Catat! 10 Makanan Ini Ternyata Bisa Bantu Lancarkan Pencernaan
Loading...

Masalah pencernaan memang sering terjadi pada semua orang. Salah satunya adalah sembelit, yaitu kelainan pada sistem pencernaan dimana seseorang mengalami kesulitan buang air besar. Dan pastinya jika kamu mengalami masalah ini pasti nggak enak banget deh!

 

Nah, salah satu cara yang bikin kamu terhindar dari sembelit adalah mengkonsumsi makanan berserat. Berikut ini adalah beberapa makanan yang bisa memperlancar pencernaanmu. Seperti yang dilansir dari food.idntimes.com, yuk simak ulasannya berikut ini.

 

Jika Pulsker menyukai artikel ini, share ke media sosial kalian ya! 

 

 

1
Buah beri

Buah beri adalah buah yang kaya akan antioksidan. Buah ini juga ternyata memiliki banyak serat makanan yang bisa membantu masalah pencernaan setiap harinya.

Buah beri Buah beri adalah buah yang kaya akan antioksidan. Buah ini juga ternyata memiliki banyak serat makanan yang bisa membantu masalah pencernaan setiap harinya.
Advertisements

2
Sayur bayam

Sayur yang satu ini merupakan salah satu sumber terbaik dari magnesium. Magnesium sendiri berfungsi untuk membantu kinerja usus dan menyerap air untuk melembabkan saluran pencernaan.

Sayur bayam Sayur yang satu ini merupakan salah satu sumber terbaik dari magnesium. Magnesium sendiri berfungsi untuk membantu kinerja usus dan menyerap air untuk melembabkan saluran pencernaan.

3
Apel

Mengkosumsi apel 1-2 buah apel sehari akan membuat pencernaamu lancar. Apel mengandung serat baik yang dapat membantu kerja usus dalam mencerna makanan yang masuk dalam tubuh kita.

Apel Mengkosumsi apel 1-2 buah apel sehari akan membuat pencernaamu lancar. Apel mengandung serat baik yang dapat membantu kerja usus dalam mencerna makanan yang masuk dalam tubuh kita.

4
Kacang-kacangan

Ternyata kacang-kacangan mengandung serat yang dibutuhkan tubuh agar pencernaan lancar setiap harinya.

Kacang-kacangan Ternyata kacang-kacangan mengandung serat yang dibutuhkan tubuh agar pencernaan lancar setiap harinya.

5
Alpukat

Buah alpukat juga mengandung serat dan fiber. Serat sangat berperan penting dalam proses pencernaan. Sedangkan, fiber memungkinkan makanan bergerak lebih cepat melalui usus halus dan membantu penyerapan air untuk menghindari sembelit.

Alpukat Buah alpukat juga mengandung serat dan fiber. Serat sangat berperan penting dalam proses pencernaan. Sedangkan, fiber memungkinkan makanan bergerak lebih cepat melalui usus halus dan membantu penyerapan air untuk menghindari sembelit.

6
Yoghurt

Yoghurt memiliki kandungan prebiotik bakteri yang berperan penting melancarkan pencernaan. Tapi, hindari untuk mengkonsumsi Yoghurt yang mengandung banyak gula.

Yoghurt Yoghurt memiliki kandungan prebiotik bakteri yang berperan penting melancarkan pencernaan. Tapi, hindari untuk mengkonsumsi Yoghurt yang mengandung banyak gula.

7
Jahe

Bukan hanya buah yang bisa melancarkan pencernaan, karena jahe juga punya peran yang sama. Jahe dapat menyembuhkan berbagai gangguan usus, pencernaan, mual, dan kembung. Kandungan antioksidan dan gingerol dalam jahe bisa membersihkan lambung dari produksi asam berlebih dalam tubuh ketikda sedang stres.

Jahe Bukan hanya buah yang bisa melancarkan pencernaan, karena jahe juga punya peran yang sama. Jahe dapat menyembuhkan berbagai gangguan usus, pencernaan, mual, dan kembung. Kandungan antioksidan dan gingerol dalam jahe bisa membersihkan lambung dari produksi asam berlebih dalam tubuh ketikda sedang stres.

8
Pepaya
Kandungan papain dalam buah pepaya dapat membantu melumatkan makanan dan menyerap nutrisi dalam tubuh. Selain itu, pepaya juga kaya akan serat yang dibutuhkan tubuh saat mencerna makanan.

Pepaya Kandungan papain dalam buah pepaya dapat membantu melumatkan makanan dan menyerap nutrisi dalam tubuh. Selain itu, pepaya juga kaya akan serat yang dibutuhkan tubuh saat mencerna makanan.

9
Pisang

Pisang mengandung serat dan kandungan mineral yang dibutuhkan untuk memperlancar pencernaan dalam tubuh. Tapi jangan terlalu banyak ya, karena mengkonsumsi banyak pisang yang sudah matang malah menyebabkan sembelit.

Pisang Pisang mengandung serat dan kandungan mineral yang dibutuhkan untuk memperlancar pencernaan dalam tubuh. Tapi jangan terlalu banyak ya, karena mengkonsumsi banyak pisang yang sudah matang malah menyebabkan sembelit.

10
Lemon

Yang terakhir adalah lemon. Buah yang mengandung vitamin C tinggi ini juga berfungsi sebagai antioksidan. Serat asam yang terkandung pada lemon akan membantu melancarkan pencernaan kita.

Lemon Yang terakhir adalah lemon. Buah yang mengandung vitamin C tinggi ini juga berfungsi sebagai antioksidan. Serat asam yang terkandung pada lemon akan membantu melancarkan pencernaan kita.