Unik, Menyulap Limbah Cangkang Telur Menjadi Kerajinan Yang Bernilai Seni Tinggi!
Loading...

Cangkang telur ayam biasanya hanya dibuang begitu saja setelah isinya dijadikan masakan seperti telur ceplok atau bahan membuat kue. Namun, apabila diolah, siapa sangka bahwa cangkang telur ayam bisa menjadi bahan baku kerajinan yang bernilai seni tinggi.

 

Banyak kreasi dan karya seni yang bisa kamu kreasikan dengan cangkang telur. Mulai dari melukisnya, mengukirnya atau menggunakan pecahannya sebagai bahan untuk membuat bingkai sampai membuat kaligrafi dengan kulit telur dan dapat digunakan sebagai bahan membuat kerajinan yang lainnya. Berikut beberapa kerajinan dari cangkang telur yang bernilai seni tinggi.

 

1
Bola lampu dari cangkakng telur

Kulit telur yang digunakan adalah yang masih utuh. Namun tentu isinya telah dikeluarkan terlebih dahulu dengan trik tertentu. Artnya isi telur dikeluarkan tanpa merusak kulit atau cangkangnya.

Biasanya cara yang dilakukan adalah dengan terlebih dahulu merendam telur dalam air cuka. Setelahnya telur akan menjadi lunak dan elastis, dan bisa dengan mudah ditusuk menggunakan jarum atau pisau. Isi telur pun dikeluarkan dan cangkangnya didiamkan kembali hingga mengeras.

Setelah terkumpul banyak kuli telur utuh yang telah dikeluarkan isisnya itu, barulah disusun dengan rangkaian tertentu. Sehingga menghasilkan bentuk bola lampu seperti terlihat di bawah ini.

Bola lampu dari cangkakng telur Kulit telur yang digunakan adalah yang masih utuh. Namun tentu isinya telah dikeluarkan terlebih dahulu dengan trik tertentu. Artnya isi telur dikeluarkan tanpa merusak kulit atau cangkangnya. Biasanya cara yang dilakukan adalah dengan terlebih dahulu merendam telur dalam air cuka. Setelahnya telur akan menjadi lunak dan elastis, dan bisa dengan mudah ditusuk menggunakan jarum atau pisau. Isi telur pun dikeluarkan dan cangkangnya didiamkan kembali hingga mengeras. Setelah terkumpul banyak kuli telur utuh yang telah dikeluarkan isisnya itu, barulah disusun dengan rangkaian tertentu. Sehingga menghasilkan bentuk bola lampu seperti terlihat di bawah ini.
Advertisements

2
Menggambar cangkang telur

Menggambar telur biasanya dilakukan pada perayaan Paskah bagi umat kristiani. Namun di luar itu, menggambar cangkang telur juga bisa dilakukan kapan saja untuk tujuan membuat sebuah kerajinan tangan sebagai hiasan.

Untuk pewarnaan cangkang telur biasanya digunakan cat air brush. karena dirasa lebih mudah ketimbang mewarnai dengan kuas.

Menggambar cangkang telur Menggambar telur biasanya dilakukan pada perayaan Paskah bagi umat kristiani. Namun di luar itu, menggambar cangkang telur juga bisa dilakukan kapan saja untuk tujuan membuat sebuah kerajinan tangan sebagai hiasan. Untuk pewarnaan cangkang telur biasanya digunakan cat air brush. karena dirasa lebih mudah ketimbang mewarnai dengan kuas.

3
Hiasan gantung cangkang telur


Bentuk hiasan ini adalah langkah lanjutan daripada meggambar cangkang telur. Setelah diberikan warna dan gambar, telur-telur bulat ini bisa digantung menggunakan benang dalam jumlah banyak. Sehingga dihasilkan ornamen hiasan indah dari kulit telur.

Hiasan gantung cangkang telur Bentuk hiasan ini adalah langkah lanjutan daripada meggambar cangkang telur. Setelah diberikan warna dan gambar, telur-telur bulat ini bisa digantung menggunakan benang dalam jumlah banyak. Sehingga dihasilkan ornamen hiasan indah dari kulit telur.

4
Ukiran eksotis dari cangkang telur


Untuk yang satu ini nampaknya hanya bisa dilakukan oleh orang yang memang memiliki keahlian mumpuni. Artinya seniman-seniman berbakat saja yang dapat membuatnya. Pasalnya dalam pembuatannya diperlukan ketelatenan dan kreativitas yang tinggi.

Bagaimana tidak? Ukuran cangkang telur yang kecil dan teksturnya yang mudah pecah seperti itu dibentuk menjadi ukiran dengan motif yang begitu menawan. Tentu jika hanya orang biasa tidak akan bisa melakukannya. kecuali didahului dengan belajar dulu sebelumnya.

Ukiran eksotis dari cangkang telur Untuk yang satu ini nampaknya hanya bisa dilakukan oleh orang yang memang memiliki keahlian mumpuni. Artinya seniman-seniman berbakat saja yang dapat membuatnya. Pasalnya dalam pembuatannya diperlukan ketelatenan dan kreativitas yang tinggi. Bagaimana tidak? Ukuran cangkang telur yang kecil dan teksturnya yang mudah pecah seperti itu dibentuk menjadi ukiran dengan motif yang begitu menawan. Tentu jika hanya orang biasa tidak akan bisa melakukannya. kecuali didahului dengan belajar dulu sebelumnya.

5
Miniatur 3 Dimensi kulit telur


Berikutnya adalah miniatur 3 dimensi yang terbuat dari cangkang telur. Di bawah ini adalah salah satu contoh miniatur bentuk gua yang dibuat dari sebuah cangkang telur. Caranya cuma dengan membolongi sebagian permukaan telur. Lalu diberikan hiasan daun dan ornamen penghias lain ke dalamnnya.

Miniatur 3 Dimensi kulit telur Berikutnya adalah miniatur 3 dimensi yang terbuat dari cangkang telur. Di bawah ini adalah salah satu contoh miniatur bentuk gua yang dibuat dari sebuah cangkang telur. Caranya cuma dengan membolongi sebagian permukaan telur. Lalu diberikan hiasan daun dan ornamen penghias lain ke dalamnnya.

6
Mozaik dari kulit telur


Mozaik juga kerap dijadikan bentuk kerajinan dari beragam barang bekas. Dan cangkang telur pun bisa dikreasikan menjadi hiasan mozaik yang menarik. Patahan-patahan kecil kulit telur memberikan ciri khas tersendiri dalam mozaik yang terbentuk. Tampialnnya terlihat eksotis.

Mozaik dari kulit telur Mozaik juga kerap dijadikan bentuk kerajinan dari beragam barang bekas. Dan cangkang telur pun bisa dikreasikan menjadi hiasan mozaik yang menarik. Patahan-patahan kecil kulit telur memberikan ciri khas tersendiri dalam mozaik yang terbentuk. Tampialnnya terlihat eksotis.