10 Fakta Menarik tentang Seragam Cewek Jepang
Loading...

Kalian yang pecinta Jepang, tentunya tidak asing dengan anime dan filmnya bukan?. Selain manga dan musiknya yang khas, negeri Sakura ini memang terkenal akan anime dan filmnya. Dan salah satu yang paling khas dalam film dan anime Jepang adalah seragam sekolah cewek-ceweknya nih pulsker.

 

Di banyak film dan anime digambarkan bagaimana seragam cewek Jepang memberikanimage tersendiri. Terutama bagi para cosplayer, seragam sekolah khas Negeri Matahari Terbit ini banyak dikenakan. Tapi, tahukah kalian fakta dibalik seragam sekolah cewek Jepang?. Berikut ini nih, 10 faktanya yang harus kalian ketahui. Dihimpun dari sumber Jalantikus.com, yuk simak apa saja.

1
Kalian pasti bertanya-tanya kan, kenapa rok seragam cewek Jepang itu minim banget?. Di Jepang ada kesepakatan bahwa rok terbaik itu 15 cm di atas lutut pulsker. Tapi ada juga beberapa sekolah yang mengharuskan siswinya menggunakan rok lebih panjang. Tak jarang, cewek Jepang melipat roknya agar tampak lebih tinggi, sehingga lebih leluasa memamerkan bentuk kakinya yang jenjang.

Kalian pasti bertanya-tanya kan, kenapa rok seragam cewek Jepang itu minim banget?. Di Jepang ada kesepakatan bahwa rok terbaik itu 15 cm di atas lutut pulsker. Tapi ada juga beberapa sekolah yang mengharuskan siswinya menggunakan rok lebih panjang. Tak jarang, cewek Jepang melipat roknya agar tampak lebih tinggi, sehingga lebih leluasa memamerkan bentuk kakinya yang jenjang.
Advertisements

2
Seragam ala pelaut ini namanya ‘se-ra fuku’. Seragam ini mulai digunakan di Jepang sejak tahun 1921 silam nih pulsker. Ide seragam pelaut dengan rok yang melipat-lipat ini dibuat dengan tujuan agar gerakan cewek Jepang tidak terhambat saat berolahraga. Tapi dulu sih rok dari seragam ini tidak sependek sekarang lho pulsker. Kalo sekarang lihat cewek Jepang pake seragam pelaut itu bikin para cowok mimisan dan geregetan. Bener gak?.

Seragam ala pelaut ini namanya ‘se-ra fuku’. Seragam ini mulai digunakan di Jepang sejak tahun 1921 silam nih pulsker. Ide seragam pelaut dengan rok yang melipat-lipat ini dibuat dengan tujuan agar gerakan cewek Jepang tidak terhambat saat berolahraga. Tapi dulu sih rok dari seragam ini tidak sependek sekarang lho pulsker. Kalo sekarang lihat cewek Jepang pake seragam pelaut itu bikin para cowok mimisan dan geregetan. Bener gak?.

3
Selain seragam pelaut di pertengahan abad ke-19, muncullah seragam baru pulsker. Yakni seragam model Blazer. Seragam ini terlihat lebih modis dan berkarisma ya, apalagi saat dipadukan dengan kemeja dan dasi panjang. Dan tetap, rok cewek Jepang harus pendek sebagai ciri khasnya.

Selain seragam pelaut di pertengahan abad ke-19, muncullah seragam baru pulsker. Yakni seragam model Blazer. Seragam ini terlihat lebih modis dan berkarisma ya, apalagi saat dipadukan dengan kemeja dan dasi panjang. Dan tetap, rok cewek Jepang harus pendek sebagai ciri khasnya.

4
Di beberapa sekolah, ada juga yang membebaskan siswinya untuk menggunakan seragam berupa sweater atau vest yang senada jika bosan dengan blazer yang sudah ada. Beberapa memilih memadukan warna cerah untuk membuat tampilannya terlihat manis dan menarik. Jadi makin gemes kan pulsker ngeliatnya?.

Di beberapa sekolah, ada juga yang membebaskan siswinya untuk menggunakan seragam berupa sweater atau vest yang senada jika bosan dengan blazer yang sudah ada. Beberapa memilih memadukan warna cerah untuk membuat tampilannya terlihat manis dan menarik. Jadi makin gemes kan pulsker ngeliatnya?.

5
Ada lagi yang namanya seragam one piece. Tapi ini bukan temanya bajak laut lho. Seragam ini mengusung model rok dan baju yang menyatu pulsker, seolah mirip daster. Karena biasa digunakan oleh sekolah khusus cewek, akan jarang menemukan cewek Jepang menggunakan seragam jenis ini. Tapi para Otaku sangat menyukai seragam jenis ini karena memang cewek Jepang jadi terlihat manis saat menggunakannya.

