Soal Mantan Ini Bikin Nggak Pengen Balikan, Yakin?

10 Cuitan Netizen Soal Mantan Ini Bikin Nggak Pengen Balikan, Yakin?

Pacaran adalah fase terindah dalam hidup manusia. Pada masa inilah dua insan memadu kisah indah mereka. Bahkan sampai ada anggapan, kalau or
2,078 views 0 shares