8 Kode Etik Samurai Jepang
Loading...
 
posted on WOW Keren
1,774 views
8 Kode Etik Samurai Jepang

1. Gi (? – Integritas)

Menjaga Kejujuran.

5Seorang Samurai senantiasa mempertahankan etika, moralitas, dan kebenaran.

Integritas merupakan nilai Bushido yang paling utama. Kata integritas mengandung arti jujur dan utuh.

Keutuhan yang dimaksud adalah keutuhan dari seluruh aspek kehidupan, terutama antara pikiran, perkataan, dan perbuatan. Nilai ini sangat dijunjung tinggi dalam falsafah bushido, dan merupakan dasar bagi insan manusia untuk lebih mengerti tentang moral dan etika.

“Seorang ksatria harus paham betul tentang yang benar dan yang salah, dan berusaha keras melakukan yang benar dan menghindari yang salah. Dengan cara itulah bushido biasa hidup.” (Kode Etik Samurai)

2. Y? (? – Keberanian)

Berani dalam menghadapi kesulitan.

4Keberanian merupakan sebuah karakter dan sikap untuk bertahan demi prinsip kebenaran yang dipercayai meski mendapat berbagai tekanan dan kesulitan. Keberanian juga merupakan ciri para samurai, mereka siap dengan risiko apapun termasuk mempertaruhkan nyawa demi memperjuangkan keyakinan.

Keberanian mereka tercermin dalam prinsipnya yang menganggap hidupnya tidak lebih berharga dari sebuah bulu. Namun demikian, keberanian samurai tidak membabibuta, melainkan dilandasi latihan yang keras dan penuh disiplin.

“Pastikan kau menempa diri dengan latihan seribu hari, dan mengasah diri dengan latihan selama ribuan hari”. (Miyamoto Musashi)

3. Jin (? – Kemurahan hati)

Memiliki sifat kasih sayang.

6Bushido memiliki aspek keseimbangan antara maskulin (yin) dan feminin (yang) . Jin mewakili sifat feminin yaitu mencintai. Meski berlatih ilmu pedang dan strategi berperang, para samurai harus memiliki sifat mencintai sesama, kasih sayang, dan peduli.

Kasih sayang dan kepedulian tidak hanya ditujukan pada atasan dan pimpinan namun pada kemanusiaan. Sikap ini harus tetap ditunjukan baik di siang hari yang terang benderang, maupun di kegelapan malam. Kemurahan hati juga ditunjukkan dalam hal memaafkan.

”Jadilah yang pertama dalam memaafkan.”(Toyotomi Hideyoshi)


4. Rei (? – Menghormati)

Hormat kepada orang lain.

7Seorang Samurai tidak pernah bersikap kasar dan ceroboh, namun senantiasa menggunakan kode etiknya secara sempurna sepanjang waktu.

Sikap santun dan hormat tidak saja ditujukan pada pimpinan dan orang tua, namun kepada tamu atau siap pun yang ditemui.
Sikap santun meliputi cara duduk, berbicara, bahkan dalam memperlakukan benda ataupun senjata.

”Apakah kau sedang berjalan, berdiri diam, sedang duduk, atau sedang bersandar, di dalam perilaku dan sikapmu lah kau membawa diri dengan cara yang benar-benar mencerminkan prajurit sejati. (Kode Etik Samurai)


5. Makoto atau (? – Shin Kejujuran) dan tulus-iklas.

Bersikap Tulus & Ikhlas.

2Seorang Samurai senantiasa bersikap Jujur dan Tulus mengakui, berkata atau memberikan suatu informasi yang sesuai kenyataan dan kebenaran.

Para ksatria harus menjaga ucapannya dan selalu waspada tidak menggunjing, bahkan saat melihat atau mendengar hal-hal buruk tentang kolega.

”Samurai mengatakan apa yang mereka maksudkan, dan melakukan apa yang mereka katakan. Mereka membuat janji dan berani menepatinya.” (Toyotomi Hideyoshi)

”Perkataan seorang samurai lebih kuat daripada besi.” (Kode Etik Samurai)


6. Meiyo (?? – Kehormatan)

Menjaga kehormatan diri.

1 Bagi samurai cara menjaga kehormatan adalah dengan menjalankan kode bushido secara konsisten sepanjang waktu dan tidak menggunakan jalan pintas yang melanggar moralitas.

Seorang samurai memiliki harga diri yang tinggi, yang mereka jaga dengan cara prilaku terhormat. Salah satu cara mereka menjaga kehormatan adalah tidak menyia-nyiakan waktu dan menghindari prilaku yang tidak berguna.

”Jika kau di depan publik, meski tidak bertugas, kalau tidak boleh sembarangan bersantai. Lebih baik kau membaca, berlatih kaligrafi, mengkaji sejarah, atau tatakrama keprajuritan.” (Kode Etik Samurai)


7. Ch?go (?? – Loyal)

Menjaga Kesetiaan kepada satu pimpinan dan guru.

3Kesetiaan ditunjukkan dengan dedikasi yang tinggi dalam melaksanakan tugas. Kesetiaan seorang ksatria tidak saja saat pimpinannya dalam keadaan sukses dan berkembang.Bahkan dalam keadaaan sesuatu yang tidak diharapkan terjadi, pimpinan mengalami banyak beban permasalahan, seorang ksatria tetap setia pada pimpinannya dan tidak meninggalkannya.

