Lima Topik Obrolan yang Tak Pantas Dilontarkan di Depan Teman Anak Kita
Loading...
 
posted on WOW Keren
1,900 views
Lima Topik Obrolan yang Tak Pantas Dilontarkan di Depan Teman Anak Kita

Mungkin kita termasuk ibu yang sering menemani anak-anak saat sedang jalan atau bermain dengan teman-temannya.

Sedekat apa pun hubungan kita dengan teman anak kita itu, bukan mustahil suatu ketika kita bisa mengatakan sesuatu yang menyakit hati teman anak tersebut.
"Hal ini bisa dikarenakan kita terbiasa mengatakan hal itu kepada anak sendiri, sehingga tidak sadar menyatakannya juga pada temannya. Atau, kebanyakan juga terjadi karena kita kurang mengenal baik orangtua dari teman anak kita," kata Michele Borba, EdD, penulis buku The Big Book of Parenting Solutions.
Sebelum ada teman anak kita datang bermain ke rumah, tidak ada salahnya jika kita sedikit melakukan "eksperimen" dengan mengamati pola asuh orangtua lain terhadap anaknya saat berada di tempat umum.
Misalnya, apa yang biasanya dibicarakan saat makan bersama.

Dengan begitu kita akan bisa memahami teman anak kita dengan lebih baik. Selain itu, sebaiknya hindari juga mengatakan hal-hal berikut ini pada teman-teman anak:

1. Membahas dan membandingkan perkembangan fisik anak dengan temannya

Ketika anak kita dan temannya sedang saling menjelek-jelekkan aspek fisik (yang sebenarnya dalam konteks bercanda), sebaiknya kita tidak lantas berkomentar seperti, "Tidak apa-apa pendek. Mungkin kamu perkembangannya terlambat.
Nanti juga kamu akan tinggi, kok." Meski tujuan kita ini untuk menenangkan, teman anak lebih cenderung berfokus pada sisi negatifnya. Bahwa dia sekarang pendek dan ada yang tidak beres sehingga perkembangannya terlambat.
"Lebih baik Anda tidak ikut berkomentar seputar penampilan fisik anak-anak itu atau mengalihkan pembicaraan, misalnya dengan menawarkan makanan," kata Denene Millner, pendiri blog My Brown Baby.

2. Menghukum teman anak yang berbuat nakal di rumah kita

Beda keluarga, beda aturan. Saat teman anak sedang bermain di rumah kita dan melakukan sesuatu yang dianggap tidak sejalan dengan aturan di rumah, sebaiknya jangan lantas marah-marah.
"Meski Anda marah sekali karena teman main anak berlaku tidak sopan atau mendorong anak Anda, jangan menghukum dia, berteriak, atau menunjukkan kemarahan," saran Borba.
Sebaliknya, jelaskan dengan tenang aturan yang berlaku di rumah kita (misalnya, "Kalau di sini tidak boleh main dorong-dorongan, lho. Soalnya berbahaya.").
Kemudian ajak anak-anak untuk beristirahat sebentar dari aktivitas yang dilakukan. Atau, minta anak kita untuk menjelaskan apa aturan yang berlaku di rumah. Ini bisa membantu mengasah jiwa kepemimpinannya.

3. Bertanya apa orangtuanya tidak pernah mengajari tata krama

Melihat seorang anak berusia 8 tahun masih makan mi goreng menggunakan tangan (dan tanpa cuci tangan sebelumnya), mungkin membuat kita gatal ingin berkata, "Memangnya kalau di rumah mama-papamu tidak pernah mengajari makan dengan sendok-garpu, ya?".
Menurut Linda Sonna, PhD, psikolog dan penulis buku The Everything Tween Book, lebih baik kita berkata, "Kalau di sini biasanya kita makan mie dengan garpu, lho.". Sementara jika berhadapan dengan teman anak yang ternyata pemilih soal makanan, lebih baik didiamkan saja.

4. Merusak impian anak kecil

anak-anak tumbuh dengan cerita indah seperti peri gigi atau Sinterklas, bahkan hingga mereka cukup besar dan mulai mempertanyakannya. Ketika ternyata teman anak justru bertanya pada kita, sebaiknya tahan diri untuk membuka rahasia bahwa itu semua hanya khayalan.
Memang, sebenarnya mereka perlu belajar kenyataannya, tapi sebaiknya itu datang dari orangtuanya sendiri, bukan kita. Borba menganjurkan kita untuk bertanya balik, "Menurut kamu bagaimana?" Jika kita kenal dengan orangtua teman anak kita ini, sebaiknya beritahukan kejadian ini agar orangtua itu bisa mulai mencari waktu untuk membicarakannya dengan anaknya.

