WOW!! Inilah 5 Destinasi Wisata Yang Terbentuk Akibat Bencana Alam
Loading...

Indonesia merupakan negara yang indah. Namun, karena letak geografisnya, negara kita ini termasuk yang rawan akan bencana alam terutama gempa. Secara geografis, Indonesia diapit oleh dua samudra besar dunia yakni Samudra Hindia dan Samudra Pasifik. Sementara pada posisi geologis, negara ini berada pada lempeng utama dunia, lempeng Indo-Australia, lempeng Eurasia, dan lempeng pasifik. Selain itu kondisi wilayah Indonesia yang sangat beragam menyebabkan rawan akan bencana.

 

Seperti yang banyak dikatakan orang, dalam setiap kejadian pasti akan ada hikmahnya. Dampak dari bencana-bencana tersebut kini dikenal sebagai tempat yang menakjubkan, bahkan menjadi favorit para pecinta traveling. Bencana tersebut telah mengubah kontur sebuah daerah menjadi baru. Bekas bencana dimana sajakah yang terkenal menjadi objek wisata yang indah? yukk kita lihat berikut ini.

1
WISATA LUMPUR LAPINDO, PORONG

Ingatkah anda tentang sebuah tragedi pengeboran minyak yang dilakukan oleh PT. Lapindo Brantas? Tragedi itu sudah sepuluh tahun berlalu, lalu apakah anda tahu bagaimana kondisi masyarakat Porong saat ini? Tepatnya setelah lumpur menenggelamkan 16 desa. Banyak sekali warga yang kehilangan mata pencaharian dan tempat tinggal. Para warga yang putus asa menunggu bantuan dan tindakan pemerintah untuk kehidupan mereka kini sedikit merubah sebuah cerita tragis hidup mereka dengan mengubahnya tempat tersebut menjadi tempat wisata.

Di lokasi tersebut terdapat semburan lumpur yang menenggelamkan seluruh harta kekayaan masyarakat Porong. Seiring berjalannya waktu, lumpur tersebut pun mengering, namun sebagiannya lagi masih menggenang. Uniknya, di salah satu titik tertentu anda dapat melihat patung-patung orang yang seakan-akan tenggelam oleh lumpur. Patung tersebut dibangun sebagai bentuk karya seni sumbangan warga.

WISATA LUMPUR LAPINDO, PORONG Ingatkah anda tentang sebuah tragedi pengeboran minyak yang dilakukan oleh PT. Lapindo Brantas? Tragedi itu sudah sepuluh tahun berlalu, lalu apakah anda tahu bagaimana kondisi masyarakat Porong saat ini? Tepatnya setelah lumpur menenggelamkan 16 desa. Banyak sekali warga yang kehilangan mata pencaharian dan tempat tinggal. Para warga yang putus asa menunggu bantuan dan tindakan pemerintah untuk kehidupan mereka kini sedikit merubah sebuah cerita tragis hidup mereka dengan mengubahnya tempat tersebut menjadi tempat wisata. Di lokasi tersebut terdapat semburan lumpur yang menenggelamkan seluruh harta kekayaan masyarakat Porong. Seiring berjalannya waktu, lumpur tersebut pun mengering, namun sebagiannya lagi masih menggenang. Uniknya, di salah satu titik tertentu anda dapat melihat patung-patung orang yang seakan-akan tenggelam oleh lumpur. Patung tersebut dibangun sebagai bentuk karya seni sumbangan warga.
Advertisements

2
PULAU SARINAH

Selain hamparan lumpur yang sudah mengering dan menjadi sebuah hamparan lumpur, kini muncullah sebuah fenomena alam baru yaitu sebuah pulau yang berasal dari endapan lumpur yang mengering. Masyarakat menyebutnya pulau Sarinah. Uniknya lagi, masyarakat menanami pulau tersebut dengan tumbuhan bakau, dan Voila, tumbuhan tersebut tumbuh dengan subur.

Jika anda berkunjung ke pulau ini, anda dapat menyaksikan indahnya sunrise. Selain itu traveling anti mainstream ini dapat anda tunjukan sebagai bentuk dukungan kepada perekonomian warga yang kini hanya menggantungkan hidupnya di sektor wisata

PULAU SARINAH Selain hamparan lumpur yang sudah mengering dan menjadi sebuah hamparan lumpur, kini muncullah sebuah fenomena alam baru yaitu sebuah pulau yang berasal dari endapan lumpur yang mengering. Masyarakat menyebutnya pulau Sarinah. Uniknya lagi, masyarakat menanami pulau tersebut dengan tumbuhan bakau, dan Voila, tumbuhan tersebut tumbuh dengan subur. Jika anda berkunjung ke pulau ini, anda dapat menyaksikan indahnya sunrise. Selain itu traveling anti mainstream ini dapat anda tunjukan sebagai bentuk dukungan kepada perekonomian warga yang kini hanya menggantungkan hidupnya di sektor wisata

3
RUMAH TELETUBBIES, PRAMBANAN

Ada yang unik ketika pasca meletusnya gunung Merapi pada tahun 2006. Ada sebuah komplek di Dusun Nglepen, Desa Sumberharjo yang tak jauh dari komplek Candi Ratu Boko di Prambanan. Di sana anda dapat menyaksikan sebuah komplek dengan bangunan rumah mirip rumah teletubbies. Film anak-anak pada era 90-an. Rumah-rumah tersebut sengaja di desain seperti itu agar tahan dari gempa. Rumah tersebut adalah rumah Dome, karena bentuknya bulat dan menyerupai rumah di dalam film teletubbies, maka banyak orang yang menyebutnya rumah teletubbies.

