6 Tempat Mitos Urban di Indonesia yang Dipercaya Bisa Bikin Hubungan Kamu Kandas. Bikin Merinding Disco!
Loading...

Berwisata memang sangatlah mengasyikkan. Dan tidak bisa dipungkiri bahwa berwisata adalah kebutuhan pokok untuk kita pada masa sekarang ini. Di zaman yang sangatlah maju sekarang ini berwisata bisa membuat pikiran kita terhindar dari stres yang berat. Dan akan membuat kita fresh kembali menghadapi hari esok. 

 

Indonesia adalah tempat yang sangat indah. Sehingga banyak tempat tempat wisata yang bisa membuat para wisatawan mancanegara berkunjung ke Indonesia bahkan tidak hanya sekali. Tidak hanya wisatawan manca negara, wisatawan dimestik juga sangatlah menikmati negeri sendiri.

 

Meskipun di Indonesia sering sekali suatu tempat itu dihubungkan dengan mitos mitos yang bisa membuat seseorang berpikir berulang kali untuk mendatangi tempat wisata tertentu yang dipercaya bisa menimbulkan kejadian yang tidak diinginkan. Namun tidak semua orang Indonesia berfikiran seperti itu. Semua tergantung dari kepercayaan dan pandangan manusianya sendiri. Beberapa tempat ini dipercaya bisa membuat hubungan yang telah terjalin menjadi kandas. Dimana sajakah itu? Kamu takut atau malah penasaran?Yuk kita simak ulasannya dari pulsk.com yang dilansir dari yukepo.com berikut ini.

 

 

1
Tanah Lot, Bali

Tanah Lot merupakan salah satu tempat wisata terbaik di Bali. Tanah Lot merupakan tanah yang terdapat pura yang berdiri di pinggir laut. Masyarakat Bali percaya dengan mitos bahwa jika datang ke Pura tanah Lot bersama pacar, maka hubungannya akan kandas. Tidak jelas bagaimana asala muasal dari keyakinan ini namun pantangan ini dipegang teguh oleh masyarakat Bali. Sementara di seberang Pura Tanah Lot ada gua tempat mendekamnya ular yang sangat disucikan oleh masyarakat Bali. Ular ini sangat besar dan berdiam diri di sebuah lubang yang ada di gua. Para wisatawanpun bisa melihat langsung atau memegang langsung ular ini. Untuk memegang ular ini para wisatawan dikenakan biaya seikhlasnya saja. Ular ini selalu berpindah pindah. Terkadang di malam hari ular ini berpindah ke Pura tanah Lot untuk menjaga Pura.

Tanah Lot, Bali Tanah Lot merupakan salah satu tempat wisata terbaik di Bali. Tanah Lot merupakan tanah yang terdapat pura yang berdiri di pinggir laut. Masyarakat Bali percaya dengan mitos bahwa jika datang ke Pura tanah Lot bersama pacar, maka hubungannya akan kandas. Tidak jelas bagaimana asala muasal dari keyakinan ini namun pantangan ini dipegang teguh oleh masyarakat Bali. Sementara di seberang Pura Tanah Lot ada gua tempat mendekamnya ular yang sangat disucikan oleh masyarakat Bali. Ular ini sangat besar dan berdiam diri di sebuah lubang yang ada di gua. Para wisatawanpun bisa melihat langsung atau memegang langsung ular ini. Untuk memegang ular ini para wisatawan dikenakan biaya seikhlasnya saja. Ular ini selalu berpindah pindah. Terkadang di malam hari ular ini berpindah ke Pura tanah Lot untuk menjaga Pura.
Advertisements

2
Gunung Pegat, Wonogiri

Pegat artinya dalam bahasa jawa adalah bercerai. Dari namanya saja sudah mengartikan seperti itu ya guys. Gunung pegat ini terletak di Desa Ngadirayo, Kecamatan Nguntoronadi, Kabupaten Wonogiri ini memang aneh dan terkenal sejak tahun 1980. Karena ada jalan tembus yang memisahkan dua gunung yang saling berhubungan maka penduduk setempat memberi julukan Gunung pegat yang artinya gunung Cerai atau pisah bahkan jalan ini sempat dijadikan tempat untuk memadu kasih oleh pasangan muda. Mitosnya pada saat meninggalkan tempat ini pasangan ini meninggalkan tempat ini biasanya dalam perjalanan mereka terlihat adu mulut yang berakhir dengan perpisahan. Konon semua ini terjadi karena sifat usil penunggu gunung pegat yang bernama mbah Glondor. Menurut cerita, mbah glondor ini tidak suka melihat pasangan yang baru saja menikah atau terlihat kasmaran jika melintasi daerah kekuasaannya. Tapi semua tergantung kepercayaan masing masing lo guys.

