7 Perbandingan Ikon Kota di Indonesia Dulu dan Sekarang
Loading...

Setiap kota di suatu negara, pasti memiliki ikon atau landmark sebagai simbol tempat tersebut. Biasanya ikon ini berbentuk sebuah bangunan, tugu, atau tempat yang biasa di kunjungi oleh banyak orang karena namanya yang melegenda. Begitu pula di Indonesia, sebut saja Borobudur yang menjadi Landmark provinsi Jawa Tengah yang terletak di kabupaten Magelang.

 

Selain itu, banyak tempat-tempat lain yang menjadi ikon di beberapa kota di Indonesia. Tempat-tempat ini tentu saja sudah ada sejak zaman dahulu. Dan seiring perkembangan zaman, tentunya beberapa tempat mengalami perubahan dan pemugaran.

 

Seperti 7 tempat di beberapa kota berikut ini. Jika melihat fotonya dulu dan sekarang, ada beberapa perbedaan yang mencolok. Kira-kira seperti apa ya perubahannya? Bahkan mungkin beberapa sudah pernah kamu kunjungi sebelumnya. Seperti yang dilansir dari brilio.net, semoga bisa menambah pengetahuanmu ya, Pulsker!

1
Tugu Monas

Tentunya tugu yang satu ini sudah sangat familiar, karena bukan hanya menjadi ikon Kota Jakarta, tetapi juga menjadi simbol perjuangan bangsa Indonesia. Terlihat sekali perubahan tugu Monumen Nasional atau Monas yang terletak di ibukota Indonesia ini.

Tugu Monas Tentunya tugu yang satu ini sudah sangat familiar, karena bukan hanya menjadi ikon Kota Jakarta, tetapi juga menjadi simbol perjuangan bangsa Indonesia. Terlihat sekali perubahan tugu Monumen Nasional atau Monas yang terletak di ibukota Indonesia ini.
Advertisements

2
Kawah Sikidang

Kawah yang terletak di Puncak Dieng Kabupaten Wonosobo ini memang salah satu tempat wisata favorit di Jawa Tengah. Terlihat perbedaan perubahan kawah Sikidang zaman dulu dan keadaan saat ini.

Kawah Sikidang Kawah yang terletak di Puncak Dieng Kabupaten Wonosobo ini memang salah satu tempat wisata favorit di Jawa Tengah. Terlihat perbedaan perubahan kawah Sikidang zaman dulu dan keadaan saat ini.

3
Jam Gadang

Siapa sangka jika penampakan Jam Gadang yang terletak di Sumatera Barat ini mengalami banyak perubahan zaman dulu dan saat ini. Kira-kira sudah menemukan apa perbedaannya?

Jam Gadang Siapa sangka jika penampakan Jam Gadang yang terletak di Sumatera Barat ini mengalami banyak perubahan zaman dulu dan saat ini. Kira-kira sudah menemukan apa perbedaannya?

4
Candi Borobudur

Butuh kira-kira waktu sekitar 50 tahun untuk menjadikan seluruh bagian candi Borobudur hingga terlihat seperti saat ini. Sudah pernah mengunjunginya?

Candi Borobudur Butuh kira-kira waktu sekitar 50 tahun untuk menjadikan seluruh bagian candi Borobudur hingga terlihat seperti saat ini. Sudah pernah mengunjunginya?

5
Malioboro

Belum ke Jogja rasanya jika belum menginjakkan kaki di Malioboro. Ternyata pada tahun 1931 di jalan ini masih diberlakukan jalan dua arah.

Malioboro Belum ke Jogja rasanya jika belum menginjakkan kaki di Malioboro. Ternyata pada tahun 1931 di jalan ini masih diberlakukan jalan dua arah.

6
Lawang Sewu

Lawang Sewu zaman dahulu digunakan sebagai markas PT KAI yang sebelumnya juga digunakan sebagai kantor NIS pada zaman Belanda. Tapi saat ini Lawang Sewu adalah ikon kota Semarang dan menjadi tempat wisata yang paling diminati di sana.

Lawang Sewu Lawang Sewu zaman dahulu digunakan sebagai markas PT KAI yang sebelumnya juga digunakan sebagai kantor NIS pada zaman Belanda. Tapi saat ini Lawang Sewu adalah ikon kota Semarang dan menjadi tempat wisata yang paling diminati di sana.

7
Jembatan Ampera

Siapa sangka jika dulu bagian tengah Jembatan Ampera yang terletak di Palembang ini terdapat alat pemberat yang bisa mengangkat jalan. Hal ini untuk memberikan ruang kepada kapal-kapal yang melewati sungai di bawahnya.

Jembatan Ampera Siapa sangka jika dulu bagian tengah Jembatan Ampera yang terletak di Palembang ini terdapat alat pemberat yang bisa mengangkat jalan. Hal ini untuk memberikan ruang kepada kapal-kapal yang melewati sungai di bawahnya.