TRAGEDI BINTARO(kecelakaan terdahsyat dalam sejarah transportasi indonesia)
Loading...
 
posted on WOW Keren
30,211 views
TRAGEDI BINTARO(kecelakaan terdahsyat dalam sejarah transportasi indonesia)

Tragedi Bintaro adalah peristiwa tabrakan hebat dua buah kereta api di daerah Pondok Betung, Bintaro, Tangerang, pada tanggal 19 Oktober 1987 yang merupakan kecelakaan terburuk dalam sejarah perkeretaapian di Indonesia. Peristiwa ini juga menyita perhatian publik dunia.

Sebuah kereta api yang berangkat dari Rangkasbitung, bertabrakan dengan kereta api yang berangkat dari Stasiun Tanah Abang.

Peristiwa ini tercatat sebagai salah satu musibah paling buruk dalam sejarah transportasi di Indonesia.

Pagi hari senin tanggal 19 Oktober 1987, ada dua kereta api ekonomi yang berjalan ke dua arah yang berbeda.
Kereta yang pertama adalah KA Cepat (KA 220) jurusan Tanahabang-Merak yang ditarik lokomotif BB303 16. Sedangkan yang satunya adalah KA lokal (KA 225) jurusan Rangkasbitung-Tanahabang ditarik lok BB306 16.

BB303 16 , beberapa bulan sebelum kecelakaan maut di Bintaro.
Menurut jadwal, seharusnya keduanya akan bersilang di stasiun Sudimara, dimana kalau tepat waktu, KA 225 seharusnya datang pukul 06.40 dan menunggu KA 220 yang lewat pada pukul 06.49.
Tapi kenyataannya, KA 225 ini terlambat 5 menit ketika sampai di Sudimara. Dan di jalur 2 sudah ada KA barang yang menunggu. Karena stasiun Sudimara hanya punya 3 jalur, dan jalur 1 kondisinya agak rusak, maka KA 225 dimasukkan ke jalur 3.

Karena penuh, maka kegiatan persilangan jadi mustahil. Otomatis persilangan terpaksa dipindahkan ke stasiun Kebayoran. Namun karena hal inilah, kemudian terjadi rentetan kesalahan prosedur yang akhirnya menyebabkan 139 orang tewas.

RENTETAN KESALAHAN FATAL

Menurut peraturan, untuk memindahkan persilangan ke Kebayoran, PPKA harus meminta ijin dulu ke Kebayoran, dan setelah diijinkan, baru PPKA membuat surat PTP (Pemindahan Tempat Persilangan) ke masinis KA 225.
Tapi apa yang terjadi malah sebaliknya. PPKA malah membuat PTP dan memberikannya ke masinis, baru meminta ijin ke Kebayoran kemudian! Parahnya, oleh PPKA Kebayoran malah dijawab “Gampang, nanti diatur!”

Dan sesaat setelah itu, terjadi pergantian petugas PPKA Kebayoran. PPKA pengganti ini telah diberitahu pendahulunya bahwa di Sudimara ada 2 KA dari Sudimara yang belum masuk, termasuk KA 225. Pada saat itu, KA 220 sudah ada di Kebayoran dan siap berangkat.

Lokasi kejadian Tragedi Bintaro

Sementara itu di Sudimara, PPKA menyuruh juru langsir untuk melakukan tugasnya. Seharusnya pada saat itu, masinis harus memberikan laporan T-83 ke PPKA dan memberitahu rencana langsiran ke masinis.


Tapi entah kenapa, keretanya tiba-tiba langsung tancap gas dan melesat ke Kebayoran, tanpa ijin dari PPKA. Bahkan Kondekturnya juga tidak sempat naik!
Karena kewalahan, juru langsir langsung melapor ke PPKA. Mereka berdua lalu menggoyangkan sinyal secara bergantian untuk menghentikan KA 225. Namun inipun sia-sia. PPKA Sudimara pun tak patah arang, dia kejar KA tersebut sambil mengibarkan bendera merah. Tapi inipun juga gagal, dan sang PPKA akhirnya pingsan sekembalinya ke stasiun.
Pada saat yang sama, KA 220 berangkat dari Kebayoran menuju Sudimara...

PERJALANAN MENUJU MAUT

Jadi bisa dibayangkan, satu petak antar stasiun diisi dua kereta yang berjalan pada arah yang berlawanan, dengan kecepatan penuh!
Kebetulan di KM 17+252 terdapat tikungan zig-zag yang berjarak pendek, tapi dikelilingi pepohonan yang rimbun. Di sini sudut pandang cukup terbatas, dan kedua kereta bertemu secara tiba-tiba. Otomatis para masinisnya tidak sempat mengerem, dan apa yang bisa dilakukan hanyalah meloncat keluar!
Tabrakanpun tak bisa dielakkan, dan kedua kereta ini langsung bertubrukan muka. Impaknya demikian dashyatnya, hingga gerbong pertama di belakang lokomotif di kedua kereta langsung menyelimuti lokomotifnya. Efek teleskopik ini menewaskan banyak penumpang, dan mereka yang bernasib malang langsung "TERGILING” oleh putaran kipas radiator lokomotif. Karena itu tidak heran bahwa semua korban tewas berada di gerbong pertama dan di lokomotif.
Sesaat setelah tabrakan, tempat itu dipenuhi oleh tangisan, erangan, serta bau darah dari dalam rongsokan kereta...

