×

13 Wanita Cantik Dalam Tokoh Pewayangan

1. Dewi Sri
Dewi Sri adalah karakter wanita yang diutamakan dalam siklus Kosmogoni. Dia adalah Dewi Padi yang sangat dihormati oleh para petani. Masyarakat Jawa memiliki nama panggilan sendiri untuknya, yaitu Mbok Sri. Salah satu kebudayaan asli terhadap penghormatan Dewi Sri yang masih bertahan hingga sekarang adalah Upacara Wiwit/Miwiti. Upacara tersebut bertujuan untuk memohon berkah kepada Dewi Sri agar padi yang ditanam menjadi subur.

2. Dewi Uma
Dewi Uma atau yang disebut juga sebagai Umayi adalah putri saudagar Umaran. Dia sangat sakti karena pernah bertapa dengan obsesi menguasai dunia. Dia sangat dipuja banyak orang hingga akhirnya Batara Guru turun. Dia mengambil kesaktian Umayi kemudian menjadikannya istri. Mereka memiliki putra yang bernama Batara Kala, yang hingga sampai saat ini melahirkan sebuah tradisi yang disebut "ruwatan".

3. Dewi Citrawati
Dewi Citrawati muncul dalam siklus Lokapala sebagai titisan Dewi Sri dan adik Prabu Citragada. Dewi Citrawati konon sangat cantik hingga banyak raja yang menginginkannya sebagai permaisuri. Dia kemudian menjadi istri Arjunasasra, Raja Maespati. Namun dia adalah karakter yang memanfaatkan kekuasaan suaminya dimana dia pernah meminta agar Taman Sriwedari dipindahkan ke Maespati serta membendung Sungai Gangga.

4. Dewi Sukesi
Dewi Sukesi adalah putri seorang raksasa bernama Sumali dari Alengka. Tidak ada yang menyangka bahwa putri yang cantik dan berbudi luhur itu ternyata keturunan raksasa. Dewi Sukesi memang bukan karakter yang dipuja oleh masyarakat Jawa. Namun bagaimanapun dia memiliki kisah yang menarik.

5. Dewi Sinta
Dewi Sinta adalah karakter wanita utama dalam siklus Ramayana. Dia adalah putri Raja Janaka dari Negeri Manthili. Sri Rama berhasil memenangkan sayembara berupa mengangkat busur pusaka kerajaan dan akhirnya mempersunting Dewi Sinta. Dewi Sinta adalah sosok karakter wanita yang sangat setia. Wanita cantik itu rela hidup bersusah dengan suaminya daripada hidup dibawah kemewahan ayahnya. Dalam epik Ramayana dikisahkan bahwa Raja Rahwana sangat tertarik kepada Dewi Sinta dan menculiknya. Sri Rama berjuang mati-matian hingga akhirnya berhasil mendapatkan Dewi Sinta kembali. Dia merupakan salah satu karakter paling terkenal di dunia berkat Sendratari Ramayana.

6. Dewi Anjani
Dewi Anjani adalah putri dari Resi Gotama dan Dewi Windradi, saudara dari Sugriwa dan Subali. Ibunya berselingkuh dengan Batara Surya yang memberinya Cupu Manik Astagina. Ketiga anaknya juga sangat menginginkan Cupu tersebut. Ketika sang Resi bertanya kepada istrinya, dia hanya diam dan dengan kesaktian sang Resi, dia berubah menjadi patung. Cupu tersebut akhirnya dibuang ke Telaga Madirda. Oleh karena ulah ketiga anaknya, Resi Gotama mengucapkan bahwa mereka suka berebut seperti kera. Setelah sampai di Telaga Madirda, Dewi Anjani membasuh muka sementara saudara kembarnya menyelam mencari Cupu tersebut. Namun oleh karena ucapan ayah mereka, mereka benar-benar berubah menjadi kera. Mereka pulang dan meminta maaf kepada ayah mereka. Dan Resi Gotama menyuruh mereka bertapa. Dewi Anjani melakukan Tapa Nyanthaka (hanya makan daun yang jatuh di dekatnya). Suatu hari ketika Dewi Anjani sedang bertapa, Batara Guru melihat dan terpesona. Tidak sengaja dia menumpahkan air mani ke daun tersebut dan termakan. Akibatnya Dewi Anjani hamil dan lahirlah Anoman.

