?? 4 Kisah Sedih Legenda " TI " ??
Loading...
 
posted on WOW Keren
1,666 views
?? 4 Kisah Sedih Legenda TI ??

Selalu ada manusia di balik berbagai teknologi di dunia Teknologi Informasi (TI). Manusia di balik teknologi ini kerap dielu-elukan bagai pahlawan, karena apa yang mereka lakukan bisa jadi telah mengubah arah perkembangan dunia secara luas.

Sebagaimana kisah para pahlawan, tak semuanya berakhir dengan 'happy ever after'.

Berikut adalah kisah empat tokoh TI yang cukup legendaris namun memiliki sisi sedih seperti dikumpulkan dari berbagai sumber:

Quote:

Alan Turing


Turing, bernama lengkap Alan Mathison Turing, adalah ahli kripto analisis dan ilmuwan di bidang komputer asal Inggris yang memiliki peran besar dalam pengembangan komputer dunia. Masa jaya Turing adalah saat Perang Dunia II, ketika itu ia bahkan sempat mengepalai unit yang bertugas khusus menganalisa dan memecahkan kode sandi Jerman.

Prestasi: Nama Turing menjadi legenda lewat konsep bernama Turing Machine. Konsep algoritma dan komputansi ini bahkan, menurut majalah Time, merupakan landasan dari seluruh komputer yang ada di dunia. Turing pun menjadi abadi lewat Turing Test, sebuah uji untuk membuktikan apakah sebuah sistem komputer mampu 'berpikir' dengan membandingkan jawaban komputer dengan jawaban manusia pada serangkaian pertanyaan.

Tragedi: Turing memiliki orientasi seksual menyukai sesama jenis. Pada masa hidupnya, homoseksualitas merupakan hal terlarang di Inggris. Akibatnya, untuk menghindari penjara, Turing menjalani terapi dengan hormon dan bahan kimia. Pada 1954 Turing ditemukan meninggal keracunan sianida, konon ia melakukan bunuh diri.


Quote:

Charles Babbage


Charles Babbage adalah bangsawan Inggris yang hidup di abad 19. Ia merupakan ahli di bidang matematika, insinyur mekanik dan filosofi. Babbage juga dikenal sebagai seorang penemu.

Prestasi: Babbage boleh dibilang sebagai orang pertama yang menelurkan konsep komputer yang bisa diprogram. Bukan hanya konsep, Babbage pun mencoba membuat mesin-mesin yang bisa membuktikan konsep yang diutarakannya. Menakjubkannya, mesin yang dibuat dengan batasan kemampuan teknis pada abad 19 itu seharusnya bisa menjadi cikal-bakal komputer.

Tragedi: Sayangnya, Babbage tak pernah bisa menyelesaikan mesinnya tersebut. Konon, ambisi Babbage soal mesin tersebut melampaui kemampuannya sendiri. Belum lagi pribadi Babbage yang dikisahkan cenderung naik-turun membuatnya selalu beralih dari satu proyek ke proyek lainnya.


Quote:

Dani Bunten


Dani Bunten (Danielle Bunten Berry / Daniel Paul Bunten) adalah desainer game yang berjaya pada tahun 1980-an. Namanya sering dikaitkan dengan legenda game Sid Meier karena konon Dani punya kesempatan menggarap game Civilization yang melambungkan nama Meier.

Prestasi: Dani Bunten meraih sukses lewat game bertajuk M.U.L.E pada kisaran 1980-an. Game ini merupakan salah satu game multiplayer awal yang sukses dan banyak dijadikan rujukan game-game berikutnya. Game Bunten lainnya yang cukup ternama adalah The Seven Cities of Gold.

Tragedi: Setelah tiga kali gagal dalam pernikahannya sebagai pria, Bunten akhirnya memilih untuk hidup sebagai seorang wanita. Bahkan ia melakukan operasi kelamin, yang di kemudian hari ia sesali. Bunten meninggal pada 1998 setelah didiagnosa mengidap kanker paru-paru, ia belum sempat menyelesaikan game M.U.L.E versi internet.


Quote:

Joybubbles


Joybubbles, lahir dengan nama Joe Engressia, adalah seorang pelopor dalam dunia hacking. Ia terlahir sebagai seorang tuna netra dan memiliki kemampuan mendengarkan dan menyuarakan nada dengan sempurna.

Prestasi: Joybubbles merupakan pelopor phreaking, alias membobol jaringan telepon untuk membuat panggilan telepon tanpa membayar. Ketika itu ia mampu melakukannya dengan menyiulkan sebuah nada khusus di gagang telepon. Kemampuan Joe kemudian diikuti oleh Captain Crunch (Jon Draper) dengan menggunakan peluit hadiah sebuah produk sereal.

