TRAGEDI BINTARO(kecelakaan terdahsyat dalam sejarah transportasi indonesia)
Loading...
 
posted on WOW Keren
30,467 views
TRAGEDI BINTARO(kecelakaan terdahsyat dalam sejarah transportasi indonesia)

Tragedi Bintaro adalah peristiwa tabrakan hebat dua buah kereta api di daerah Pondok Betung, Bintaro, Tangerang, pada tanggal 19 Oktober 1987 yang merupakan kecelakaan terburuk dalam sejarah perkeretaapian di Indonesia. Peristiwa ini juga menyita perhatian publik dunia.

Sebuah kereta api yang berangkat dari Rangkasbitung, bertabrakan dengan kereta api yang berangkat dari Stasiun Tanah Abang.

Peristiwa ini tercatat sebagai salah satu musibah paling buruk dalam sejarah transportasi di Indonesia.

Pagi hari senin tanggal 19 Oktober 1987, ada dua kereta api ekonomi yang berjalan ke dua arah yang berbeda.
Kereta yang pertama adalah KA Cepat (KA 220) jurusan Tanahabang-Merak yang ditarik lokomotif BB303 16. Sedangkan yang satunya adalah KA lokal (KA 225) jurusan Rangkasbitung-Tanahabang ditarik lok BB306 16.

BB303 16 , beberapa bulan sebelum kecelakaan maut di Bintaro.
Menurut jadwal, seharusnya keduanya akan bersilang di stasiun Sudimara, dimana kalau tepat waktu, KA 225 seharusnya datang pukul 06.40 dan menunggu KA 220 yang lewat pada pukul 06.49.
Tapi kenyataannya, KA 225 ini terlambat 5 menit ketika sampai di Sudimara. Dan di jalur 2 sudah ada KA barang yang menunggu. Karena stasiun Sudimara hanya punya 3 jalur, dan jalur 1 kondisinya agak rusak, maka KA 225 dimasukkan ke jalur 3.

Karena penuh, maka kegiatan persilangan jadi mustahil. Otomatis persilangan terpaksa dipindahkan ke stasiun Kebayoran. Namun karena hal inilah, kemudian terjadi rentetan kesalahan prosedur yang akhirnya menyebabkan 139 orang tewas.

RENTETAN KESALAHAN FATAL

Menurut peraturan, untuk memindahkan persilangan ke Kebayoran, PPKA harus meminta ijin dulu ke Kebayoran, dan setelah diijinkan, baru PPKA membuat surat PTP (Pemindahan Tempat Persilangan) ke masinis KA 225.
Tapi apa yang terjadi malah sebaliknya. PPKA malah membuat PTP dan memberikannya ke masinis, baru meminta ijin ke Kebayoran kemudian! Parahnya, oleh PPKA Kebayoran malah dijawab “Gampang, nanti diatur!”

Dan sesaat setelah itu, terjadi pergantian petugas PPKA Kebayoran. PPKA pengganti ini telah diberitahu pendahulunya bahwa di Sudimara ada 2 KA dari Sudimara yang belum masuk, termasuk KA 225. Pada saat itu, KA 220 sudah ada di Kebayoran dan siap berangkat.

Lokasi kejadian Tragedi Bintaro

Sementara itu di Sudimara, PPKA menyuruh juru langsir untuk melakukan tugasnya. Seharusnya pada saat itu, masinis harus memberikan laporan T-83 ke PPKA dan memberitahu rencana langsiran ke masinis.


Tapi entah kenapa, keretanya tiba-tiba langsung tancap gas dan melesat ke Kebayoran, tanpa ijin dari PPKA. Bahkan Kondekturnya juga tidak sempat naik!
Karena kewalahan, juru langsir langsung melapor ke PPKA. Mereka berdua lalu menggoyangkan sinyal secara bergantian untuk menghentikan KA 225. Namun inipun sia-sia. PPKA Sudimara pun tak patah arang, dia kejar KA tersebut sambil mengibarkan bendera merah. Tapi inipun juga gagal, dan sang PPKA akhirnya pingsan sekembalinya ke stasiun.
Pada saat yang sama, KA 220 berangkat dari Kebayoran menuju Sudimara...

PERJALANAN MENUJU MAUT

Jadi bisa dibayangkan, satu petak antar stasiun diisi dua kereta yang berjalan pada arah yang berlawanan, dengan kecepatan penuh!
Kebetulan di KM 17+252 terdapat tikungan zig-zag yang berjarak pendek, tapi dikelilingi pepohonan yang rimbun. Di sini sudut pandang cukup terbatas, dan kedua kereta bertemu secara tiba-tiba. Otomatis para masinisnya tidak sempat mengerem, dan apa yang bisa dilakukan hanyalah meloncat keluar!
Tabrakanpun tak bisa dielakkan, dan kedua kereta ini langsung bertubrukan muka. Impaknya demikian dashyatnya, hingga gerbong pertama di belakang lokomotif di kedua kereta langsung menyelimuti lokomotifnya. Efek teleskopik ini menewaskan banyak penumpang, dan mereka yang bernasib malang langsung "TERGILING” oleh putaran kipas radiator lokomotif. Karena itu tidak heran bahwa semua korban tewas berada di gerbong pertama dan di lokomotif.
Sesaat setelah tabrakan, tempat itu dipenuhi oleh tangisan, erangan, serta bau darah dari dalam rongsokan kereta...

