Ternyata Ada 4 Video Lain yang Dibuat Turis Belanda Ini
Loading...
 
posted on WOW Keren
8,969 views
Ternyata Ada 4 Video Lain yang Dibuat Turis Belanda Ini

Jurnalis Belanda yang menyamar sebagai turis, Kees van der Spek (sumber: Facebook)

Denpasar - Dalam beberapa hari terakhir, Bali digemparkan ulah polisi yang meminta uang damai kepada turis asal Belanda yang melanggar lalu lintas, dan kemudian mentraktir sang turis minum bir dengan uang damai.

Ulah polisi nakal tersebut telah diunggah ke situs Youtube, dan hingga Sabtu (6/4) pagi telah ditonton sebanyak lebih 830.000 kali.

Adalah Kees van der Spek, turis asal Belanda yang ternyata berprofesi sebagai jurnalis investigasi kriminal, yang merekam peristiwa memalukan tersebut.

Selain mengunggah tayangan polisi lalu lintas yang memeras, van der Spek juga mengunggah pula peristiwa lain yang mencoreng Bali sebagai daerah tujuan wisata internasional.

Tidak tanggung-tanggung, ada empat video yang diunggah di Youtube, yang mempertontonkan secara vulgar kenakalan oknum aparat polisi, oknum petugas di bandara, dan pramuwisata.

Pada Kamis (4/4) lalu, misalnya, van der Spek mengunggah video pemerasan oleh petugas di Bandara Ngurah Rai. Video yang diberi judul “Bribes To Customs Officials Ngurah Rai Airport” tersebut berdurasi 2 menit 39 detik.

Rekaman itu diawali gambaran suasana sesaat sebelum mendarat di Bandara Internasional Ngurah Rai.

Video kemudian berlanjut menuju terminal kedatangan internasional, dan melalui proses pemeriksaan.

Saat pemeriksaan inilah, tampak terlihat tangan van der Spek sedang menggenggam sejumlah uang dan kemudian diberikan kepada petugas dengan cara jabat tangan. Sesaat setelah itu, dia bersama dua rekannya menuju mobil yang sudah menunggunya.

Dua rekaman video lain, yang juga sudah diunggah ke Youtube adalah tindakan penipuan oleh pramuwisata. Salah satunya diberi judul “Bali/fraud to tourists in Bali”. Video dengan dua tema yang sama diunggah oleh van der Spek sejak Senin (1/4) lalu bersamaan dengan video polisi yang terima suap.

Isi video tersebut menggambarkan kecurangan petugas money changer. Kecurangan itu terjadi saat turis menukarkan uangnya ke dalam pecahan rupiah. Uang yang diberikan oleh petugas money changer tidak sesuai dengan nilai yang ditukarkan.

Modusnya, oknum pramuwisata menghitung uang di hadapan turis, dan jumlahnya pas. Namun, saat diberikan, petugas mengurangi jumlah uang, dengan cara menjatuhkannya ke bawah meja.

Proses menjatuhkan ke bawah meja ini terekam secara detail. Hal yang sama juga dilakukan oleh petugas money changer di tempat lain. Keseluruhan tayangan itu berdurasi 5 menit 28 detik.

Video keempat menyoroti modus penipuan oleh pemandu wisata yang berkedok menjual paket tur berhadiah kepada van der Spek.

Menanggapi hal tersebut, Ketua Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) Bali, Ngurah Wijaya, menyayangkan penayangan video-video tersebut melalui situs Youtube.

Sebab, hal tersebut jelas mengungkap perilaku buruk oknum di Bali, dan dikhawatirkan berdampak negatif terhadap citra pariwisata di Pulau Dewata tersebut. Namun, dia mengaku belum melihat tayangan tersebut.

“Kami sudah minta berkali-kali kepada pemerintah untuk melakukan sweeping terhadap money changer yang tidak punya izin. Usaha yang tidak punya izin ini berpotensi untuk melakukan kecurangan,” tegasnya.

Trending Now
10 Orang Terjebak di Tempat Umum yang Lucu tapi Kasihan

10 Orang Terjebak di Tempat Umum yang Lucu tapi Kasihan

Saat menjalankan aktivitas sehari-hari, sering kali kita mengalami kesialan. Entah karena keteledoran, atau memang datang dengan sendirinya.
2,767 views 0 shares
10 Foto Penumpang Ojol yang Super Nyeleneh

10 Foto Penumpang Ojol yang Super Nyeleneh

Hari gini disaat kita membutuhkan sesuatu seperti pergi ke suatu tempat atau mengantar barang, tapi nggak ada yang bisa mengantar, hal utama
3,255 views 0 shares
10 Kelakuan Kocak Netizen +62 Saat Cari Jodoh di Medsos

10 Kelakuan Kocak Netizen +62 Saat Cari Jodoh di Medsos

Jaman sekarang apa sih yang gak diposting di media sosial, segala macam masalah, pengalaman, keluh kesah dan apa aja yang ada dipikiran neti
557,125 views 0 shares
Kumpulan Meme GERHANA MATAHARI TOTAL Yang Bisa Membuatmu Terhibur

Kumpulan Meme GERHANA MATAHARI TOTAL Yang Bisa Membuatmu Terhibur

Banyak yang menantikan tanggal 9 maret, untuk apa ? untuk menyaksikan fenomena yang langka terjadi, yaitu gerhana matahari total, yang bisa
71,653 views 496 shares
10 Tulisan Spanduk Jualan yang Bikin Cekikikan

10 Tulisan Spanduk Jualan yang Bikin Cekikikan

Spanduk biasa digunakan oleh seseorang untuk menulis peringatan atau himbauan. Namun bagi beberapa pedagang spanduk biasa digunakan untuk me
4,497 views 0 shares
9 Kejadian Kocak yang Pernah Terjadi Saat Memesan Ojol

9 Kejadian Kocak yang Pernah Terjadi Saat Memesan Ojol

Walaupun waktu nggak bisa diulang lagi, tapi kita bisa mengingat semua kejadian yang pernah kita alami. Mulai dari kejadian yang menyenangka
1,937 views 0 shares
10 Fungsi Lain Dari Magic Com yang Bikin Nggak Habis Pikir

10 Fungsi Lain Dari Magic Com yang Bikin Nggak Habis Pikir

Nggak bisa dipungkiri jika berkat adanya teknologi hampir semua hal menjadi lebih mudah. Salah satunya adalah menanak nasi. Jika zaman dulu
5,786 views 0 shares
10 Potret Kunci Pengamanan yang Nggak Punya Faedah Untuk Dipasang

10 Potret Kunci Pengamanan yang Nggak Punya Faedah Untuk Dipasang

Sangat wajar jika seseorang menyimpan barang yang ia punya dengan pengamanan ekstra agar terhindar dari pencurian. Nggak cuma mobil atau mot
80,237 views 171 shares
10 Nama Jalan Di Google Map yang Bikin Penasaran

10 Nama Jalan Di Google Map yang Bikin Penasaran

Jaman dulu memang berbeda dengan jaman sekarang yang semuanya jauh lebih mudah. Kalau zaman dulu ketika kita ingin menuju tempat yang enggak
1,436 views 0 shares
9 Chat Typo Antara Penjual dan Pembeli yang Bikin Bingung

9 Chat Typo Antara Penjual dan Pembeli yang Bikin Bingung

Smartphone membuat kita bisa terhubung dengan siapapun. Enggak cuma telepon atau video call aja, tetapi juga bisa melalui chatting. Bahkan k
4,253 views 0 shares