Mitsubishi Xpander, Standard Breaker LMPV di Indonesia
Loading...

Kehadiran mobil keluarga yang lebih rendah atau PT Mitsubishi Motors LMPV Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), Xpander bisa dikatakan terlambat. Pasalnya, di segmen ini telah mengakar berbagai model penguasa pasar, seperti duet Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia, Honda Mobilio, dan Suzuki Ertiga.

 

Lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali, seperti kata pepatah. Dan itu, benar-benar diterapkan oleh pabrikan berlambang tiga berlian. Mulai dari siluet LMPV dalam bentuk mobil konsep yang disebut XM Concept. Formulir tersebut kemudian mendapat respons yang baik dari publik, ketika pertama kali diperkenalkan di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS), Agustus 2016.

 

Saat itu banyak yang terkesan. Bentuknya benar-benar di luar kotak jika dibandingkan dengan LMPV lainnya. Dia sangat sporty. Ada SUV tebal yang terasa di sana. Mitsubishi berjanji bahwa versi produksinya akan serupa dengan konsepnya.

 

Setelah setahun, versi produksi XM Concept benar-benar lahir. Dengan label Mitsubishi Xpander, penantang berat dari Toyota Avanza secara resmi dirilis ke pasar pada 2017 International Auto Show Gaikindo Indonesia (GIIAS).

 

Dengan versi produksi yang tidak jauh berbeda dari konsepnya, Mitsubishi Xpander menjadi primadona. Sejak diluncurkan, Mitsubishi Xpander telah dicari oleh konsumen. Terbukti, setelah dua tahun hadir, PT MMKSI mengklaim bahwa pabrikan Jepang itu telah menjadi pemimpin pasar untuk LMPV 1,5 liter.

 

Melihat data dari Asosiasi Industri Otomotif Indonesia (Gaikindo), penjualan grosir Mitsubishi sepanjang 2018 berjumlah 142.851 unit dengan pangsa pasar 12,4 persen.

Sedangkan untuk penjualan ritel, selama setahun terakhir, ia mampu menembus angka penjualan 146.805 unit dengan pangsa pasar 12,7 persen.

 

Sementara itu, dibandingkan dengan tahun sebelumnya atau pada 2017, grosir Mitsubishi hanya mampu memberikan 79.807 unit atau dengan pangsa pasar 7,4 persen dan ritel sebanyak 79.669 unit dengan pangsa pasar 7,5 persen.

 

Melihat data ini, memang penjualan pabrikan Jepang di Indonesia tahun ini hampir dua kali lipat dibandingkan tahun sebelumnya.

 

Info Mitsubishi : http://belimobilbaru.com/mitsubishi