Nggak Cuma Indah Gerakannya, 9 Tarian Asli Indonesia Ini Juga Mengandung Mistis
Loading...

Indonesia dikenal sebagai negara yang kaya akan bahasa daerah, adat istiadat, suku dan budayanya. Dan disetiap dareah memiliki ciri khas masing-masing. Salah satunya adalah tairian daerah. Nggak semua tarian daerah memperlihatkan gerakan yang indah saja, melainkan ada juga yang mengandung unsur mistis, seperti mengundang roh leluhur yang membuat bulu kuduk merinding.

 

Seperti beberapa tarian daerah berikut ini, dilansir dari brilio.me, beberapa tarian ini dipercaya memiliki kekuatan magis disetiap gerakannya. Penasaran dari mana saja? Mungkin salah satunya berasal dari daerahmu, Pulsker!

1
Tari Bedhaya Ketawang

Tarian ini berasal dari Surakarta, dan diadakan setahun sekali saat kenaikan tahta Raja Keraton Surakarta. Tarian ini dimainkan oleh sembilan perempuan yang masih gadis dan sedang tidak datang bulan. Sebelum tampil, biasanya mereka harus melakukan ritual seperti puasa dan lain-lain.

Saat tarian berlangsung, dipercaya Ratu Pantai Selatan menjadi sosok kesepuluh dalam tarian tersebut. Dan hanya orang-orang tertentu yang bisa melihat penampakannya.

Tari Bedhaya Ketawang Tarian ini berasal dari Surakarta, dan diadakan setahun sekali saat kenaikan tahta Raja Keraton Surakarta. Tarian ini dimainkan oleh sembilan perempuan yang masih gadis dan sedang tidak datang bulan. Sebelum tampil, biasanya mereka harus melakukan ritual seperti puasa dan lain-lain. Saat tarian berlangsung, dipercaya Ratu Pantai Selatan menjadi sosok kesepuluh dalam tarian tersebut. Dan hanya orang-orang tertentu yang bisa melihat penampakannya.
Advertisements

2
Tari Jaran Kepang (Kuda Lumping)

Tarian ini biasa dilakukan dengan lincah dengan gamelan rancak. Para penarinya juga membawa kuda-kudaan yang terbuat dari papan. Dan beberapa penari dipercaya kerasukan roh halus lalu melakukan hal-hal nggak masuk akal seperti memakan pecahan kaca atau beling, sampai memakan hewan yang masih hidup.

Tari Jaran Kepang (Kuda Lumping) Tarian ini biasa dilakukan dengan lincah dengan gamelan rancak. Para penarinya juga membawa kuda-kudaan yang terbuat dari papan. Dan beberapa penari dipercaya kerasukan roh halus lalu melakukan hal-hal nggak masuk akal seperti memakan pecahan kaca atau beling, sampai memakan hewan yang masih hidup.

3
Tari Rentak Bulian

Tarian ini berasal dari Indragiri Hulu, Provinsi Riau. Disyaratkan mereka yang melaksanakan tarian ini terdiri dari tujuh gadis perawan dan satu perjaka. Sang penari pria akan dirasuki roh halus sehingga membuatnya tak sadar. Tarian ini dilakukan sebagai pengobatan tradisi gaib.

Tari Rentak Bulian Tarian ini berasal dari Indragiri Hulu, Provinsi Riau. Disyaratkan mereka yang melaksanakan tarian ini terdiri dari tujuh gadis perawan dan satu perjaka. Sang penari pria akan dirasuki roh halus sehingga membuatnya tak sadar. Tarian ini dilakukan sebagai pengobatan tradisi gaib.

4
Tari Sanghyang Jaran

Tarian ini biasanya ditampilkan sebagai serangkaian tarian kecak di Bali. Para penari kerasukan roh halus dan menusuk-nusuk dirinya dengan benda tajam.

Tari Sanghyang Jaran Tarian ini biasanya ditampilkan sebagai serangkaian tarian kecak di Bali. Para penari kerasukan roh halus dan menusuk-nusuk dirinya dengan benda tajam.

5
Tari Calon Arang

Masih dari Bali, ini adalah tari Calon Arang yang merupakan tarian yang menceritakan legenda Calon Arang. Para pemain dari tarian ini kerasukan roh leluhur yang mencoba ilmu kekebalan dengan menusuk-nusuk dirinya dengan benda tajam.

Tari Calon Arang Masih dari Bali, ini adalah tari Calon Arang yang merupakan tarian yang menceritakan legenda Calon Arang. Para pemain dari tarian ini kerasukan roh leluhur yang mencoba ilmu kekebalan dengan menusuk-nusuk dirinya dengan benda tajam.

6
Tar Sigale-gale

Pada awalnya, tarian ini digelar saat Raja Batak Samosir dulu merasakan kesedihan karena anak laki-laki satu-satunya meninggal dunia. Untuk mengobati rasa sedih itu, tarian ini dilaksanakan dengan media boneka laki-laki yang bisa bergerak sendiri seperti menari. Dikatakan bahwa boneka itu ternyata dimasuki roh halus sehingga bisa bergerak sendiri.

Tar Sigale-gale Pada awalnya, tarian ini digelar saat Raja Batak Samosir dulu merasakan kesedihan karena anak laki-laki satu-satunya meninggal dunia. Untuk mengobati rasa sedih itu, tarian ini dilaksanakan dengan media boneka laki-laki yang bisa bergerak sendiri seperti menari. Dikatakan bahwa boneka itu ternyata dimasuki roh halus sehingga bisa bergerak sendiri.

7
Tari Seblang

Tarian Seblang ini berasal dari suku Osing, Banyuwangi. Tarian yang ada sejak tahun 1639 ini akan menampilkan penari yang kerasukan roh halus. Tarian ini juga tidak digelar dalam sembarang waktu.

Tari Seblang Tarian Seblang ini berasal dari suku Osing, Banyuwangi. Tarian yang ada sejak tahun 1639 ini akan menampilkan penari yang kerasukan roh halus. Tarian ini juga tidak digelar dalam sembarang waktu.

8
Tari Sintren

Tarian ini dilakukan oleh wanita yang mengenakan kacamata hitam. Dikatakan wanita ini kerasukan sosok mistis yang dipercaya sebagai penguasa daerah Jawa, Dewi Landasari. Dan tidak sembarang wanita yang bisa melakukan tarian ini.

Tari Sintren Tarian ini dilakukan oleh wanita yang mengenakan kacamata hitam. Dikatakan wanita ini kerasukan sosok mistis yang dipercaya sebagai penguasa daerah Jawa, Dewi Landasari. Dan tidak sembarang wanita yang bisa melakukan tarian ini.

9
Tari Salai Jin

Sama seperti namanya, tarian yang berasal dari Suku Ternate, Maluku Utara ini juga melibatkan jin dalam melaksanakan tariannya. Setelah kerasukan para penari mengalami kesurupan lalu melakukan aksi-aksi ekstrim. Selai Jin juga dilakukan penari dalam jumlah ganjil.

Tari Salai Jin Sama seperti namanya, tarian yang berasal dari Suku Ternate, Maluku Utara ini juga melibatkan jin dalam melaksanakan tariannya. Setelah kerasukan para penari mengalami kesurupan lalu melakukan aksi-aksi ekstrim. Selai Jin juga dilakukan penari dalam jumlah ganjil.