Tragedi: Legenda Joybubbles dibarengi kisahnya yang muram dengan masa kanak-kanak yang tidak bahagia dan diwanai penyiksaan. Joe mengatasi trauma ini dengan membuat Church of Eternal Childhood, mengubah namanya secara legal menjadi Joybubbles dan mendeklarasikan usianya sebagai 5 tahun untuk selamanya. Masa-masa terakhir hidupnya dihabiskan di apartemen kecil tanpa lampu yang dipenuhi perangkat telepon, boneka binatang, rekaman lawas dan mainan plastik.

Trending Now
10 Foto Review Barang Olshop yang Bikin Ngakak

10 Foto Review Barang Olshop yang Bikin Ngakak

Ketika kita belanja online melalui e-commerce, pada aplikasinya ada kolom komentar yang bisa kita isi tentang kepuasan barang yang telah kit
925 views 0 shares
9 Kebaya ala Aurel Hermansyah yang Bisa Menginspirasimu

9 Kebaya ala Aurel Hermansyah yang Bisa Menginspirasimu

Kebaya adalah busana wanita khas tradisional Indonesia. Walaupun saat ini sudah modern,namun dalam beberapa acara formal seperti pernikahan
2,345 views 0 shares
10 Jawaban Nyeleneh Siswa Saat Ujian yang Bikin Tepuk Jidat

10 Jawaban Nyeleneh Siswa Saat Ujian yang Bikin Tepuk Jidat

Sudah menjadi kewajiban para siswa mengikuti ujian setelah mempelajari materi yang diberikan oleh para guru. Biasanya soal-soal yang diberik
9,020 views 0 shares
11 Chat Lucu pakai Bahasa Kekinian ini bikin Auto Ngakak cekikikan

11 Chat Lucu pakai Bahasa Kekinian ini bikin Auto Ngakak cekikikan

Dijaman sekarang ini semakin lama makin banyak bahasa gaul kekinian yang banyak istilah aneh-aneh. Kalau kita sendiri gak update bakal banya
351,586 views 0 shares
14 Tempat Wisata Indonesia yang Mirip & Gak Kalah Indah Dari Luar Negeri

14 Tempat Wisata Indonesia yang Mirip & Gak Kalah Indah Dari Luar Negeri

Piknik dan Travelling saat ini nampaknya jadi Kebutuhan setiap orang, banyak yang ingin travelling ke luar negeri tapi kadang terhambat peng
343,322 views 13,351 shares
10 Meme Tentang Foto Benda Bisa Menggoda Orang Lagi Puasa

10 Meme Tentang Foto Benda Bisa Menggoda Orang Lagi Puasa

Kekurangan nutrisi pada tubuh memang membuat kita jadi lemas dan lunglai. Apalagi ketika kita menjalankan ibadah puasa seperti sekarang ini.
719 views 0 shares
10 Foto Nyeleneh Tidur di Warnet yang Serasa Rumah Sendiri

10 Foto Nyeleneh Tidur di Warnet yang Serasa Rumah Sendiri

Setiap orang pasti punya hobi dalam hidupnya, salah satu yang paling digandrungi anak muda saat ini adalah main game. Enggak cuma lewat smar
11,980 views 0 shares
10 Potret Nyeleneh Orang Lagi Ngadem

10 Potret Nyeleneh Orang Lagi Ngadem

Cuaca terkadang memang sedang tidak menentu. Ketika siang hari begitu terik, memasuki sore hari tiba-tiba hujan lebat. Ada yang mengatakan j
2,189 views 0 shares
10 Tipe Pacaran Orang Indonesia yang Bikin Kamu Ngakak Setuju

10 Tipe Pacaran Orang Indonesia yang Bikin Kamu Ngakak Setuju

Setiap orang pasti ingin memiliki hubungan khusus dengan seseorang. Ketika paham PDKT sudah dilewati, kita akan menuju tahap berikutnya yait
5,415 views 0 shares
10 Pekerjaan Ekstrim Dan Nggak Masuk Akal yang Dilakukan Para Pria

10 Pekerjaan Ekstrim Dan Nggak Masuk Akal yang Dilakukan Para Pria

Dari dulu, kaum pria selalu dianggap lebih kuat dari pada kaum hawa. Mereka bisa mengerjakan pekerjaan yang lebih berat dari wanita karena m
64,644 views 3,509 shares