Sisa blok radiator salah satu lokomotif eks Tragedi Bintaro di BY Pengok, Yogyakarta, tahun 2004.

Setelah kejadian, kedua lokomotif yang terlibat langsung dibawa ke Manggarai dan Pengok (Yogyakarta). Yang di Manggarai sempat dipajang selama beberapa waktu di sana sebelum akhirnya dirucat. Sedangkan yang di Pengok langsung dirucat. Tapi radiatornya sempat digeletakan selama beberapa tahun. Bahkan hingga tahun 2005, masih ada di sana. Konon, para tukang besinya tidak berani merucatnya karena ada banyak anggota tubuh yang tersisa di sana. Dan menurut kesaksian beberapa karyawan BY Yogya, setiap malam sisa radiator tersebut suka mengeluarkan suara misterius..

Trending Now
8 Jalur Kereta Paling Mengerikan di Dunia, Ngeri Mana ya Sama Jalur Kereta Bintaro?

8 Jalur Kereta Paling Mengerikan di Dunia, Ngeri Mana ya Sama Jalur Kereta Bintaro?

Sejak ditemukan ratusan tahun silam, kereta api menjadi moda transportasi favorit bagi masyarakat di daratan. Selain cepat, kereta api juga
4,630 views 231 shares
Ternyata 10 Film Ini Memiliki Rahasia Di Dalamnya!

Ternyata 10 Film Ini Memiliki Rahasia Di Dalamnya!

Menonton film merupakan hal yang disukai sebagian atau mungkin semua orang. Apalagi menonton film bersama orang-orang terdekat ataupun tersa
19,597 views 287 shares
Seperti Asli, Inilah 7 Kreasi Replika Anatomi Tubuh Manusia yang Terbuat dari Potongan Kertas

Seperti Asli, Inilah 7 Kreasi Replika Anatomi Tubuh Manusia yang Terbuat dari Potongan Kertas

Anatomi tubuh manusia terdiri dari berbagai macam organ yang saling berkaitan satu sama lain. Apabila salah satu organ tidak berfungsi denga
2,334 views 48 shares
ASESORIS UNIK Yang terbuat dari TANAMAN ASLI, KEREN!

ASESORIS UNIK Yang terbuat dari TANAMAN ASLI, KEREN!

Hola Girls! yang udah bosen sama model asesoris yang gitu2 aja, bisa dicoba nih hasil karya unik dari susan Mcleary, seniman asesoris yang n
13,568 views 4 shares
10 Bukti Jika Wanita Keturunan Suku Dayak Mempunyai Kecantikan Alami yang Memukau

10 Bukti Jika Wanita Keturunan Suku Dayak Mempunyai Kecantikan Alami yang Memukau

Indonesia, negara yang kita tinggali sekarang ini dikenal dengan banyaknya suku dan budaya yang beraneka ragam. Dan dari setiap daerah memil
4,426 views 4 shares
Kumpulan Foto Bayi Hewan Ini Bakalan Bikin Kamu Gemes Dan Ingin Memiliki Mereka

Kumpulan Foto Bayi Hewan Ini Bakalan Bikin Kamu Gemes Dan Ingin Memiliki Mereka

Kamu ngaku pencinta hewan dan memiliki hewan peliharaan dirumah? Jika iya, apa kamu pernah melihat bentuk hewan-hewan saat mereka masih bayi
6,641 views 86 shares
Cantik Sih, Tapi Awas Jangan Macam-Macam dengan Wanita Ini

Cantik Sih, Tapi Awas Jangan Macam-Macam dengan Wanita Ini

Wanita seringkali digambarkan sebagai sosok yang lemah lembut, seksi, langsing dan sebagainya. Semakin langsing dan kurus maka akan semakin
14,706 views 1,810 shares
20 KARIKATUR LUCU Saat Cewek Udah Jadi MAMA

20 KARIKATUR LUCU Saat Cewek Udah Jadi MAMA

Perilaku cewek saat masih single dan saat jadi seorang ibu itu ternyata memiliki perbedaan yang lucu. Di saat single yang masih ingin dimanj
636,877 views 14,944 shares
12 Foto Artis Sebelum dan Sesudah Ini Membuktikan Kalo Cowok Lebih Cakep Saat Berjenggot

12 Foto Artis Sebelum dan Sesudah Ini Membuktikan Kalo Cowok Lebih Cakep Saat Berjenggot

Bulan November, saatnya No Shave November ! Di bulan ini beberapa cowok memutuskan untuk ga cukur jenggot dan kumis sampe bulan November ha
30,115 views 318 shares
Headline Berita Kocak yang Malah Bikin Kamu Baper

Headline Berita Kocak yang Malah Bikin Kamu Baper

Headline berita di TV atau media apapun pasti dibuat semenarik mungkin agar orang yang melihat tertarik untuk menyimak dan membacanya. Ngga
8,378 views 265 shares