Beginilah Cara Wildan Bobol Situs SBY
Loading...
 
posted on WOW Keren
17,278 views
Beginilah Cara Wildan Bobol Situs SBY

Wildan Yani Ashari alias Yayan tak ubahnya mereka yang memiliki hobi menggunakan kecanggihan teknologi informasi. Pemuda kelahiran Balung, Kabupaten Jember, Jawa Timur, 18 Juni 1992, itu biasa menyalurkan kemampuannya di Warung Internet (Warnet) Surya.Com di Jalan Letjen Suprapto, Kelurahan Kebonsari, Jember.

Wildan bukan pakar teknologi informatika.

Dia lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Balung 2011 jurusan teknik bangunan. Namun pekerjaannya sebagai penjaga sekaligus teknisi di Warnet CV Surya Infotama milik saudara sepupunya, Adi Kurniawan, membuat Wildan mengenal lika-liku internet. Wildan pun memilih tidak melanjutkan pendidikannya ke tingkat perguruan tinggi.

Kamis kemarin, 11 April 2013, Wildan mulai menjalani persidangan di Pengadilan Negeri Jember. Dia bukan terdakwa biasa. Wildan menjadi pesakitan karena meretas situs pribadi Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, http://www.presidensby.info.

Seperti dipaparkan tim Jaksa Penuntut Umum Kejaksaan Negeri Jember, Wildan melakukan aksinya di Warnet tersebut pada pertengahan 2012 hingga 8 Januari 2013.

Bermodalkan perangkat komputer billing yang biasa digunakannya sebagai penerima bayaran dari para pengguna internet, Wildan yang menggunakan nickname MJL007 mulai mengutak-atik laman www.jatirejanetwork.com dengan IP address 210.247.249.58.

Laman www.jatirejanetwork.com yang dikelola Eman Sulaiman bergerak di bidang jasa pelayanan domain hosting. Wildan yang biasa dipanggil Yayan mencari celah keamanan di laman itu. Kemudian melakukan SQL Injection atau Injeksi SQL, teknologi yang biasa digunakan para peretas atau hacker agar bisa mendapatkan akses ke basis data di dalam sistem.

Wildan lantas menanamkan backdoor berupa tools (software) berbasiskan bahasa pemrograman PHP yang bernama wso.php (web sell by orb). Dalam dunia teknologi informasi dan komunikasi, dengan mekanisme backdoor yang ditanamkannya, hacker bisa melakukan compromise, yakni melakukan bypass atau menerobos sistem keamanan komputer yang diserang tanpa diketahui oleh pemiliknya.

Wildan pun mengutak-atik laman www.techscape.co.id yang memiliki IP address 202.155.61.121 dan menemukan celah keamanan. Wildan berhasil meretas server yang dikelola CV. Techscape itu dan memasuki aplikasi WebHost Manager Complete Solution (WMCS) pada direktori my.techscape.co.id.

Pada November 2012, Wildan mulai mengakses laman www.jatirejanetwork.com yang telah diretasnya. Menjalankan aplikasi backdoor yang telah dia tanam sebelumnya, Wildan menggunakan perintah command linux: cat/home/tech/www/my/configuration/.php, hingga akhirnya berhasil mendapatkan username dan kata kunci dari basis data WHMCS yang dikelola CV. Techscape.
Setelah itu, anak bungsu pasangan Ali Jakfar- Sri Hariyati itu menjalankan program WHMKiller dari laman www.jatirejanetwork.com untuk mendapat username dan kata kunci dari setiap domain name yang ada. Dia pun memilih domain dengan username: root, dan password: b4p4kg4nt3ngTIGA dengan port number: 2086.

Dengan username dan kata kunci tersebut, Wildan lantas menanamkan pula backdoor di server www.techscape.co.id, pada pukul 04.58.31 WIB pada 16 November 2012.

Agar backdoor tersebut tidak diketahui admin, Wildan merubah nama tools menjadi domain.php dan ditempatkan pada subdirektori my.techscape.co.id/feeds/, sehingga Wildan bisa leluasa mengakses server www.techscape.com melalui URL: my.techscape.co.id/feeds/domain.php. "Untuk mengakses itu, dia sudah memiliki password yayan123," kata salah seorang anggota JPU, Lusiana.

Kemudian pada 8 Januari 2013 Wildan mengakses laman www.enom.com, sebuah laman yang merupakan domain registrar www. techscape.co.id, hingga berhasil melakukan log in ke akun techscape di domain registrar eNom. Inc yang bermarkas di Amerika Serikat. Dari situlah Wildan mendapatkan informasi tentang Domain Name Server (DNS) laman www.presidensby.info.

Setidaknya ada empat informasi penting berupa data Administrative Domain/Nameserver yang dia dapatkan dari laman pribadi Presiden SBY itu, yakni Sahi7879.earth.orderbox-dns.com, Sahi7876.mars.orderbox-dns.com, Sahi7879.venus.orderbox-dns.com, dan Sahi7876.mercuri.orderbox-dns.com.

