TRAGEDI BINTARO(kecelakaan terdahsyat dalam sejarah transportasi indonesia)
Loading...
 
posted on WOW Keren
28,852 views
Tweet Share
TRAGEDI BINTARO(kecelakaan terdahsyat dalam sejarah transportasi indonesia)

Tragedi Bintaro adalah peristiwa tabrakan hebat dua buah kereta api di daerah Pondok Betung, Bintaro, Tangerang, pada tanggal 19 Oktober 1987 yang merupakan kecelakaan terburuk dalam sejarah perkeretaapian di Indonesia. Peristiwa ini juga menyita perhatian publik dunia.

Sebuah kereta api yang berangkat dari Rangkasbitung, bertabrakan dengan kereta api yang berangkat dari Stasiun Tanah Abang.

Peristiwa ini tercatat sebagai salah satu musibah paling buruk dalam sejarah transportasi di Indonesia.

Pagi hari senin tanggal 19 Oktober 1987, ada dua kereta api ekonomi yang berjalan ke dua arah yang berbeda.
Kereta yang pertama adalah KA Cepat (KA 220) jurusan Tanahabang-Merak yang ditarik lokomotif BB303 16. Sedangkan yang satunya adalah KA lokal (KA 225) jurusan Rangkasbitung-Tanahabang ditarik lok BB306 16.

BB303 16 , beberapa bulan sebelum kecelakaan maut di Bintaro.
Menurut jadwal, seharusnya keduanya akan bersilang di stasiun Sudimara, dimana kalau tepat waktu, KA 225 seharusnya datang pukul 06.40 dan menunggu KA 220 yang lewat pada pukul 06.49.
Tapi kenyataannya, KA 225 ini terlambat 5 menit ketika sampai di Sudimara. Dan di jalur 2 sudah ada KA barang yang menunggu. Karena stasiun Sudimara hanya punya 3 jalur, dan jalur 1 kondisinya agak rusak, maka KA 225 dimasukkan ke jalur 3.

Karena penuh, maka kegiatan persilangan jadi mustahil. Otomatis persilangan terpaksa dipindahkan ke stasiun Kebayoran. Namun karena hal inilah, kemudian terjadi rentetan kesalahan prosedur yang akhirnya menyebabkan 139 orang tewas.

RENTETAN KESALAHAN FATAL

Menurut peraturan, untuk memindahkan persilangan ke Kebayoran, PPKA harus meminta ijin dulu ke Kebayoran, dan setelah diijinkan, baru PPKA membuat surat PTP (Pemindahan Tempat Persilangan) ke masinis KA 225.
Tapi apa yang terjadi malah sebaliknya. PPKA malah membuat PTP dan memberikannya ke masinis, baru meminta ijin ke Kebayoran kemudian! Parahnya, oleh PPKA Kebayoran malah dijawab “Gampang, nanti diatur!”

Dan sesaat setelah itu, terjadi pergantian petugas PPKA Kebayoran. PPKA pengganti ini telah diberitahu pendahulunya bahwa di Sudimara ada 2 KA dari Sudimara yang belum masuk, termasuk KA 225. Pada saat itu, KA 220 sudah ada di Kebayoran dan siap berangkat.

Lokasi kejadian Tragedi Bintaro

Sementara itu di Sudimara, PPKA menyuruh juru langsir untuk melakukan tugasnya. Seharusnya pada saat itu, masinis harus memberikan laporan T-83 ke PPKA dan memberitahu rencana langsiran ke masinis.


Tapi entah kenapa, keretanya tiba-tiba langsung tancap gas dan melesat ke Kebayoran, tanpa ijin dari PPKA. Bahkan Kondekturnya juga tidak sempat naik!
Karena kewalahan, juru langsir langsung melapor ke PPKA. Mereka berdua lalu menggoyangkan sinyal secara bergantian untuk menghentikan KA 225. Namun inipun sia-sia. PPKA Sudimara pun tak patah arang, dia kejar KA tersebut sambil mengibarkan bendera merah. Tapi inipun juga gagal, dan sang PPKA akhirnya pingsan sekembalinya ke stasiun.
Pada saat yang sama, KA 220 berangkat dari Kebayoran menuju Sudimara...

