Beda. 9 Tradisi Tahun Baru yang Unik Dari Berbagai Negara. Waw Seru Banget
Loading...

Pergantian tahun selalu semarak dengan berbagai acara yang memang sengaja dibuat untuk menunggu datangnya tahun yang baru. Momen ini adalah momen yang paling ditunggu oleh hampir semua orang.

 

Orang akan begadang semalaman. Lalu mereka akan meniup terompet atau menyalakan petasan tepat pada jam 12 malam. Riuh sorak masyarakat yang memang menunggu momen itu. 

 

Ternyata tidak hanya di Indonesia, peringatan tahun baru ini juga diadakan di berbagai negara dengan berbagai tradisi yang berbeda. Seperti apa tradisi tahun baru di berbagai negara? Ini dia yang telah dirangkum pulsk.com dari tentik.com.

1
Ekuador

Masyarakat Ekuador mempunyai tradisi membuat
figur 'orang orangan' yang kemudian dibakar setiap tahunnya. Figur 'orang orangan' ini terdiri dari berbagai profesi. Figur figur ini terbuat dari kertas, jerami, kardus, kain bekas, tanah, dan daun. Tradisi ini dilakukan sebagai simbol pembersihan selama 12 bulan yang telah terlewati.

Ekuador Masyarakat Ekuador mempunyai tradisi membuat figur orang orangan yang kemudian dibakar setiap tahunnya. Figur orang orangan ini terdiri dari berbagai profesi. Figur figur ini terbuat dari kertas, jerami, kardus, kain bekas, tanah, dan daun. Tradisi ini dilakukan sebagai simbol pembersihan selama 12 bulan yang telah terlewati.
Advertisements

2
Spanyol

Momen menjelang tahin baru merupakan momen yang ditunggu tunggu bagi warga Spanyol. Entah anak anak, remaja, atau orang dewasa bahkan lansia akan memenuhi pusat keramaian, atau berkumpul bersama keluarga di ruang tamu. Masing masing warga membawa 12 anggir untuk dimakan. Masing masing anggur menggambarkan setiap bulan dalam satu tahun. Detik detik sebelum tahun berganti warga harus memakan keduabelas anggur tersebut. Lucunya banyak sekali warga yang memakan 3-4 buah anggur sekaligis supaya seluruh buah anggur bisa termakan semuanya.

Spanyol Momen menjelang tahin baru merupakan momen yang ditunggu tunggu bagi warga Spanyol. Entah anak anak, remaja, atau orang dewasa bahkan lansia akan memenuhi pusat keramaian, atau berkumpul bersama keluarga di ruang tamu. Masing masing warga membawa 12 anggir untuk dimakan. Masing masing anggur menggambarkan setiap bulan dalam satu tahun. Detik detik sebelum tahun berganti warga harus memakan keduabelas anggur tersebut. Lucunya banyak sekali warga yang memakan 3-4 buah anggur sekaligis supaya seluruh buah anggur bisa termakan semuanya.

3
Rusia

Tahun baru berarti semnagat baru dan harapan baru. Masyarakat Rusia mempunyai tradisi menyambit tahun baru yang unik. Mereka bersama sama menuliskan cita cita dan harapan mereka di selembar kertas, membakarnya dan memasukkannya ke dalam sebuah gelas sampagne. Uniknya minuman sampagne yang sudah berisi harapan itu harus diminum sebelum jam 00.01 lho.

Rusia Tahun baru berarti semnagat baru dan harapan baru. Masyarakat Rusia mempunyai tradisi menyambit tahun baru yang unik. Mereka bersama sama menuliskan cita cita dan harapan mereka di selembar kertas, membakarnya dan memasukkannya ke dalam sebuah gelas sampagne. Uniknya minuman sampagne yang sudah berisi harapan itu harus diminum sebelum jam 00.01 lho.

4
Denmark

Jika anda sedang bertahin baruan di Denmark jangan kaget bila pada saat tahun baru warga Denmark memecahkan piring piring. Piring piring itu dilemparkan di depan pintu tetangga ataupun teman. Semakin banyak pecahan piring yang didapat menandakan bahwa orang itu dicintai banyak orang.

Denmark Jika anda sedang bertahin baruan di Denmark jangan kaget bila pada saat tahun baru warga Denmark memecahkan piring piring. Piring piring itu dilemparkan di depan pintu tetangga ataupun teman. Semakin banyak pecahan piring yang didapat menandakan bahwa orang itu dicintai banyak orang.

5
Jepang

Hampir seliruh negara di dunia ini memiliki tradisi 'Hitung Mundur'menjelang detik detik pergantian tahun baru. Namun sebagaian daerah di Jepang mempunyai tradisi unik yang disebut Joya No Kane. Tradisi Joya No Kane yaiti membunyikan bel sebanyak 108 kali menjelang detik detik pergantian tahun baru. 108 bermakna untuk memurnikan pikiran dan jiwa manusia untuk menjalani hari hari di tahun berikutnya. Di Tokyo abda dapat mengunjungi Zojaji yang terletak di sekitar menara Tokyo jika anda berlibur ke sana karena transportasi di sana tersedia selama 24 jam saat tahun baru tiba.

