Ingin Liburan Hemat ke Luar Negeri? Simak 7 Tips Mudah Ini
Loading...

Thumbnail : theplaidzebra.com

 

Buat sebagian orang, liburan adalah hal yang wajib direncanakan setiap tahunnya untuk merileksasikan dirinya dari rutinitas sehari-hari. Mungkin kamu salah satunya, Pulsker. Sebenarnya liburan itu bukan hanya untuk melepas penat lho, tapi ada banyak hal lain yang bisa kamu rasakan, salah satunya adalah menambah wawasan tentang tempat yang kamu kunjungi. Liburan asik itu nggak cuma di dalam negeri aja, kamu juga bisa merencanakan untuk liburan ke luar negeri.

 

Kamu bisa mengawali liburan ke luar negeri seperti ke Singapura atau Malaysia sebagai refrensi jika kamu baru pertama kali traveling ke luar negeri. Tapi sayangnya, banyak orang berpikir jika liburan ke luar negeri pasti menghabiskan banyak uang, sehingga semua hanya tinggal rencana. Padahal jika kita bisa me-manage itinerary dan keuangan dengan baik, kita bisa saja liburan ke luar negeri tanpa menghabiskan banyak biaya.

 

Nah, agar liburanmu tetap hemat dan seru, berikut ini adalah beberapa tips traveling ke luar negeri tanpa takut kantong jebol. Yuk simak ulasannya!

 

 

1. Tentukan destinasi liburanmu

 

Destinasi liburan : IG @natalia_deborah

 

Yang paling penting sebelum liburan adalah menentukan destinasi atau kemana kamu akan berlibur. Karena setelah kamu tahu tujuan liburanmu, kamu bisa mempersiapkan biaya dan barang bawaan yang akan kamu pakai disana. Kalau kamu masih bingung kemana kamu akan liburan, kamu bisa bertanya ke teman-teman yang sebelumnya sudah pernah liburan ke luar negeri. Atau jika kamu masih ragu, kamu bisa browsing di internet untuk mengetahui lebih banyak refrensi liburan. Sarannya sih, pilihlah tempat liburan yang 'kamu banget' agar liburanmu lebih berwarna. Contohnya nih, jika kamu suka berpetualang, pilihlah lokasi yang menawarkan banyak pemandangan alam. Atau jika kamu suka bermain, pilih tempat yang ada theme park-nya, seperti Universal Studio, Singapura misalnya.

 

 

2. Pilih waktu yang tepat untuk berlibur

 

Waktu liburan : IG @hayuliburan

 

Selain itu, hal yang nggak kalah penting dari tujuan berlibur adalah kapan waktu tepat untuk kamu traveling. Ada dua pilihan yaitu low season atau high season, karena waktu liburan sangat menentukan harga tiket pesawat dan reservasi hotel. Saat high season pasti bertepatan dengan liburan sekolah, libur lebaran, long weekend, atau liburan akhir tahun. Nah, untuk menekan budget, disarankan untuk liburan di saat low season. Selain harga yang akan kamu dapatkan lebih murah, pasti tempat yang kamu kunjungi lebih lengang karena nggak banyak pengunjung yang datang ke tempat itu. Dan asiknya nih, liburanmu juga semakin terasa seru.

 

 

3. Lebih hemat jika kamu menggunakan transportasi umum

 

Transportasi umum : IG @inno019

 

Untuk perjalanan dari airport ke hotel, kalau nggak ada yang jemput kamu di lokasi tujuan, sebaiknya kamu gunakan transportasi umum saja, seperti bus atau angkutan lainnya. Atau jika ingin yang lebih mudah, kamu bisa menggunakan transportasi online yang bisa dilakukan dengan aplikasi. Dengan cara ini, kamu bisa memprediksi berapa biaya yang kamu bayarkan. Hindari untuk menggunakan taksi atau mobil gelap, karena kalau kamu nggak bisa tawar menawar, bisa-bisa kamu terjebak dengan harga yang nggak masuk akal.

