Ternyata Ada 4 Video Lain yang Dibuat Turis Belanda Ini
Loading...
 
posted on WOW Keren
8,952 views
Ternyata Ada 4 Video Lain yang Dibuat Turis Belanda Ini

Jurnalis Belanda yang menyamar sebagai turis, Kees van der Spek (sumber: Facebook)

Denpasar - Dalam beberapa hari terakhir, Bali digemparkan ulah polisi yang meminta uang damai kepada turis asal Belanda yang melanggar lalu lintas, dan kemudian mentraktir sang turis minum bir dengan uang damai.

Ulah polisi nakal tersebut telah diunggah ke situs Youtube, dan hingga Sabtu (6/4) pagi telah ditonton sebanyak lebih 830.000 kali.

Adalah Kees van der Spek, turis asal Belanda yang ternyata berprofesi sebagai jurnalis investigasi kriminal, yang merekam peristiwa memalukan tersebut.

Selain mengunggah tayangan polisi lalu lintas yang memeras, van der Spek juga mengunggah pula peristiwa lain yang mencoreng Bali sebagai daerah tujuan wisata internasional.

Tidak tanggung-tanggung, ada empat video yang diunggah di Youtube, yang mempertontonkan secara vulgar kenakalan oknum aparat polisi, oknum petugas di bandara, dan pramuwisata.

Pada Kamis (4/4) lalu, misalnya, van der Spek mengunggah video pemerasan oleh petugas di Bandara Ngurah Rai. Video yang diberi judul “Bribes To Customs Officials Ngurah Rai Airport” tersebut berdurasi 2 menit 39 detik.

Rekaman itu diawali gambaran suasana sesaat sebelum mendarat di Bandara Internasional Ngurah Rai.

Video kemudian berlanjut menuju terminal kedatangan internasional, dan melalui proses pemeriksaan.

Saat pemeriksaan inilah, tampak terlihat tangan van der Spek sedang menggenggam sejumlah uang dan kemudian diberikan kepada petugas dengan cara jabat tangan. Sesaat setelah itu, dia bersama dua rekannya menuju mobil yang sudah menunggunya.

Dua rekaman video lain, yang juga sudah diunggah ke Youtube adalah tindakan penipuan oleh pramuwisata. Salah satunya diberi judul “Bali/fraud to tourists in Bali”. Video dengan dua tema yang sama diunggah oleh van der Spek sejak Senin (1/4) lalu bersamaan dengan video polisi yang terima suap.

Isi video tersebut menggambarkan kecurangan petugas money changer. Kecurangan itu terjadi saat turis menukarkan uangnya ke dalam pecahan rupiah. Uang yang diberikan oleh petugas money changer tidak sesuai dengan nilai yang ditukarkan.

Modusnya, oknum pramuwisata menghitung uang di hadapan turis, dan jumlahnya pas. Namun, saat diberikan, petugas mengurangi jumlah uang, dengan cara menjatuhkannya ke bawah meja.

Proses menjatuhkan ke bawah meja ini terekam secara detail. Hal yang sama juga dilakukan oleh petugas money changer di tempat lain. Keseluruhan tayangan itu berdurasi 5 menit 28 detik.

Video keempat menyoroti modus penipuan oleh pemandu wisata yang berkedok menjual paket tur berhadiah kepada van der Spek.

Menanggapi hal tersebut, Ketua Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) Bali, Ngurah Wijaya, menyayangkan penayangan video-video tersebut melalui situs Youtube.

Sebab, hal tersebut jelas mengungkap perilaku buruk oknum di Bali, dan dikhawatirkan berdampak negatif terhadap citra pariwisata di Pulau Dewata tersebut. Namun, dia mengaku belum melihat tayangan tersebut.

“Kami sudah minta berkali-kali kepada pemerintah untuk melakukan sweeping terhadap money changer yang tidak punya izin. Usaha yang tidak punya izin ini berpotensi untuk melakukan kecurangan,” tegasnya.

Trending Now
10 Merk Makanan KW yang Bikin Gagal Paham. Kocak Banget!

10 Merk Makanan KW yang Bikin Gagal Paham. Kocak Banget!

Nggak bisa dipungkiri jika merek suatu produk memang sangat berpengaruh terhadap penjualan. Makanya nggak heran banyak sekali merek terkenal
2,007 views 0 shares
14 Meme Foto "Jangan Remehkan Emak Berdaster" Yang Lagi Trending Di Indonesia

14 Meme Foto "Jangan Remehkan Emak Berdaster" Yang Lagi Trending Di Indonesia

Beberapa waktu lalu sempat heboh & trending soal mannequin challenge, tapi ternyata kreatifitas Netizen tidak berhenti disitu , hanyak sela
69,442 views 2,995 shares
17 Gambar Korban Iklan, Kenyataan vs Ekspektasi

17 Gambar Korban Iklan, Kenyataan vs Ekspektasi

Iklan memang terlihat tampak Indah, lezat dan menggoda. Tapi dibalik keindahan iklan itu sendiri jauh banget kenyataan dibanding Ekspektasin
726,502 views 12,109 shares
10 Gambar Pada Spanduk Jualan yang Bikin Gagal Paham

10 Gambar Pada Spanduk Jualan yang Bikin Gagal Paham

Spanduk menjadi salah satu media yang sering digunakan untuk mempromosikan barang yang dijual oleh pedagang. Biasanya spanduk ini berisi fot
916 views 0 shares
Hasil CROP Foto yang Mengubah Segalanya, Siap Siap Kagum Deh Lihatnya

Hasil "CROP" Foto yang Mengubah Segalanya, Siap Siap Kagum Deh Lihatnya

Semakin banyaknya penggunaan sosial media, semakin banyak orang mengupload foto biasanya mereka memilih fotonya diedit, crop, filter agar t
754,375 views 5,627 shares
12 Fakta Tentang Belanja Online yang Bisa Bikin Kamu Geregetan

12 Fakta Tentang Belanja Online yang Bisa Bikin Kamu Geregetan

Tekhnologi yang semakin maju di era sekarang bisa bikin semuanya serba instan. Pesan makan dengan online dan dikirim dengan ojek online juga
768,518 views 49,701 shares
10 Chat Dengan Cewek Matre yang Endingnya Greget Banget

10 Chat Dengan Cewek Matre yang Endingnya Greget Banget

Setiap pria pasti memiliki kriteria sendiri untuk menjadikan seorang wanita sebagai pasangannya. Salah satunya, mereka nggak ingin punya pas
1,749 views 0 shares
10 Status Facebook Salah Paham Ini Bikin Tepuk Jidat

10 Status Facebook Salah Paham Ini Bikin Tepuk Jidat

Sebagai manusia, kesalahpahaman adalah hal yang biasa. Biasanya hal ini terjadi karena miskomunikasi ketika melihat atau ngobrolin sesuatu.
162,053 views 0 shares
10 Kelakuan Absurd Para Tukang yang Bikin Ngakak

10 Kelakuan Absurd Para Tukang yang Bikin Ngakak

Jika kamu familiar dengan ungkapan kuproy atau kepanjangannya yaitu kuli proyek, belakangan ungkapan ini menjadi goyonan di media sosial, ka
1,883 views 0 shares
[11 Gambar Lucu] Model Busana Wanita Masa Kini

[11 Gambar Lucu] Model Busana Wanita Masa Kini

Indonesia memiliki selera berbusana yang cukup unik terutama pada wanitanya. Mereka menggabungkan berbagai selera berbusana dari berbagai co
771,817 views 17,869 shares