Jepang Hampir seliruh negara di dunia ini memiliki tradisi Hitung Mundurmenjelang detik detik pergantian tahun baru. Namun sebagaian daerah di Jepang mempunyai tradisi unik yang disebut Joya No Kane. Tradisi Joya No Kane yaiti membunyikan bel sebanyak 108 kali menjelang detik detik pergantian tahun baru. 108 bermakna untuk memurnikan pikiran dan jiwa manusia untuk menjalani hari hari di tahun berikutnya. Di Tokyo abda dapat mengunjungi Zojaji yang terletak di sekitar menara Tokyo jika anda berlibur ke sana karena transportasi di sana tersedia selama 24 jam saat tahun baru tiba.

6
Filipina

Banyak tradisi unik yang dilakukan oleh warga Filipina saat menyambut tahun baru. Anak anak akan melompat setinggi tingginya pada saat jam 12 malam. Selain itu para warga akan membuat keributan seramai dan sekeras mungkin. Entah menyalakan kembang api, petasan ataupun berteriak. Mereka percaya bahwa mengeluarkan suara yang sekeras kerasnya akan mengeluarkan aura negatif dan jahat.

Filipina Banyak tradisi unik yang dilakukan oleh warga Filipina saat menyambut tahun baru. Anak anak akan melompat setinggi tingginya pada saat jam 12 malam. Selain itu para warga akan membuat keributan seramai dan sekeras mungkin. Entah menyalakan kembang api, petasan ataupun berteriak. Mereka percaya bahwa mengeluarkan suara yang sekeras kerasnya akan mengeluarkan aura negatif dan jahat.

7
Belarusia

Anak muda lajang, mempunyai tradisi yang unik menyambut tahun baru. Untuk mengetahui siapakah wanita yang akan pertama kali menikah di tahin baru, mereka menggunakan ayam jantan untuk membantu. Di depan para wanita lajang akan disediakan setumpuk jagung. Srtelah otu mereka akan melepaskan seekor ayam jantan di tengah tengah mereka. Barang siapa jagungnya dimakan duluan berartid dialah yang pertama kali akan menikah.

Belarusia Anak muda lajang, mempunyai tradisi yang unik menyambut tahun baru. Untuk mengetahui siapakah wanita yang akan pertama kali menikah di tahin baru, mereka menggunakan ayam jantan untuk membantu. Di depan para wanita lajang akan disediakan setumpuk jagung. Srtelah otu mereka akan melepaskan seekor ayam jantan di tengah tengah mereka. Barang siapa jagungnya dimakan duluan berartid dialah yang pertama kali akan menikah.

8
Estonia

Penduduk Estonia akan makan berkali kali saat tahun baru. Mereka akan makan sebanyak 7-12 kali dalam sehari. Angka 7, 9, 12 adalah angka yang dianggap sakral di Estonia. Uniknya semakin banyak mereka makan semakin banyak pula rejeki yang mereka dapatkan. Setiap tradisi makan juga dipercaya dapat meningkatkan kekuatan seorang pria.

Estonia Penduduk Estonia akan makan berkali kali saat tahun baru. Mereka akan makan sebanyak 7-12 kali dalam sehari. Angka 7, 9, 12 adalah angka yang dianggap sakral di Estonia. Uniknya semakin banyak mereka makan semakin banyak pula rejeki yang mereka dapatkan. Setiap tradisi makan juga dipercaya dapat meningkatkan kekuatan seorang pria.

9
Romania

Tak mau kalah dengan manusia, sapi sapi dan hewan ternak di Romania juga ikut merayakan tahun baru. Pasalnya para peternak akan berkomunikasi dengan mereka dan lebih memperhatikan mereka. Jika hewan hewan ini dianggap sukses bisa diajak berkomunikasi maka di tahun yang akan datang para peternak akan mendapat keberuntungan. Atau ada juga yang namanya Bear Dance dimana peserta memakai kostum beruang dan menari nari dari rumah ke rumah untuk mengusir aura jahat.

Romania Tak mau kalah dengan manusia, sapi sapi dan hewan ternak di Romania juga ikut merayakan tahun baru. Pasalnya para peternak akan berkomunikasi dengan mereka dan lebih memperhatikan mereka. Jika hewan hewan ini dianggap sukses bisa diajak berkomunikasi maka di tahun yang akan datang para peternak akan mendapat keberuntungan. Atau ada juga yang namanya Bear Dance dimana peserta memakai kostum beruang dan menari nari dari rumah ke rumah untuk mengusir aura jahat.