 

Angkutan umum juga merupakan pilihan terbaik saat liburan karena biasanya lebih murah dan cepat. Di luar negeri pastinya banyak pilihan transportasi umum seperti busway atau kereta cepat yang bisa kamu pilih untuk mengantarkanmu ke tempat tujuan. Cara ini juga akan bisa menghemat pengeluaranmu.

 

 

4. Atau memesan mobil sewaan dari jauh hari

 

Mobil sewaan : IG @serdarnerde

 

Saat liburan ke luar negeri, nggak mungkin kan kamu membawa mobil sendiri? Kamu bisa menyewa mobil ketika berada di tempat tujuan. Apalagi jika liburanmu bersama keluarga atau teman-teman. Tapi menyewa mobil dalam jangka waktu yang lama pasti akan menghabiskan banyak biaya. Maka dari itu, pesanlah mobil jauh hari sebelum kamu liburan. Sebab, biasanya harga yang diberlakukan masih standar dan nggak terlalu mahal. Selain itu, kamu nggak perlu lagi mengeluarkan biaya sewa karena sudah dibayarkan sebelumnya.

 

Untuk urusan sewa mobil ini biasanya dilakukan secara online. Cara ini akan lebih memudahkanmu untuk melakukan perbandingan harga dibanding harus mencari saat sampai di tempat tujuan.

 

 

5. Memesan tiket di OTA yang tepat dan bisa memenuhi semua kebutuhanmu

 

Klook : geekykat.com

 

Ini hal yang paling penting untuk menghemat pengeluaranmu saat liburan, yaitu memilih OTA (Online Travel Agency) yang bisa memudahkan dan memenuhi kebutuhanmu saat liburan. OTA yang pas banget buat kamu adalah KLOOK, Pulsker. Karena KLOOK akan membantumu sebelum dan sesudah sampai di tempat tujuan, mulai dari pencarian tiket pesawat, transportasi ketika sampai di tempat tujuan, atraksi, theme park atau apapun yang kamu butuhkan ketika berada di tempat tujuan.

 

Ada banyak penawaran menarik yang ditawarkan KLOOK buat kamu, mulai dari pemesanan yang dilakukan dalam waktu dekat atau (last minuted booking) atau penawaran dalam bentuk paket sehingga lebih murah dan mudah. Untuk tahu lebih lanjut tentang penawarannya, kamu bisa klik disini. Pastinya selain hemat biaya, kamu juga menghemat waktu.

 

 

6. Rayakan benefit Harbolnas 12.12 dari KLOOK

 

 

Nah, selain kemudahan bertaransaksi dengan KLOOK, kamu juga bisa dapat benefit lainnya lho! Yaitu perayaan Harbonal 12.12 online shopping day dari KLOOK yang akan memberikan potongan langsung sebesar 12% OFF untuk semua produk yang ada di website KLOOK. Jadi nggak sabar ingin liburan kan? Kamu akan merasakan hematnya liburan dan menikmati diskon Harbolnas 12.12 dengan klik disini. Buruan buka web nya sekarang juga!

 

 

7. Jelajahi kuliner lokal

 

Kuliner lokal : IG @annylinhousewifecooking

 

Liburan pasti nggak lepas dari jelajah kuliner. Nah, untuk masalah makanan kamu bisa mencoba kuliner lokal di tempat liburanmu. Jangan ragu untuk menjajal tempat makan di pinggir jalan atau kedai-kedai kecil, karena nggak menutup kemungkinan jika rasanya nggak kalah lezat dengan restoran. Selain itu, kedai pinggiran pasti menawarkan harga makanan lebih murah.

 

Menjelajahi kuliner lokal juga akan membuatmu mengenal lebih dalam tentang makanan khas dari tempat yang kamu kunjungi. Jika ingin lebih hemat lagi, kamu bisa membawa air minum sendiri saat jalan-jalan dibanding harus membeli ketika di jalan.

Itu tadi beberapa tips hemat yang bisa kamu lakukan ketika liburan ke luar negeri. Gampang banget kan? Segera siapkan paspor dan kopermu lalu serahkan semua urusan perjalananmu dengan KLOOK. Selamat berlibur Pulsker!