3 Langkah Sederhana Dalam Riset Pasar
Loading...

Riset Pasar atau pemasaran adalah suatu hal yang tidak kalah penting dalam sebuah perbisnisan. Hal tersebut dikarenakan dengan riset tersebutlah seorang pebisnis akan mengetahui sejauh mana ide bisnisnya mampu menjangkau kebutuhan yang diinginkan oleh masyarakat. Point penting lainnya ialah dengan riset pasar Anda bisa mengetahui kompetitor yang akan menjadi pesaing kompetitif yang harus dihadapi. Dan riset pemasaran tidak bisa dibilang mudah karena disini Anda bukanhanya dituntut untuk menjual produk ataupun cara mendapatkan laba yang melimpah. Tetapi, lebih dalam dari itu. Seperti mengerti kondisi khalayak, tempat, dan lainnya yang juga langsung bersentuhan dengan detail bisnis yang akan Anda jalankan.

 

Suci Sucipto (2010) berpendapat bahwa kajian yang dilakukan dalam aspek pasar dan pemasaran bertujuan untuk menguji sejauh mana pemasaran dari produk yang dihasilkan perusahaan dapat mendukung pengembangan usaha atau bisnis yang direncanakan. Agar kajian aspek pasar dan pemasaran sesuai dengan rencana ( pangsa pasar ), dan semua itu bergantung pada penerapan strategi pemasaran yang dipilih. Kottler (2003), apabila perusahaan menemukan suatu pasar yang menarik, maka perusahaan perlu mengestimasi berapa besarnya pasar di masa sekarang dan di masa yang akan datang dengan cermat.

 

Dari penjelasan singkat dari dua tokoh diatas, saya rasa sudah mampu memberikan gambaran pada Anda sejauh mana pentingnya sebuah riset pasar untuk kelangsungan hidup bisnis yang dikelola. Nah, sekarang sebelum Anda pusing membayangkan kesulitan dari riset pasar ini. Langsung saja, saya berikan beberapa langkah yang bisa dilakukan. Langkah ini tidak terlalu sulit, hanya butuh lebih banyak tenaga dari Anda untuk mau melakukannya.

  1. Survey Pasar

Langkah pertama yang sangat mudah Anda lakukan adalah mengunjingi lokasi atau market yang sudah ditargetkan. Setelah itu, Anda hanya perlu memberikan orang-orang yang dikehendaki dengan kuesioner. Tapi, kalau memungkinkan Anda boleh juga melakukan wawancara dengan mereka. Dari sinilah, Anda akan mengetahui sejauh mana para pesaing sudah memulai star. Selain itu, Andapun akan diuntungkan dengan mengetahui minat masyarat saat ini.

 

Baca artikel selengkapnya Jasa Riset Pasar