Fungsi dan cara kerja suplemen Creatine
Loading...
 
posted on WOW Keren
4,839 views
Fungsi dan cara kerja suplemen Creatine

Buat kalian yang Hoby berOlahraga atau yang suka Gym alias Fitnes. masih belum tau apa itu Creatine? berikut penjelasannya..

Creatine adalah jenis asam amino yang secara alami terdapat di dalam tubuh dan tersimpan sebagian besar di dalam jaringan otot.

Melalui 3 macam asam amino yaitu arginin, glisin dan metionin, creatine sebanyak 1-2 gram per hari secara alami akan di sintesis di dalam hati dan ginjal. Total jumlah creatine yang dapat tersimpan di dalam tubuh adalah sekitar 0.17% dari total berat badan (120 gram untuk individu dengan berat badan 70 kg). Dari total jumlah tersebut, sekitar 95%-nya akan tersimpan di dalam jaringan otot serta sisanya akan tersimpan di dalam otak, hati serta ginjal.
Selain melalui proses sintesis alami asam amino di dalam tubuh, sumber lain untuk memenuhi kebetuhan creatine bagi tubuh adalah melalui suplementasi creatine yang umumnya berada dalam bentuk creatine monohydrate atau melalui konsumsi produk protein hewani seperti ikan tuna, ikan salmon, ikan herring dan daging sapi.
Pengaruh positif suplementasi creatine terutama pada kegiatan olahraga yang bergantung pada sistem metabolisme anaerobik untuk menghasilkan energi terutama pada aktivitas olahraga bersifat intensitas tinggi bertenaga durasi pendek (<30 detik) seperti sprint atau angkat berat disebabkan oleh adanya peningkatkan jumlah phosphocreatine (PCr) di dalam jaringan otot. Melalui pola konsumsi yang umumnya dilakukan secara kontinu dan rutin, suplementasi creatine disebutkan dapat meningkatkan jumlah simpanan creatine hingga 20-40%.
Creatine dalam metabolisme energi tubuh
Creatine menjadi salah satu sumber energi yang penting bagi kerja otot karena di dalam jaringan otot, bentuknya yang telah ter-fosforilasi menjadi phosphocreatine (PCr) secara langsung akan terlibat di dalam sistem metabolisme energi anaerobik untuk menghasilkan molekul energi ATP (adenosine tri-phospate) secara cepat.
Di dalam proses ini, simpanan PCr yang terdapat di dalam otot akan berperan dalam proses regenerasi molekul energi ATP melalui mekanisme yang juga dikenal sebagai sistem ATP-PCr. Melalui mekanisme reaksi yang berjalan dengan katalis enzim creatine-kinase, phosphocreatine akan menyumbangkan molekul fosfat-nya kepada ADP (adenosine di-phospate) untuk kemudian menghasilkan molekul energi ATP.
PCr + ADP + H+ –> ATP + Cr
Karena molekul energi ATP tersimpan dengan jumlah yang sangat terbatas di dalam tubuh dan karena kemampuan tubuh untuk melakukan aktivitas intensitas tinggi bertenaga sangat bergantung pada ketersediaan ATP di dalam jaringan otot, maka saat tubuh membutuhan energi secara cepat, proses regenerasi ATP dari PCr dapat bermanfaat untuk membantu memenuhi kebutuhan energi yang kemudian secara teoritis juga akan meningkatkan kemampuan tubuh dalam melakukan aktivitas olahraga intensitas tinggi bertenaga durasi pendek.
Performa Olahraga Intensitas Tinggi
Karena secara langsung akan terlibat dalam metabolisme energi secara anaerobik, maka perlu untuk diperhatikan bahwa suplementasi creatine menjadi efektif pada aktivitas olahraga yang bersifat intensitas tinggi bertenaga durasi pendek dengan repetisi atau aktivitas/jenis olahraga yang secara dominan bergantung terhadap metabolisme energi anaerobik untuk menghasilkan energi secara cepat seperti sprint, lari jarak pendek-menengah ataupun aktivitas olahraga lain seperti angkat berat atau bench press yang membutuhkan tenaga yang besar dalam waktu singkat.
