menu buka puasa unik di dunia
Loading...
 
posted on WOW Keren
10,691 views
menu buka puasa unik di dunia

Entah mengapa momen buka puasa justru lebih istimewa dan dinanti sepanjang bulan Ramadan. Yah, mungkin karena justru di momen ini semua keluarga bisa berkumpul dan berbagi keceriaan Ramadan sebelum berlanjut dengan shalat Tarawih.

Dan ngabuburit tentu menjadi hal yang tak boleh terlewatkan.

Bahkan saat ini ngabuburit menjadi lifestyle yang menyatukan beragam orang di sudut kuliner di tepi jalan atau foodcourt dan mal-mal.

Umumnya, ngabuburit diisi dengan berburu jajanan, es, hingga makanan berat yang akan disajikan berbuka puasa. Kalau di Indonesia sih menu-menu semacam es blewah, es cincau, es kelapa muda, bakso, kolak, dan lain sebagainya menjadi andalan beberapa wilayah. Tapi, kira-kira bagaimana ya menu buka puasa di belahan dunia lain?

Kabarnya, ada beberapa menu istimewa nan unik yang kerap diburu dan disajikan sebagai menu utama buka puasa. Dikumpulkan dari berbagai sumber, inilah beberapa menu tersebut:

Pakora

Makanan ini adalah makanan khas India yang memiliki struktur sangat memikat dan sederhana. Bentuknya mirip seperti jamur crispy di Indonesia. Namun makanan ini biasa disajikan sebagai menu pembuka atau makanan ringan saja. Lebih sering hadir di bulan Ramadan, bahan Pakora ini tidak susah didapatkan. Makanan ini terbuat dari tepung, rempah-rempah dan potongan sayuran sebagai adonan.

Fesenjan

Fesenjan atau Fesenjoon adalah makanan khas dari Iran yang juga disajikan sebagai menu berbuka puasa. Fasenjoon menggunakan bahan dasar unggas-unggasan, seperti bebek, ayam, dan burung dara. Dimasak dengan paduan sirup delima dan kenari sebagai bahan campuran, Fasenjoon biasa disajikan dengan nasi yang masih hangat. Uniknya, makanan ini mirip dengan gudeg, yang apabila disimpan lama, rasanya semakin enak.

Ful Medames

Makanan khas Mesir ini merupakan makanan warisan turun temurun sejak jaman Firaun. Makanan ini cukup kaya akan bahan dan pembuatannya sangat mudah. Pun demikian Anda harus bersabar karena dalam proses pembuatannya Anda harus merendam dan mendidihkannya terlebih dahulu sebelum dimakan.

Harira

Adalah makanan khas penduduk Maghribi di Afrika Utara. Variasi makanan ini cukup banyak, namun Harira dikenal sebagai sup khas dengan daging domba sebagai bahan utamanya. Harira boleh disajikan dengan dicampur sayuran atau mie. Dilengkapi dengan bumbu rempah herbal yang kabarnya sangat baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Lahm Lhalou

Apabila Anda bukan pecinta makanan asin, maka mungkin Anda akan menyukai menu makanan ini. Lahm Lhalou adalah masakan khas Arab yang konsepnya berawal dari daging manis. Dianjurkan saat memasak makanan ini tidak perlu menambahkan garam. Makanan ini dimasak hanya dengan campuran jahe, jeruk, almond, dan kismis.

Ayam Percik

Dikutip dari negara tetangga, ayam percik adalah menu yang cukup beken di negri Jiran, Malaysia. Mayoritas muslim menyajikan menu ayam percik ini seperti layaknya ayam opor di Indonesia. Dengan menggunakan bahan rempah-rempah dan santan kelapa, menu yang satu ini bisa mengobati kerinduan akan masakan opor ayam saat menghabiskan puasa di Malaysia. Namun sedikit berbeda, ayam percik biasanya juga disajikan dalam bentuk ayam bakar.

Mansaf

Dari Yordania, Mansaf dikenal sebagai menu nasional di sana. Mansaf sebenarnya tidak hadir hanya di bulan Ramadan saja, namun ia juga hadir pada hari-hari besar lain yang diperingati di Yordania. Merupakan rangkaian dari daging domba yang dimasak dengan aneka rempah-rempah khas Yordania, menu ini menjadi salah satu menu kebanggaan di sana.

Wah, ternyata beragam juga ya menu makanan berbuka puasa dari penjuru dunia. (vem/bee)

Trending Now
Hmmmm....sepertinya seger bgt yaaa...ada yg mo coba bikin?

Hmmmm....sepertinya seger bgt yaaa...ada yg mo coba bikin?

Hmmmm....sepertinya seger bgt yaaa...ada yg mo coba bikin?
15,280 views 28 shares
HEBAT! Karya Orang Indonesia Buktikan Peran Superhero Di Perang Dunia!

HEBAT! Karya Orang Indonesia Buktikan Peran Superhero Di Perang Dunia!

