10 Tips Cerdas Membuat Bahan Makananmu Agar Tetap Segar
Loading...

Untuk masalah kesehatan, semua orang pasti inginkan yang terbaik. Dan salah satu yang menunjang kesehatan adalah makanan, tapi sayanganya kesibukan tidak membiarkan kita setiap hari pergi ke pasar atau toko sayur dan buah untuk membeli bahan makanan. Itu sebabnya kita harus menjaga bahan makanan yang ada dirumah agar tetap segar lebih lama.

 

Lemari pendingin atau kulkas adalah solusinya, tapi sayangnya nggak semua bahan makanan bisa awet jika disimpan didalam kulkas. Lalu apa solusinya? Kamu nggak perlu kawatir Pulsker, dilansir brightside.me, berikut ini adalah tips cerdas yang akan membuat bahan makananmu tetap segar lebih lama. Yuk, cek sampai akhir!

 

*Jika Pulsker menyukai artikel ini, share ke media sosial kalian ya!

1
Bekukan susu untuk beberapa minggu kedepan

Jika kamu membeli susu dengan jumlah yang banyak, kamu bisa membekukannya dalam freezer agar susu tetap segar selama tidak lebih dari 4 sampai 6 minggu.

Bekukan susu untuk beberapa minggu kedepan Jika kamu membeli susu dengan jumlah yang banyak, kamu bisa membekukannya dalam freezer agar susu tetap segar selama tidak lebih dari 4 sampai 6 minggu.
Advertisements

2
Membekukan telur dalam freezer

Terkadang kita membeli telur terlalu banyak dan tidak menggunakannya untuk sekali masak, terkadang kita hanya membutuhkan putih telur saja dan kuning telurnya menjadi sisa tak terpakai.

Nah, untuk menyiasatinya kamu bisa meletakkan kuning telur pada nampan es lalu berikan sedikit gula atau garam (untuk menjaga tekstur), kemudian gunakan sesuai kebutuhan.

Membekukan telur dalam freezer Terkadang kita membeli telur terlalu banyak dan tidak menggunakannya untuk sekali masak, terkadang kita hanya membutuhkan putih telur saja dan kuning telurnya menjadi sisa tak terpakai. Nah, untuk menyiasatinya kamu bisa meletakkan kuning telur pada nampan es lalu berikan sedikit gula atau garam (untuk menjaga tekstur), kemudian gunakan sesuai kebutuhan.

3
Simpan saus pada kantong penyimpanan

Jika kamu memiliki saus sisa, daripada membuangnya lebih baik kamu menyimpannya pada kantong penyimpanan dan kamu bisa menggunakannya saat diperlukan.

Simpan saus pada kantong penyimpanan Jika kamu memiliki saus sisa, daripada membuangnya lebih baik kamu menyimpannya pada kantong penyimpanan dan kamu bisa menggunakannya saat diperlukan.

4
Agar daun selada tetap segar, bungkuslah dengan tisu kertas agar tetap segar lebih lama.

Selada akan tetap segar dan renyah selama seminggu jika kamu mebungkusnya dalam handuk kertas. Kelebihan kelembaban akan meresap ke dalam tisu kertas dan tidak akan membiarkan daunnya layu.

Agar daun selada tetap segar, bungkuslah dengan tisu kertas agar tetap segar lebih lama. Selada akan tetap segar dan renyah selama seminggu jika kamu mebungkusnya dalam handuk kertas. Kelebihan kelembaban akan meresap ke dalam tisu kertas dan tidak akan membiarkan daunnya layu.

5
Apel dapat disimpan dalam kulkas selama beberapa bulan

Apel dapat bertahan lebih lama dari buah yang lain. Tapi tahukah kamu, jika menyimpan apel dalam kulkas buah ini akan segar lebih lama?

Satu-satunya yang harus kamu ingat adalah jangan menempelkan apel satu sama lain, atau kamu bisa membungkusnya satu-persatu dengan koran.

Apel dapat disimpan dalam kulkas selama beberapa bulan Apel dapat bertahan lebih lama dari buah yang lain. Tapi tahukah kamu, jika menyimpan apel dalam kulkas buah ini akan segar lebih lama? Satu-satunya yang harus kamu ingat adalah jangan menempelkan apel satu sama lain, atau kamu bisa membungkusnya satu-persatu dengan koran.

6
Simpan wortel pada pasir agar tetap segar

Emang bisa? Para petani menyarankan untuk menyimpan wortel di pasir. Nggak mengherankan sih, soalnya pasir akan mengurangi penguapan air dan memperlambat pembusukan.

Simpan wortel pada pasir agar tetap segar Emang bisa? Para petani menyarankan untuk menyimpan wortel di pasir. Nggak mengherankan sih, soalnya pasir akan mengurangi penguapan air dan memperlambat pembusukan.

7
Menjaga keju dan krim asam agar tahan lebih lama

keju dan krim asam akan tetap segar dua kali lebih lama jika kamu menempatkannya dalam lemari es dengan posisi terbalik. Ini akan membuat ruang hampa di dalam yang mencegah pertumbuhan bakteri.

Menjaga keju dan krim asam agar tahan lebih lama keju dan krim asam akan tetap segar dua kali lebih lama jika kamu menempatkannya dalam lemari es dengan posisi terbalik. Ini akan membuat ruang hampa di dalam yang mencegah pertumbuhan bakteri.

8
Bawang pre akan tetap segar jika kamu meletakkan dalam gelas

Bawang pre atau tandan bawang dapat mempertahankan kesegarannya lebih lama jika kamu meletakkanya dalam botol yang diisi dengan air.

Bawang pre akan tetap segar jika kamu meletakkan dalam gelas Bawang pre atau tandan bawang dapat mempertahankan kesegarannya lebih lama jika kamu meletakkanya dalam botol yang diisi dengan air.

9
Sayuran hijau akan segar lebih lama jika diletkkan dalam toples kaca.

Toples kaca adalah wadah terbaik untuk menyimpan rempah segar. Bawang merah, bawang putih, atau peterseli akan menjaga rasa mereka selama satu bulan bila disimpan seperti ini. Sayuran hijau juga tidak akan rusak, layu, kering, atau kehilangan aroma mereka.

Jadi mulai sekarang kamu harus membeli stik toples kaca dirumah.

Sayuran hijau akan segar lebih lama jika diletkkan dalam toples kaca. Toples kaca adalah wadah terbaik untuk menyimpan rempah segar. Bawang merah, bawang putih, atau peterseli akan menjaga rasa mereka selama satu bulan bila disimpan seperti ini. Sayuran hijau juga tidak akan rusak, layu, kering, atau kehilangan aroma mereka. Jadi mulai sekarang kamu harus membeli stik toples kaca dirumah.

10
Jauhkan madu dari oksidasi dengan menyimpannya dalam botol kaca

Madu dapat bertahan hingga beberapa tahun jika kamu menyimpannya dengan benar.

Wadah terbaik untuk madu adalah botol kaca gelap dengan tutup ketat. Wadah yang terbuat dari logam, enamel terkelupas, atau seng tertutup tidak cocok untuk madu karena akan membuat madu teroksidasi.

Jauhkan madu dari oksidasi dengan menyimpannya dalam botol kaca Madu dapat bertahan hingga beberapa tahun jika kamu menyimpannya dengan benar. Wadah terbaik untuk madu adalah botol kaca gelap dengan tutup ketat. Wadah yang terbuat dari logam, enamel terkelupas, atau seng tertutup tidak cocok untuk madu karena akan membuat madu teroksidasi.