7. Dewi Kuntinalibrata
Dewi Kunti atau yang memiliki nama lain Dewi Prita ini adalah putri dari Prabu Kuntiboja. Dia adalah salah satu karakter wanita utama dalam siklus Mahabharata. Dia adalah ibu dari Karna (perkimpoian dengan Batara Surya). Namun sebenarnya dia adalah istri dari Prabu Pandu, Raja Astina. Suatu hari ketika mereka sedang berburu, Prabu Pandu berhasil mengenai seekor rusa yang sedang bercinta yang ternyata adalah jelmaan dari Brahmana Kimindama. Oleh karena perbuatan itu, Prabu Pandu dikutuk akan mati apabila dia berhubungan intim. Karena dia belum mempunyai anak dia mencari Dewa untuk meminta anak. Setelah berjuang mati-matian akhirnya karakter fenomenal Pandawa pun lahir.

8. Dewi Kresna
Dewi Kresna atau dengan nama panggilan Drupadi ini adalah putri Prabu Drupada dari Cempalaradya. Awalnya Bima adalah orang yang berhasil memenangkan sayembara demi mendapatkan Drupadi, namun dia menyerahkan kepada kakanya, Yudhistira. Drupadi akhirnya menikah dengan Yudhistira dan bersamanya dia selalu mendampingi Pandawa Lima dengan setia. Pernah suatu kali, dia dan Pandawa kalah main dadu. Drupadi ditarik rambutnya dan diseret keluar serta ditelanjangi. Namun dewa melindunginya. Kesetiaanya bukan sampai situ, selama pembuangan Pandawa, dia pun turut serta dalam petualangan bersama suaminya, Yudhistira.

9. Dewi Sumbadra
Dewi Sumbadra adalah putri Prabu Basudewa. Dewi Sumbadra adalah istri dari Arjuna. Dia dilukiskan sebagai wanita yang sangat cantik, sederhana dalam berdandan, dan senyumnya sangat menawan, matanya sipit namun indah, bahunya bidang, badan sedang. Karakternya sangat tenang, sopan, pemaaf, berpendirian teguh serta setia. Awalnya dia akan dinikahkan dengan Burisrawa karena kaya. Namun Krisna, teman baik Arjuna memiliki rencana untuk menculik Sumbadra. Mereka berhasil dan dalam pengejaran Krisna mengatakan bahwa putri yang dibeli dengan harta tidak lebih baik daripada seekor binatang.

10. Dewi Srikandi
Dewi Srikandi adalah salah satu karakter wayang wanita yang sangat mendunia. Dia dikenal sebagai pejuang wanita. Dia adalah putri Prabu Drupadi yang notabene adik Dewi Drupada, serta istri lain Arjuna. Dia digambarkan sebagai wanita yang cantik, mempesona, seksi, perkasa dan sopan. Dia juga pintar nembang (nyanyi Jawa) dan suka membaca cerita. Dia awalnya adalah murid Arjuna karena ingin belajar memanah. Melihat kemampuannya yang luar biasa, saudara-saudara Arjuna menikahkan mereka. Dalam perang agung Barathayuda, Srikandi berjuang bersama Pandawa.

11. Dewi Ulupi
Dewi Ulupi adalah putri Resi Kanwa dari pertapaan Yasarata. Dia digambarkan sebagai sosok yang anggun, sorot matanya menawan, serta penyayang. Semua orang di Madukara sangat menghormati dan sayang padanya.

12. Dewi Gandawati
Satu lagi istri Arjuna, yaitu Dewi Gandawati putri Raja Arjunayanda dari Sriwedari. Dia dilukiskan sebagai wanita yang cantik jelita, kulitnya kuning kehijauan, wajahnya serius. Karakternya tenang serta santun, bicaranya halus, sangat terampil dalam pekerjaan wanita. Konon dia sangat pandai membuat parfum dan dipersembahkan kepada para bidadari.

13. Dewi Manuhara
Dewi Manuhara merupakan putri Begawan Sidikwacana sekaligus istri dari Arjuna. Konon dia sangat cantik, wajahnya manis, kulitnya bersih. Karakternya tenang, sopan, supel, dan suka berpuasa.

#Kesenian #Tradisional #Jawa #WayangKulit

4 people WOW

Rizwan Raiz 07-05-2013 01:32
«« E . R . P »» 05-05-2013 18:53
top Kembali ke atas