Buka Usaha Baru? Perhatikan 7 Tips Inspiratif Berikut
Loading...

Selama ini banyak orang yang menilai jika menjadi pengusaha haruslah berusia matang. Namun, di era yang serba maju ini, peluang terbuka bagi siapa saja untuk berbisnis dan sukses jadi pengusaha. Tak terkecuali bagi kaum muda. Kini mereka yang berusia 20-an pun banyak yang menjajal berwirausaha, Pulsker.

Nggak sedikit dari pengusaha muda yang belum mengetahui apa saja yang harus diperhatikan saat membuka usaha baru. Untuk itu, simak 7 tips inspiratif berikut yang bisa kamu terapkan sebagai pengusaha pemula.

 

 

1. Temukan ide bisnis sederhana dari permasalahan yang ada

 

 

Langkah pertama dalam memulai usaha adalah tanamkan niat dalam diri kita. Lalu, gali ide apa yang akan kamu jadikan untuk berbisnis. Menggali ide bisnis bisa melalui dengan hal sederhana, seperti melihat permasalahan apa yang paling dibutuhkan hingga tren yang berkembang, Pulsker. Selain itu, pilih bisnis yang inovatif dan belum pernah ada. Atau dengan kata lain, pikirkan apa yang belum terpikirkan oleh orang lain (out of the box). Hal tersebut dilakukan untuk melihat pangsa pasar bisnis yang akan kamu jalani nantinya.

 

 

2. Jeli melihat peluang dan pasar

 

 

Dalam melihat pangsa pasar dan peluang, ada kalanya kita perlu melakukan riset kecil-kecilan. Ingat, guys, ide bisnis yang kamu rancang sebisa mungkin harus menjawab permasalahan yang dibutuhkan, baik oleh masyarakat maupun pangsa pasar.

Semisal nih, kalian membuka usaha katering bagi mahasiswa berbasis daring (online), karena melihat mahasiswa jarang mempersiapkan makanan sendiri, ini merupakan sebuah peluang sekaligus pangsa pasar. Alhasil, usaha katering online kamu itu jadi jalan keluar bagi mahasiswa yang membutuhkan makanan yang praktis dan cepat.

 

 

3. Belajar dari ahlinya

 

 

Bisnis bukanlah ilmu yang hanya menghafal rumus lalu mempraktekannya saja, Pulsker. Agar lebih mantap, kita perlu belajar kepada ahlinya. Kamu bisa belajar kepada orang-orang yang sukses membuka usahanya. Dari situ kamu bisa mengambil pelajaran tentang apa yang sebaiknya kamu lakukan dalam berbisnis. Sekaligus kamu bisa menggali pemikian dari sang ‘master’ atau saran-saran yang kamu perlukan.

 

Dan belajar nggak cuma berdiskusi aja, guys. Kamu bisa membaca buku, majalah, surat kabar yang berkaitan dengan ekonomi dan bisnis. Apalagi di era teknologi seperti sekarang, kamu bisa memanfaatkan media sosial dan internet yang ada secara bijak untuk mendapatkan pengetahuan baru.

 

 

4. Bijaklah menghargai waktu

 

 

Seperti kata pepatah lama ‘waktu adalah uang’. Ya, waktu adalah sesuatu yang sangat berharga. Terutama bagi para pengusaha. Steve Jobs menghabiskan waktunya selama bertahun-tahun untuk menjadikan Apple seperti sekarang. Dengan semangat kerja keras dan disiplin tinggi, walaupun hanya di sebuah garasi mobil Jobs terus berinovasi dan bergelut dengan waktu. Belajarlah disiplin sejak dini. Jika kamu merasa kesulitan, buatlah schedule kegiatan positif agar waktu yang ada tidak terbuang secara percuma. Karena dengan menghargai waktu, kamu juga menghargai diri sendiri, Pulsker.

 

 

5. Tetap fokus pada tujuan utama

 

 

Sebuah perusahaan besar terbentuk bukan tanpa usaha dan kerja keras pendirinya, Pulsker. Mereka bahkan jatuh bangun untuk tetap bertahan dengan apa yang mereka yakini. Lihat saja seperti yang dilakukan almarhum Bob Sadino, pengusaha kawakan sukses nan bersahaja. Walaupun terkadang usaha yang ia dirikan sempat mengalami pasang surut, semangat dirinya tak pernah surut, Pulsker. Dan jangan terpengaruh dengan keadaan dan tetaplah fokus pada tujuan dan bisnis yang ingin kamu capai.

 

 

6. Atur keuangan dengan cermat

 

via pexels.com

 

Pengusaha pemula biasanya kurang cermatnya mengatur keuangan, sehingga antara uang usaha dan pribadi biasanya tercampur. Padahal dalam mengatur keuangan, seorang pengusaha perlu kecermatan. Salah satunya adalah memisahkan uang pribadi dengan uang usaha. Seperti membuat rekening yang berbeda.

Jangan lupa, selalu buatlah rincian keuangan perusahaan atau bisnis kamu. Dengan begitu kamu bisa mengontrol pemasukan dan pengeluaran secara rinci, modal serta uang pribadi pun nggak ‘tercampur’.

 

 

7. Rencanakan modal usaha dengan tepat dan cermat

 

 

Masalah yang sering menjadi perbincangan, terutama bagi pengusaha pemula, adalah soal modal, Pulsker. Tanpa adanya modal usaha atau bisnis sulit untuk berjalan. Sumber modal usaha pun bisa didapat dengan banyak cara, mulai dari meminjam pada orang tua, teman, iuran, hingga dana pinjaman dari bank.

 

 

Untuk pinjaman di bank, ada nih modal usaha yang disebut dengan dana pinjaman Kredit Tanpa Agunan (KTA). Keunggulan dari KTA adalah memberikan pinjaman kepada calon nasabah tanpa adanya jaminan pinjaman tersebut, guys. Selain itu, persyaratannya mudah dan cepat lho. Jadi pas banget pinjaman ini buat modal kamu yang akan memulai bisnis baru.

 

via pexels.com

 

Nah, mudah bukan, Pulsker untuk memulai sebuah usaha atau bisnis yang akan dijalani? Buat kalian yang tertarik mengajukan KTA untuk modal usaha atau bisnis bisa klik di sini. Selamat memulai bisnis baru ya, guys!