7 Mainan yang Ternyata Berbahaya Untuk Anak-Anak..Nggak Nyangka Lho!
Loading...

Kanak-kanak adalah masa dimana anak-anak mengembangkan dan belajar tentang dunia bermain. Jadi nggak heran jika banyak sekali mainan yang dibuat untuk anak kecil. Mulai dari mainan edukasi sampai mainan yang membuat mereka bahagia.

 

Tapi walaupun hanya permainan, kita sebagai orang tua harus pandai-pandai memilih mainan yang cocok dengan usia anak kita, dan bukan sembarang mainan. Karena ternyata, banyak sekali mainan yang justru berbahaya bagi anak-anak.

 

Seperti beberapa mainan berikut ini, kita pasti nggak pernah nyangka kalau produk mainan ini tidak disarankan untuk anak dibawah umur. Permainan apa aja ya? Dilansir dari Brightside, mulai sekarang lebih hati-hati ya, Pulsker!

 

*jika kamu menyukai postingan ini, share ke teman-temanmu di Facebook ya Pulsker!

1
Mainan baling-baling

Helikopter dan mainan lainnya dengan baling-baling memang dimaksudkan untuk remaja karena bisa berbahay bagi anak kecil bila menyentuhnya.

Mainan baling-baling Helikopter dan mainan lainnya dengan baling-baling memang dimaksudkan untuk remaja karena bisa berbahay bagi anak kecil bila menyentuhnya.
Advertisements

2
Permainan dokter-dokteran

Banyak permainan yang terbuat dari plastik tidak aman bagi anak-anak, karena bagian-bagian kecil dari permainan ini bisa masuk ke hidung dan masuk ke bagian pernapasan. Selain itu, permainan dokter-dokteran ini bisa membangkitkan minat anak-anak terhadap jarum suntik, gunting dan obat-obatan sungguhan.

Permainan dokter-dokteran Banyak permainan yang terbuat dari plastik tidak aman bagi anak-anak, karena bagian-bagian kecil dari permainan ini bisa masuk ke hidung dan masuk ke bagian pernapasan. Selain itu, permainan dokter-dokteran ini bisa membangkitkan minat anak-anak terhadap jarum suntik, gunting dan obat-obatan sungguhan.

3
Pelampung renang

Cincin dan sayap air tidak menjamin keamanan yang lengkap di dalam air bagi anak kecil dengan mudah tergelincir atau berputar. Selain itu, beberapa produk sejenis ini mengandung isophorone, fenol, dan heksanon yang dapat menyebabkan iritasi kulit yang berlangsung lama dan masalah lainnya. Produk ini juga banyak yang bersifat karsinogenik.

Pelampung renang Cincin dan sayap air tidak menjamin keamanan yang lengkap di dalam air bagi anak kecil dengan mudah tergelincir atau berputar. Selain itu, beberapa produk sejenis ini mengandung isophorone, fenol, dan heksanon yang dapat menyebabkan iritasi kulit yang berlangsung lama dan masalah lainnya. Produk ini juga banyak yang bersifat karsinogenik.

4
Permainan yang menggunakan baterai kecil

Bentuk baterai yang kecil bulat rata menyerupai permen ini akan membuat anak-anak tertarik untuk memakannya. Ukuran dan bentuknya memungkinkan untuk ditelan. Karena jika tertelan, kandungan lithium didalamnya bisa menyebabkan keracunan dan luka bakar.

Permainan yang menggunakan baterai kecil Bentuk baterai yang kecil bulat rata menyerupai permen ini akan membuat anak-anak tertarik untuk memakannya. Ukuran dan bentuknya memungkinkan untuk ditelan. Karena jika tertelan, kandungan lithium didalamnya bisa menyebabkan keracunan dan luka bakar.

5
Mainan tembak-tembakan

Saat anak-anak menggunakan mainan ini, bisa dipastikan jika mereka sering mengabaikan pengambilan jarak lawannya. Akibatnya, mainan yang biasa diisi oleh peluru mainan, atau air ini bisa melukai mata atau anggota tubuh lainnya.

Mainan tembak-tembakan Saat anak-anak menggunakan mainan ini, bisa dipastikan jika mereka sering mengabaikan pengambilan jarak lawannya. Akibatnya, mainan yang biasa diisi oleh peluru mainan, atau air ini bisa melukai mata atau anggota tubuh lainnya.

6
Kit Magnetik

Mainan magnet ini sangat populer di kalangan anak-anak dan sering diberi label '3+', padahal sebenarnya permainan ini lebih cocok untuk remaja diatas 14 tahun.

Karena saat melepaskan permainan magnet ini, anak kecil bisa menelannya karena bentuknya yang kecil. Jika tertelan, magnet yang melekat satu sama lain bisa merusak fungsi usus dalam tubuh.

Kit Magnetik Mainan magnet ini sangat populer di kalangan anak-anak dan sering diberi label 3+, padahal sebenarnya permainan ini lebih cocok untuk remaja diatas 14 tahun. Karena saat melepaskan permainan magnet ini, anak kecil bisa menelannya karena bentuknya yang kecil. Jika tertelan, magnet yang melekat satu sama lain bisa merusak fungsi usus dalam tubuh.

7
Fidget spinner

Permainan spinner ini lagi musim saat ini. Spinner memiliki pemintal berputar yang sewaktu-waktu bisa terlepas. Diketahui juga ada kasus anak-anak yang menelan bagian dari mainan ini. Selain itu, mainan semacam ini mengganggu anak dalam konsentrasi yang mengarah pada masalah belajar.

Bahkan di beberapa negara bagian di Amerika Serikat, menggunakan spinner di sekolah dilarang oleh undang-undang.

Fidget spinner Permainan spinner ini lagi musim saat ini. Spinner memiliki pemintal berputar yang sewaktu-waktu bisa terlepas. Diketahui juga ada kasus anak-anak yang menelan bagian dari mainan ini. Selain itu, mainan semacam ini mengganggu anak dalam konsentrasi yang mengarah pada masalah belajar. Bahkan di beberapa negara bagian di Amerika Serikat, menggunakan spinner di sekolah dilarang oleh undang-undang.