Walaupun Ribet, Tapi Prosesi Pernikahan Adat Jawa Punya Makna yang Mendalam
Loading...

Bagi sebagian orang, pernikahan bukan hanya mengikat satu pasangan dalam ikatan ijab kabul. Apalagi yang berasal dari daerah, mereka biasanya menggelar prosesi adat menurut kepercayaan yang diturunkan leluhurnya. Selain melestarikan kebudayaan, prosesi ini dianggap membawa aura positif yang berdampak pada kelanggengan pernikahan pasangan tersebut.

 

Yang berasal dari tanah Jawa pasti tahu jika prosesi pernikahan adat Jawa itu banyak tahapannya dan lumayan ribet Pulsker. Tapi ternyata walaupun begitu, ternyata prosesi itu punya makna yang sangat mendalam. Dan prosesi ini masih sering dilakukan oleh banyak pasangan di Indonesia.

 

Seperti yang dilansir dari laman IDNTimes, berikut tahapan prosesi adat jawa yang harus kamu tahu. Buat yang mau menikah dengan orang Jawa, belajar dari sekarang ya!

 

*jika kamu menyukai postingan ini, share ke teman-temanmu di Facebook ya Pulsker!

1
Siraman

Biasanya siraman ini dilaksanakan satu hari menjelang hari H yang dilakukan oleh kedua calon pengantin dirumahnya masing-masing.

Tujuannya adalah untuk membersihkan diri menjelang 'hari' besar yang akan dilaksanakan keesokan harinya. Yang memandikan calon pengantin biasanya orang tua dan sesepuh keluarga.

Siraman Biasanya siraman ini dilaksanakan satu hari menjelang hari H yang dilakukan oleh kedua calon pengantin dirumahnya masing-masing. Tujuannya adalah untuk membersihkan diri menjelang hari besar yang akan dilaksanakan keesokan harinya. Yang memandikan calon pengantin biasanya orang tua dan sesepuh keluarga.
Advertisements

2
Injak Telur

Injak telur dilakukan saat prosesi 'temu manten'. Sang pengantin pria menginjak telur, lalu kakinya disiram dengan air bunga oleh pengantin wanita.

Tujuannya adalah untuk memaknai harapan dan lambang kesetiaan kedua mempelai. Selain itu injak telur dan membersihkan kaki suami dimaknai keburukan suami dibersihkan oleh sang istri.

Injak Telur Injak telur dilakukan saat prosesi temu manten. Sang pengantin pria menginjak telur, lalu kakinya disiram dengan air bunga oleh pengantin wanita. Tujuannya adalah untuk memaknai harapan dan lambang kesetiaan kedua mempelai. Selain itu injak telur dan membersihkan kaki suami dimaknai keburukan suami dibersihkan oleh sang istri.

3
Malam midodareni

Saat keluarga dan calon mempelai lelaki datang kekediaman perempuan untuk bersilaturahmi.

Saat acara ini, calon mempelai tidak boleh bertemu dan calon mempelai lelaki tidak boleh makan dan hanya boleh meminum air putih saja yang sudah disiapkan.

Malam midodareni Saat keluarga dan calon mempelai lelaki datang kekediaman perempuan untuk bersilaturahmi. Saat acara ini, calon mempelai tidak boleh bertemu dan calon mempelai lelaki tidak boleh makan dan hanya boleh meminum air putih saja yang sudah disiapkan.

4
Sikepan Sindur / Gendongan

Setelah dilaksanakannya temu manten makan secara simbolis gendongan bermakna orang tua pengantin wanita mengantarkan anaknya ke pelaminan.

Pelaminan disini diibaratkan sebagai rumah tangga dimana suami akan memberi nafkah istri (kacar kucur).

Sikepan Sindur / Gendongan Setelah dilaksanakannya temu manten makan secara simbolis gendongan bermakna orang tua pengantin wanita mengantarkan anaknya ke pelaminan. Pelaminan disini diibaratkan sebagai rumah tangga dimana suami akan memberi nafkah istri (kacar kucur).