5. Bertanya tentang teman lainnya

Begitu anak sudah mulai besar, mereka mulai punya rahasia. Tanpa sadar, kita sering mencoba menggali rahasia anak sendiri melalui temannya yang sedang datang ke rumah. Misalnya dengan bertanya, "Kamu kenal teman kamu yang namanya Fajar? Siapa, sih, dia? Anna (anak kita) sering cerita soal Fajar. Seperti apa, sih, dia?" pada teman anak kita. Sonna mengingatkan, apabila teman anak kita lalu berkata jujur, itu sama saja dia mengkhianati kepercayaan anak kita. Sementara jika dia tidak mau jujur, selanjutnya dia akan mulai menghindari kita. (tribun/29/3/13)

Trending Now
10 Orang Terjebak di Tempat Umum yang Lucu tapi Kasihan

10 Orang Terjebak di Tempat Umum yang Lucu tapi Kasihan

Saat menjalankan aktivitas sehari-hari, sering kali kita mengalami kesialan. Entah karena keteledoran, atau memang datang dengan sendirinya.
2,568 views 0 shares
10 Foto Penumpang Ojol yang Super Nyeleneh

10 Foto Penumpang Ojol yang Super Nyeleneh

Hari gini disaat kita membutuhkan sesuatu seperti pergi ke suatu tempat atau mengantar barang, tapi nggak ada yang bisa mengantar, hal utama
3,097 views 0 shares
10 Kelakuan Kocak Netizen +62 Saat Cari Jodoh di Medsos

10 Kelakuan Kocak Netizen +62 Saat Cari Jodoh di Medsos

Jaman sekarang apa sih yang gak diposting di media sosial, segala macam masalah, pengalaman, keluh kesah dan apa aja yang ada dipikiran neti
556,914 views 0 shares
Kumpulan Meme GERHANA MATAHARI TOTAL Yang Bisa Membuatmu Terhibur

Kumpulan Meme GERHANA MATAHARI TOTAL Yang Bisa Membuatmu Terhibur

Banyak yang menantikan tanggal 9 maret, untuk apa ? untuk menyaksikan fenomena yang langka terjadi, yaitu gerhana matahari total, yang bisa
71,523 views 496 shares
10 Tulisan Spanduk Jualan yang Bikin Cekikikan

10 Tulisan Spanduk Jualan yang Bikin Cekikikan

Spanduk biasa digunakan oleh seseorang untuk menulis peringatan atau himbauan. Namun bagi beberapa pedagang spanduk biasa digunakan untuk me
4,372 views 0 shares
9 Kejadian Kocak yang Pernah Terjadi Saat Memesan Ojol

9 Kejadian Kocak yang Pernah Terjadi Saat Memesan Ojol

Walaupun waktu nggak bisa diulang lagi, tapi kita bisa mengingat semua kejadian yang pernah kita alami. Mulai dari kejadian yang menyenangka
1,787 views 0 shares
10 Fungsi Lain Dari Magic Com yang Bikin Nggak Habis Pikir

10 Fungsi Lain Dari Magic Com yang Bikin Nggak Habis Pikir

Nggak bisa dipungkiri jika berkat adanya teknologi hampir semua hal menjadi lebih mudah. Salah satunya adalah menanak nasi. Jika zaman dulu
5,648 views 0 shares
10 Potret Kunci Pengamanan yang Nggak Punya Faedah Untuk Dipasang

10 Potret Kunci Pengamanan yang Nggak Punya Faedah Untuk Dipasang

Sangat wajar jika seseorang menyimpan barang yang ia punya dengan pengamanan ekstra agar terhindar dari pencurian. Nggak cuma mobil atau mot
80,138 views 171 shares
10 Nama Jalan Di Google Map yang Bikin Penasaran

10 Nama Jalan Di Google Map yang Bikin Penasaran

Jaman dulu memang berbeda dengan jaman sekarang yang semuanya jauh lebih mudah. Kalau zaman dulu ketika kita ingin menuju tempat yang enggak
1,360 views 0 shares
9 Chat Typo Antara Penjual dan Pembeli yang Bikin Bingung

9 Chat Typo Antara Penjual dan Pembeli yang Bikin Bingung

Smartphone membuat kita bisa terhubung dengan siapapun. Enggak cuma telepon atau video call aja, tetapi juga bisa melalui chatting. Bahkan k
4,126 views 0 shares