10 Sungai Penyumbang Sampah Plastik Terbesar di Dunia..Ngeri!
Loading...

Sampah yang ada di laut sekarang ini terutama sampah plastik menjadi masalah mengerikan yang dihadapi negara-negara di dunia. Hal ini semakin meningkat dari hari ke hari. Dan ternyata di Pasifik Selatan telah ditemukan sebuah 'benua' baru yang terbentuk dari kumpulan sampah yang mengapung sejak puluhan tahun lalu. Ngeri banget nggak sih?

 

Yang mengejutkan adalah, ternyata sampah sampah plastik yang mengapung di lautan tersebut berasal dari sungai-sungai yang ada di dunia. Para peneliti dari Helmholts Center for Enviromental Researchdan Weihenstephan- Triesdorf University of Applied Science, Jerman merilis daftar sungai yang menyumbang sampah plastik paling besar di dunia. Dan ternyata ada yang dari Indonesia lho!

 

Sungai mana saja? Seperti yang dilansir dari kitamuda.idsimak daftarnya berikut ini. Mulai sekarang jangan buang sampah sembarangan ya!

1
Sungai Irrawaddy, Myanmar

Sungai yang terletak di Myanmar ini menjadi lautan sampah karena banyak warga yang membuang sampah tidak pada tempatnya. Sampah yang bermuara di Laut Andaman akhirnya ikut hanyut ke laut dan menjadi penyebab laut menjadi kotor.

Sungai Irrawaddy, Myanmar Sungai yang terletak di Myanmar ini menjadi lautan sampah karena banyak warga yang membuang sampah tidak pada tempatnya. Sampah yang bermuara di Laut Andaman akhirnya ikut hanyut ke laut dan menjadi penyebab laut menjadi kotor.
Advertisements

2
Sungai Pasig, Filipina

Banyaknya sampah plastik di Sungai Pasig, Filipina kini menjadi penyebab utama pencemaran laut di Teluk Manila karena banyak warga yang membuang sampah sembarangan.

Sungai Pasig, Filipina Banyaknya sampah plastik di Sungai Pasig, Filipina kini menjadi penyebab utama pencemaran laut di Teluk Manila karena banyak warga yang membuang sampah sembarangan.

3
Sungai Amazon

Tidak disangka, ternyata Sungai Amazon yang bermuara di Samudra Atlantik juga terkenal sebagai penyumbang sampah terbesar di lautan. Padahal sungai ini terkenal akan pemandangannya yang masih alami dan indah. Sayang banget kan?

Sungai Amazon Tidak disangka, ternyata Sungai Amazon yang bermuara di Samudra Atlantik juga terkenal sebagai penyumbang sampah terbesar di lautan. Padahal sungai ini terkenal akan pemandangannya yang masih alami dan indah. Sayang banget kan?

4
Sungai Bengawan, Solo

Kebiasaan orang Indonesia yang masih sering membuang sampah sembarangan menjadi penyebab banyaknya sampah plastik yang tersebar di laut salah satunya adalah sungai Bengawan Solo. Mulai sekarang, buang sampah pada tempatnya ya biar nggak mencemari lingkungan lagi!

Sungai Bengawan, Solo Kebiasaan orang Indonesia yang masih sering membuang sampah sembarangan menjadi penyebab banyaknya sampah plastik yang tersebar di laut salah satunya adalah sungai Bengawan Solo. Mulai sekarang, buang sampah pada tempatnya ya biar nggak mencemari lingkungan lagi!

5
Sungai Brantas, Indonesia

Masih dari Indonesia, pada tahun 2015 lalu Indonesia berada di urutan kedua Sebagai negara penyumbang sampah plastik ke laut. Dan salah satu penyebab utamanya adalah Sungai Brantas.

Sepertinya kita harus membiasakan diri untuk membuang sampah pada tempatnya, Pulsker, supaya tidak mencemari lingkungan.

Sungai Brantas, Indonesia Masih dari Indonesia, pada tahun 2015 lalu Indonesia berada di urutan kedua Sebagai negara penyumbang sampah plastik ke laut. Dan salah satu penyebab utamanya adalah Sungai Brantas. Sepertinya kita harus membiasakan diri untuk membuang sampah pada tempatnya, Pulsker, supaya tidak mencemari lingkungan.

6
Sungai Salib, Nigeria

Sungai yang terletak di perbatasan antara Nigeria dan Kamerun ini bermuara di Samudra Atlantik. Sungai ini memang penuh dengan sampah. Hal ini karena para warganya juga tidak memiliki kesadaran untuk membuang sampah dengan cara yang benar. Padahal sungai ini masih dipakai masyarakat untuk melakukan kegiatan seperti mandi dan mencuci baju.

Sungai Salib, Nigeria Sungai yang terletak di perbatasan antara Nigeria dan Kamerun ini bermuara di Samudra Atlantik. Sungai ini memang penuh dengan sampah. Hal ini karena para warganya juga tidak memiliki kesadaran untuk membuang sampah dengan cara yang benar. Padahal sungai ini masih dipakai masyarakat untuk melakukan kegiatan seperti mandi dan mencuci baju.

7
Sungai Gangga, India

Walaupun sering dipakai untuk kegiatan keagamaan dan dikeramatkan masyarakat, Masih banyak orang tidak bertanggung jawab yang membuang sampah di hilir sungai Gangga dan sampah tersebut akhirnya terbawa kelautan karena sungai ini bermuara di Teluk Benggala. Sayang banget ya?

Sungai Gangga, India Walaupun sering dipakai untuk kegiatan keagamaan dan dikeramatkan masyarakat, Masih banyak orang tidak bertanggung jawab yang membuang sampah di hilir sungai Gangga dan sampah tersebut akhirnya terbawa kelautan karena sungai ini bermuara di Teluk Benggala. Sayang banget ya?

8
Sungai Huanpu, Tiongkok

Padatnya penduduk, membuat Tiongkok terkenal sebagai negara penyumbang sampah laut terbesar. Salah satunya adalah Sungai Huanpu yang merupakan sungai terbesar di sana.

Sungai Huanpu, Tiongkok Padatnya penduduk, membuat Tiongkok terkenal sebagai negara penyumbang sampah laut terbesar. Salah satunya adalah Sungai Huanpu yang merupakan sungai terbesar di sana.

9
Sungai Xi

Sungai ini juga berada di Tiongkok. Banyaknya orang yang membuang sampah sembarangan di sungai ini berakibat pada banyaknya kotoran dan sampah yang terbawa sampai ke laut. Sayang banget ya?!

Sungai Xi Sungai ini juga berada di Tiongkok. Banyaknya orang yang membuang sampah sembarangan di sungai ini berakibat pada banyaknya kotoran dan sampah yang terbawa sampai ke laut. Sayang banget ya?!

10
Sungai Yangtze, Tiongkok

Yang terakhir masih dari Tiongkok. Sungai yang bermuara ke laut Tiongkok Timur ini adalah penyumbang sampah plastik laut terbesar di dunia. Sungai ini sudah terkontaminasi sampah dan limbah pabrik. Lihat aja, warna air sungai ini nggak ada bening-beningnya :(

Sungai Yangtze, Tiongkok Yang terakhir masih dari Tiongkok. Sungai yang bermuara ke laut Tiongkok Timur ini adalah penyumbang sampah plastik laut terbesar di dunia. Sungai ini sudah terkontaminasi sampah dan limbah pabrik. Lihat aja, warna air sungai ini nggak ada bening-beningnya :(