Gunung Pegat, Wonogiri Pegat artinya dalam bahasa jawa adalah bercerai. Dari namanya saja sudah mengartikan seperti itu ya guys. Gunung pegat ini terletak di Desa Ngadirayo, Kecamatan Nguntoronadi, Kabupaten Wonogiri ini memang aneh dan terkenal sejak tahun 1980. Karena ada jalan tembus yang memisahkan dua gunung yang saling berhubungan maka penduduk setempat memberi julukan Gunung pegat yang artinya gunung Cerai atau pisah bahkan jalan ini sempat dijadikan tempat untuk memadu kasih oleh pasangan muda. Mitosnya pada saat meninggalkan tempat ini pasangan ini meninggalkan tempat ini biasanya dalam perjalanan mereka terlihat adu mulut yang berakhir dengan perpisahan. Konon semua ini terjadi karena sifat usil penunggu gunung pegat yang bernama mbah Glondor. Menurut cerita, mbah glondor ini tidak suka melihat pasangan yang baru saja menikah atau terlihat kasmaran jika melintasi daerah kekuasaannya. Tapi semua tergantung kepercayaan masing masing lo guys.

3
Tanjakan Cinta Gunung Semeru

Kalau kamu pernah nonton film 5 cm, pasti sudah tidak asing pada tempat yang satu ini. Tanjakan cinta adalah nama sebuah tempat di Gunung Semeru ini. Tepatnya di bagian barat Ranu Kumbolo pada jalur pendakian menuju puncak Mahameru. Legenda tempat ini berawal dari dua sejoli yang sudah bertunangan, mendaki gunung Semeru bersama. Ketika melewati jalur ini cowoknya sudah tiba si atas terlebih dahulu. Si cewek yang kepayahan jatuh terguling dan meninggal dunia. Mitosnya barang siapa yang bisa berjalan tanpa henti hingga di atas bukit dan tanpa menoleh ke belakang, jika sedang pacaran maka akan berakhir bahagia. Bila berhenti di tengah tengah maka hubungan mereka akan putus.Itu adalah mitos tang beredar di sana.

Tanjakan Cinta Gunung Semeru Kalau kamu pernah nonton film 5 cm, pasti sudah tidak asing pada tempat yang satu ini. Tanjakan cinta adalah nama sebuah tempat di Gunung Semeru ini. Tepatnya di bagian barat Ranu Kumbolo pada jalur pendakian menuju puncak Mahameru. Legenda tempat ini berawal dari dua sejoli yang sudah bertunangan, mendaki gunung Semeru bersama. Ketika melewati jalur ini cowoknya sudah tiba si atas terlebih dahulu. Si cewek yang kepayahan jatuh terguling dan meninggal dunia. Mitosnya barang siapa yang bisa berjalan tanpa henti hingga di atas bukit dan tanpa menoleh ke belakang, jika sedang pacaran maka akan berakhir bahagia. Bila berhenti di tengah tengah maka hubungan mereka akan putus.Itu adalah mitos tang beredar di sana.

4
Candi Prambanan

Mitos ini dimulai dari kisah legenda Roro Jonggrang yang meminta candi dalam semalam kepda Bandung Bondowoso jika ingin meminangnya. Bandung Bondowoso menyanggupi permintaan tersebut dan minta bantuan banyak jin untuk melancarkan pembangunan seribu candinya. Namun ternyata Roro Jonggrang menghianati perjanjian tersebut, dan Bandung Bondowwoso yang marah mengutuk Roro Jonggrang tersebutmenjadi pelengkap candi yang ke seribu. Ia juga mengutuk semua gadis yang membantu Roro Jonggrang akan menikah di usia lanjut. Legenda iti yang kemudian berkembang menjadi mitos yang menyatakan bahwa setiap pasangan kekasih yang datang akan dikutuk hubungannya dan putus.

