8 MACAM KECERDASAN
Loading...
 
posted on WOW Keren
11,202 views
8 MACAM KECERDASAN

Seorang ahli riset dari Amerika, Prof. Howard Gardener, mengembangkan model kecerdasan "multiple intelligence" yang artinya bermacam-macam kecerdasan.

Maksudnya setiap orang memilki bermacam-macam kecerdasan, tetapi dengan kadar pengembangan yang berbeda. Yang di maksud kecerdasan menurut Gardener adalah suatu kumpulan kemampuan atau keterampilan yang dapat ditumbuhkembangkan.

Menurut Howard Gardener dalam setiap diri manusia ada 8 macam kecerdasan, yaitu:


1. KECERDASAN LINGUISTIK
Kecerdasan linguistik adalah kemampuan untuk menggunakan kata-kata secara efektif, baik secara lisan maupun tulisan.



Ciri-ciri:
1. Anda senang bermain dengan kata-kata. Anda menikmati puisi. Anda suka mendengarkan cerita.
2. Anda membaca apa saja; buku, majalah, surat kabar dan bahkan label produk.
3. Anda merasa mudah dan percaya diri mengekspresikan diri anda baik secara lisan maupun tulisan. Contohnya, anda pintar dalam berkomunikasi dan pintar dalam menceritakan atau menulis mengenai sesuatu hal.
4. Anda suka membumbui percakapan anda dengan hal-hal menarik yang baru saja anda baca atau dengar.
5. Anda suka mengerjakan teka-teki silang,bermain scrable atau bermain puzzle. Anda dapat mengeja dengan sangat baik.
6. DLL


2. KECERDASAN LOGIK MATEMATIK

Kecerdasan logik matematik ialah kemampuan seseorang dalam memecahkan masalah. Ia mampu memikirkan dan menyusun solusi (jalan keluar) dengan urutan yang logis (masuk akal).



Ciri-ciri:
1. Anda senang bekerja dengan angka dan dapat melakukan perhitungan mental (mencongak).
2. Anda tertarik dengan kemajuan teknologi dan gemar melakukan percobaan untuk melihat cara kerja sesuatu hal.
3. Anda merasa mudah melakukan perencanaan keuangan. Anda menetapkan target dalam bentuk angka dalam bisnis dan hidup anda.
4. Anda senang menyiapkan jadwal perjalanan secara terperinci. Anda sering menyiapkan, memberi nomor dan menetapkan suatu daftar kerja (to-do-list).
5. Anda senang dengan permainan, puzzle atau sesuatu yang membutuhkan kemampuan berpikir logis dan statistis seperti permainan cheker atau catur.
6. DLL


3. KECERDASAN VISUAL DAN SPASIAL

Kecerdasan visual dan spasial adalah kemampuan untuk melihat dan mengamati dunia visual dan spasial secara akurat (cermat).



Ciri-ciri:
1. Anda menyukai seni, menikmati lukisan dan patung. Anda memilki citra rasa yang baik akan warna.
2. Anda cenderung menyukai pencatatan secara visual dengan menggunakan kamera atau handycam.
3. Anda bisa menulis dengan cepat saat anda mencatat atau berpikir mengenai sesuatu. Anda dapat menggambar dengan cukup baik.
4. Anda merasa mudah membaca peta atau melakukan navigasi, anda memilki kemampuan mengerti arah yang baik.
5. Anda menikmati permainan seperti puzzle.
6. DLL


4. KECERDASAN MUSIK

Kecerdasan musik adalah kemampuan untuk menikmati, mengamati, membedakan, mengarang, membentuk dan mengekspresikan bentuk-bentuk musik. Kecerdasan ini meliputi kepekaan terhadap ritme, melodi dan timbre dari musik yang didengar.



Ciri-ciri:
1. Anda dapat memainkan alat musik.
2. Anda dapat menyanyi sesuai dengan tinggi rendahnya kunci nada.
3. Anda biasanya dapat mengingat sebuah irama hanya dengan mendengarkan beberapa kali saja.
4. Anda sering mendengarkan musik. Anda bahkan kadang kala menghadiri konser musik. Anda suka -bahkan butuh- mendengarkan lagu sambil anda bekerja.
5. Anda mengikuti irama musik dengan baik dan tanpa sadar mengetuk-ngetukkan jari anda mengikuti irama lagu itu.
6.DLL


5. KECERDASAN INTERPERSONAL

Kecerdasan interpersonal ialah kemampuan untuk mengamati dan mengerti maksud, motivasi dan perasaan orang lain.