Orang Indonesia memang luar biasa. Kali ini dengan teknik editing fotografi (photosop) yang maksimal, Agan Harahap berhasil mengungkap peran
30,985 views 3 shares
10 Pohon WOW di Dunia Dengan Fakta-Faktanya yang Harus Kamu Tahu

10 Pohon 'WOW' di Dunia Dengan Fakta-Faktanya yang Harus Kamu Tahu

Siapa sih yang nggak tahu kalau planet yang kita tinggali ini mempunyai beraneka ragam isi. Mulai dari berbagai jenis hewan hingga tumbuhan.
1,588 views 1 shares
Kumpulan Desain Undangan Pernikahan Unik, Bisa Membuatmu Pengen Cepet Nikah!

Kumpulan Desain Undangan Pernikahan Unik, Bisa Membuatmu Pengen Cepet Nikah!

Dalam acara pernikahan, undangan adalah salah satu komponen yang banyak orang selalu persiapkan, pertimbangkan, terutama bentuk & desainnya,
91,694 views 121 shares
Gila! Lalat-lalat Mati jadi Objek Karya Seni

Gila! Lalat-lalat Mati jadi Objek Karya Seni

Para seniman selalu saja memiliki sesuatu yang bisa membuat hal biasa menjadi luar biasa. Seperti gambar-gambar berikut ini yang menjadikan
53,357 views 1,710 shares
Gokil! Mobil Modifikasi ini sungguh di luar nalar

Gokil! Mobil Modifikasi ini sungguh di luar nalar

Setiap orang tentu ingin memiliki mobil yang keren. Beberapa dari mereka bahkan rela merogoh kocek dalam untuk memodifikasi mobilnya. Lantas
3,156 views 5 shares
Tulisan-tulisan publik ini pasti bikin kamu ketawa ngakak

Tulisan-tulisan publik ini pasti bikin kamu ketawa ngakak

Saat melakukan perjalan ke tempat tertentu terkadang kita menjumpai tulisan pengumuman atau reklame yang salah. Jadi tulisan yang salah tuli
92,899 views 8 shares
Karena Pantulan Kaca Bisa Merubah Segalanya..Ini Buktinya, LOL!

Karena Pantulan Kaca Bisa Merubah Segalanya..Ini Buktinya, LOL!

Cermin adalah satu benda yang bisa dianggap penting dalam kehidupan kita sehari-hari, bener nggak Pulsker? Berkat cermin kamu bisa melihat d
20,816 views 5 shares

15 Hal Yang Biasa Dilakuin Orang Pacaran, LDR-an, Sama Si #JONES

Haha.. Ini nih perbedaan menonjol buat yang Punya pacar deket, LDR an, dan Para Jomblo.. Yang masih jomblo jangan di bully ya? haha.. Kasian
19,181 views 427 shares
20 KAMUS GAUL yang Lagi NGEHIT! YUK Dibaca BIAR IKUTAN GAUL!

20 KAMUS GAUL yang Lagi NGEHIT! YUK Dibaca BIAR IKUTAN GAUL!

Ada-ada saja bahasa gaul yang diciptakan oleh orang-orang pada masa kini. Tapi emang ada manfaatnya sih, salah satunya adalah penghematan ka
5,351 views 121 shares
Terbaru
Pengen berlayar tapi takut mabuk? 16 Desain rumah ini solusi buat kamu

Pengen berlayar tapi takut mabuk? 16 Desain rumah ini solusi buat kamu

Mode transportasi memang bisa dijadikan inspirasi desain rumah hunian. Apalagi kamu yang suka menjelajahi lautan. Tema ini pasti cocok denga
14 views 0 shares

Rusia : Peluncuran Roket Soyuz

Hari kamis 28 April 2016 Rusia telah melakukan peluncuran roket pertamanya dari tempat peluncuran baru yaitu di lokasi kosmodrom Vostochny y
2 views 0 shares

Adegan CIUMAN Romantis Dian Sastro wardoyo dengan Nicholas Saputra

Film Ada Apa Dengan Cinta 2 : Adegan CIUMAN Romantis Dian Sastro wardoyo dengan Nicholas Saputra   Dalam film garapan Riri Riza itu, to
42 views 1 shares
tanda koma

tanda koma

Like fp kami     
25 views 0 shares

jangan malu menjomblo

Like fp kami
31 views 0 shares

Tips Sebelum Membeli Perlengkapan Bayi

Apakah Anda pasangan yang baru menjadi orang tua? Jika iya, pasti Anda akan membeli perlengkapan bayi. Berikut daftar barang-barang bayi yan
11 views 0 shares

Ini Sudut-sudut Pemandangan Terbaik di Danau Toba

Danau Toba berada di tujuh kabupaten dan tiap sudutnya menawarkan pemandangan yang indahnya beragam angle. Luasnya Danau Toba mencakup kawa
17 views 0 shares

8 Alasan Mengapa Filipina Jadi Negara Tujuan Travellingmu Selanjutnya

Haii Pulsker.. libur telah tiba nih, kamu mungkin udah merencanakan liburan dengan keluarga atau teman-temanmu. Nah, ke mana destinasi libur
23 views 0 shares
10 Bukti Kalau Wanita Bisa Mengangkat Beban Berat di Kepalanya!

10 Bukti Kalau Wanita Bisa Mengangkat Beban Berat di Kepalanya!

Wanita adalah sosok yang selalu dianggap lemah jika dibandingkan dengan laki-laki. Mereka sering dikatakan tidak bisa mengerjakan pekerjaan
56 views 0 shares