7 Surga Dunia yang Akan Kamu Temukan Ketika Liburan ke Filipina
Loading...

Mabuhay! Ya, itu tadi adalah kata salam yang biasa orang Filipina katakan. Makna yang sebenarnya adalah “hidup” atau “panjang umur”, tapi kata ini sering diucapkan saat penyambutan tamu di Filipina. Ngomongin tentang Filipina nih, buat kamu yang masih bingung ingin berlibur kemana saat ngambil cuti, negara yang dijuluki ‘lumbung beras Asia’ ini bisa menjadi refrensimu. 

 

Nggak perlu menghabiskan banyak budget untuk liburan ke Hawai, karena di beberapa pulau cantik di Filipina, kamu bisa menjelajahi banyak tempat yang nggak kalah menarik dengan yang ada di pantai Hawai, seperti  jernihnya air laut serta berbagai macam festival dan beragam kuliner lezat yang bisa kamu cicipi.

 

Nah, kali ini PULSK dan AirAsia merekomendasikan 7 surga dunia yang bisa kamu temukan ketika liburan ke Filipina. Paling tidak sekali seumur hidup kamu menginjakkan kakimu disini, Pulsker!

 

 

1. Singgah di El Nido, Surga terbaik di Filipina

 

El Nido : Instagram @jmtaparra

 

Kenapa dibilang surga terbaik? Karena disini kamu akan menemukan air laut yang sangat jernih, sampai terumbu karang yang cantik. Pas banget buat penikmat wisata bahari. Di El Nido, kamu bisa melakukan berbagai aktifitas air mulai dari berenang, snorkling sampai diving. Sejauh mata memandang, ada bebatuan tebing dengan ukiran alami yang gagah di tengah pantai. Dengan berenang melewati tebing itu, kamu akan disuguhkan surga tersembunyi yang keindahannya nggak akan kamu temukan di tempat manapun, yaitu pantai rahasia yang bikin kamu merasa memiliki pantai pribadi. Hamparan pasir putih dan air pantai yang jernih akan membut liburanmu semakin menyenangkan.

 

 

2. Menjelajahi Pulau Coron di Provinsi Palawan

 

Coron : Instagram @amack

 

Coron adalah pulau kecil di Provinsi Palawan. Nggak kalah dengan El Nido, di Coron kamu juga bisa merasakan sensasi bawah lautnya dengan snorkeling. Nah, sebelum bersiap untuk senorkling, kamu bisa membeli roti di warung-warung pinggir jalan untuk memberi makan ikan yang akan menemanimu berenang saat menyelam. Menariknya lagi, kamu juga bisa menyelam ke Sunkenship, yaitu kapal perang Jepang pada zaman penjajahan yang tenggelam di dasar laut. Kapal perang ini masih terlihat kokoh walaupun usianya sudah sangat tua. Terumbu karang yang menempel di tubuh kapal ini juga menambah eksotis pemandangan bawah laut Coron.

 

Selain itu, menjelang petang, kamu bisa menghabiskan waktu untuk berburu sunset di Mt. Tapyas. Dengan mendaki 700 anak tangga, kamu akan disuguhkan pemandangan Pulau Coron yang indah dari puncak bukit Tapyas.

 

 

3. Mengunjungi Chocolate Hills yang mengagumkan

 

Chocolate Hills : Instagram @philippine.island

 

Jangan dikira kamu akan menemukan banyak penjual coklat disini ya! Karena sesungguhnya Chocolate Hills adalah bukit-bukit kecil yang memiliki ketinggian 30 sampai 50 meter dengan jumlah yang sangat banyak. Ada yang mengatakan sekitar 1200 bukit dan ada juga beberapa sumber yang menyebutkan sampai 1700 bukit. Semua bukit itu terhampar dengan indahnya di depan mata. Banyak banget kan? 

 

Chocolate Hills ini juga terdaftar sebagai salah satu situs warisan dunia di UNESCO. Pemandangan di bukit-bukit ini terlihat berbeda disetiap pergantian musim. Saat musim hujan, bukit-bukit ini berwarna hijau segar yang berasal dari rumput yang tumbuh disirami air hujan. Dan pada musim kemarau, kamu akan melihat bukit yang berubah menjadi warna coklat kerena rumputnya yang mengering. Nah, pemandangan saat musim kemarau inilah awal mula tempat ini dinamakan Chocolate Hills, karena bukit-bukitnya terlihat mirip dengan coklat besar yang manis dan mengagumkan.

