Beginilah Cara Wildan Bobol Situs SBY
Loading...
 
posted on WOW Keren
17,382 views
Beginilah Cara Wildan Bobol Situs SBY

Wildan Yani Ashari alias Yayan tak ubahnya mereka yang memiliki hobi menggunakan kecanggihan teknologi informasi. Pemuda kelahiran Balung, Kabupaten Jember, Jawa Timur, 18 Juni 1992, itu biasa menyalurkan kemampuannya di Warung Internet (Warnet) Surya.Com di Jalan Letjen Suprapto, Kelurahan Kebonsari, Jember.

Wildan bukan pakar teknologi informatika.

Dia lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Balung 2011 jurusan teknik bangunan. Namun pekerjaannya sebagai penjaga sekaligus teknisi di Warnet CV Surya Infotama milik saudara sepupunya, Adi Kurniawan, membuat Wildan mengenal lika-liku internet. Wildan pun memilih tidak melanjutkan pendidikannya ke tingkat perguruan tinggi.

Kamis kemarin, 11 April 2013, Wildan mulai menjalani persidangan di Pengadilan Negeri Jember. Dia bukan terdakwa biasa. Wildan menjadi pesakitan karena meretas situs pribadi Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, http://www.presidensby.info.

Seperti dipaparkan tim Jaksa Penuntut Umum Kejaksaan Negeri Jember, Wildan melakukan aksinya di Warnet tersebut pada pertengahan 2012 hingga 8 Januari 2013.

Bermodalkan perangkat komputer billing yang biasa digunakannya sebagai penerima bayaran dari para pengguna internet, Wildan yang menggunakan nickname MJL007 mulai mengutak-atik laman www.jatirejanetwork.com dengan IP address 210.247.249.58.

Laman www.jatirejanetwork.com yang dikelola Eman Sulaiman bergerak di bidang jasa pelayanan domain hosting. Wildan yang biasa dipanggil Yayan mencari celah keamanan di laman itu. Kemudian melakukan SQL Injection atau Injeksi SQL, teknologi yang biasa digunakan para peretas atau hacker agar bisa mendapatkan akses ke basis data di dalam sistem.

Wildan lantas menanamkan backdoor berupa tools (software) berbasiskan bahasa pemrograman PHP yang bernama wso.php (web sell by orb). Dalam dunia teknologi informasi dan komunikasi, dengan mekanisme backdoor yang ditanamkannya, hacker bisa melakukan compromise, yakni melakukan bypass atau menerobos sistem keamanan komputer yang diserang tanpa diketahui oleh pemiliknya.

Wildan pun mengutak-atik laman www.techscape.co.id yang memiliki IP address 202.155.61.121 dan menemukan celah keamanan. Wildan berhasil meretas server yang dikelola CV. Techscape itu dan memasuki aplikasi WebHost Manager Complete Solution (WMCS) pada direktori my.techscape.co.id.

Pada November 2012, Wildan mulai mengakses laman www.jatirejanetwork.com yang telah diretasnya. Menjalankan aplikasi backdoor yang telah dia tanam sebelumnya, Wildan menggunakan perintah command linux: cat/home/tech/www/my/configuration/.php, hingga akhirnya berhasil mendapatkan username dan kata kunci dari basis data WHMCS yang dikelola CV. Techscape.
Setelah itu, anak bungsu pasangan Ali Jakfar- Sri Hariyati itu menjalankan program WHMKiller dari laman www.jatirejanetwork.com untuk mendapat username dan kata kunci dari setiap domain name yang ada. Dia pun memilih domain dengan username: root, dan password: b4p4kg4nt3ngTIGA dengan port number: 2086.

Dengan username dan kata kunci tersebut, Wildan lantas menanamkan pula backdoor di server www.techscape.co.id, pada pukul 04.58.31 WIB pada 16 November 2012.

Agar backdoor tersebut tidak diketahui admin, Wildan merubah nama tools menjadi domain.php dan ditempatkan pada subdirektori my.techscape.co.id/feeds/, sehingga Wildan bisa leluasa mengakses server www.techscape.com melalui URL: my.techscape.co.id/feeds/domain.php. "Untuk mengakses itu, dia sudah memiliki password yayan123," kata salah seorang anggota JPU, Lusiana.

Kemudian pada 8 Januari 2013 Wildan mengakses laman www.enom.com, sebuah laman yang merupakan domain registrar www. techscape.co.id, hingga berhasil melakukan log in ke akun techscape di domain registrar eNom. Inc yang bermarkas di Amerika Serikat. Dari situlah Wildan mendapatkan informasi tentang Domain Name Server (DNS) laman www.presidensby.info.

Setidaknya ada empat informasi penting berupa data Administrative Domain/Nameserver yang dia dapatkan dari laman pribadi Presiden SBY itu, yakni Sahi7879.earth.orderbox-dns.com, Sahi7876.mars.orderbox-dns.com, Sahi7879.venus.orderbox-dns.com, dan Sahi7876.mercuri.orderbox-dns.com.

