Selain Sehat dan Bugar, Mengajarkan Olahraga Pada Anak Sejak Dini Juga Punya Manfaat Lain Lho? Ini Dia 7 Diantaranya
Loading...

Hidup sehat adalah impian setiap orang tak terkecuali bagi anak. Oleh karena itu banyak para ibu dan orang tua mengajarkan hidup sehat kepada anak sejak dini. Yakni dengan menerapkan pola makan yang sehat juga mengajaknya berolahraga. Selain menyenangkan berolahraga tentunya dapat dijadikan sarana untuk menyatukan keluarga di hari libur.

 

Namun, tahukah ibu jika olahraga memberikan manfaat lain bagi anak selain sehat dan bugar? Di antaranya bagi perkembangan otak anak hingga kemampuan mereka saat berada di lingkungan sosialnya. Dan berikut adalah 7 diantaranya :

 

 

1. Meningkatkan Kesehatan

 

 

Kurang bergerak bisa memengaruhi kondisi tubuh, lho. Salah satunya, asupan kalori jadi tidak terbakar secara maksimal dan akhirnya menumpuk dan menyebabkan obesitas. Sementara, obesitas merupakan sumber dari banyak penyakit, mulai dari jantung, diabetes, sampai radang sendi. Dengan berolahraga kalori yang ada akan terbakar dan potensi penyakit dalam tubuh anak menjadi berkurang melalui keringat yang dikeluarkan.

 

 

2. Meningkatkan Kecerdasan

 

 

Ingat kan dengan pepatah ‘di dalam tubuh yang kuat terdapat jiwa yang sehat’. Jiwa yang sehat ditandai pula dengan kemampuan dan kecerdasan yang baik. Penelitian Michigan State Univesity’s Institute yang dikutip Kompas menunjukkan bahwa anak yang gemar berolahraga terbukti lebih cerdas dibandingkan yang tidak. Olahraga juga dapat membantu mengajarkan anak untuk konsentrasi pada tugas sekolah dan mengatur waktu lebih efektif.

 

 

3. Mengajarkan Sikap Sportif dan Kerjasama

 

 

Nilai olahraga tidak hanya tentang kalah dan menang saja, tapi juga mengajarkan sportivitas dan kerjasama. Sportif ditunjukkan ketika kita menghargai kemampuan lawan jika kita kalah dan permainan yang jujur. Dan saat menang anak tidak bersikap tinggi hati. Selain itu mengajarkan bagaimana kerjasama dalam satu tim untuk mencapai sebuah kemenangan. Seperti dalam pertandingan sepakbola. Jika ini ditanamkan dan terbawa hingga dewasa, kelak anak akan lebih menghargai teman dan lingkungan di sekitarnya.

 

 

4. Sebagai Sarana Bersosialisasi Anak Terhadap Orang Lain dan Lingkungan

 

 

Soerjono Soekanto salah seorang pakar sosiologi terkemuka di Indonesia menyebutkan bahwa interaksi dan sosialisasi adalah faktor utama dalam kehidupan sosial. Proses pengajaran interaksi dan sosialisasi yang paling baik adalah sejak anak-anak. Oleh karena itu olahraga juga menjadi sarana mempertemukan anak dengan teman dan orang lain yang baru mereka kenal. Semisal dalam perlombaan futsal. Dari situlah terbentuk interaksi diantara satu sama lain, dan mereka mendapatkan teman baru.

 

 

5. Belajar Mencapai Sebuah Target

 

 

Bagi para ibu dan orang tua hendaknya jangan menyalahkan anak saat mereka memperoleh kekalahan dalam sebuah pertandingan. Alangkah baiknya jika anak diajarkan untuk belajar dari kekalahan untuk lebih baik ke depannya. Dengan begitu anak akan terus berlatih dan memperbaiki kekurangan untuk mencapai sebuah target dalam pertandingan. Target bagi anak dapat bermacam-macam, seperti mendapatkan penghargaan sebagai pemain terbaik dalam satu tim.

 

 

6. Menambah Rasa Percaya Diri Anak

 

 

Jika target tersebut telah dicapai, rasa percaya diri anak akan bertambah. Selain itu juga ia mudah diterima oleh teman-temannya karena prestasi yang diraih. Dengan begitu mereka akan belajar bersama dan berbagi pengalaman bagaimana mencapai sebuah prestasi. Namun perlu diingat, sebagai seorang ibu dan orang tua untuk menanamkan sikap selalu berpikir positif dan terus belajar bagaimana untuk mempertahankan prestasinya tersebut.

 

 

7. Melatih Kedisiplinan dalam Menjaga Pola Hidup Sehat

 

 

Anak yang gemar berolahraga juga cenderung disiplin dalam menjaga pola hidup sehat, seperti sarapan saat hendak beraktivitas atau bersekolah. Bagi ibu memberikan asupan nutrisi dalam sarapan anak sangatlah penting untuk menjaga stamina anak. Oleh karena itu berikan segelas MILO ACTIV-GO dengan kandungan Protomalt (esktrak malt unik dari Barley), Vitamin, dan Mineral yang dapat membantu mencukupi kebutuhan energi harian anak. Selain itu, rasa cokelat MILO sangat lezat sehingga disukai oleh anak.

Sudah tahu kan manfaat mengajarkan anak berolahraga sejak dini? Mulai sekarang ajak anak-anak untuk berolahraga minimal seminggu sekali. Juga berikan segelas MILO saat sarapan. Untuk tahu nutrisi penting yang diperlukan anak, temukan informasi di sini. Selamat mencoba!