Ingin Anak Selalu Hidup Sehat? Ajarkan 7 Langkah Sederhana Ini Sejak Dini pada Anak
Loading...

Menjadi orang tua bukanlah sesuatu yang mudah untuk kita semua. Ada banyak hal yang harus kita pelajari dan ajarkan kepada anak. Salah satunya adalah untuk selalu hidup sehat dalam kesehariannya. Namun nih, tidak sedikit para orang tua yang bingung tentang bagaimana caranya untuk membiasakan hidup sehat pada anak-anak. Terutama untuk anak yang masih balita, hal ini dirasakan perlu dan penting sekali. Karena pada masa inilah anak-anak mulai aktif untuk mengenal hal baru dalam kehidupannya.

 

Nah, pada masa balita inilah merupakan waktu yang tepat bagi para bunda untuk selalu mengajarkan hidup sehat pada anak sejak dini. Tapi harus diingat juga, jangan langsung menjurus mengajarkan hal yang sulit pada anak untuk membiasakan hidup sehat. Mulailah dengan langkah awal yang sangat mudah sekali. Misalnya saja, selalu ingatkan anak-anak kita untuk selalu mencuci tangan setiap hari. Jika hal tersebut sudah ditanamkan pada diri anak, maka lanjutkan dengan langkah sederhana lainnya. Seperti langkah-langkah berikut ini.

 

 

1. Kenalkan Makanan Sehat dan Bergizi pada Anak

 

 

Saat menginjak usia balita, anak biasanya suka untuk mencoba sesuatu yang baru yang dapat dia lihat. Semisal saat dia melihat makanan yang dijual oleh para pedagang di sekolah, anak-anak biasanya langsung saja tanpa pikir panjang membeli dan memakannya. Sebaiknya hal yang seperti ini jangan dibiarkan ya bunda. Selalu ajarkan kepada anak tentang mana makanan yang baik dan sehat untuk mereka agar tidak mudah terserang penyakit. Selain itu, ingatkan anak kita untuk cuci tangan sebelum mereka menyentuh makanan dengan sabun anti bakteri.

 

 

2. Lakukan Aktivitas yang Menyenangkan Bersama Anak

 

 

Tidak ada hal yang paling istimewa dan menyenangkan selain berkumpul bersama anak dan keluarga. Momen-momen seperti ini sangat sayang jika dilewatkan, terutama saat hari libur tiba. Bunda dapat melakukan aktivitas menyenangkan bersama buah hati nih, semisal mengajaknya untuk masak bersama di dapur sekaligus mengenalkan bahan makanan dan sebagainya. Atau dapat juga mengajaknya menanam bunga di halaman. Nah, saat sebelum atau setelah memasak gunakan sabun cuci tangan yang mengandung ekstrak lemon segar. Karena khasiat dari ekstrak lemon berfungsi menghilangkan minyak dan bau.

 

 

3. Ajak Anak Untuk Berolahraga

 

 

Salah satu kunci utama dari hidup sehat adalah dengan berolahraga. Namun, kenyataan yang ada justru semakin bertambahnya usia, orang justru semakin malas untuk berolahraga atau istilah anak sekarang mager alias malas gerak. Malas berolahraga juga berdampak buruk pada kesehatan lho dan akan membuat penyakit mudah masuk ke tubuh kita. Untuk itu senantiasa ajarkan anak untuk berolahraga, mulailah dari olahraga yang ringan dulu.

 

Nah, setelah berolahraga jangan langsung makan atau minum dulu terutama untuk anak. Saat sampai di rumah, ingatkan anak kita untuk cuci tangan setelah berolahraga dan berkeringat.

 

 

4. Senantiasa Tanamkan Sikap Membuang Sampah Pada Tempatnya

 

 

Selain berolahraga, untuk menjaga pola hidup sehat hal yang tak kalah pentingnya adalah menjaga kebersihan lingkungan. Mulailah dari hal yang paling mudah dilakukan oleh si kecil. Seperti menanamkan sikap untuk membuang sampah pada tempatnya. Tidak hanya mengajari dan menanamkan saja tapi bunda harus mempraktekkannya juga bersama buah hati. Ajarkan pula tentang pentingnya mencuci tangan setelah memegang barang-barang yang kotor.

 

 

5. Ajarkan Tentang Bahaya Penyakit Pada Anak

 

 

Anak-anak juga sangat rentan terhadap penyakit lho bunda. Seperti flu dan sakit perut yang biasanya sering dialami bahkan infeksi pada kulit. Tidak hanya karena faktor cuaca, tapi juga karena kebersihan lingkungan. Perhatikan jajanan buah hati kita saat di sekolah, ini juga hal penting. Untuk mencegah penyakit pada anak, ajarkan anak untuk selalu mencuci tangan dengan sabun anti bakteri setiap selesai beraktivitas.

 

 

6. Selalu Anjurkan Anak Untuk Mandi 2 Kali Sehari dan Keramas 2 Kali Seminggu

 

 

Sekali atau bahkan dua kali waktu pernah kan anak kita susah untuk disuruh mandi? Selalu ada alasannya ya, dari males hingga bermacam-macam. Nah, untuk itu selalu ajarkan mereka untuk mandi 2 kali sehari dan keramas 2 kali seminggu. Kulit anak juga berbeda, oleh karena itu pilihlah sabun yang sesuai untuk kulit anak. Begitu juga dengan shampo, sesuaikan pula dengan kulit kepala anak kita ya.

 

 

7. Selalu Ajarkan Anak Untuk Cuci Tangan dan Kaki Selepas Beraktivitas, Sebelum Tidur, Sebelum Dan Sesudah Makan

 

 

Mungkin ini bagi sebagian orang adalah hal sepele, namun dampaknya tidak sesepele itu. Bayangkan jika anak-anak kita tidak senantiasa membiasakan mencuci tangan, setiap penyakit akan mudah datang. Maka ajarkan mereka untuk mencuci tangan selepas beraktivitas. Dan gunakanlah sabun cuci yang tangan yang cocok untuk jenis kulit mereka.

 

 

Pentingnya mencuci tangan ini pun sudah menjadi perhatian dunia internasional lho, dan tiap tanggal 15 Oktober kini diperingati sebagai Hari Mencuci Tangan Sedunia atau “Global Handwashing Day”. Kegiatan ini sudah dilakukan di berbagai negara dan bertujuan meningkatkan kesadaran anak-anak dan peran orang tua tentang pentingnya mencuci tangan sebelum mereka beraktivitas.

 

di Indonesia sendiri, Lifebuoy mendukung kampanye tersebut dengan mengadakan aktivitas menggunakan #BerbagiTanganSehat. Dengan mengunggah foto dengan hashtag itu di media sosial, bunda telah membantu menyebarkan pentingnya mencuci tangan dengan sabun kepada anak – anak di Indonesia. Informasi lebih lengkap bisa lihat di sini.

 

 

Nah, sudah tahu kan langkah sederhanya apa saja bunda? Yuk ajak juga para orang tua lainnya untuk menyadari betapa pentingnya cuci tangan untuk anak. Generasi penerus haruslah memiliki jiwa dan raga yang sehat, dimulai dari hal kecil dan membiasakan mencuci tangan bagi anak adalah salah satunya.