Cara Membuat Cover Atau Sampul Makalah Dengan Baik dan Benar
Loading...
 
posted on WOW Keren
10,546 views
Cara Membuat Cover Atau Sampul Makalah Dengan Baik dan Benar

Cover merupakan bagian paling depan pada sebuah makalah, cover biasa disebut juga sebagai sampul. Biasanya cover untuk karya tulis ilmiah seperti skripsi, makalah, dan thesis berbeda dengan cover buku ataupun karya fiksi.

Sehingga dalam pembuatan cover juga harus diperhatikan, agar tidak ada teguran dari penelaah karya tulis kita. Tidak sedikit pelajar maupun mahasiswa suka membuat cover yang asal-asalan, diantaranya seperti membuat cover seperti buku dengan desain-desain yang unik.

Halaman depan atau cover juga bisa menjadi nilai plus bagi tugas itu sendiri, jika cover rapih biasanya penulisan isi pun akan terlihat rapih juga, begitu pula jika cover asal-asalan atau acak-acakan maka biasanya isinya juga asal-asalan.

Sebenarnya banyak sekali contoh cover bertebaran di internet, baik berupa kerangka yang langsung kita pakai hanya dengan memasukan data-data saja ataupun dengan membuatnya sendiri. Namun disarankan jangan membuat cover dengan menggunakan template cover bawaan Ms. Word karena template tersebut dikhususkan bukan buat makalah ataupun karya tulis ilmiah.

Bagi Anda yang sedang kebingungan dan kesulitan membuat cover makalah dibawah ini ada beberapa langkah membuat cover yang baik dan benar, sehingga tidak terlihat asal-asalan.

Langkah-Langkah Membuat Cover Makalah

Sebenarnya sangat mudah sekali membuat sebuah cover, hanya dengan mengutak atik Ms. Word Anda bisa langsung berhasil membuat cover makalah. Simak langkah-langkah membuat cover makalah dibawah ini.

1. Sebelum memulai membuat cover, pastikan terlebih dahulu kertas yang dipakai untuk membuat cover. Biasanya cover di print dengan menggunakan kertas A4. Setelah Anda telah siapkan kertasnya, kemudian masuk ke Ms. Word dan aturlah penggunaan kertas yang sebelumnya Letter diganti dengan A4. Caranya yaitu pertama pilihlah tab page layout, lalu pilih size dan pilihlah ukuran kertas yaitu A4.

2. Setelah sudah menentukan ukuran kertas selanjutnya atur juga margin atau jarak tepi, yaitu dengan ukuran 3, 5 cm untuk tepi kiri, tepi kanan 2,5 cm, atas 4 dan bawah 2,5 cm. Masih di tab page layout, Anda pilih margin lalu atur sesuai dengan data diatas.

3. Untuk jenis huruf biasanya sesuai permintaan pedidik atau dosen, namun pada umumnya menggunakan jenis huruf Times New Roman. Untuk ukuran font antara judul dengan nama penyusun begitu juga dengan yang lainnya. Pada bagian judul ukuran font yaitu 14 pt, nama penyusun dan nomor induk berukuran 12 pt, nama faultas atau instansi 14 pt, alamat 12 pt, serta tahun akademis 14 pt.

4. Dalam menyusun data-data pada cover pun harus secara berurutan, dengan menggunakan rata tengah. Urutan paling atas yaitu judul makalah atau penelitian, urutan kedua Logo fakultas atau sekolah, ketiga nama penyusun serta no induk, keempat nama fakultas, kampus, atau nama sekolah, dan kelima tahun akademik.

5. Gunakanlah orientasi page layout dengan portait serta menggunakan space 1,5. Anda bisa mengatur space dengan pilih semua dokumen, lalu tekan pada eyboard Ctrl + 2. Maka, space akan berubah dari ukuran default ke 1,5 lines.

6. Setelah selesai semua, simpanlah dokument untuk keperluan tugas makalah yang lainnya. Ataupun Anda bisa langsung print dokument tersebut.

Dalam pembuatan cover karya tulis ilmiah seperti makalah akan berbeda sekali dengan susunan makalahpenulisan cover pada skripsi dan biasanya cover karya tulis ilmiah seperti skripsi atau thesis telah ditentukan oleh kampus. Kadang penyusunan cover makalah juga berbeda-beda sesuai sekolah atau kampus.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua.

Trending Now
Nggak Ada Helm, Kulit Semangka Pun Jadi Nih!

Nggak Ada Helm, Kulit Semangka Pun Jadi Nih!

Siapa sih yang nggak suka sama buah semangka. Buah khas negeri tropis ini memang pas banget buat dimakan saat cuaca panas. Apalagi kalau dib
613 views 58 shares
10 Momen Terjebak Keadaan ini Bikin Kamu Bingung Cari Jalan Keluarnya

10 Momen Terjebak Keadaan ini Bikin Kamu Bingung Cari Jalan Keluarnya

Pernah mengalami momen yang sangat tidak mengenakkan? Pasti  kita akan merasa sangat bingung apalagi kalau di sekitar kita tidak ada oran
924 views 88 shares
10 Gaya Baju Absurd di Tempat Umum Ini Bikin Kamu Puyeng Sampai Linu

10 Gaya Baju Absurd di Tempat Umum Ini Bikin Kamu Puyeng Sampai Linu

Hak azasi setiap manusia melakukan segala sesuatu yang disukainya asalkan tidak melanggar Undang Undang dan hak azasi orang lain. Bermacam a
2,720 views 204 shares
Nggak Biasa, Ini Dia kloset dengan Bentuk Anti Mainstream

Nggak Biasa, Ini Dia kloset dengan Bentuk Anti Mainstream

Toilet merupakan sarana yang paling vital bagi kehidupan manusia. Di rumah, di sekolah, di kantor dan di berbagai tempat umum lainnya pasti
1,155 views 143 shares
Kumpulan Komik yang Menggambarkan Gaya Anak Kekinian Ini Isinya Nyindir Banget

Kumpulan Komik yang Menggambarkan Gaya Anak Kekinian Ini Isinya Nyindir Banget

Kemajuan teknologi memang membawa kita untuk merasakan hidup lebih baik. Kita bisa dengan mudah mengakses apapun hanya dengan internet. Tapi
34,413 views 976 shares
Pose Menggemaskan Balita Meniru Selebgram, Nggak Kalah Keren Nih !

Pose Menggemaskan Balita Meniru Selebgram, Nggak Kalah Keren Nih !

Sejak munculnya instagram sebagai primadona media sosial, banyak orang mendadak jadi selebgram Pulsker. Baik pria ataupun wanita, nggak terb
8,810 views 775 shares
Deretan Lifehacks yang akan Membuat Hidupmu Jauh Lebih Mudah

Deretan Lifehacks yang akan Membuat Hidupmu Jauh Lebih Mudah

Terkadang untuk memudahkan pekerjaan kita sehari-hari, yang kita perlukan adalah lifehaks, yaitu cara keratif atau jalan pintas yang akan me
5,787 views 519 shares
Singkirkan Keriput Lima Makanan ini Ternyata Bikin Kulit Kencang Dan Mulus. Waw Amazing Banget

Singkirkan Keriput Lima Makanan ini Ternyata Bikin Kulit Kencang Dan Mulus. Waw Amazing Banget

Kesehatan adalah sesuatu yang sangat penting bagi manusia. Maka dari itu banyak orang bilang kesehatan itu mahal harganya. Karena kalau kita
784 views 0 shares