Sejarah Cleopatra Ratu Mesir tercantik
Loading...
 
posted on WOW Keren
27,462 views
Sejarah Cleopatra Ratu Mesir tercantik

Cleopatra VII Philopator (Januari 69 SM – 12 Agustus 30 SM), adalah ratu Mesir kuno, anggota terakhir dinasti Ptolemeus. Walaupun banyak ratu Mesir lain yang menggunakan namanya, dialah yang dikenal dengan nama Cleopatra, dan semua pendahulunya yang bernama sama hampir dilupakan orang.

Ia adalah penguasa Mesir bersama ayahnya Ptolemeus XII, saudara laki-laki sekaligus suaminya: Ptolemeus XIII dan Ptolemeus XIV, dan akhirnya anaknya Caesarion.

Cleopatra berhasil mengatasi kudeta yang dirancang oleh pendukung saudara laki-lakinya dengan bersekutu dengan Julius Caesar dan dilanjutkan Mark Antony. Cleopatra memiliki 1 anak dari Julius Caesar dan 3 anak dari Mark Antony (dua diantaranya adalah kembar).

Cleopatra bunuh diri sewaktu Augustus (Octavianus) naik tahta dan menyerang Mesir, dengan cara memasukkan tangannya sendiri kedalam keranjang penuh ular berbisa ( Asp / sejenis Cobra asal Afrika Utara). Kisah hidupnya sering didramatisasikan dalam berbagai bentuk karya, termasuk "Antony and Cleopatra" dari William Shakespeare dan beberapa film modern.

Masa kecil
Sedikit yang diketahui tentang masa kecil Cleopatra, tetapi Cleopatra berdarah Yunani, bukan keturunan Mesir. Ia dilahirkan pada awal tahun 69 SM, anak ke-3 dari 6 orang dan lahir di kalangan Dinasti Ptolemaik Yunani. Ia mempunyai 2 orang kakak dan seorang adik perempuan serta dua adik laki-laki. Ia dilahirkan dan dibesarkan di Alexandria yang merupakan kota terbesar dan termewah saat itu.

Kerajaan dari ayah Cleopatra tidak aman akibat tekanan dan konflik dari luar dan dalam perebutan kekuasaan, serta konflik dalam seperti pemerintahan sentralisasi dan korupsi politik. Hal ini memimpin pemberontakan dan hilangnya Siprus dan Cyrenaica yang menyebabkan masa kekuasaan Ptolemeus sebagai salah satu yang paling mematikan di dinasti tersebut. Semasa kecil, Cleopatra telah melihat persengketaan dalam keluarganya sendiri. Dikatakan bahwa ayahnya selamat dari 2 usaha pembunuhan ketika seoragn pelayan menemukan ular berbisa yang mematikan di tempat tidurnya dan pelayan yang mencicipi minuman anggur tuannya yang selanjutnya pelayan tersebut meninggal. Kakak perempuan tertuanya, Tryphaena juga mencoba untuk meracuni Cleopatra sehingga ia mulai menggunakan juru cicip. Ketika ia berusia belasan tahun, ia menyaksikan kejatuhan ayahnya sendiri dan ayahnya menjadi boneka Kekaisaran Romawi akibat beban utang yang terlalu tinggi, tetapi masih berharap agar Romawi tidak menaklukan Mesir. Keadaan itu menyebabkan Ptolemeus XII diusir rakyat dari Alexandria yang akhirnya melarikan diri ke Romawi. Pada tahun 58 SM, ibunya, Cleopatra V mengambil alih pemerintahan bersama anaknya, Berenice IV dengan bantuan gubernur Suriah yang dikuasai Romawi, Aulus Gabinius selama setahun hingga ibunya meninggal, lalu Berenice IV memerintah sendiri. Ptolemeus XII menggulingkan anak perempuan tertuanya pada tahun 55 SM dan menghukum mati anaknya, Berenice IV. Kakak perempuan Cleopatra lainnya, Tryphaena mengambil tahta dan tidak lama kemudian ia meninggal yang menyisakan Cleopatra dengan suaminya dan adiknya, Ptolemeus XIII sebagai penerus tahta.

Trending Now
WoW... 10 Fashion Show Paling Unik di Dunia...!!!

WoW... 10 Fashion Show Paling Unik di Dunia...!!!

Fashion show adalah peragaan busana biasanya lekat dengan catwalk. Kini fashion show memiliki konsep yang lebih unik dan ekstrim. Jika dul
5,825 views 50 shares
INI DIA...Kumpulan Kartun Kenangan Yang Bakal Bikin Kamu Kangen...!!!

INI DIA...Kumpulan Kartun Kenangan Yang Bakal Bikin Kamu Kangen...!!!

Bagi kalian yang memasuki usia anak-anak hingga remaja awal pada era 90an akhir hingga awal 2000antentunya tidak asing kan dengan kartun har
123,905 views 4,976 shares
Jenis Kucing Mahal yang Paling Banyak di Cari Yang Kamu Harus Tahu...!!!

Jenis Kucing Mahal yang Paling Banyak di Cari Yang Kamu Harus Tahu...!!!

Kucing adalah hewan yang lucu dan telah dipelihara sejak jaman dahulu kala. Hewan yang satu ini sering dikaitkan dengan hal-hal mistis sejak
34,627 views 98 shares
Punya Temen Tukang Tikung? Ini Meme yang Pas Buat Mereka!

Punya Temen Tukang Tikung? Ini Meme yang Pas Buat Mereka!

Setiap orang pasti punya teman, tapi nggak semua teman yang kita punya bisa benar-benar menjadi "teman". Banyak banget teman yang udah kita
16,908 views 721 shares

Hal-hal mainstream yang orang lakukan di INSTAGRAM

Hai sob, sekarang gue mau ngebacot tentang salah satu akun sosial media yang udah terlalu mainstream, terlebih dari jumlah usernya, hingga h
16,779 views 553 shares

Batu Al Naslaa, Batu Terbelah Sempurna Seakan Diiris Pisau - Subhanallah!

Fenomena alam di dunia ini memang sangat banyak yang belum terpecahkan misterinya. Salah satunya adalah batu Al-Naslaa yang terletak di teng
28,722 views 1,648 shares

Rayuan Gombal Maut, Bikin Cewe Klepek - Klepek

Nih gan, ane punya beberapa kata-kata gombal buat ente.. Kata-kata gombal berikut bisa ente coba, bisa ente aplikasikan pada pacar biar dia
95,611 views 455 shares
Flathead Lake, Montana.seakan akan melayang.sangking jernihnnya

Flathead Lake, Montana.seakan akan melayang.sangking jernihnnya

Flathead Lake, Montana.seakan akan melayang.sangking jernihnnya
24,135 views 179 shares

13 Tokoh Penjahat Ini Sama Keren dengan Jagoannya!

Dalam setiap film atau serial yang kita tonton, selalu ada tuh yang namanya karakter penjahat. Karakter penjahat atau karakter antagonis ini
24,600 views 52 shares
Salah satu species kuda laut yang tubuhnya berwarna warni, keren banget nih !

Salah satu species kuda laut yang tubuhnya berwarna warni, keren banget nih !

Salah satu species kuda laut yang tubuhnya berwarna warni, keren banget nih !
9,216 views 23 shares