Candi Prambanan Mitos ini dimulai dari kisah legenda Roro Jonggrang yang meminta candi dalam semalam kepda Bandung Bondowoso jika ingin meminangnya. Bandung Bondowoso menyanggupi permintaan tersebut dan minta bantuan banyak jin untuk melancarkan pembangunan seribu candinya. Namun ternyata Roro Jonggrang menghianati perjanjian tersebut, dan Bandung Bondowwoso yang marah mengutuk Roro Jonggrang tersebutmenjadi pelengkap candi yang ke seribu. Ia juga mengutuk semua gadis yang membantu Roro Jonggrang akan menikah di usia lanjut. Legenda iti yang kemudian berkembang menjadi mitos yang menyatakan bahwa setiap pasangan kekasih yang datang akan dikutuk hubungannya dan putus.

5
Grajagan Nglirib, Tuban

Air Terjun Nglirib atau yang disebut masyarakat sebagai Grajagan Nglirib yang berlokasoh di di Desa Mulyo Agung, Kecamatan Singgahan atau sekitar 38 km ke arah Barat dari kota Tuban. Letaknyapun tak jauh dari jalan raya yang sudah beraspal sehingga tidak sulit menuju ke lokasinya baik dengan menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. Mitos itu dipercaya banyak orang, bahkan ada yang ekstrim mengatakan bila sudah bosan dengan pasangan, bawa saja ke Grajagan Nglirib niscaya beberapa hari kemudian akan putus hubungan. Mitos itu akan lebih kuat lagi berpengaruh kepada pasangan yang akan menikah dan pasangan yang belum menikah tapi bercuuman di tempat ini

Grajagan Nglirib, Tuban Air Terjun Nglirib atau yang disebut masyarakat sebagai Grajagan Nglirib yang berlokasoh di di Desa Mulyo Agung, Kecamatan Singgahan atau sekitar 38 km ke arah Barat dari kota Tuban. Letaknyapun tak jauh dari jalan raya yang sudah beraspal sehingga tidak sulit menuju ke lokasinya baik dengan menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. Mitos itu dipercaya banyak orang, bahkan ada yang ekstrim mengatakan bila sudah bosan dengan pasangan, bawa saja ke Grajagan Nglirib niscaya beberapa hari kemudian akan putus hubungan. Mitos itu akan lebih kuat lagi berpengaruh kepada pasangan yang akan menikah dan pasangan yang belum menikah tapi bercuuman di tempat ini

6
Kebun Raya,Bogor

Kebun Raya Bogor terletak di Jantung kota Bogor. Tempatnya sejuk dan di sana banyak terdapat tumbuhan langaka. Selain sebagai tempat wisata juga bisa menjadi tempat anak anak untuk belajar tentang alam dan tumbuhan. Namun siapa sangka di balik kesejukannya ada mitos yang bikin kita berfikir dua kali untuk mendatanginya. Mitosnya adalah barang siapa yang datang dalam status yang masih lajang, dan duduk di bawah pohon jodoh maka akan dapat jodoh. Sebaliknya bila datang dalam keadaan berpasangan dan melewati jembatan warna merah yang letaknya paling utara maka hubungan yang sudah terjalin akan kandas.

Kebun Raya,Bogor Kebun Raya Bogor terletak di Jantung kota Bogor. Tempatnya sejuk dan di sana banyak terdapat tumbuhan langaka. Selain sebagai tempat wisata juga bisa menjadi tempat anak anak untuk belajar tentang alam dan tumbuhan. Namun siapa sangka di balik kesejukannya ada mitos yang bikin kita berfikir dua kali untuk mendatanginya. Mitosnya adalah barang siapa yang datang dalam status yang masih lajang, dan duduk di bawah pohon jodoh maka akan dapat jodoh. Sebaliknya bila datang dalam keadaan berpasangan dan melewati jembatan warna merah yang letaknya paling utara maka hubungan yang sudah terjalin akan kandas.