 

 

4. Bermain Watersport di pantai-pantai Boracay

 

Boracay : Instagram @_seoaryun

 

Filipina emang nggak kehabisan tempat untuk para wisatawan bahari, dan salah satunya adalah Boracay. Pulau ini memiliki keindahan pantai yang sangat indah. Hamparan pasir putih bersih serta air laut yang jernih akan membuatmu betah berlama-lama liburan disana. Nggak cuma itu aja, Borocay juga punya pantai yang menantang seperti Tambisaan Beach dan Bolabog Beach.  Di Tambiasaan Beach kamu bisa menjelajahi pemandangan bawah lautnya dengan snorkling atau diving. Sedangkan di Bolabog, kamu bisa bermain watersport yang menantang adrenalin seperti parasailing, windsurfing hingga terbang dengan angin pantai dengan kiteboarding. Cocok banget buat kamu yang haus tantangan.

 

 

5. Ke Filipina belum lengkap kalau belum ke Cebu

 

Cebu : Instagram @woojootour

 

Ibarat kata, nggak lengkap jika makan sayur tanpa garam. Sama saja seperti nggak lengkap jika ke Filipina tapi belum singgah ke Cebu (dibaca : sebu). Ini adalah kota besar kedua di Filipina setelah ibukotanya, Manila. Cebu juga menjadi kota industri paling maju sekaligus kota pelabuhan terbesar di Filipina. Kamu bisa menyusuri jalanan di kota ini layaknya penduduk lokal, sesekali kamu juga bisa menyapa penduduknya yang sangat ramah dengan para wisatawan. Tapi jangan heran ya kalau kamu kerap disapa dengan bahas lokal, karena maklum lah, postur tubuh kita sangat mirip dengan masyarakat Filipina. 

 

Jika suka wisata sejarah, kamu bisa datang ke area kota yang terdapat museum, benteng dan monumen yang akan memanjangan mata. Penampilan kota ini bisa dibilang biasa saja. Yang sama dengan Indonesia adalah banyaknya deretan warung kecil dipinggir jalan. Mulai dari penjual makanan, sampai penjual sayuran. Nah, yang menarik disini, kamu juga bisa melihat angkutan umum yang nyentrik yaitu Jeepney, kendaraan mirip mikrolet khas Filipina.

 

Salah satu pulau yang bisa kamu singgahi di Cebu adalah Pulau Mactan, karena disini kamu bisa berburu pernak-pernik yang dibuat oleh penduduk lokal seperti ukulele, gitar dan alat musik lainnya. Untuk mengunjungi pulau Mactan, kamu bisa menggunakan pesawat dari Manila menuju ke Mactan-Cebu International Airport.

 

Nah, untuk menuju Filipina dari Indonesia, kamu bisa memilih maskapai AirAsia yang membuka rute penerbangan baru dari Jakarta-Manila dan Denpasar-Manila. Nikmati pelayanan terbaik di kelasnya dengan harga tiket yang terjangkau. Untuk pemesanan tiketnya, kamu bisa klik disini.

 

 

6. Selain wisata alam, nikmati juga perayaan festival di Filipina

 

Banigfest : Instagram @iamatimesuspender

 

Liburan menikmati pemandangan alam di Filipina memang sebuah kewajiban. Tapi yang nggak kalah seru adalah melihat perayaan festival disana. Beberapa festial di Filipina memang terkenal unik, kamu juga bisa menjadi salah satu penontonnya lho. Pas banget jika kamu berada di Cebu, karena sepanjang tahun ada banyak festival yang dirayakan di kota ini mulai dari festival budaya hingga fotografi. Salah satunya adalah Banig Festival. Banig sendiri adalah anyaman pepohonan semacam tikar. Saat perayaan ini, kamu akan melihat tari-tarian sepanjang jalan dengan memakai pakaian yang terbuat dari banig. Selain itu aja ada juga pameran produk dan kontes membuat banig.

 

 

7. Menikmati indahnya malam di Festival Cahaya, Makati-Manila

 

Festival of light : 24seventoanywhere.wordpress.com

 

Makati adalah salah satu kota yang membentuk Metro Manila di Filipina. Letaknya juga tepat di tengah-tengah Metro Manila. Ada salah satu festival lampu yang nggak boleh kamu lewatkan disini, yaitu Festival Cahaya atau Festival of Light. Saat festival ini berlangsung, kamu akan melihat jalan raya dan gedung-gedung perkantoran berhiaskan lampu dengan beragam warna dan bentuk. Setelah langit semakin gelap, alunan musikpun mulai berdentuman seperti layaknya pesta akbar di tengah kota. Bisa bayangin kan betapa serunya?

 

 

Itu tadi beberapa tempat yang menakjubkan yang bisa kamu datangi saat liburan ke Filipina. Jadi nggak sabar ingin kesana kan? Segera siapkan koper dan paspormu lalu terbang bersama AirAsia. Satu lagi, jangan lupa bawa kamera ya!