11 Fakta Unik Dan Lucu Tentang Uang
Loading...
 
posted on WOW Keren
1,710 views
11 Fakta Unik Dan Lucu Tentang Uang

Hampir setiap uang kertas di dunia dicetak dengan memasukkan gambar tokoh-tokoh penting di satu negara. Tokoh tersebut bisa pahlawan, Presiden, atau Ratu sebuah kerajaan.

Namun apa jadinya jika ternyata foto novelis karya fiksi pun bisa digunakan sebagai gambar dalam mata uang kertas?.

Seperti melansir Mirror.co.uk, Selasa (30/7/2013), menyebutkan keputusan menggunakan foto novelis Inggris Jane Austen ini merupakan hal yang langka terjadi pada mata uang poundsterling.

Bahkan, novelis karya fiksi ternama ini dikabarkan akan menjadi wanita pertama dalam gambar pecahan uang kertas 10 poundsterling baru di Inggris.

Kenyataannya, hal ini bukan hal unik pertama soal uang.

Dalam sejarah dan perkembangannya, uang memiliki deretan kisah unik yang bahkan cenderung lucu. Berikut 11 fakta tentang keunikan uang:

1. Kepala atau ekor?

Bagaimana ini bisa terjadi. Sebelum uang, orang-orang melakukan transaksi jual beli lewat pertukaran barang. Di Nauru, benua Pasifik, warganya menghargai satu hal dibanding uang, yaitu tikus. Sebab itu muncul istilah kepala atau ekor.

Warga pra modern bergantung pada perdagangan komoditas seperti suku Aztec yang menggunakan biji kopi, warga Norwegia yang menggunakan mentega, Paraguay yang menghargai siput dan para tentara Roman yang dibayar dengan garam.

2. Uang Monopoli

Ternyata pencetakan uang tunai untuk permainan monopoli setiap tahun lebih banyak dibandingkan dengan uang tunai yang dicetak di Amerika Serikat (AS).

Sebanyak US$ 30 miliar uang monopoli dicetak di AS setiap tahun. Sementara uang tunai yang dicetak di Bureau of Engraving and Printing AS hanya berjumlah US$ 11 miliar.

3. Ekor babi

Dalam bahasa Inggris kuno kata `pygg` adalah sebutan untuk jenis tanah liat yang digunakan orang untuk menyajikan hidangan atau sebagai kendi tempat menyimpan uang.

Seiring berkembangnya bahasa, saat ini kata `pygg` terdengar seperti pig (babi). Hal itulah yang menyebabkan celengan-celengan di Inggris kebanyakan berbentuk babi.

4. Uang atau kehidupan

Uang kertas pertama kali dicetak di China selama abad ke-10. Tapi itu tak bertahan lama setelah Genghis Khan mengalahkan negara tersebut.

Dari kerajaan besar tersebut, dia merebut emas dan perak dan memberikan uang kertas sebagai gantinya. Dia juga menolak uang yang disebut sebagai tindak pelanggaran.

5. Dolar dan simbolnya

Tanda $ untuk mata uang AS dikatakan berasal dari Ps Spanyol, singkatan dari peso. Guna menyingkatnya lebih pendek, maka S ditambah dengan P. Maka hasilnya muncul rumus P+S = $

Simbol ini telah banyak digunakan, hingga akhirnya terdapat pada uang dolar pertama pada 1875, lambang tersebut tak ada dalam uang kertas AS.

6. 18 juta poundsterling uang rusak setiap tahun

Mutilated Note Service dari Bank Sentral Inggris mengganti uang yang bernoda, sobek atau rusak. Setidaknya setengah dari uang kertas yang dikeluarkan bank rusak.

Terdapat sekitar 30 ribu pengajuan uang rusak bernilai 18 juta poundsterling setiap tahunnya. Uang tersebut rusak karena tertinggal di mesin cuci, digigit hewan peliharaan, terbakar di oven dan hilang begitu saja.

7. Bentuk terbesar yang terbaik

Uang kertas terbesar yang pernah dicetak Bank Sentral Inggris merupakan nominal 1 juta poundsterling pada 1948. Pencetakan uang terbesar ini guna membantu Eropa pasca Perang Dunia II.

