Keuntungan Menggunakan Pakan Ternak Fermentasi
Loading...

Pakan ternak merupakan makanan yang diberikan pada hewan ternak seperti sapi atau kambing. Terdapat dua jenis bahan makanan untuk ternak, yaitu organik dan anorganik. Pakan organik adalah bahan makanan yang berasal dari bahan bahan alami tanpa melewati proses kimia. Sedangkan bahan makanan anorganik merupakan bahan makanan yang sudah terlebih dahulu melewati proses kimia seperti fermentasi buatan.

 

Pakan ternaka yang melewati proses fermentasi memiliki kadungan protein yang lebih tinggi daripada pakan ternak organik, sehingga akan mempercepat pertumbuhan hewan ternak. Selain itu pakan ternak fermentasi juga mengandung kalsium, kalium, natrium, fosfor, lemak, serat, dan magnesium yang dibutuhkan untuk perkembangan hewan ternak.

 

Keuntungan menggunakan pakan ternak fermentasi

 

Pakan ternak yang baik adalah pakan ternak yang banyak mengandung protein, karbohidrat, lemak, mineral dan vitamin yang dibutuhkan oleh hewan ternak. Dengan melakukan proses fermentasi pada pakan ternak akan mendapatkan kandungan bahan makanan yang lengkap.

 

Fungsi utama dari pakan ternak fermentasiadalah meningkatkan kandungan gizi pakan dan juga tingkat kesukaan ternak terhadap pakan tersebut. Selain itu, pakan ternak fermentasi berfungsi untuk penambat nitrogen, pelarut fosfat, penghasil fitohormon, merombak bahan organik seperti selulosa dan lignin.

ssapi lebih gemuk

 

Proses Fermentasi

 

Proses fermentasi adalag proses produksi energi dalam bahan pakan dengan menggunakan bakteri starbio atau EM4. Bakeri tersebut akan mencerna bahan bahan pakan ternak seperti rumput, jerami, batang pohon pisang dan ampas tahu, sehingga bahan makanan tersebut sudah lebih siap dicerna oleh hewan ternak karena sudah terlebih dahulu dicerna oleh bakteri starbio.

 

Manfaat Pakan Ternak Fermentasi

 

Pakan ternak fermentasi dapat membantu memperbaiki sistem pencernaan hewan ternak karena pakan ternak sudah terlebih dahulu di dicerna oleh bakteri, sehingga hewan ternak lebih mudah mencerna makanannya. Meninggkatkan kualitas dan kuantitas susu yang dihasilkan oleh hewan ternak.

 

Meningkatkan nafsu makan ternak dan berat badan ternak, sehingga ternak lebih gemuk dan sehat. Meninggaktkan sistem kekebalan tubuh hewan ternak sehingga tidak mudah terserang penyakit. Mengurangi bau pada kotoran hewan ternak.

 

Pakan ternak fermentasi telah banyak digunakan oleh peternak-peternak karena dirasa manfaatnya yang luar biasa untu hewan ternak. Selain itu dengan menggunakan Proses fermentasi juga dapat menghewat waktu dan biaya. Para perternak tidak harus mencari rumput sendiri atau membeli rumput dengan harga yang mahal, karena sudah ada proses fermentasi pada pakan ternak yang digunakan.


Pakan ternak fermentasi