Yuk Intip Rahasia Cara Jadi Pemenang Blue Band Master Oleh-Oleh 2017
Loading...

Haii Pulsker, di usiamu yang masih muda ini, pasti ingin kan menjadi enterpreneur dan mendirikan usaha yang hasilnya nanti bisa kamu nikmati? Gimana kalau kamu menyalurkan hobby yang kamu punya untuk kamu jadikan usaha yang menghasilkan. Apalagi buat kamu yang suka bikin kue atau sudah terjun dibidang kuliner cake & bakery, usaha ini cukup menjanjikan lho karena produk yang dijual adalah produk yang disukai banyak orang.

 

Nah buat kamu yang hobby bikin kue dan suka tantangan, kamu wajib banget nih mengikuti kompetisi Blueband Master Oleh-Oleh 2017 yang diadakan oleh Blue Band. Tapi caranya gimana ya? 

Tenang Pulsker, karena sekarang kita akan membahas sedikit bocoran rahasia cara menjadi pemenang kompetisi Blueband Master Oleh-Oleh 2017 yang mengacu pada pemenang ditahun sebelumnya. Gampang aja kok, daripada penasaran yuk langsung prakterkan didapurmu!
 

 

1. Kamu harus menentukan usaha makanan apa yang ingin kamu bangun

 

via bangunpeluang.id

 

Hal pertama yang harus kamu pikirkan adalah jenis usaha makanan apa yang ingin kamu bangun. Karena ini sangat berpengaruh dengan bisnis kulener yang akan kamu jalankan. Pikirkan hal yang 'out of the box' atau sesuatu yang beda dari yang lain.

 

Memang sih, terkadang saat ide muncul akan muncul juga kekawatiran yang akan membuatmu takut untuk melangkah kedepan. Ini adalah hal wajar yang pasti dialami semua orang yang ingin membuka usaha atau berbisnis. Tapi hal ini akan pupus jika kamu memiliki kemampuan, kreatifitas dan juga niat yang kuat. Ini adalah modal utama yang harus kamu punya untuk menjalankan bisnis pembuatan kue.

 

 

2. Pikirkan nama yang menarik untuk usahamu

 

 

Selain itu, nama atau label juga berpengaruh dengan penjualan kue yang akan kamu produksi. Pikirkan beberapa nama yang menarik hati pelanggan. Jika kamu menemukan nama yang unik, bisa dijamin konsumen akan langsung kepikiran dengan produkmu saat ingin membelinya. 

 

Kamu juga bisa menambahkan nama daerahmu pada produk yang akan kamu produksi karena ini akan menjadi ciri khas tersendiri yang akan melekat di pemikiran setiap pelanggan ketika berkunjung ke daerahmu saat ingin membeli oleh-oleh. Contohnya adalah Begelan Bekatul Semarang, Jawa Tengah yang sudah menjadi oleh-oleh wajib saat berjunjung ke Jawa Tengah.

 

 

3. Beri terobosan baru yang bikin kuemu berbeda dengan makanan lain, misal mengangkat budaya lokal daerahmu

 
 

Saat seseorang berkunjung atau berwisata ke satu daerah, hal yang wajib mereka lakukan adalah belanja oleh-oleh untuk teman dan kerabat dirumah. Hal ini bisa banget kamu manfaatkan untuk memberikan terobosan pada kue yang ingin kamu ciptakan. Jadikan cita rasa kuemu memiliki keunggulan atau kelebihan yang berbeda dengan yang ada dipasaran.

 

Meskipun jenisnya sama, tapi kita harus memiliki perbedaan atau menggabungkan kelebihan atau keunggulan dari produsen makanan lainnya. Misalnya kamu bisa membuat kue nggak cuma rasa original, melainkan juga banyak varian rasa. Contohnya adalah Nutsafir Cookies dari Lombok, Nusa Tenggara Barat yang nggak cuma diminati wisatawan lokal, melainkan juga internasional. Nggak cuma oleh-olehnya saja yang bisa dinikmati, tetapi juga destinasi wisata yang ada di daerahmu.

 

 

4. Cari bahan lokal untuk bahan kuemu

 

 

Bahan kue yang akan kamu buat sangat menentukan rasa dari kue yang akan kamu produksi. Dalam hal ini kamu harus pintar-pintar mengolah kue buatanmu agar diminati konsumen. Jadi jangan ragu untuk belajar dan terus menguji resep baru.

 

Kamu juga bisa lho memberikan inovasi berbeda pada kue yang akan kamu ciptakan. Caranya dengan mencari bahan-bahan lokal yang berasal dari daerahmu. Salah satu contohnya adalah Cake Salak Kilo dari Kalimantan Timur. Selain harga bahan lokal lebih murah, kamu juga secara langsung akan menguntungkan perekonomian petani lokal di daerahmu.

 

 

5. Pilihlah bahan baku kue yang sehat dan kaya vitamin

Walaupun hanya makanan ringan tetapi kita juga harus memikirkan kandungan gizi didalamnya. Kita musti pintar-pintar memilih bahan seperti tepung, gula sampai margarine yang berkualitas seperti Blue Band. Blue band adalah margarine yang sudah dipercaya oleh para baker Indonesia selama 82 tahun di Indonesia. Selain itu, Blueband juga selalu memberikan asupan lezat dan bergizi pada setiap masakan atau kue yang tercipta. Bukan cuma enak dan lezat, kue yang kamu produksi juga akan berkualitas dan terjaga gizinya.
 

 

6. Bikin tampilan kuemu semenarik mungkin

 

via anakjajan.com
 

Produk yang memiliki daya tarik tentunya akan manarik dan diminati banyak konsumen dan akan membuatmu merebut hati juri Master Oleh-Oleh. Maka dari itu kita harus membuat tampilan kue yang akan kita produksi dengan bentuk semenarik mungkin. Kita juga harus membuat kemasakn kue dengan rapi, bersih dan menarik. 

Warna dan gambar yang bagus adalah hal utama yang mempengaruhi minat konsumen, terutama untuk kalangan tertentu yang menyukai penampilan. Oleh karena itu, apapun jenis produk kuenya, kita harus pintar-pintar mengemasnya.
 

 

7. Selain penampilan, citarasa yang lezat harus diutamakan

 

via anakjajan.com
 

Ini yang paling pamungkas, yaitu citarasa yang lezat. Karena selain penampilan, rasa dari kue yang akan kita produksi harus nikmat dan utamakan citarasanya. Rasa yang lezat akan melekat di lidah konsumen, ini yang akan membuat mereka menjadi pelanggan tetap kuemu. Selain itu, teruslah menciptakan inovasi yang akan mengikat konsumen. Cari ide kreatif saat membuat kue yang bagus dan menarik.
 

Nah, itu tadi tips mudah yang bisa bermanfaat untuk memenangkan kompetisi Blue Band Master Oleh-Oleh. Semoga dengan tips ini kamu semakin yakin untuk mendirikan sebuah usaha. Meskipun awalnya hanya usaha rumahan, bukan tidak mungkin akan berubah menjadi usaha yang besar dan diminati konsumen seperti pemenang Blue Band Master Oleh-Olehsebelumnya. Selamat mencoba dan semoga sukses, Pulsker!