Perlu juga untuk dicatat bahwa pada olahraga durasi panjang yang secara dominan bergantung pada pembakaran karbohidrat dan lemak untuk menghasilkan energi (metabolisme energi aerobik) seperti lari jarak jauh, sepeda jarak jauh ataupun juga sepakbola, sampai saat ini hasil riset menunjukan suplementasi creatine tidak memberikan manfaat positif dalam peningkatan performa.
Beberapa-berapa faktor yang menyebabkan suplementasi creatine memberikan manfaat positif terhadap performa olahraga yang bergantung terhadap metabolisme anaerobik untuk menghasilkan energi adalah:
• Supplementasi Cr meningkatkan jumlah PCr di dalam otot
• Peningkatan jumlah PCr meningkatkan kemampuan kontraksi otot melalui proses regenerasi ATP yang dapat berjalan secara cepat.
• Pengunaan PCr sebagai sumber energi secara teoritis akan menjaga tingkat keasaman otot dengan mengurangi membentukkan ion hidrogen.
• Creatine dapat berfungsi sebagai penyangga (buffer) bagi ion hidrogen yang telah terbentuk dalam aktivitas bertenaga. Proses ini secara teoritis dapat mencegah terbentuknya asam laktat yang menyebabkan otot menjadi cepat lelah.
Suplementasi Creatine dalam Penelitian.
Beberapa hasil penelitan memperlihatkan pengaruh positif pengunaan creatine pada aktivitas olahraga yang bergantung pada sistem metabolisme energi anaerobik untuk menghasilkan energi dengan cepat. Penelitan-penelitan tersebut umumnya menunjukan peningkatan power output, peningkatan kemampuan dalam melakukan aktivitas intensitas bertenaga, peningkatkan kapasitas endurance untuk aktivitas bertenaga serta peningkatan performa kapasitas anaerobik. Berikut kami sertakan beberapa hasil penelitian yang menunjukan peningkatan performa:
Penelitan oleh Balsom, Ekblom, et al. (1993) menunjukan peningkatan performa pada individu yang melakukan latihan sprint 10 kali selama 6 detik yang diselingi dengan waktu istirahat 30 detik. Subjek yang diberikan suplementasi creatine sebanyak 25 gram per hari selama 6 hari menunjukan peningkatan kapasitas performa.
Penelitian oleh Earnest et a.l (1995) yang dilakukan terhadap 34 atlet sepakbola amerika dan atlet atletik menunjukan peningkatan 2.5% kemampuan loncat vertikal saat diberikan suplementasi creatine dosis rendah sebanyak 3 gram per hari selama 14 hari.
Peningkatan kapasitas performa anaerobik ditunjukan oleh penelitian yang dilakukan oleh Jacobs et al. (1995), dimana grup yang diberikan suplementasi creatine monohydrate sebanyak 20 gr/hari selama 5 hari menunjukan kemampuan daya tahan yang lebih baik saat melakukan aktivitas bersepeda ergometer pada 125% O2 Max. Grup dengan suplementasi cretine mampu melakukan aktivitas intensitas tinggi dengan waktu yang lebih lama jika jika dibandingkan dengan grup non creatine, 137 vs 128 detik.
Penelitan oleh Casey et al. (1996) yang menunjukan peningkatan kapasitas kerja serta total work production dalam latihan olahraga repetisi bersepeda 2 X 30 detik yang disertai dengan 4 menit istirahat. Dalam penelitian lain, suplementasi creatine jangka pendek juga menunjukan hasil positif dalam peningkatan maximal power/strength (5-15%), performa sprint (1-5%) serta peningkatan performa kerja dalam latihan sprint repetisi (5-15%).

Trending Now
Apa Saja Kegiatan Sandra Dewi Saat Ramadhan dan Mudik? Yuk Intip Bareng-Bareng !