PERJALANAN MENUJU MAUT

Jadi bisa dibayangkan, satu petak antar stasiun diisi dua kereta yang berjalan pada arah yang berlawanan, dengan kecepatan penuh!
Kebetulan di KM 17+252 terdapat tikungan zig-zag yang berjarak pendek, tapi dikelilingi pepohonan yang rimbun. Di sini sudut pandang cukup terbatas, dan kedua kereta bertemu secara tiba-tiba. Otomatis para masinisnya tidak sempat mengerem, dan apa yang bisa dilakukan hanyalah meloncat keluar!
Tabrakanpun tak bisa dielakkan, dan kedua kereta ini langsung bertubrukan muka. Impaknya demikian dashyatnya, hingga gerbong pertama di belakang lokomotif di kedua kereta langsung menyelimuti lokomotifnya. Efek teleskopik ini menewaskan banyak penumpang, dan mereka yang bernasib malang langsung "TERGILING” oleh putaran kipas radiator lokomotif. Karena itu tidak heran bahwa semua korban tewas berada di gerbong pertama dan di lokomotif.
Sesaat setelah tabrakan, tempat itu dipenuhi oleh tangisan, erangan, serta bau darah dari dalam rongsokan kereta...

Sisa blok radiator salah satu lokomotif eks Tragedi Bintaro di BY Pengok, Yogyakarta, tahun 2004.

Setelah kejadian, kedua lokomotif yang terlibat langsung dibawa ke Manggarai dan Pengok (Yogyakarta). Yang di Manggarai sempat dipajang selama beberapa waktu di sana sebelum akhirnya dirucat. Sedangkan yang di Pengok langsung dirucat. Tapi radiatornya sempat digeletakan selama beberapa tahun. Bahkan hingga tahun 2005, masih ada di sana. Konon, para tukang besinya tidak berani merucatnya karena ada banyak anggota tubuh yang tersisa di sana. Dan menurut kesaksian beberapa karyawan BY Yogya, setiap malam sisa radiator tersebut suka mengeluarkan suara misterius..

Trending Now
BANGGA! Berikut adalah 10 PENEMU asal Indonesia!

BANGGA! Berikut adalah 10 PENEMU asal Indonesia!

Biasanya kalo kita belajar di sekolah banyak diajarkan tentang tokoh-tokoh penemu dunia yang kebanyakan dari negara barat, namun tahukah kal
11,113 views 632 shares

10 Hal yang Bikin Netizen Indonesia Unik

Pulsker, tahukah kamu bahwa netizen Indonesia terkenal unik? Oh iya, netizen sendiri artinya kelompok masyarakat yang telah mengenal dan akt
32,723 views 406 shares
[20 FOTO] Trend ALIS MASA KINI. Hahaha NGAKAK TERUS!

[20 FOTO] Trend ALIS MASA KINI. Hahaha NGAKAK TERUS!

Kecantikan adalah pilihan utama yang diperlukan oleh wanita. Salah satu syarat agar terlihat cantik pada wanita adalah bentuk alisnya. Ada y
26,438 views 247 shares
10 Tumbuhan Karnivora Pemangsa Yang Ada Di Dunia.. !!!

10 Tumbuhan Karnivora Pemangsa Yang Ada Di Dunia.. !!!

Pada dasarnya, tumbuhan dan hewan merupkan siklus simbiosis kebanyakan yang selalu saling menguntungkan satu dengan yang lainnya. Hewan dika
12,235 views 387 shares
KUMPULAN MEME GOKIL Terbaru : NGOPI BARENG YUK!

KUMPULAN MEME GOKIL Terbaru : NGOPI BARENG YUK!

udah tau dong gaes kalo berita tentang pembunuhan yang menggunakan kopi sebagai perantara meracun korban lagin heboh. dan ternyata tersangka
65,954 views 422 shares

85 kata kata bijak Anime Naruto Shippuden

1. Kalau mau saling mengerti, lakukan saja setelah membuat lawan mengalami hal yang sama seperti yang kamu alami, (Yahiko, chapter 372) 2
80,520 views 5,572 shares
[20 FOTO] KUMPULAN MEME "Cewek Selalu Benar" Bikin NGAKAK!