Wildan lantas mengubah keempat data tersebut menjadi id1.jatirejanetwork.com dan id2.jatirejanetwork.com. Selanjutnya pada pukul 22.45 WIB, Wildan menggunakan akun tersebut (lewat WHM jatirejanetwork), sehingga dapat membuat akun domain www.presidensby.info dan menempatkan sebuah file HTML Jember Hacker Team pada server www.jaterjahost.com. <i>"Sehingga ketika pemilik user interne tidak dapat mengakses laman www.presidensby.info yang sebenarnya, akan tetapi yang terakses adalah tampilan file HTML Jember Hacker Team,"</i> ujar Lusiana pula.

Ulah Wildan tercium Tim Subdit IT dan Cybercrime Direktorat Tindak Pidana Ekonomi Khusus Mabes Polri yang mendapat laporan terjadinya gangguan pada laman Presiden SBY. Setelah melakukan penyelidikan, diketahui bahwa aksi illegal DNS redirection dilakukan MJL007 dari warnet yang dijaga Wildan. Akhirnya Wildan ditangkap pada 25 Januari 2013, sekitar pukul 23.00 WIB.

Jangan lupa klik WOW dan tinggalkan komentar :D

Trending Now
7 Hal yang Bikin Liburanmu Makin Seru di Sydney, Australia Tahun Ini

7 Hal yang Bikin Liburanmu Makin Seru di Sydney, Australia Tahun Ini

Vivid Sydney : alvinologi.com   Awal tahun adalah waktu yang tepat untuk berlibur ke Sydney, Australia. Apalagi buat kamu yang hobb
31,874 views 1,941 shares
Nggak Cukup Lihat Sekali, Deretan Foto Ini Bikin Salah Fokus

Nggak Cukup Lihat Sekali, Deretan Foto Ini Bikin Salah Fokus

Terkadang kurang minum air mineral yang cukup bisa membuat kita susah fokus. Dan nggak jarang juga membuat pengelihatan kita sedikit kurang
91 views 0 shares
7 Foto Peristiwa Kecelakaan Terparah Mobil vs Hewan

7 Foto Peristiwa Kecelakaan Terparah Mobil vs Hewan

Mendengar kata kecelakaan benak kita langsung membayangkan hal-hal mengerikan Pulsker. Dan kebanyakan kecelakaan terjadi di jalanan ramai. T
84 views 0 shares
7 Kreasi Seni Body Painting yang Mengecoh Penglihatan Kita

7 Kreasi Seni Body Painting yang Mengecoh Penglihatan Kita

Bagi seorang seniman, inpirasi bisa muncul dimana saja Pulsker. Termasuk menjadikan tubuh manusia sebagai kanvasnya. Inilah yang dikenal den
75 views 0 shares
7 Ilustrasi Perbandingan Kehidupan Kids Jaman Old vs Kids Jaman Now

7 Ilustrasi Perbandingan Kehidupan 'Kids Jaman Old' vs 'Kids Jaman Now'

Era terus berganti dan teknologi baru terus bermunculan seiring perkembangan jaman. Kemunculan teknologi ini pada akhirnya mengubah pola keh
90 views 0 shares
Ini Jadiinya Jika Foto Artis Indonesia Diedit Akrab Dengan Seleb Dunia

Ini Jadiinya Jika Foto Artis Indonesia Diedit Akrab Dengan Seleb Dunia

Sudah menjadi hal yang biasa jika seorang artis bersahabat dengan artis lainnya. Dan akan menjadi luar biasa ketika mereka bisa berteman dek
3,296 views 808 shares
Bukannya Keren, Foto Editan Photoshop Gagal Ini Malah Bikin Bingung

Bukannya Keren, Foto Editan Photoshop Gagal Ini Malah Bikin Bingung

Maraknya aplikasi edit foto membuat siapa saja makin mudah mendapatkan hasil foto terbaik secara instan. Bagi perusahaan atau media advertis
2,302 views 0 shares
Kumpulan Barang Nggak Masuk Akal yang Pernah Dijual Secara Online

Kumpulan Barang Nggak Masuk Akal yang Pernah Dijual Secara Online

Di jaman yang sudah canggih ini, kita bisa dengan mudah melakukan apapun secara online.  Karena selain bermain media sosial, kita juga bi
1,715 views 0 shares
Jangan Merasa Apes Sebelum Mengalami Kesialan Seperti Mereka

Jangan Merasa Apes Sebelum Mengalami Kesialan Seperti Mereka

Hidup itu nggak selalu mulus jalannya, pasti ada aja kerikil yang membuat kita kesandung, salah satunya adalah kesialan. Emang sih, ada yang
1,860 views 0 shares
8 Cara Orang MAGER Menyelesaikan Masalah ini Super Kreatif

8 Cara Orang MAGER Menyelesaikan Masalah ini Super Kreatif

Setiap orang pasti pernah merasakan rasa malas dalam hidupnya, dan kalau udah mengalami hal ini, kita jadi nggak ingin melakukan apapun. Ing
1,741 views 0 shares