8 Kode Etik Samurai Jepang
Loading...
 
posted on WOW Keren
1,707 views
8 Kode Etik Samurai Jepang

1. Gi (? – Integritas)

Menjaga Kejujuran.

5Seorang Samurai senantiasa mempertahankan etika, moralitas, dan kebenaran.

Integritas merupakan nilai Bushido yang paling utama. Kata integritas mengandung arti jujur dan utuh.

Keutuhan yang dimaksud adalah keutuhan dari seluruh aspek kehidupan, terutama antara pikiran, perkataan, dan perbuatan. Nilai ini sangat dijunjung tinggi dalam falsafah bushido, dan merupakan dasar bagi insan manusia untuk lebih mengerti tentang moral dan etika.

“Seorang ksatria harus paham betul tentang yang benar dan yang salah, dan berusaha keras melakukan yang benar dan menghindari yang salah. Dengan cara itulah bushido biasa hidup.” (Kode Etik Samurai)

2. Y? (? – Keberanian)

Berani dalam menghadapi kesulitan.

4Keberanian merupakan sebuah karakter dan sikap untuk bertahan demi prinsip kebenaran yang dipercayai meski mendapat berbagai tekanan dan kesulitan. Keberanian juga merupakan ciri para samurai, mereka siap dengan risiko apapun termasuk mempertaruhkan nyawa demi memperjuangkan keyakinan.

Keberanian mereka tercermin dalam prinsipnya yang menganggap hidupnya tidak lebih berharga dari sebuah bulu. Namun demikian, keberanian samurai tidak membabibuta, melainkan dilandasi latihan yang keras dan penuh disiplin.

“Pastikan kau menempa diri dengan latihan seribu hari, dan mengasah diri dengan latihan selama ribuan hari”. (Miyamoto Musashi)

3. Jin (? – Kemurahan hati)

Memiliki sifat kasih sayang.

6Bushido memiliki aspek keseimbangan antara maskulin (yin) dan feminin (yang) . Jin mewakili sifat feminin yaitu mencintai. Meski berlatih ilmu pedang dan strategi berperang, para samurai harus memiliki sifat mencintai sesama, kasih sayang, dan peduli.

Kasih sayang dan kepedulian tidak hanya ditujukan pada atasan dan pimpinan namun pada kemanusiaan. Sikap ini harus tetap ditunjukan baik di siang hari yang terang benderang, maupun di kegelapan malam. Kemurahan hati juga ditunjukkan dalam hal memaafkan.

”Jadilah yang pertama dalam memaafkan.”(Toyotomi Hideyoshi)


4. Rei (? – Menghormati)

Hormat kepada orang lain.

7Seorang Samurai tidak pernah bersikap kasar dan ceroboh, namun senantiasa menggunakan kode etiknya secara sempurna sepanjang waktu.

Sikap santun dan hormat tidak saja ditujukan pada pimpinan dan orang tua, namun kepada tamu atau siap pun yang ditemui.
Sikap santun meliputi cara duduk, berbicara, bahkan dalam memperlakukan benda ataupun senjata.

”Apakah kau sedang berjalan, berdiri diam, sedang duduk, atau sedang bersandar, di dalam perilaku dan sikapmu lah kau membawa diri dengan cara yang benar-benar mencerminkan prajurit sejati. (Kode Etik Samurai)


5. Makoto atau (? – Shin Kejujuran) dan tulus-iklas.

Bersikap Tulus & Ikhlas.

2Seorang Samurai senantiasa bersikap Jujur dan Tulus mengakui, berkata atau memberikan suatu informasi yang sesuai kenyataan dan kebenaran.

Para ksatria harus menjaga ucapannya dan selalu waspada tidak menggunjing, bahkan saat melihat atau mendengar hal-hal buruk tentang kolega.

”Samurai mengatakan apa yang mereka maksudkan, dan melakukan apa yang mereka katakan. Mereka membuat janji dan berani menepatinya.” (Toyotomi Hideyoshi)

”Perkataan seorang samurai lebih kuat daripada besi.” (Kode Etik Samurai)


6. Meiyo (?? – Kehormatan)

Menjaga kehormatan diri.

1 Bagi samurai cara menjaga kehormatan adalah dengan menjalankan kode bushido secara konsisten sepanjang waktu dan tidak menggunakan jalan pintas yang melanggar moralitas.

Seorang samurai memiliki harga diri yang tinggi, yang mereka jaga dengan cara prilaku terhormat. Salah satu cara mereka menjaga kehormatan adalah tidak menyia-nyiakan waktu dan menghindari prilaku yang tidak berguna.

”Jika kau di depan publik, meski tidak bertugas, kalau tidak boleh sembarangan bersantai. Lebih baik kau membaca, berlatih kaligrafi, mengkaji sejarah, atau tatakrama keprajuritan.” (Kode Etik Samurai)


7. Ch?go (?? – Loyal)

Menjaga Kesetiaan kepada satu pimpinan dan guru.

3Kesetiaan ditunjukkan dengan dedikasi yang tinggi dalam melaksanakan tugas. Kesetiaan seorang ksatria tidak saja saat pimpinannya dalam keadaan sukses dan berkembang.Bahkan dalam keadaaan sesuatu yang tidak diharapkan terjadi, pimpinan mengalami banyak beban permasalahan, seorang ksatria tetap setia pada pimpinannya dan tidak meninggalkannya.

