Jangan Sepelekan, 7 Hal Ini Bisa Menyebabkan Gusi Bengkak yang Sangat Mengganggu
Loading...

Thumbnail : kinisehat.com

 

Ada yang bilang ‘lebih baik sakit hati dibandingkan sakit gigi’, buat yang udah pernah sakit gigi, pasti setuju dengan ungkapan ini. Nggak jauh beda, gusi bengkak adalah salah satu penyakit yang bikin nggak nyaman. Bahkan, kalau sudah parah nih, bisa-bisa aktivitasmu juga akan terganggu.

 

Bukan cuma kamu saja yang terusik dengan penyakit ini, bisa jadi orang lain yang berada di dekatmu juga nggak nyaman. Karena biasanya penyakit gusi bengkak disertai dengan bau mulut yang nggak sedap. Selain itu, gusi bengkak merupakan salah satu penyebab perdarahan gusi kronis. Ngeri banget kan??

 

Jangan sepelekan, Pulsker! Beberapa hal yang kamu anggap biasa ternyata juga bisa menjadi penyebab pembengkakan gusi. Tapi jangan kawatir, kamu bisa mendeteksi sedari dini penyebabnya untuk segera mencari tahu solusinya. Apa saja penyebabnya?

 

 

1. Turunnya sistem kekebalan tubuh

 

Ilustrasi turunnya sistem kekebalan tubuh : matasulsel.co

 

Nggak bisa dipungkiri jika ketika kita melakukan aktivitas yang padat, tubuh kita akan kelelahan. Kekurangan vitamin terutama vitamin C bisa saja menganggu jaringan tubuh kita termasuk gusi. Jadi ketika sistem kekebalan tubuh kita melemah, apalagi kadar vitamin C rendah, bisa menyebabkan gusi bengkak semakin membesar.

 

 

2. Menyikat gigi dengan cara yang salah

 

Ilustrasi salah menyikat gigi : yukepo.com

 

Untuk menjaga kebersihan gigi dan mulut, setiap hari kita pasti menggosok gigi dua kali sehari saat pagi hari dan sebelum tidur. Tapi sayangnya, masih banyak dari kita yang masih belum tahu cara menyikat gigi dengan benar. Gusi kita ini terdiri dari jaringan ikat yang berserat dan tebal. Nah, menyikat gigi dengan cara yang salah bisa melukai gusi yang mengakibatkan perdarahan dan menyebabkan radang yang ujungnya membuat gusi membengkak.

 

 

3. Pembengkakan gusi atau ginggivitis

 

Ilustrasi pembengkakan gusi : hellosehat.com

 

Banyak orang yang meremehkan ginggivitis karena gejalanya yang biasa. Padahal jika terus menerus dibiarkan, penyakit ini bisa berakibat serius, Pulsker. Yaitu infeksi gusi yang rusak yang bisa menghancurkan tulang penyangga gigi. Faktor utamanya karena penumpukan plak dan sisa makanan di sela-sela gigi karena menyikat gigi yang kurang bersih. Makanya, saat kamu mengalami gejala ginggivitis, lakukan perawatan yang benar untuk menghindari penyakit yang lebih serius. Nggak mau kan ini terjadi?

 

 

4. Tidak menggunakan mouthwash yang tepat

 

Ilustrasi obat kumur : merdeka.com

 

Ketika kamu sudah merasa melakukan dan merawat kesehatan gigi dengan tepat dan benar tapi masih mengalami gusi berdarah atau gusi bengkak, bisa jadi karena kamu belum melakukan perawatan mulut yang benar, nih!

 

Saat ini, kita memang dituntut untuk berhadapan dengan orang lain setiap harinya. Bau nafas yang nggak sedap karena gusi bengkak bisa sangat menganggu orang yang ada di depanmu. Untuk mengatasinya pilihlah mouthwash yang bukan hanya memberikan nafas segar sementara sekaligus bisa mengurangi gejala permasalahan gusimu.

Listerine Gum Care : listerine.co.id

 

Atasi masalah-masalah gusimu dan berkumur dengan varian baru yang rasanya Jahe Herbal dan Mint dari LISTERINE®, LISTERINE® Gum Care selama 21 hari juga mengurangi 99.9% kuman yang menyebabkan masalah gusi. Yuk, #21HariUpgradeDiri dari sekarang dan beli LISTERINE® Gum Care di sini.

 

 

5. Penggunaan kawat gigi atau behel juga bisa terkena penyakit gusi bengkak

 

Ilustrasi Kawat gigi : gween.id

 

Buat yang memakai kawat gigi atau behel, kamu juga harus memperhatikan kesehatan gigi dan mulut lho. Periksa secara rutin kerekatan kawat gigimu. Karna kawat gigi atau behel yang dipasang terlalu ketat atau terlalu menempel dengan gusi bisa menyebabkan gusi membengkak. Pada akhirnya gusi mengalami peradangan dan infeksi.

 

 

6. Gigi berlubang

 

Ilustrasi gigi berlubang : hellosehat.com

 

Kebersihan gigi yang buruk karena bakteri yang berkembang melalui makanan dan minuman yang mengandung beberapa zat manis seperti gula, bisa membuat gigi berlubang. Nah, gigi berlubang bisa merambah ke gusi yang menjadi salah satu penyebab gusi membengkak.

 

 

7. Menumpuknya karang atau plak pada gigi

 

Ilustrasi menumpuknya plak : sehatly.com

 

Sebenarnya, penyebab utama gusi bengkak karena karang atau plak yang menumpuk pada gigi yang sudah terlalu lama dan nggak segera dibersihkan. Jika sudah terlalu lama, sisa makanan ini akan menjadi karang gigi yang mengakibatkan gusi bengkak dan infeksi oral. Parahnya lagi, kalau dibiarkan terus menerus karang gigi yang terbentuk ini akan menjadi keras atau sedimentasi. Dari sekarang jangan malas menggosok gigi dan pakai LISTERINE® Gum Care setelahnya ya.

 

Itu tadi beberapa penyebab gusi bengkak yang bisa saja terjadi karena hal sepele yang kamu alami. Biar itu nggak terjadi, #21HariUpgradeDiri dari sekarang dengan LISTERINE® Gum Care. Selamat mencoba, Pulsker!