Ada lagi yang namanya seragam one piece. Tapi ini bukan temanya bajak laut lho. Seragam ini mengusung model rok dan baju yang menyatu pulsker, seolah mirip daster. Karena biasa digunakan oleh sekolah khusus cewek, akan jarang menemukan cewek Jepang menggunakan seragam jenis ini. Tapi para Otaku sangat menyukai seragam jenis ini karena memang cewek Jepang jadi terlihat manis saat menggunakannya.

6
Kita beralih ke bagian bawah seragam. Kaos kaki maksudnyaaa !. Untuk mengimbangi rok seragamnya yang pendek, cewek Jepang biasanya menggunakan kaos kaki panjang hingga 10 cm di bawah lutut. Soal warna, cewek Jepang seragam menggunakan warna hitam dan putih untuk kaus kakinya. Bisa dibilang mereka menyesuaikannya dengan seragam pulsker.

Kita beralih ke bagian bawah seragam. Kaos kaki maksudnyaaa !. Untuk mengimbangi rok seragamnya yang pendek, cewek Jepang biasanya menggunakan kaos kaki panjang hingga 10 cm di bawah lutut. Soal warna, cewek Jepang seragam menggunakan warna hitam dan putih untuk kaus kakinya. Bisa dibilang mereka menyesuaikannya dengan seragam pulsker.

7
Loose shocks atau kaus kaki kedodoran menjadi tren khusus cewek Jepang di musim dingin pulsker. Bukan karena mereka tak punya kaos kaki lainnya. Aksesoris pendukung ini biasanya dipadukan dengan seragam pelaut. Tapi kenyataannya, loose shocks ini cocok digunakan pada seragam apapun selama rok seragamnya pendek. Jadi makin geregetan nih pulsker, lihat cewek Jepang pakai seragam ini.

Loose shocks atau kaus kaki kedodoran menjadi tren khusus cewek Jepang di musim dingin pulsker. Bukan karena mereka tak punya kaos kaki lainnya. Aksesoris pendukung ini biasanya dipadukan dengan seragam pelaut. Tapi kenyataannya, loose shocks ini cocok digunakan pada seragam apapun selama rok seragamnya pendek. Jadi makin geregetan nih pulsker, lihat cewek Jepang pakai seragam ini.

8
Soal sepatu sih cewek Jepang tidak menggunakan sepatu seragam ya pulsker. Karena mereka diharuskan menggunakan sepatu indoor khusus selama di dalam sekolah. Jadi dari rumah biasanya cewek Jepang mengenakan alas kaki biasa saja. Baru sampai sekolah dipakai. Boleh juga nih ditiru, apalagi pas musim hujan biar sepatu tidak basah.

Soal sepatu sih cewek Jepang tidak menggunakan sepatu seragam ya pulsker. Karena mereka diharuskan menggunakan sepatu indoor khusus selama di dalam sekolah. Jadi dari rumah biasanya cewek Jepang mengenakan alas kaki biasa saja. Baru sampai sekolah dipakai. Boleh juga nih ditiru, apalagi pas musim hujan biar sepatu tidak basah.

9
Di film-film atau anime, pasti kan sering menemukan cewek Jepang pake dasi untuk seragamnya?. Meski tidak wajib, tapi dasi ini digunakan sebagai pemanis di seragam cewek Jepang pulsker. Bukan hanya dari kupu-kupu, cewek Jepang juga pake dasi panjang yang biasanya bermotif bunga.

Di film-film atau anime, pasti kan sering menemukan cewek Jepang pake dasi untuk seragamnya?. Meski tidak wajib, tapi dasi ini digunakan sebagai pemanis di seragam cewek Jepang pulsker. Bukan hanya dari kupu-kupu, cewek Jepang juga pake dasi panjang yang biasanya bermotif bunga.

10
Begitu juga dengan tas untuk sekolah. Tas cewek Jepang itu ibarat lemari berisi koleksi pribadinya. Cewek Jepang gemar menempelkan segala hal yang berbau kesukaannya di tas sekolah. Entah itu pin, gantungan, atau sekedar coretan. Itu tadi pulsker, fakta-fakta unik dibalik seragam cewek Jepang.

Begitu juga dengan tas untuk sekolah. Tas cewek Jepang itu ibarat lemari berisi koleksi pribadinya. Cewek Jepang gemar menempelkan segala hal yang berbau kesukaannya di tas sekolah. Entah itu pin, gantungan, atau sekedar coretan. Itu tadi pulsker, fakta-fakta unik dibalik seragam cewek Jepang.