Ciri-ciri:
1. Anda senang bekerja sama dengan orang lain dalam suatu kelompok atau komite.
2. Anda lebih suka belajar kelompok dari pada belajar sendiri.
3. Orang sering kali datang kepada anda untuk meminta nasihat. 4. anda adalah orang penuh simpati.
5. Anda lebih suka team sport seperti basket, soffball, sepak bola dari pada individual seperti renang dan lari.
6. DLL


6. KECERDASAN INTRAPERSONAL

Kecerdasan intrapersonal adalah kemampuan yang berhubungan dengan kesadaran dan pengetahuan tentang diri sendiri. Dapat memahami kekuatan dan kelemahan diri sendiri. Mampu memotivasi dirinya sendiri dan melakukan disiplin diri.



Ciri-ciri:
1. Anda memiliki buku harian untuk mencatat pikiran anda yang sangat dalam dan pribadi.
2. Anda serimg menyendiri untuk memikirkan dan memecahkan masalah itu sendiri.
3. Anda menetapkan tujuan anda.
4. Anda adalah seorang pemikir independen (mandiri). Anda tahu pikiran anda dan anda memutuskan sendiri keputusan anda.
5. Anda mempunyai hobi atau kesenangan yang bersifat pribadi yang tidak banyak anda bagikan atau ungkapkan kepada orang lain.
6. DLL


7. KECERDASAN KINESTETIK

Kecerdasan kinestetik ialah kemampuan dalam menggunakan tubuh kita secara terampil untuk mengungkapkan ide, pemikiran dan perasaan.



Ciri-ciri:
1. Anda gemar berolahraga atau melakukan kegiatan fisik.
2. Anda cakap dalam melakukan sesuatu seorang diri.
3. Anda senang memikirkan persoalan sambil aktif dalam kegiatan fisik seperti berjalan atau lari.
4. Anda tidak keberatan jika diminta untuk menari.
5. Setiap kali anda pergi ke pusat hiburan atau permainan, anda senang dengan permainan yang sangat menantang dan "mengerikan" secara fisik seperti jet coaster.
6. DLL


8. KECERDASAN NATURALIS

Kecerdasan naturalis adalah kemampuan untuk mengenali, membedakan, mengungkapkan dan membuat kategori terhadap apa yang di jumpai di alam maupun lingkungan.



Ciri-ciri:
1. Anda senang memelihara atau menyukai hewan.
2. Anda dapat mengenali dan membedakan nama berbagai jenis pohon, bunga dan tanaman.
3. Anda tertarik dan memilki pengetahuan yang cukup mengenai bagaimana tubuh bekerja -di mana letak organ tubuh yang penting- dan anda mengerti akan kesehatan.
4. Anda tahu jalur atau jalan setapak, sarang burung dan hewan liar lainnya saat anda berjalan di alam dan anda bisa "membaca" cuaca.
5. Anda dapat membayangkan diri anda sebagai seorang petani atau mungkin anda suka memancing.
6. DLL

Dari delapan kecerdasan (intelligence) tersebut, manakah yang menjadi keunggulan agan dan mana yang belum digunakan secara maksimal?

Dengan mengetahui bahwa kita memiliki kelebihan atau kekurangan pada kecerdasan tertentu, kita akan dapat berbenah diri dan meningkatkan kemampuan kita. Therefore, Which one or some of them are yours?

Trending Now

10 Pose Cewek yang Biasa Dilakukan Saat Foto Selfie

Para perempuan sekalian, akuilah kalau kalian sering ribet dan heboh mikirin gaya saat mau foto, entah itu selfie, ataupun ramai-ramai bers
21,826 views 531 shares
Kumpulan Foto Parahnya Produk Tiruan Asal China yang Bikin Ngakak !

Kumpulan Foto Parahnya Produk Tiruan Asal China yang Bikin Ngakak !

Siapa yang tidak tau product tiongkok/china, disana sepertinya semua ada, produk replika, KW satu hingga KW 10, karena semua bisa di produks
206,886 views 1,070 shares
35 Kamus Gaul Biar Lo Ngga Dibilang Kudet !

35 Kamus Gaul Biar Lo Ngga Dibilang Kudet !

Jaman makin maju, istilah-istilah baru pun banyak bermunculan sebagai bahasa gaul. Lo dibilang kudet karna ngga tau arti istilah gaul terseb
53,290 views 292 shares
KUCING-KUCING MENGAGUMKAN Dengan WARNA MATA yang Berbeda!

KUCING-KUCING MENGAGUMKAN Dengan WARNA MATA yang Berbeda!

nah, kalo tadi udah lihat kan orang-orang dengan warna mata yang berbeda (heterochromia), sekarang kita lihat duh, kalo terjadi ama kucing g
16,212 views 452 shares
20 Meme MITOS-MITOS yang Akan Membuatmu TERTAWA

20 Meme MITOS-MITOS yang Akan Membuatmu TERTAWA

Mitos itu apaan sih? Biasanya kita mengenalnya dengan istilah "katanya orang". Bisa dipercaya, bisa juga tidak perlu dipercaya. Orang bilang
34,047 views 276 shares

Razia Tas Sekolah, Para Guru Meneteskan Air Mata Melihat Isi Tas Siswa Ini.

