Naik gunung Itu Ngga Enak! Ini 5 alasan kenapa kamu jangan naik gunung!
Loading...
 
posted on Travelling
3,080 views
Naik gunung Itu Ngga Enak! Ini 5 alasan kenapa kamu jangan naik gunung!

Tahun 2015 sudah hampir berlalu. sebagian orang pasti sudah membuat lingkaran di kalender untuk menentukan jawal keberangkatan perjalanan yang akan dilakukan untuk liburan menjelang tahun baru.

Mungkin liuran kali ini akan dihabiskan berama keluarga, teman, atau kekasih. Bisa berlibur ke kota, kembali ke desa, atau seperti yang sedang nge-tren beberapa tahun belakangan ini : Naik Gunung.

 

Yup, dua tahun belakangan ini, travelling menjadi sebuah life style. Belum gaul kalau belum foto di tempat eksotis sambil pasang hastag. Mendaki gunung yang dulunya dianggap sebagai kegiatan berbahaya, kini malah ramai jadi tujuan wisata. Sebenarnya, apa sih yang dicari orang-orang tersebut saat mendaki gunung? Mengapa sekarang orang-orang pada berlomba melakukan pendakian. Padahal, naik gunung itu ngga enak lho!

 

sumber : cdn.meme.am

 

1. Di Gunung Ngga Ada Mini Market

Di pulau Jawa ada sebuah gunung yang konon track nya amat panjang, namanya Argopuro. Karena Argopuro adalah pegunungan, butuh perjalanan selama 5-7 hari untuk sampai dari Baderan (situbondo) menuju Bremi (Probolinggo). Bayangin gimana beratnya beban di pundak kamu jika kamu harus membawa bekal untuk 7 hari! itu masih makanan, belum lagi perlengkapan seperti tenda, sleeping bag, jacket, lampu badai, parang, nasting, kompor, dan perlengkapan lainnya. Apa ngga berat tuh? Apalagi di gunung ngga ada mini market, kalo kamu kehabisan logistik atau ada peralatan yang mendadak rusak ngga bisa dipakai (misal sepatu kamu tiba-tiba jebol) kamu ngga bisa beli gantinya. Emang enak?

Tapi, jika kamu mau belajar untuk tidak mengeluh, di gunung kamu akan belajar untuk memanage perjalanan. Beajar mengatur waktu, tenaga, dan pengeluaran. Kamu bakal belajar untuk mengatur persediaan logistik, sehingga kamu ngga akan kelaparan. Dari situ, kamu bisa menjadi seorang koordinator yang baik, minimal untuk mengatur dirimu sendiri.

 

sumber : img.duniaku.net

 

2. Di Gunung Ngga ada Listrik!

Jika kamu terbiasa hidup nyaman di rumah dengan AC yang sejuk atau wifi 24 jam, maka bersiaplah kecewa saat di gunung kamu tidak menemukan itu semua. Tidak ada sinyal. kamu tidak bisa berkomunikasi dengan orang-orang yang jauh denganmu. Hape canggihmu cuma berfungsi untuk mendengarkan lagu atau foto selfie. Eh, tapi sekarang ini foto selfie emang menjadi tujuan utama para pendki kan?

Di gunung emang ngga ada AC, tapi kesejukannya alami. Dan lagi, kamu emang ngga bakal nemuin wifi disini, tapi kamu bisa lebih terhubung dengan apa yang ada di sekitarmu. Kamu bisa mendekatkan diri dengan teman seperjalananmu, dengan alam raya, dan terutama dengan Tuhan. Gunung adalah tempat terbaik untuk menjalin silaturahmi dan bertemu dengan orang-orang baru yang akan terasa seperti "saudara".

sumber : api.ning.com

 

3. Di Gunung Ngga Ada Cewe Cantik ato Cowo ganteng!

Jangan harap kamu ketemu cewe secantik Pervita Pearce atau seganteng Herjunot Ali. Itu cuma ada di film. Percaya deh, orang yang suka naik gunung itu buluk. Bahasa Jawa nya, kumus-kumus. Jangankan untuk dandan, bisa bertahan dari suhu dingin aja udah alhamdulillah. Di gunung, definisi ganteng atau cantik akan berubah. mereka yang tampan bukanlah yang berwajah seperti bintang film, tapi justru mereka yang bisa mengayomi dan membuat suasana tetap semangat. Kecantikan di gunung bukanlah soal fisik, tapi soal hati yang tetap bersabar untuk menuntaskan perjalanan, meskipun tidak berhasil sampai di puncak. dan percayalah, cewe secantik Pervita Pearce pun akan terlihat jelek jika hanya bisa merengek kedinginan tanpa berbuat apa-apa.

 

sumber : cdn-2.tstatic.net

 

4. Di Gunung Ngga Ada Gramedia!

Udah bukan hal aneh lagi untuk selfie di atas puncak sambil memamerkan kertas berisi pesan dan tulisan-tulisan singkat. Pendaki seperti ini sih masih mending, meskipun alay setidaknya tidak merusak. kecuali kalo abis foto, kertasnya dibuang gitu aja. arulah perlu dibinasakan pendaki macam ini. Jaman dulu, perusakan alam lebih parah lagi. Orang melakukan vandalisme dengan mencoret-coret batu, tebing, pohon dan lainnya menggunakan pylox atau tipe-x. Tapi orang jaman dulu juga ngga tanggung-tanggung untuk memberi hukuman atas tindakan vandalisme. Jadi, kalo kamu ke gunung cuma buat foto selfie sambil pegang kertas, mendingan kamu rubah mindset kamu tentang pendakian deh. Di gunung ngga ada gramedia yang nyediain kertas sama spidol. 