Uang ini hanya bisa digunakan pemerintah AS dan dibatalkan setelah beberapa bulan pencetakannya.

Meski sudah ditarik dari peredaran, tak berarti uang tersebut tak berharga. Pada 2008, satu dari dua uang yang masih ada dilelang dan terjual senilai 78 ribu poundsterling.

8. Gambar tokoh di uang kertas

Tokoh-tokoh bersejarah di Inggris telah lama mengisi gambar pecahan uang sejak 1970 dan Bank Sentral Inggris menyambut baik berbagai gagasan tentang siapa yang patut dihormati dan berada di uang kertasnya.

Beberapa saran yang diberikan masyarakat termasuk Agatha Christie, bahkan the Beatles.

9. Tepian gerigi pada uang koin

Tahukah, mengapa koin memiliki pola bergerigi di sekitar putarannya?. Uang logam biasanya dibuat dari logam mulia dan para pencuri biasanya mencuri dan memotong tepian logamnya.

Jadi pemerintah mencoba mengatasinya dengan mengubah pola uang koinnya. Hal ini juga dapat mempersulit tindakan pemalsuan uang.

10. Alasan uang dolar AS berwarna hijau

Terdapat tiga alasan kenapa mata uang dolar Amerika Serikat (AS) berwarna hijau. Yang pertama, jumlah tinta warna hijau tersedia dalam jumlah besar saat akan mencetak uang.

Kedua warna hijau tahan akan perubahan kimiawi. Yang ketiga, secara psikologis, warna hijau bisa diidentifikasi dengan kredit pemerintah As yang kuat dan stabil.

11. Uang kertas bergambar sang Ratu

Potret Ratu Elizabeth II muncul di mata uang 33 negara lebih dari gambar tokoh manapun.

Kanada merupakan negara pertama yang menggunakan gambarnya di pecahan uang kertas bernilai US$ 20 pada 1935. Saat itu dia masih menjadi puteri berusia 9 tahun.

Dalam beberapa tahun, sebanyak 26 potret Ratu Elizabeth II telah digunakan di Inggris, di negara jajahannya, dan di sejumlah wilayah kekuasaanya.

Sementara beberapa pihak mencetak uang dan mengganti gambar sesuai dengan perubahan usianya, sebagian pihak lain tetap memilih memasang foto mudanya.

Saat Belize merancang ulang mata uangnya pada 1980, negara ini memilih gambar yang sudah berusia 20 tahun. (Sis/Nur)

Trending Now

10 Pose Cewek yang Biasa Dilakukan Saat Foto Selfie

Para perempuan sekalian, akuilah kalau kalian sering ribet dan heboh mikirin gaya saat mau foto, entah itu selfie, ataupun ramai-ramai bers
19,860 views 469 shares
Kumpulan Foto Parahnya Produk Tiruan Asal China yang Bikin Ngakak !

Kumpulan Foto Parahnya Produk Tiruan Asal China yang Bikin Ngakak !

Siapa yang tidak tau product tiongkok/china, disana sepertinya semua ada, produk replika, KW satu hingga KW 10, karena semua bisa di produks
187,848 views 1,018 shares
35 Kamus Gaul Biar Lo Ngga Dibilang Kudet !

35 Kamus Gaul Biar Lo Ngga Dibilang Kudet !

Jaman makin maju, istilah-istilah baru pun banyak bermunculan sebagai bahasa gaul. Lo dibilang kudet karna ngga tau arti istilah gaul terseb
45,870 views 290 shares
KUCING-KUCING MENGAGUMKAN Dengan WARNA MATA yang Berbeda!

KUCING-KUCING MENGAGUMKAN Dengan WARNA MATA yang Berbeda!

nah, kalo tadi udah lihat kan orang-orang dengan warna mata yang berbeda (heterochromia), sekarang kita lihat duh, kalo terjadi ama kucing g
14,085 views 409 shares
20 Meme MITOS-MITOS yang Akan Membuatmu TERTAWA

20 Meme MITOS-MITOS yang Akan Membuatmu TERTAWA

Mitos itu apaan sih? Biasanya kita mengenalnya dengan istilah "katanya orang". Bisa dipercaya, bisa juga tidak perlu dipercaya. Orang bilang
29,150 views 261 shares

Razia Tas Sekolah, Para Guru Meneteskan Air Mata Melihat Isi Tas Siswa Ini.