Alkisah disebuah sekolah menengah Putri di kota Shan’a’  ibu kota Yaman terdapat aturan yang mendadak dilakukan yaitu pemeriksaan - ta
203,751 views 13,760 shares
Kenyataan Menyedihkan Ketika Berbelanja di ONLINE SHOP Yang Tidak Sesuai Harapan

Kenyataan Menyedihkan Ketika Berbelanja di ONLINE SHOP Yang Tidak Sesuai Harapan

sering belanja online gak gaes? apalagi yang cewek pasti doyan deh kalo belanja baju di online shop. tapi kadang ada beberapa pengalaman gak
78,080 views 453 shares

10 Hal yang bikin kegantengan cowok meningkat 90%

Cowok keren memang identik dengan paras tampan, tubuh atletis dan (terkadang) mobil mewah. Tapi sebenarnya, cewe ngga hanya melihat keganten
37,927 views 1,702 shares
Kumpulan COKELAT Dengan Bentuk Paling ANEH Dan GAK BIASA!

Kumpulan COKELAT Dengan Bentuk Paling ANEH Dan GAK BIASA!

Wah, bentar lagi valentine ya gaes, bagi yang merayakan, siap-siap beli kado ya buat orang yang disayangi, biasanya berupa bunga atau cokela
7,600 views 304 shares

10 Hal yang Bikin Netizen Indonesia Unik

Pulsker, tahukah kamu bahwa netizen Indonesia terkenal unik? Oh iya, netizen sendiri artinya kelompok masyarakat yang telah mengenal dan akt
99,426 views 657 shares
Terbaru

Alasan, Mengapa Orang Minang Suka Merantau

Orang Minang memang ada di mana-mana di berbagai pelosok Indonesia, bahkan di seluruh dunia. Mereka terkenal karena memiliki budaya merantau
3 views 0 shares

WATCH DEADPOOL FULL HD

WATCH DEADPOOL FULL HD 6.6 6.6/10373votes www.moviegreat.top Based upon Marvel Comics’ most unconventional
3 views 0 shares

Cinta Pada Pandangan Pertama. Pria Merasakannya

Memang benar, jodoh itu ada dimana -mana dan datang kapan saja, hal ii terjadi pada pria yang bernama Robbi Yanto yang berasal dari Padang S
60 views 0 shares

Hanya 1 Kali Bertemu. Pria ini Langsung Mencintai Perempuan Yang Ditemuinya Di Dalam Bus

Memang benar, jodoh itu ada dimana -mana dan datang kapan saja, hal ii terjadi pada pria yang bernama Robbi Yanto yang berasal dari Padang S
59 views 0 shares

Aneh, Saat Ditebang Pohon Ini Bisa Mengeluarkan "Darah"

  Pohon memiliki banyak manfaat bagi kehidupan manusia. Selain sebagai pencegah pemanasan global, pohon juga bisa dimanfaatkan kayunya unt
203 views 0 shares

Inilah 5 Selebritis Hollywood Dengan Pernikahan Singkatnya

  Ketika dua insan manusia berbeda jenis kelamin melaksanakan pernikahan, secara otomatis mereka telah berjanji akan setia sehidup semati.
103 views 0 shares
Kumpulan Foto Anak Kucing Lucu yang Bakal Bikin Kamu Gemes

Kumpulan Foto Anak Kucing Lucu yang Bakal Bikin Kamu Gemes

Kucing adalah salah satu binatang peliharaan rumahan yang sangat favorit, selain karena tingkahnya yang menggemaskan, Kucing juga dipercaya
513 views 0 shares
[10 KARIKATUR] Ajarkan yang BAIK pada Anak Anda!

[10 KARIKATUR] Ajarkan yang BAIK pada Anak Anda!

Apa yang orang tua lakukan itu adalah yang anak-anak tiru. Oleh sebab itu sebagai orang tua harus menjaga sikapnya saat berada di dekat anak
543 views 0 shares
5 Negara Dengan Pengunjung Situs Porno Terbanyak

5 Negara Dengan Pengunjung Situs Porno Terbanyak

Sudah bukan rahasia umum lagi bahwa situs porno merupakan salah satu situs yang banyak dikunjungi di negara manapun, tentu saja para pengunj
1,474 views 0 shares
20 KARIKATUR LUCU Suara Hati Seorang IBU

20 KARIKATUR LUCU Suara Hati Seorang IBU

Ibu adalah sosok yang akan selalu kita rindukan selama kita hidup. Taukah kalian jika ada banyak jeritan suara hati yang tidak ketahui selam
985 views 0 shares