[20 FOTO] KUMPULAN MEME "Cewek Selalu Benar" Bikin NGAKAK!

Mau diakui atau tidak bahwa wanita memegang peranan yang besar dalam kehidupan manusia. Ada satu fenomena yang tidak disadari manusia tapi d
65,721 views 304 shares
10 Foto Hasil Origami yang Luar Biasa

10 Foto Hasil Origami yang Luar Biasa

Siapa yang menyangka kalau naga ini hasil dari koran yang dilipat-lipat? Yap, ini adalah hasil origami karya Himanshu Agrawal. Diberi nama G
44,686 views 315 shares
Konyol! 19 Nama Band Indie Paling Kocak Di Indonesia

Konyol! 19 Nama Band Indie Paling Kocak Di Indonesia

Orang Indonesia memang kreatif dan Humoris, baik dalam berkomentar, membuat meme, maupun bermusik. Seperti dikutip dari akun facebook milik
282,826 views 458 shares
Cara-Cara Anak Kost Buat Pas Foto Yang Kreatif, Kocak & Bikin Ngakak!

Cara-Cara Anak Kost Buat Pas Foto Yang Kreatif, Kocak & Bikin Ngakak!

Anak kost memang terbukti jadi Manager Keuangan yang handal dalam mengatur pengeluaran yang kadang lebih besar dibanding Pemasukan (Kiriman
134,585 views 4 shares
Terbaru

Manfaat Hujan-hujanan, Wanita Sulit Hamil dan Yang Sedang Stress Wajib Baca

  Tahukan Anda manfaat dan keberkahan air hujan? Pernahkah anda hujan-hujanan? Sudahkah selama ini memanfaatkan air hujan sebagai air min
1 views 0 shares

Beberapa suku Indonesia yang paling dikenal oleh dunia

Suku bangsa memiliki struktur sosial yang jelas dan tertata baik sejak dulu kala, khususnya di antara masyarakat Maluku, Sumatera Utara, Su
14 views 0 shares

Modifikasi motor matic beat mio m3 soul gt terbaru

Modifikasi motor beat mio vario keren terbaik terbaru Untuk Modifikasi motor beberapa pengagum otomotif mengungkapkan idiologinya untuk meru
53 views 0 shares

Kisah haru anggota TNI yang penuhi nazar di makam ayahnya

Dengan bertelanjang kaki sambil memegang erat foto sang ayah dan bendera merah putih yang telah dilipat, Rayski Bagus Mandala Putra berlari
2,011 views 1,071 shares

Cara Membuat Sistem Android Menjadi Transparan

Sebagai pengguna Android pasti pernah mengalami kebosanan dalam menggunakannya. Nah pada kesempatan ini Android Vroh akan memberikan alterna
330 views 0 shares

Manfaat Kayu Manis Untuk Kulit wajah Tampak Lebih Cerah Dan Halus

Guys, pernah kamu berpikir bahwa cantik itu bisa diperoleh dengan cara yang alami?    >>>Baca selengkapnya ...
112 views 0 shares

Jackie Chan Baru Membeli Jet Pribadi loh! Yuk Kita Lihat Isinya yang Mencengangkan!

Legenda laga jackie chan baru beli jet pribadi nih. Nggak tanggung-tanggung, harganya Rp 270 miliar.   1 Ikon bela diri legendaris Jack
411 views 5 shares

Video Aktor Salman Khan Minta Acara Berhenti Ketika Azan Berkumandang

Mumbai - Tidak banyak video yang menggambarkan sisi religius super star Salman Khan. Pada peluncuran acara reality show Bigg Boss 8 di Mumba
351 views 1 shares

Inilah 6 Cara Menghaluskan Kulit Wajah Secara Alami

Untuk memiliki kulit wajah yang bersih dan halus memang tidak mudah, banyak dari mereka para perempuan berlomba-lomba untuk melakukan peraw
208 views 1 shares

Nissan X-trail Mobil SUV Tangguh dan Sporty Terbaik

Bagi pengemudi roda 4 pasti sudah mengenal Nissan X-trail Mobil SUV Tangguh dan Sporty Terbaik yah mobil ini terlihat tangguh karena body n
46 views 0 shares