Dome ini dibangun setelah peristiwa gempa pada tahun 2006 yang menelan korban sebanyak 4.983 jiwa. Pembangunan rumah dome ini adalah bentuk kerjasama antara LSM Wango dan Domes For The World. Berbentuk bulat dan berwana putih membuat rumah ini tampak bersih dan asri ditambah lagi pohon-pohon yang tumbuh di sekitarnya. Terdapat 71 unit rumah di dusun ini. Bila anda penasaran, maka anda dapat menikmati sebuah paket wisata seperti menginap dengan biaya Rp. 120.000/malam dan menikmati sajian kuliner khas dome, anda juga dapat terhibur oleh kesenian dhom thek-tek. Lokasinya pun tak sulit untuk ditemukan.

RUMAH TELETUBBIES, PRAMBANAN Ada yang unik ketika pasca meletusnya gunung Merapi pada tahun 2006. Ada sebuah komplek di Dusun Nglepen, Desa Sumberharjo yang tak jauh dari komplek Candi Ratu Boko di Prambanan. Di sana anda dapat menyaksikan sebuah komplek dengan bangunan rumah mirip rumah teletubbies. Film anak-anak pada era 90-an. Rumah-rumah tersebut sengaja di desain seperti itu agar tahan dari gempa. Rumah tersebut adalah rumah Dome, karena bentuknya bulat dan menyerupai rumah di dalam film teletubbies, maka banyak orang yang menyebutnya rumah teletubbies. Dome ini dibangun setelah peristiwa gempa pada tahun 2006 yang menelan korban sebanyak 4.983 jiwa. Pembangunan rumah dome ini adalah bentuk kerjasama antara LSM Wango dan Domes For The World. Berbentuk bulat dan berwana putih membuat rumah ini tampak bersih dan asri ditambah lagi pohon-pohon yang tumbuh di sekitarnya. Terdapat 71 unit rumah di dusun ini. Bila anda penasaran, maka anda dapat menikmati sebuah paket wisata seperti menginap dengan biaya Rp. 120.000/malam dan menikmati sajian kuliner khas dome, anda juga dapat terhibur oleh kesenian dhom thek-tek. Lokasinya pun tak sulit untuk ditemukan.

4
BOAT ON THE ROOF

Jika anda berkunjung ke Aceh, maka anda tak akan lupa akan sebuah tragedy yang menimpa Aceh 2004 silam. Sebuah bencana alam dahsyat menyapu bersih kawasan tersebut. Lebih dari 230.000 orang tewas setelah gempa besar 8.3 SR di laut Samudera Hindia yang memicu tsunami di 14 negara salah satunya adalah Indonesia.

Pada saat itu tsunami yang terjadi di Aceh adalah tsunami terbesar yang pernah terjadi di Indonesia. Dengan tinggi 9 meter, gelombang laut ini menyapu tanah Aceh. Akibatnya banyak sekali kapal-kapal yang ada di laut terhempas hingga ke daratan. Setelah beberapa tahun, lokasi terdamparnya kapal menjadi sebuah tempat wisata untuk mengenang betapa dahsyatnya bencana alam pada saat itu. Salah satunya adalah kapal nelayan yang tersangkut di atap rumah warga.

BOAT ON THE ROOF Jika anda berkunjung ke Aceh, maka anda tak akan lupa akan sebuah tragedy yang menimpa Aceh 2004 silam. Sebuah bencana alam dahsyat menyapu bersih kawasan tersebut. Lebih dari 230.000 orang tewas setelah gempa besar 8.3 SR di laut Samudera Hindia yang memicu tsunami di 14 negara salah satunya adalah Indonesia. Pada saat itu tsunami yang terjadi di Aceh adalah tsunami terbesar yang pernah terjadi di Indonesia. Dengan tinggi 9 meter, gelombang laut ini menyapu tanah Aceh. Akibatnya banyak sekali kapal-kapal yang ada di laut terhempas hingga ke daratan. Setelah beberapa tahun, lokasi terdamparnya kapal menjadi sebuah tempat wisata untuk mengenang betapa dahsyatnya bencana alam pada saat itu. Salah satunya adalah kapal nelayan yang tersangkut di atap rumah warga.

5
PLTD APUNG



Lain halnya sebuah kapal nelayan yang tersangkut di atas rumah warga. Kapal PLTD Apung 1 pun mengalami nasib yang sama. Kapal yang memiliki berat 200 ton dan luas 1.900 kilometer persegi ini terdampar di tanah Aceh. Kini kapal tersebut menjadi sebuah destinasi wisata, karena pemerintah setempat sudah melakukan renovasi untuk dijadikan sebuah wisata edukasi dan sebagai situs peringatan tsunami.

Bila anda penasaran dan ingin melakukan traveling anti mainstream, dapat berkunjung ke sana yang merupakan wisata bekas lokasi bencana.

PLTD APUNG Lain halnya sebuah kapal nelayan yang tersangkut di atas rumah warga. Kapal PLTD Apung 1 pun mengalami nasib yang sama. Kapal yang memiliki berat 200 ton dan luas 1.900 kilometer persegi ini terdampar di tanah Aceh. Kini kapal tersebut menjadi sebuah destinasi wisata, karena pemerintah setempat sudah melakukan renovasi untuk dijadikan sebuah wisata edukasi dan sebagai situs peringatan tsunami. Bila anda penasaran dan ingin melakukan traveling anti mainstream, dapat berkunjung ke sana yang merupakan wisata bekas lokasi bencana.