 

sumber : 3.bp.blogspot.com

 

5. Di Gunung Ngga Ada Apa-apa selain ini :

Ngga ada hal lain yang akan kamu temukan di gunung selain persaudaraan, kebersamaan, ketenangan batin, kesenangan yang sederhana, pengalaman, inspirasi, dan kenangan. Makanya, jangan naik gunung jika hanya ingin pamer jam terbang atau foto nge-hitz saja. Di gunung, kamu mungkin bisa bermain, tapi gunung bukan tempat main-main. Pelajari dahulu dasar-dasar pendakian. Ngga ada salahnya untuk berbaur dan menghargai hukum adat warga sekitar. Berbagi waktu dengan alam, kau akan tau siapa dirimu yang sebenarnya

 

sumber : stvapostit.weebly.com

Jadi, yuk kita perbaiki pengertian dan pencitraan masyarakat terhadap kegiatan mendaki gunung. Jangan tinggalkan apapun kecuali jejak, jangan bununh apapun kecuali waktu dan jangan ambil apapun kecuali gambar (yang berkualitas, ya)

 

sumber : scontent.cdninstagram.com

Trending Now
5 Rumah Mewah Selebriti Ini Mempunyai Desain Unik

5 Rumah Mewah Selebriti Ini Mempunyai Desain Unik

Mempunyai hunian yang mewah sangatlah mudah bagi para selebriti untuk mendapatkannya, hal ini terjadi karena memang para selebriti begitu mu
8,229 views 351 shares
Entah Gugup atau Kebelet, Anak Ini Salah Arah Saat Lari Estafet

Entah Gugup atau Kebelet, Anak Ini Salah Arah Saat Lari Estafet

Lari estafet adalah salah satu bagian dari cabang olahraga. Peraturan lari estafet biasanya ada 1 hingga 4 pelari yang berlari secara bergan
550 views 0 shares
Aksi Kucing Diluar Dugaan yang Super Menggemaskan

Aksi Kucing Diluar Dugaan yang Super Menggemaskan

Sebagai hewan peliharaan, kucing memang terlihat menggemaskan. Tingkahnya yang lucu dan perawatannya nggak ribet membuatnya disukai banyak o
574 views 0 shares
Cakep Banget. Inilah Foto Masa Muda Presiden Indonesia yang Bikin Klepek Klepek

Cakep Banget. Inilah Foto Masa Muda Presiden Indonesia yang Bikin Klepek Klepek

Presiden adalah seseorang yang mempunyai jabatan tertinggi dalam pemerintahan di negara Indonesia ini. Sebagai orang nomer satu Presiden aka
3,411 views 125 shares
Foto National Geographic tentang Pencemaran Habitat Hewan Ini Bikin Kamu Trenyuh

Foto National Geographic tentang Pencemaran Habitat Hewan Ini Bikin Kamu Trenyuh

Pencemaran lingkungan kini menjadi sebuah isu terkemuka di dunia. Disamping isu yang tak kalah penting seperti isu terorisme dan keamanan. P
535 views 0 shares
Ekstrim Banget ... 7 Makanan Terpedas Di Dunia Ini Nampol Abis

Ekstrim Banget ... 7 Makanan Terpedas Di Dunia Ini Nampol Abis

Bagi sebagian orang makanan yang disajikan dengan bumbu pedas merupakan favorit dalam referensi menu makanannya. Karena mereka menganggap ji
2,517 views 124 shares
Viral! Video Biarawati dan Ibu Berhijab Sedang Bercengkrama di Kereta Ini Bikin Adem

Viral! Video Biarawati dan Ibu Berhijab Sedang Bercengkrama di Kereta Ini Bikin Adem

Indonesia adalah negara yang terdiri dari berbagai macam suku, ras dan agama. Dan hal tersebut berdasar pada Bhinneka Tunggal Ika yang artin
813 views 0 shares
Sering Jadi Perbincangan, Inilah 5 Cowok Yang Pernah Menjalin Hubungan Dengan Kesha Ratuliu

Sering Jadi Perbincangan, Inilah 5 Cowok Yang Pernah Menjalin Hubungan Dengan Kesha Ratuliu

Kesha Ratuliu sudah terjun di dunia entertainmen sejak berumur 9 tahun, Kesha juga merupakan keponakan dari artis Mona Ratuliu. Tetapi tau n
2,928 views 239 shares
Jangan Cuma Liat Sekali Biar Nggak Salah Paham Sama Foto-Foto Ini

Jangan Cuma Liat Sekali Biar Nggak Salah Paham Sama Foto-Foto Ini

Selalu saja ada kejadian atau peristiwa unik dan nggak terduga di dunia. Entah karena disengaja ataupun tidak, yang jelas kejadian tersebut
2,564 views 0 shares
Serba Serbi Meme Kutukan Mantan yang Membuatmu Ketar Ketir di Hari Pernikahan

Serba Serbi Meme Kutukan Mantan yang Membuatmu Ketar Ketir di Hari Pernikahan

Hari pernikahan adalah hari yang paling ditunggu-tunggu bagi semua orang gengs. Karena pada hari inilah dua insan manusia akan mengarungi hi
3,756 views 146 shares