Puncak kehormatan seorang samurai adalah mati dalam menjalankan tugas dan perjuangan.

”Seorang ksatria mempersembahkan seluruh hidupnya untuk melakukan pelayanan tugas.” (Kode Etik Samurai)


8. Tei (? – Menghormati Orang Tua)

Menghormati orang tua dan rendah hati.

8Samurai sangat menghormati dan peduli pada orang yang lebih tua baik orang tua sendiri, pimpinan, maupun para leluhurnya.

Mereka harus memahami silsilah keluarga juga asal-usulnya.

Mereka fokus melayani dan tidak memikirkan jiwa dan raganya pribadi.

”Tak peduli seberapa banyak kau menanamkan loyalitas dan kewajiban keluarga di dalam hati, tanpa prilaku baik untuk mengekspresikan rasa hormat dan peduli pada pimpinan dan orang tua, maka kau tak bisa dikatakan sudah menghargai cara hidup samurai. (Kode Samurai).”

Tolong Minta "WOW" nya donk , untuk para samurai di atas ..

Trending Now
10 Spanduk Ini Bikin Kamu Terpana. Perlu Dicermati Agar Nggak Salah Paham

10 Spanduk Ini Bikin Kamu Terpana. Perlu Dicermati Agar Nggak Salah Paham

Spanduk banyak ditemukan dipinggir - pinggir jalan, biasanya isi dari spanduk itu adalah informasi ataupun himbauan. Karena orang - orang ya
46,847 views 311 shares
10 Hal tak Terduga yang Pernah Terjadi Saat Pesta Pernikahan

10 Hal tak Terduga yang Pernah Terjadi Saat Pesta Pernikahan

Hampir semua orang ingin memiliki pasangan yang menemaninya hingga akhir hayat. Dan itu akan terwujud dalam janji pernikahan. Bukan sekedar
1,301 views 0 shares
WoW...Ini Dia Bentuk-Bentuk Pulau Unik Yang ada di Dunia !!!

WoW...Ini Dia Bentuk-Bentuk Pulau Unik Yang ada di Dunia !!!

Berabagai keanehan di dunia memang sering ada di sekitar kita. Tetapi tahukah kalian apabila hal tersebuta dapat dilihat bukan melalui ukura
38,695 views 473 shares
Renang di Kolam Renang ini Bikin Kamu Nggak Pengen Berenti Berendam!

Renang di Kolam Renang ini Bikin Kamu Nggak Pengen Berenti Berendam!

1. Devil"s Swimming Pool, di Air Terjun Victoria Sebenarnya ini adalah kolam renag alami yang bereada diatas Air Terjun Victoria. Kamu n
170,023 views 5,141 shares
Miris, 10 Potret Driver Ojol yang Mengangkut Barang Tak Lazim

Miris, 10 Potret Driver Ojol yang Mengangkut Barang Tak Lazim

Nggak bisa dipungkiri jika keberadaan transportasi online saat ini memang sangat membantu kehidupan kita sehari-hari. Bukan hanya mengantark
88 views 0 shares
Kumpulan Iklan Produk Dunia yang Simpel Tapi Cerdas..Keren Banget!

Kumpulan Iklan Produk Dunia yang Simpel Tapi Cerdas..Keren Banget!

Untuk memasarkan produknya ke pasaran, sebuah perusahaan harus membuat iklan yang menarik agar orang-orang tertarik untuk membeli produknya.
170,448 views 24,775 shares
10 Meme Kocak yang Hanya Dirasakan Oleh Sobat Misquen

10 Meme Kocak yang Hanya Dirasakan Oleh Sobat Misquen

Seperti yang kita tahu, memang ada saja tingkah dari warga +62. Kelakuan mereka selalu wira-wiri di media sosial. Bahkan tidak sedikit juga
32,250 views 0 shares
Deretan Kelakuan Pekerja yang Bikin Kamu Nggak Habis Pikir..Kocak!

Deretan Kelakuan Pekerja yang Bikin Kamu Nggak Habis Pikir..Kocak!

Setiap orang harus bekerja untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Dan pekerjaan apapun akan dilakukan sesuai dengan keterampilan dan kemampuan k
10,152 views 855 shares
INI DIA...Kumpulan Kartun Kenangan Yang Bakal Bikin Kamu Kangen...!!!

INI DIA...Kumpulan Kartun Kenangan Yang Bakal Bikin Kamu Kangen...!!!

Bagi kalian yang memasuki usia anak-anak hingga remaja awal pada era 90an akhir hingga awal 2000antentunya tidak asing kan dengan kartun har
171,672 views 14,190 shares
Kumpulan Kegagalan Memasak Di Dapur yang Kocak Banget!

Kumpulan Kegagalan Memasak Di Dapur yang Kocak Banget!

Buat sebagian orang yang hobby memasak, mungkin hal itu adalah sesuatu yang mudah dilakukan. Tapi bagi beberapa orang lagi, memasak adalah y
172,726 views 9,816 shares