Apa sih Gunanya Lampu HAZARD???
Loading...

Di dunia internasional menggunakan lampu HAZARD saat mobil bergerak itu adalah sebuah pelanggaran. Pengemudi dapat ditilang karena melakukan hal itu. Namun berbeda dengan yang terjadi di Indonesia, pengendara sering menyalakannya saat mobil sedang berjalan bahkan di saat hujan. Hal ini dapat membingungkan pengemudi yang lain karena bingung mengira-ngira akan kemana kendaraan kamu akan melaju.

Ini adalah prosedur penggunaan lampu HAZARD yang benar :

 

1. Ketika kendaraan sedang mogok dan gangguan lainnya

Sumber : otosia.com

Sumber : bisaotomotif.com

Lampu HAZARD dapat kalian nyalakan jika kendaraan sedang tidak bagus dan ada tanda-tanda akan mogok atau ban bocor dan lain sebagainya sehingga kendaraan menjadi melambat atau berhenti.

 

2. Memberitahu kendaraan yang di belakangnya kalau di depan ada gangguan

Sumber : metro.news.viva.co.id

Sumber : teropongsenayan.com

Ketika kamu melihat ada gangguan yang ada di depanmu, kamu dapat menyalakan lampu HAZARD untuk memberitahu kendaraan di belakangmu bahwa ada gangguan seperti tanah longsor, pohon tumbang, ada kecelakaan, dan lain sebagainya.

 

3. Ketika kendaraan harus segera menepi atau berhenti

Sumber : rideralam.com

Sumber :forum.kompas.com

Saat kamu berkendara tiba-tiba harus menepi atau berhenti karena sesuatu kejadian yang penting dan mendadak. Misalnya ada telepon penting yang masuk, ada sesuatu yang terjadi di dalam mobil misalnya ada hewan liar yang masuk, dan sebagainya.

 

4. Ketika kendaraan berjalan di luar jalur yang seharusnya dilalui

Sumber :123rf.com

Sumber : aselimalang.com

Biasanya kejadian ini dilakukan oleh kendaraan yang sedang mendesak karena melakukan tugas seperti mobil ambulance dan pemadam kebakaran. Mereka berjalan di luar jalur saat melakukan tugas.

 

 

Nah sudah tau kan sobat Pulsker apa gunanya lampu HAZARD?! Jadi gunakanlah sebaiknya agar memudahkan pengemudi lain menjadi lebih aman. Jadilah pengemudi yang tertib berlalu lintas agar selamat selama di perjalanan. Adapula kendaraan pejabat negara yang dikawal oleh polisi.