7 Makhluk Mitologi Asli Indonesia, Percaya atau Nggak?
Loading...

Indonesia,negara yang kita tinggali saat ini menyimpan banyak keistimewaan. Begitu banyak budaya dan warisan leluhur yang masih kita percaya sampai sekarang. Tidak terkecuali dengan budaya mitos dan legendanya. Dan walaupun di era digital sekarang ini dimana semuanya didasarkan pada logika, tapi masih banyak masyarakat Indonesia yang mempercayai mitos dan legenda.

Seperti beberapa makhluk mitologiyang dikatakan berasal dari Indonesia berikut ini, keberadaan mereka dianggap sangat menakutkan. Seperti yang dilansir dari finspi.com, berikut ulasannya. Ada yang berasal dari daerahmu Pulsker?

*jika kamu menyukai postingan ini, share ke teman-temanmu di Facebook ya Pulsker!

1
Cindaku

Cindaku adalah makhluk mitologi yang berasal dari Jambi, Sumatera. Menurut legenda, Cindaku merupakan penampakan dengan wujud setengah manusia dan setengah harimau.

Banyak cerita mengatakan bahwa Cindaku sebenarnya adalah ilmu sihir suci yang dilakukan oleh masyarakat Kerinci

Cindaku Cindaku adalah makhluk mitologi yang berasal dari Jambi, Sumatera. Menurut legenda, Cindaku merupakan penampakan dengan wujud setengah manusia dan setengah harimau. Banyak cerita mengatakan bahwa Cindaku sebenarnya adalah ilmu sihir suci yang dilakukan oleh masyarakat Kerinci
Advertisements

2
Lembuswana

Lembuswana diyakini sebagai hewan suci yang berasal dari Kerajaan Kutai Kartanegara. Wujud hewan ini cukup mengerikan.

Tapi, jika kamu perhatikan lagi, bentuk Lembuswana hampir identik dengan Sphinx dari Mesir dan Griffin dari Eropa. Bener nggak Pulsker?

Lembuswana Lembuswana diyakini sebagai hewan suci yang berasal dari Kerajaan Kutai Kartanegara. Wujud hewan ini cukup mengerikan. Tapi, jika kamu perhatikan lagi, bentuk Lembuswana hampir identik dengan Sphinx dari Mesir dan Griffin dari Eropa. Bener nggak Pulsker?

3
Warak Ngendok

Warak Ngendok adalah makhluk mitologi yang berasal dari Semarang, Jawa Tengah.

Fakta menarik tentang makluk ini adalah: Warak Ngendok sebenarnya merupakan simbol persatuan antara 3 etnis besar di Semarang. Yang pertama adalah Naga, yang melambangkan Cina. Yang kedua adalah Buraq, yang merupakan simbol dari Arab. Hewan ketiga adalah kambing, yang merupakan simbol untuk Jawa.

Warak Ngendok Warak Ngendok adalah makhluk mitologi yang berasal dari Semarang, Jawa Tengah. Fakta menarik tentang makluk ini adalah: Warak Ngendok sebenarnya merupakan simbol persatuan antara 3 etnis besar di Semarang. Yang pertama adalah Naga, yang melambangkan Cina. Yang kedua adalah Buraq, yang merupakan simbol dari Arab. Hewan ketiga adalah kambing, yang merupakan simbol untuk Jawa.

4
Ahool

Ahool adalah makhluk mitologi yang digambarkan dalam bentuk kelelawar raksasa. Bentuk sejati dan habitat makhluk ini masih diperdebatkan.

Beberapa mengatakan Ahool sebenarnya pterodactyl, bukan makhluk mitos. Bahkan sempat ada laporan penampakan ahool di Gunung Salak, Jawa Barat.

Ahool Ahool adalah makhluk mitologi yang digambarkan dalam bentuk kelelawar raksasa. Bentuk sejati dan habitat makhluk ini masih diperdebatkan. Beberapa mengatakan Ahool sebenarnya pterodactyl, bukan makhluk mitos. Bahkan sempat ada laporan penampakan ahool di Gunung Salak, Jawa Barat.

5
Garuda

Garuda adalah simbol nasionalNegara Indonesia. Garuda didasarkan pada cerita rakyat Hindu tentang Dewa Vishnu/Wisnu (penjaga dewa triad suci Hindu).

Burung garuda sendiri hanya ada di Indonesia.

Garuda Garuda adalah simbol nasionalNegara Indonesia. Garuda didasarkan pada cerita rakyat Hindu tentang Dewa Vishnu/Wisnu (penjaga dewa triad suci Hindu). Burung garuda sendiri hanya ada di Indonesia.

6
Ebu Gogo

Ebu Gogo adalah makhluk mitos yang berasal dari Flores, Nusa Tenggara Timur. Di NTT, ada sebuah cerita menakutkan tentang makhluk kecil berbulu yang sering mengembara di sekitar desa yang terletak di dekat hutan ini.

Beberapa fakta seram tentang makhluk ini adalah Kata 'Ebu' berarti 'perempuan tua' dan 'Gogo' berarti 'makan segala sesuatu'. Jadi, Ebu Gogo dapat diterjemahkan sebagai 'seorang wanita tua yang makan segalanya'..hii..

Ebu Gogo Ebu Gogo adalah makhluk mitos yang berasal dari Flores, Nusa Tenggara Timur. Di NTT, ada sebuah cerita menakutkan tentang makhluk kecil berbulu yang sering mengembara di sekitar desa yang terletak di dekat hutan ini. Beberapa fakta seram tentang makhluk ini adalah Kata Ebu berarti perempuan tua dan Gogo berarti makan segala sesuatu. Jadi, Ebu Gogo dapat diterjemahkan sebagai seorang wanita tua yang makan segalanya..hii..

7
Orang Bati

Makhluk mitologi ini dikatakan berasal dari Pulau Seram, Maluku. Menurut legenda, Orang Bati adalah manusia yang memiliki sayap kelelawar.

Dikatakan bahwa Orang Bati tinggal di Gunung Kairatu. Kerjaan mereka adalah menculik dan memakan anak-anak..hiiii

Orang Bati Makhluk mitologi ini dikatakan berasal dari Pulau Seram, Maluku. Menurut legenda, Orang Bati adalah manusia yang memiliki sayap kelelawar. Dikatakan bahwa Orang Bati tinggal di Gunung Kairatu. Kerjaan mereka adalah menculik dan memakan anak-anak..hiiii