Jangan Salah, 7 Makanan Ini Bisa Bahaya Jika Dikonsumsi Saat Perut Kosong
Loading...

Tahukah kamu, beberapa penyebab penyakit seperti maag, typus sampai lever bisa terjadi karena kita telat makan. Memang sih, saat buru-buru kita bisa melupakan segala hal termasuk makan. Dan ketika perut sedang kosong, kamu biasa 'mengganjal' makanan apa adanya, asal perut ada isinya.

 

Padahal itu nggak selamanya benar lho, Pulsker. Ada beberapa makanan yang bisa membahayakan kesehatan jika dikonsumsi saat perut kosong. Apa saja ya? Seperti yang dilansir dari food.idntimes.com, mulai sekarang perhatikan lagi ya pola makanannya!

 

*Jika Pulsker menyukai artikel ini, share ke media sosial kalian ya!

 

1
Kopi

Ngopi dipagi hari adalah hal yang biasa orang lakukan untuk menghilangkan kantuk. Tapi jika kopi adalah cairan yang kamu minum pertama kali saat bangun tidur, ini akan menyebabkan gastritis atau peradangan selaput lendir pada lambungmu. Kamu boleh mengonsumsinya ketika perutmu sudah terisi agar pencernaanmu tetap aman.

Kopi Ngopi dipagi hari adalah hal yang biasa orang lakukan untuk menghilangkan kantuk. Tapi jika kopi adalah cairan yang kamu minum pertama kali saat bangun tidur, ini akan menyebabkan gastritis atau peradangan selaput lendir pada lambungmu. Kamu boleh mengonsumsinya ketika perutmu sudah terisi agar pencernaanmu tetap aman.
Advertisements

2
Ubi Jalar

Saat perutmu sedang kosong, kalau bisa jangan makan ubi jalar ya, karena zat satin yang ada pada makanan ini bisa merangsang dinding lambung untuk menghasilkan lebih banyak asam, sehingga bisa menyebabkan mulas.

Ubi jalar memang enak dikonsumsi dipagi hari, tapi kamu bisa memakannya setelah perutmu terisi terlebih dahulu.

Ubi Jalar Saat perutmu sedang kosong, kalau bisa jangan makan ubi jalar ya, karena zat satin yang ada pada makanan ini bisa merangsang dinding lambung untuk menghasilkan lebih banyak asam, sehingga bisa menyebabkan mulas. Ubi jalar memang enak dikonsumsi dipagi hari, tapi kamu bisa memakannya setelah perutmu terisi terlebih dahulu.

3
Salad atau sayuran mentah

Salad memang makanan yang menyehatkan, tapi jangan sekali-kali mengkonsumsi sayuran ini saat perut sedang kosong ya, karena sayuran mentah banyak mengandung banyak sekali serat kasar yang bisa membuat perut kembung atau bahkan sakit perut.

Salad atau sayuran mentah Salad memang makanan yang menyehatkan, tapi jangan sekali-kali mengkonsumsi sayuran ini saat perut sedang kosong ya, karena sayuran mentah banyak mengandung banyak sekali serat kasar yang bisa membuat perut kembung atau bahkan sakit perut.

4
Minuman dingin

Saat terik matahari berada tepat diatas kepala, kita pasti langsung kepikiran untuk menikmati segarnya minuman dingin. Tapi sayangnya, jika dikonsumsi saat perut kosong, minuman dingin bisa merusak selaput lendir di perutmu dan bisa menghambat jalannya pencernaanmu. Selain itu minuman dingin juga bikin metabolisme tubuh menurun lho!

Minuman dingin Saat terik matahari berada tepat diatas kepala, kita pasti langsung kepikiran untuk menikmati segarnya minuman dingin. Tapi sayangnya, jika dikonsumsi saat perut kosong, minuman dingin bisa merusak selaput lendir di perutmu dan bisa menghambat jalannya pencernaanmu. Selain itu minuman dingin juga bikin metabolisme tubuh menurun lho!

5
Makanan pedas

Orang Indonesia memang penyuka makanan bercitarasa pedas. Tapi sayangnya, jika kamu mengkonsumsinya pada saat perut kosong, akan membuat lapisan perutmu iritasi yang menyebabkan terjadinya reaksi asam dan kram. Selain itu, salah satu penyebab utama gangguan pencernaan itu makanan pedas lho, baru tahu kan??

Makanan pedas Orang Indonesia memang penyuka makanan bercitarasa pedas. Tapi sayangnya, jika kamu mengkonsumsinya pada saat perut kosong, akan membuat lapisan perutmu iritasi yang menyebabkan terjadinya reaksi asam dan kram. Selain itu, salah satu penyebab utama gangguan pencernaan itu makanan pedas lho, baru tahu kan??

6
Makanan atau minuman yang terlalu manis

Walaupun makanan atau minuman manis bisa menghasilkan banyak energi, ternyata kamu harus menghindarinya saat perut kosong. Dr. Rupali menyarankan tidak mengonsumsinya karena akan memberikan beban ekstra pada pankreas untuk bekerja. Gula dalam bentuk fruktosa pada buah bisa menyebabkan kelebihan beban untuk kerja hati. Ngeri juga ya?!

Makanan atau minuman yang terlalu manis Walaupun makanan atau minuman manis bisa menghasilkan banyak energi, ternyata kamu harus menghindarinya saat perut kosong. Dr. Rupali menyarankan tidak mengonsumsinya karena akan memberikan beban ekstra pada pankreas untuk bekerja. Gula dalam bentuk fruktosa pada buah bisa menyebabkan kelebihan beban untuk kerja hati. Ngeri juga ya?!

7
Jeruk

Buah dan sayuran memang baik untuk kesehatan, tapi jika dimakan saat kondisi yang tepat. Nah, disarankan saat perutmu masih kosong, jangan langsung memakan jeruk karena bisa meningkatkan produksi asam di perut. Jika terlalu banyak serat dan fruktosa pada buah-buahan, bisa memperlambat sistem pencernaan saat perutmu sedang kosong.

Jeruk Buah dan sayuran memang baik untuk kesehatan, tapi jika dimakan saat kondisi yang tepat. Nah, disarankan saat perutmu masih kosong, jangan langsung memakan jeruk karena bisa meningkatkan produksi asam di perut. Jika terlalu banyak serat dan fruktosa pada buah-buahan, bisa memperlambat sistem pencernaan saat perutmu sedang kosong.