Sisa blok radiator salah satu lokomotif eks Tragedi Bintaro di BY Pengok, Yogyakarta, tahun 2004.

Setelah kejadian, kedua lokomotif yang terlibat langsung dibawa ke Manggarai dan Pengok (Yogyakarta). Yang di Manggarai sempat dipajang selama beberapa waktu di sana sebelum akhirnya dirucat. Sedangkan yang di Pengok langsung dirucat. Tapi radiatornya sempat digeletakan selama beberapa tahun. Bahkan hingga tahun 2005, masih ada di sana. Konon, para tukang besinya tidak berani merucatnya karena ada banyak anggota tubuh yang tersisa di sana. Dan menurut kesaksian beberapa karyawan BY Yogya, setiap malam sisa radiator tersebut suka mengeluarkan suara misterius..

Trending Now
6 Destinasi di Perth, Australia Ini Cocok Banget Buat Kamu yang Ingin Refreshing di Alam Terbuka

6 Destinasi di Perth, Australia Ini Cocok Banget Buat Kamu yang Ingin Refreshing di Alam Terbuka

Menikmati alam bebas adalah salah satu alternatif liburan yang nggak ada matinya. Sambil menikmati udara segar dan pemandangan, dalam sekeja
9,348 views 582 shares
Keren.. 10 Mobil Bekas Ini Disulap Jadi Perabot Rumah Tangga Unik

Keren.. 10 Mobil Bekas Ini Disulap Jadi Perabot Rumah Tangga Unik

Dunia otomotif khususnya mobil semakin lama semakin maju, banyak model - model baru bermunculan baik dari bentuk, bahan bakar, cara pemakaia
1,824 views 0 shares
10 Kejadian Menggelikan yang Pernah Tertangkap Kamera

10 Kejadian Menggelikan yang Pernah Tertangkap Kamera

Jaman udah canggih. Hampir semua orang menggunakan smartphone, selain fungsinya sebagai telepon, hal yang paling diunggulkan dari smarthphon
3,847 views 493 shares
Bete Karena Sering Telat Sahur? Yuk, Hibur Diri Bareng 7 Meme Kocak Ini

Bete Karena Sering Telat Sahur? Yuk, Hibur Diri Bareng 7 Meme Kocak Ini

Makan saat subuh alias sahur menjadi kegiatan paling khas di bulan Ramadhan. Agar bisa bangun lebih awal untuk sahur orang-orang memiliki be
3,240 views 0 shares
Gambar Keren Ketika Kilat Petir Menyambar MENARA TINGGI di DUNIA!

Gambar Keren Ketika Kilat Petir Menyambar MENARA TINGGI di DUNIA!

lagi musim hujan parah nih, pasti sering denger atau ngeliat petir dan kilat menyambar dan ngagetin kita dengan suara nya yang menggelegar d
137,358 views 2,892 shares
7 Foto Ilusi Optik yang Bakalan Menipu Penglihatanmu

7 Foto Ilusi Optik yang Bakalan Menipu Penglihatanmu

Pulsker, kalian pastinya sudah hafal dan mungkin rada bosan dengar pepatah ‘satu foto bisa menceritakan sejuta kisah’?. Tapi pepatah ter
7,112 views 0 shares
7 Gaun Anggun Pernikahan Kerjaaan Inggris dari Masa ke Masa. Mana Favoritmu?

7 Gaun Anggun Pernikahan Kerjaaan Inggris dari Masa ke Masa. Mana Favoritmu?

Masih hangat kabar pernikahan Pangeran Harry dan aktris cantik Meghan Markle. Ya, perhatian dunia memang tertuju pada Royal Wedding dari pe
6,680 views 685 shares
5 Rumah Mewah Selebriti Ini Mempunyai Desain Unik

5 Rumah Mewah Selebriti Ini Mempunyai Desain Unik

Mempunyai hunian yang mewah sangatlah mudah bagi para selebriti untuk mendapatkannya, hal ini terjadi karena memang para selebriti begitu mu
4,403 views 0 shares
10 Komik Kehidupan Masa Kecil yang Akan Membawamu Bernostalgia

10 Komik 'Kehidupan Masa Kecil yang Akan Membawamu Bernostalgia

Jaman dulu emang nggak ada gadget, tapi jangan dikira kalau masa kecil anak 90an itu suram. Justru permainan jaman dulu itu seru dan asyik b
11,641 views 690 shares
9 Kebiasaan Jorok yang Diam-Diam Sering Cewek Lakukan

9 Kebiasaan Jorok yang Diam-Diam Sering Cewek Lakukan

Kaum hawa dikenal dengan pribadi yang lebih rapi dan bersih dibandingkan kaum adam. Dan hampir semua cewek mempersiapkan sesuatunya dengan s
82,604 views 5,926 shares