Alkisah disebuah sekolah menengah Putri di kota Shan’a’  ibu kota Yaman terdapat aturan yang mendadak dilakukan yaitu pemeriksaan - ta
189,765 views 12,434 shares
Kenyataan Menyedihkan Ketika Berbelanja di ONLINE SHOP Yang Tidak Sesuai Harapan

Kenyataan Menyedihkan Ketika Berbelanja di ONLINE SHOP Yang Tidak Sesuai Harapan

sering belanja online gak gaes? apalagi yang cewek pasti doyan deh kalo belanja baju di online shop. tapi kadang ada beberapa pengalaman gak
74,194 views 432 shares

10 Hal yang bikin kegantengan cowok meningkat 90%

Cowok keren memang identik dengan paras tampan, tubuh atletis dan (terkadang) mobil mewah. Tapi sebenarnya, cewe ngga hanya melihat keganten
37,286 views 1,675 shares
Kumpulan COKELAT Dengan Bentuk Paling ANEH Dan GAK BIASA!

Kumpulan COKELAT Dengan Bentuk Paling ANEH Dan GAK BIASA!

Wah, bentar lagi valentine ya gaes, bagi yang merayakan, siap-siap beli kado ya buat orang yang disayangi, biasanya berupa bunga atau cokela
6,706 views 280 shares

10 Hal yang Bikin Netizen Indonesia Unik

Pulsker, tahukah kamu bahwa netizen Indonesia terkenal unik? Oh iya, netizen sendiri artinya kelompok masyarakat yang telah mengenal dan akt
99,385 views 657 shares
Terbaru

Tahap Kemarahan Perempuan yang Jarang di ketahui

Ketika seorang wanta sedang marah, ada berbagai macam ekspresi, misalkan Diam saja, cemberut, atau meluapkan emosi secara kasar,Halitu bukan
11 views 0 shares
[15 FOTO] Belajar TATA KRAMA yang BAIK

[15 FOTO] Belajar TATA KRAMA yang BAIK

Tata krama adalah aturan yang tidak tertulis di masyarakat. Aturan ini biasanya mengatur pergaulan yang terjadi antara manusia. Di setiap te
99 views 0 shares
[12 KARIKATUR] Tips SUKSES dan KAYA Ala Om BOB SADINO! Yang Ingin Kaya WAJIB BACA Nih!

[12 KARIKATUR] Tips SUKSES dan KAYA Ala Om BOB SADINO! Yang Ingin Kaya WAJIB BACA Nih!

Mendiang Om Bob Sadino adalah sosok pengusaha KAYA yang kontroversial. Nama Beliau mulai dikenal saat tempat usahanya yang berkembang pesat
305 views 0 shares

JIKA KAMU BERGOLONGAN DARAH O? MAKA ANDA WAJIB BACA YANG SATU INI !!! SEMOGA BERMANFAAT

Yang mempunyai golongan darah O siapa nih? Kelompok darah tiap-tiap orang memiliki keunikkannya semasing, misalnya kelompok darah B yang to
181 views 1 shares

Informasi Tempat Hiburan, Lembaga Pendidikan dan Kecantikan di Jakarta

Manusia dalam mencari kebutuhan apa saja saat ini berpedoman pada internet seperti ingin mengetahui Sumber Informasi Media Online informasi
14 views 0 shares

Sholawat munjiyat dan sholawat manshub

Bacaan Sholawat Munjiyat dan Khasiatnya. manfaat dan fadhilah lafadz shalawat munjiyat teks/tulisan arab dan latin beserta arti/terjemahan b
71 views 0 shares

Ingat, gerhana matahari total 9 Maret 2016 lintasi 10 provinsi ini

Sebelumnya, gerhana matahati total pernah melintasi Indonesia pada 11 Juni 1983 dengan cakupan area berbeda dengan GMT 2016. Kejadian langk
393 views 0 shares
Hilman syarif

Hilman syarif

103 views 0 shares
Hilman syarif

Hilman syarif

38 views 0 shares
Hilman syarif

Hilman syarif

46 views 0 shares