Puncak kehormatan seorang samurai adalah mati dalam menjalankan tugas dan perjuangan.

”Seorang ksatria mempersembahkan seluruh hidupnya untuk melakukan pelayanan tugas.” (Kode Etik Samurai)


8. Tei (? – Menghormati Orang Tua)

Menghormati orang tua dan rendah hati.

8Samurai sangat menghormati dan peduli pada orang yang lebih tua baik orang tua sendiri, pimpinan, maupun para leluhurnya.

Mereka harus memahami silsilah keluarga juga asal-usulnya.

Mereka fokus melayani dan tidak memikirkan jiwa dan raganya pribadi.

”Tak peduli seberapa banyak kau menanamkan loyalitas dan kewajiban keluarga di dalam hati, tanpa prilaku baik untuk mengekspresikan rasa hormat dan peduli pada pimpinan dan orang tua, maka kau tak bisa dikatakan sudah menghargai cara hidup samurai. (Kode Samurai).”

Tolong Minta "WOW" nya donk , untuk para samurai di atas ..

Trending Now
Wow, Kumpulan Karya Seni Street Art Ini Bikin Banyak Orang Kagum!

Wow, Kumpulan Karya Seni Street Art Ini Bikin Banyak Orang Kagum!

Kreatif memang tidak mengenal tempat, dimanapun itu, termasuk ditembok kosong sekalipun bisa jadi kanvas bagi mereka yang kreatif. Seni buka
1,310 views 298 shares
11 Driver Ojek Online Bawa Barang Gak Biasa Pake Motor, Ngeri Deh Lihatnya!

11 Driver Ojek Online Bawa Barang Gak Biasa Pake Motor, Ngeri Deh Lihatnya!

Driver ojek online saat ini sudah pasti bisa ditemukan di jalan raya, beberapa diantara mereka kadang sedang mengangkut penumpang, ada juga
2,396 views 0 shares
20 MEME LUCU LO GAK ASYIK, DIJAMIN TERHIBUR !

20 MEME LUCU "LO GAK ASYIK", DIJAMIN TERHIBUR !

Netizen Indonesia nampaknya tidak kehabisan ide kreatif untuk membuat konten di sosial media terasa hidup terus, baru baru ini meme yang lag
93,407 views 1,847 shares
Viral! Beginilah Ketakutan Para Atlet Sumo Saat Disuntik Vaksin

Viral! Beginilah Ketakutan Para Atlet Sumo Saat Disuntik Vaksin

Atlet sumo dengan badannya yang besar dan cukup kuat, itulah yang ada dalam fikiran pulsker. Namum, pulsker harus menghilangkan fikiran ters
11,593 views 937 shares
9 Orang Ini Sedang Menolong Orang Lain Dengan Cara Kocak

9 Orang Ini Sedang Menolong Orang Lain Dengan Cara Kocak

Kita nggak bisa hidup di dunia ini sendirian, jadi nggak heran kalau kita perlu pertolongan orang lain, begitu juga sebaliknya. Walaupun ter
11,936 views 1,464 shares
10 Cara Unik Untuk Mengamankan Sandal Jepit Kesayanganmu Agar Tidak Dicuri, Caranya Bikin Ngakak!

10 Cara Unik Untuk Mengamankan Sandal Jepit Kesayanganmu Agar Tidak Dicuri, Caranya Bikin Ngakak!

Kamu pernah kehilangan sandal jepit saat sedang di masjid atau umum lainnya? kalau sudah pernah, pasti sangat tahu bagaimana kesalnya saat m
1,879 views 272 shares
[15 Foto] Bukti Saat Orang Kreatif Nganggur Corat Coret Kertas Jadi Karya Keren

[15 Foto] Bukti Saat Orang Kreatif Nganggur Corat Coret Kertas Jadi Karya Keren

Apa yang kalian lakukan saat capek atau bosan menunggu, mungkin mainan pensil, main game di Handphone, atau corat coret kertas kan gaes ?
2,822 views 0 shares
Perbandingan Tampilan Superhero di Komik dan di Film, Mana Lebih Keren?

Perbandingan Tampilan Superhero di Komik dan di Film, Mana Lebih Keren?

Sosok superhero memang nggak bisa lepas dalam perjalanan hidup kita gengs. Sejak kecil kita sudah banyak melihat aksi superhero lewat tayang
828 views 0 shares
Bergaya Bak Orang Dewasa, Penampilan Thalia Anak Ruben Onsu Ini Stylish Banget!

Bergaya Bak Orang Dewasa, Penampilan Thalia Anak Ruben Onsu Ini Stylish Banget!

Sekarang semakin banyak anak-anak artis yang juga terkenal seperti orangtuannya. Anak-anak selebriti ini pun begitu lucu dan menggemaskan hi
3,152 views 145 shares
10 Tingkah Lucu Hewan Akan Membuatmu Tersenyum Geli

10 Tingkah Lucu Hewan Akan Membuatmu Tersenyum Geli

Setiap orang pasti punya selera humor dalam dirinya. Hal inilah yang membuat kita selalu tertawa jika melihat hal yang lucu. Tapi percaya ng
10,214 views 835 shares