Apa Saja Kegiatan Sandra Dewi Saat Ramadhan dan Mudik? Yuk Intip Bareng-Bareng !

Kehidupan selebritis memang menarik untuk diikuti pulsker, apalagi di bulan Ramadhan seperti sekarang. Nah, kali ini kita bakalan kepoin keg
35,437 views 8,277 shares
Masih Sering Ngeluh Hidup Ini Berat? Kamu Harus Belajar Sama 7 Meme ‘Hidup Berat’ Ini

Masih Sering Ngeluh Hidup Ini Berat? Kamu Harus Belajar Sama 7 Meme ‘Hidup Berat’ Ini

Tiap orang pasti punya masalah tersendiri dalam kehidupannya. Mustahil jika ada orang yang nggak punya masalah pulsker. Masalah cinta, hutan
24,249 views 656 shares
Wow, Wanita Ini Adalah Ibu dari 12 Kucing Persia!

Wow, Wanita Ini Adalah Ibu dari 12 Kucing Persia!

Pulsker yang suka pelihara kucing mana suaranyaaa? Yakin nih kamu suka pelihara kucing? Berapa kucing yang kamu pelihara di rumah, Pulsker?
15,097 views 1,666 shares
ORANG KOREA SEBELUM & SESUDAH OPERASI PLASTIK

ORANG KOREA SEBELUM & SESUDAH OPERASI PLASTIK

Korea memang terkenal dengan orang-orang yang sudah biasa dengan operasi plastik, inilah perbedaan foto-foto sebelum & sesudah operasi p
450,554 views 542 shares
KUMPULAN FOTO Menakjubkan Olahraga Sepeda Ekstrim, WOW!

KUMPULAN FOTO Menakjubkan Olahraga Sepeda Ekstrim, WOW!

ada yang doyan bersepeda gaes? hobi? olahraga sepeda pas cfd emang asik,, atau pas bike to work naek sepeda... tapi ini ada yang naek sepeda
36,290 views 711 shares
20 FAKTA SEPUTAR CINTA GAUL ala Anak-anak Masa Kini

20 FAKTA SEPUTAR CINTA GAUL ala Anak-anak Masa Kini

Siapa yang sedang dilanda mabuk asmara? Atau ada yang sedang galau atau patah hati? Mungkin apa yang kalian alami sudah terangkum pada gamb
155,241 views 3,427 shares
10 Foto Ini Membuktikan Bahwa Orang Indonesia Itu Unik dan Tak Ada Duanya

10 Foto Ini Membuktikan Bahwa Orang Indonesia Itu Unik dan Tak Ada Duanya

Indonesia selain kaya akan sumber daya alam juga kaya akan sumber daya manusianya. Mau orang pintar ada, orang kreatif ada, orang baik, oran
30,699 views 1,893 shares
7 Cara Koplak Menjaga Suhu Tubuh Tetap Dingin di Musim Panas

7 Cara Koplak Menjaga Suhu Tubuh Tetap Dingin di Musim Panas

Bagi kita yang hidup di wilayah tropis nggak akan ngerasain gimana kalau pas lagi musim panas pulsker. Emang sih kata sebagian orang iklim t
6,133 views 545 shares
10 Foto Artis Korea Sebelum dan Sesudah Operasi Plastik

10 Foto Artis Korea Sebelum dan Sesudah Operasi Plastik

Jessica (SNSD) yang dikatakan tidak melakukan operasi plastik ternyata fotonya yang sekarang berbeda dengan dia yang dulu
462,928 views 4,431 shares
Pizza-Pizza Dengan Bentuk dan Toping Yang Luar Biasa Aneh dan Anti-Biasa!

Pizza-Pizza Dengan Bentuk dan Toping Yang Luar Biasa Aneh dan Anti-Biasa!

banyak yang suka pizza gaes? pasti dong.. makanan favorit seluruh umat manusia ini biasanya dengan topping daging dan sayuran, tapi lihat de
35,613 views 885 shares