Wildan lantas mengubah keempat data tersebut menjadi id1.jatirejanetwork.com dan id2.jatirejanetwork.com. Selanjutnya pada pukul 22.45 WIB, Wildan menggunakan akun tersebut (lewat WHM jatirejanetwork), sehingga dapat membuat akun domain www.presidensby.info dan menempatkan sebuah file HTML Jember Hacker Team pada server www.jaterjahost.com. <i>"Sehingga ketika pemilik user interne tidak dapat mengakses laman www.presidensby.info yang sebenarnya, akan tetapi yang terakses adalah tampilan file HTML Jember Hacker Team,"</i> ujar Lusiana pula.

Ulah Wildan tercium Tim Subdit IT dan Cybercrime Direktorat Tindak Pidana Ekonomi Khusus Mabes Polri yang mendapat laporan terjadinya gangguan pada laman Presiden SBY. Setelah melakukan penyelidikan, diketahui bahwa aksi illegal DNS redirection dilakukan MJL007 dari warnet yang dijaga Wildan. Akhirnya Wildan ditangkap pada 25 Januari 2013, sekitar pukul 23.00 WIB.

Jangan lupa klik WOW dan tinggalkan komentar :D

Trending Now
5 Hal Seru yang Bisa Kamu Lakukan Untuk Menyambut Hari Kemerdekaan

5 Hal Seru yang Bisa Kamu Lakukan Untuk Menyambut Hari Kemerdekaan

Bulan Agustus adalah bulan yang istimewa bagi negara kita, Indonesia. Pasalnya, setiap tahun pada bulan Agustus kita pasti memperingati Hari
18,751 views 5,577 shares
10 Seragam Polwan Dari Berbagai Negara

10 Seragam Polwan Dari Berbagai Negara

Polisi Wanita atau yang biasa disebut Polwan sosok wanita tangguh yang siap memberantas kejahatan dan menolong masyarakat. Sebagai petugas k
7,435 views 1,979 shares
9 Foto Potret Pendidikan dan Suasana di Sekolah Jaman Dulu

9 Foto Potret Pendidikan dan Suasana di Sekolah Jaman Dulu

Pendidikan adalah sebuah modal bagi setiap orang, karena dengan pendidikan kita dapat menjalani hidup yang lebih baik. Tidak hanya untuk sya
9,659 views 311 shares
Perubahan Wajah Artis Bollywood Dulu Vs Sekarang

Perubahan Wajah Artis Bollywood Dulu Vs Sekarang

Buat kamu pecinta film Bollywood, pasti nggak asing dengan beberapa artis dan aktornya, seperti Shahrukh Khan, Kajol ataupun Rani Mukerjee.
102,517 views 9,334 shares
Kocak! Ayah yang Satu Ini Meniru Selfie Anak Perempuannya dan Fotonya Bikin Ngakak!

Kocak! Ayah yang Satu Ini Meniru Selfie Anak Perempuannya dan Fotonya Bikin Ngakak!

Apa jadinya kalo ayah kamu ngikutin gayamu di instagram, Pulsker? Itulah yang dilakukan Burr Martin, seorang ayah yang ngikutin gaya selfie
73,191 views 4,719 shares
Selain Indonesia, Ini 9 Negara Lain yang Berulang Tahun di Bulan Agustus

Selain Indonesia, Ini 9 Negara Lain yang Berulang Tahun di Bulan Agustus

Tepat tanggal 17 Agustus 2017 kemarin, negara kita, Indonesia merayakan Hari Kemerdekaannya yang ke 72 tahun. Itu artinya sudah selama itu k
10,027 views 2,181 shares
Foto-Foto 8 Band Terkenal Indonesia di Masa-Masa Awal Karir Mereka Dulu, Jadul Banget

Foto-Foto 8 Band Terkenal Indonesia di Masa-Masa Awal Karir Mereka Dulu, Jadul Banget

Menjadi sukses bersama band yang dinaungi adalah impian besar bagi para musisi dimana saja, termasuk musisi yang ada di tanah air. Berkat pe
37,311 views 3,372 shares
Dari yang Unik sampai Anti Mainstream, Inilah Deretan Lomba Agustusan Paling Berkesan

Dari yang Unik sampai Anti Mainstream, Inilah Deretan Lomba Agustusan Paling Berkesan

Bulan Agustus adalah bulan paling berkesan bagi seluruh masyarakat Indonesia. Karena di bulan inilah kita sebagai warga negara memperingati
10,670 views 1,853 shares
Fakta-fakta Luar Angkasa Yang Sebelumnya Tidak Kamu Ketahui

Fakta-fakta Luar Angkasa Yang Sebelumnya Tidak Kamu Ketahui

Kita seringkali berimajinasi bagaimana kehidupan diluar bumi. Khususnya di luar angkasa. Kita selalu membayangkan disana indah, bintang bert
12,448 views 1,384 shares
Kata-kata Orang Tua Waktu Kita Kecil, Meskipun Kadang Nggak Masuk Akal Sih

Kata-kata Orang Tua Waktu Kita Kecil, Meskipun Kadang Nggak Masuk Akal Sih

Pernah nggak sih pulsker keinget kata-kata orang tua dulu waktu kita kecil yang bohong pakek bilang “perawan-perawan, nggak boleh dudu
15,713 views 247 shares