Dari Badak hingga Hongkong, Ini 10 Nama Lain Bakwan di Indonesia
Loading...

Indonesia memang terkenal dengan berbagai macam aneka kulinernya. Salah satunya adalah gorengan. Ada beraneka ragam gorengan di Indonesia, mulai dari pisang goreng, tempe goreng, tahu isi, hingga bakwan.

 

Nah, ngomongin tentang bakwan nih, ternyata gorengan yang berisi beraneka sayuran ini memiliki nama lain di berbagai daerah. Uniknya lagi, beragam nama bakwan ini ada yang mirip dengan nama kota sampai nama negara. Penasaran apa saja sebutannya? Dirangkum dari IDNTimes, mungkin salah satunya ada dari daerahmu, Pulsker!

1
Bikang Doang

Meski sama-sama sebutannya Bikang, tapi Bikang doang ini nggak ada hubungannya dengan Bikang ambon. Dan ini adalah bakwan ala Makassar, Sulawesi Selatan.

Bikang Doang Meski sama-sama sebutannya Bikang, tapi Bikang doang ini nggak ada hubungannya dengan Bikang ambon. Dan ini adalah bakwan ala Makassar, Sulawesi Selatan.
Advertisements

2
Hongkong

Mendengar kata Hongkong, yang ada dipikiranmu pasti nama negara? Tapi hongkong yang ini adalah julukan bakwan di Jember dan Banyuwangi, Jawa Timur.

Hongkong Mendengar kata Hongkong, yang ada dipikiranmu pasti nama negara? Tapi hongkong yang ini adalah julukan bakwan di Jember dan Banyuwangi, Jawa Timur.

3
Bala-bala

Di sekitaran Jawa Barat, bakwan ini juga biasa disebut dengan bala-bala. Mungkin sesuai dengan bahasa Sunda, “bala” yang berarti berantakan atau tidak teratur, karena bakwan sayur biasanya juga bernbentuk tidak beraturan.

Bala-bala Di sekitaran Jawa Barat, bakwan ini juga biasa disebut dengan bala-bala. Mungkin sesuai dengan bahasa Sunda, “bala” yang berarti berantakan atau tidak teratur, karena bakwan sayur biasanya juga bernbentuk tidak beraturan.

4
Ote-ote

Selain hongkong, di daerah Jawa Timur lainnya, seperti Surabaya, Gresikm Kediri, Mojokerto dan lainnya menyebut bakwan dengan sebutan ote-ote. Tapi dalam bahasa Jawa Timur daerah lainnya juga menyebut ote-ote sebagai telanjang dada bagi laki-laki. Unik banget nggak sih?

Ote-ote Selain hongkong, di daerah Jawa Timur lainnya, seperti Surabaya, Gresikm Kediri, Mojokerto dan lainnya menyebut bakwan dengan sebutan ote-ote. Tapi dalam bahasa Jawa Timur daerah lainnya juga menyebut ote-ote sebagai telanjang dada bagi laki-laki. Unik banget nggak sih?

5
Badak

Walaupun nggak ada hubungannya dengan hewan bercula ini, tapi di Semarang dan Pekalongan, Jawa Tengah menyebut gorengan sayur ini dengan kata Badak. Sakti juga ya masyarakatnya biasa makan ‘badak’.

Badak Walaupun nggak ada hubungannya dengan hewan bercula ini, tapi di Semarang dan Pekalongan, Jawa Tengah menyebut gorengan sayur ini dengan kata Badak. Sakti juga ya masyarakatnya biasa makan ‘badak’.

6
Makao atau Macau

Nggak mau kalah dengan Hongkong, di Manado, Sulawesi Utara dan Kupang, Nusa Tenggara Timur masyarakatnya biasa menyebut bakwan sayur dengan sebutan makau, atau macau. Go internasional lah ya?!

Makao atau Macau Nggak mau kalah dengan Hongkong, di Manado, Sulawesi Utara dan Kupang, Nusa Tenggara Timur masyarakatnya biasa menyebut bakwan sayur dengan sebutan makau, atau macau. Go internasional lah ya?!

7
Pia-pia

Beda daerah, beda pula sebutannyta. Ya, sebutan pia-pia untuk bakwan biasa digunakan di daerah Blora dan Pati, Jawa Tengah. Dan sebagian orang di Ponorogo, Jawa Tengah juga menyebut bakwan dengan sebutan pia-pia.

Pia-pia Beda daerah, beda pula sebutannyta. Ya, sebutan pia-pia untuk bakwan biasa digunakan di daerah Blora dan Pati, Jawa Tengah. Dan sebagian orang di Ponorogo, Jawa Tengah juga menyebut bakwan dengan sebutan pia-pia.

8
Kandoang

Ada yang tahu nggak kalau di Kendari, Sulawesi Tenggara, bakwan sayur ini sering disebut dengan nama Kandoang?

Kandoang Ada yang tahu nggak kalau di Kendari, Sulawesi Tenggara, bakwan sayur ini sering disebut dengan nama Kandoang?

9
Weci/heci

Di Malang, Jawa Timur, masyarakatnya biasa menyebut gorengan berisi sayur ini dengan sebutan heci atau weci.

Weci/heci Di Malang, Jawa Timur, masyarakatnya biasa menyebut gorengan berisi sayur ini dengan sebutan heci atau weci.

10
Bakwan

Nah, buat orang Indonesia pada umumnya, gorengan sayuran ini biasa disebut bakwan. Bahkan di Lampung, bakwan ini biasa dimakan dengan saus cuka seperti pempek. Udah pernah makan?

Bakwan Nah, buat orang Indonesia pada umumnya, gorengan sayuran ini biasa disebut bakwan. Bahkan di Lampung, bakwan ini biasa dimakan dengan saus cuka seperti pempek. Udah pernah makan?