5
Pangkuan

Prosesi ini adalah saat orang tua mempelai wanita memangku pasangan pengantin yang artinya berbagi kasih yang adil.

Selain itu prosesi ini juga disebut timbang bobot atau timbangan dimana bibit, bebet dan bobot mempelai ditimbang oleh bapak pengantin wanita yang menandakan mental mereka sudah siap untuk berumah tangga.

Pangkuan Prosesi ini adalah saat orang tua mempelai wanita memangku pasangan pengantin yang artinya berbagi kasih yang adil. Selain itu prosesi ini juga disebut timbang bobot atau timbangan dimana bibit, bebet dan bobot mempelai ditimbang oleh bapak pengantin wanita yang menandakan mental mereka sudah siap untuk berumah tangga.

6
Kacar kucur

Kacar kucur..'makaryo lancar rejeki mancur'. Kalimat ini biasanya dilantunkan oleh MC atau dalang manten saat prosesi kacar kucur dimulai.

Ritual ini dimaknai bahwa suamu wajib memberi nafkah pada sang istri.

Kacar kucur Kacar kucur..makaryo lancar rejeki mancur. Kalimat ini biasanya dilantunkan oleh MC atau dalang manten saat prosesi kacar kucur dimulai. Ritual ini dimaknai bahwa suamu wajib memberi nafkah pada sang istri.

7
Kembul Bujono

Sebenarnya ini bukan prosesi kacar-kucur melainkan Kumbul Bujono, Dahar Kembul, Mangan Gathu atau suap-suapan yang dilakukan setelah prosesi kacar-kucur.

maknanya adalah setelah sang suami memberi nafkah (simbolis kacar kucur) maka sang istri wajib menerima dan mengolah menjadi makanan yang lantas akan dimakan berdua supaya rasa kasih sayang dalam keluarga bisa dirasakan bersama.

Kembul Bujono Sebenarnya ini bukan prosesi kacar-kucur melainkan Kumbul Bujono, Dahar Kembul, Mangan Gathu atau suap-suapan yang dilakukan setelah prosesi kacar-kucur. maknanya adalah setelah sang suami memberi nafkah (simbolis kacar kucur) maka sang istri wajib menerima dan mengolah menjadi makanan yang lantas akan dimakan berdua supaya rasa kasih sayang dalam keluarga bisa dirasakan bersama.

8
Sungkeman

Sungkeman ini bermakna mempelai meminta restu dari orang tua dan sesepuh yang mana setelah itu orang tua akan memberi wejangan kepada kedua mempelai.

Ini juga sebegai tanda bakti mempelai kepada orang tua.

Sungkeman Sungkeman ini bermakna mempelai meminta restu dari orang tua dan sesepuh yang mana setelah itu orang tua akan memberi wejangan kepada kedua mempelai. Ini juga sebegai tanda bakti mempelai kepada orang tua.

9
Janur kuning

Janur kuning akan dipasang saat prosesi pernikahan berlangsung yang artinya mengharap acara mendapatkan cahaya yang baik.

Janur kuning Janur kuning akan dipasang saat prosesi pernikahan berlangsung yang artinya mengharap acara mendapatkan cahaya yang baik.

10
Kembar mayang

Kembar mayang juga dimaknai jika berumah tangga akan ada harapan yang baik.

Biasanya yang menjadi kembar mayang berjumlah 4 orang yaitu dua orang gadis dan dua orang perjaka yang nantinya akan bertukar anyaman janur.

Kembar mayang Kembar mayang juga dimaknai jika berumah tangga akan ada harapan yang baik. Biasanya yang menjadi kembar mayang berjumlah 4 orang yaitu dua orang gadis dan dua orang perjaka yang nantinya akan bertukar anyaman janur.

11
Tarub

Tarub ini biasa dipasang didepan pintu acara prosesi pernikahan adat Jawa berlangsung yang mana memiliki makna harapan dan kemakmuran yang akan dirasakan kedua mempelai kelak.

Tarub Tarub ini biasa dipasang didepan pintu acara prosesi pernikahan adat Jawa berlangsung yang mana memiliki makna harapan dan kemakmuran yang akan dirasakan kedua mempelai kelak.