Ini Dia beberapa Gejala Kanker yang Tak Disadari Pria
Loading...
 
posted on WOW Keren
3,059 views
Ini Dia beberapa Gejala Kanker yang Tak Disadari Pria

Gejala kanker sulit diidentifikasi secara mandiri karena biasanya tanda-tanda ini juga dapat dikaitkan dengan masalah kesehatan lainnya. Lebih sulit lagi jika gejala kanker ini dimiliki pria.

Pasalnya dibandingkan wanita, pria diketahui lebih malas ke dokter untuk berkonsultasi, apalagi melakukan screening kanker.
Padahal penting bagi pria dan wanita penderita kanker untuk mengetahui perubahan tertentu pada tubuhnya yang bisa saja mengindikasikan kanker. Untuk itu simak 8 gejala kanker yang sering diabaikan pria seperti dikutip dari Emaxhealth, Jumat (19/4/2013) berikut ini.

1. Perubahan pada payudara
Tak banyak pria yang mengidap kanker payudara tapi bukan berarti pria tak berisiko mengalaminya. Bahkan National Cancer Institute, AS memperkirakan pada tahun 2013 akan ada lebih dari 2.200 pria yang mengidap kanker yang umumnya diderita wanita ini.
Perubahan pada payudara yang dapat mengindikasikan kanker payudara pada pria diantaranya kerutan atau cekungan pada payudara, puting masuk ke dalam, benjolan di payudara, kulit payudara atau puting yang memerah serta puting mengelupas.

2. Ukuran dan berat testis berubah
Apakah testis Anda mendadak terasa berat atau ukurannya berubah? Bisa jadi itu kanker. Kanker testis biasanya menyerang pria berusia 20-39 tahun tapi kalaupun usia Anda lebih dari itu dan Anda masih menemui gejala yang dimaksud, jangan ragu-ragu untuk berkonsultasi dengan dokter.

3. Berat badan turun secara mendadak
Jika bukan karena mengikuti program diet tapi Anda mengalami penurunan berat badan secara mendadak, katakanlah 10 persen dari berat badan Anda hanya dalam kurun waktu 3-6 bulan, maka kondisi itu patut dikhawatirkan.

4. Perubahan kelenjar getah bening
Karena ada lebih dari 500-an kelenjar getah bening di dalam tubuh, mungkin Anda tak perlu mengeceknya satu-persatu. Tapi secara rutin Anda perlu memeriksa apakah kelenjar getah bening di ketiak, leher dan alat kelamin Anda membengkak atau tumbuh melebihi ukuran normal. Jika iya, bisa jadi itu adalah gejala sebuah infeksi ataupun kanker.

5. Demam yang tak diketahui sebabnya
Jika suatu ketika Anda merasa tahu-tahu terserang demam dan demam itu tak kunjung hilang, inilah saatnya mengecek apa yang terjadi pada tubuh Anda. Demam sendiri sebenarnya merupakan salah satu cara tubuh untuk melawan infeksi, apalagi jika demamnya tak dapat diketahui asal-usulnya karena bisa jadi hal ini mengindikasikan kanker.

6. Isi rongga mulut berubah
Buka mulut Anda lebar-lebar dan katakan 'ahh' di depan cermin. Jika Anda melihat noda putih di lidah atau luka di mulut yang tak kunjung sembuh, bisa jadi itu adalah pertanda adanya kanker.
Apalagi jika gejala-gejala itu muncul setelah Anda banyak merokok atau mengunyah tembakau karena Anda berisiko terkena kanker mulut. Untuk itu berbagai perubahan di dalam mulut harus diperiksa oleh dokter gigi atau dokter pribadi Anda.

7. Kelelahan
Sesekali kecapekan adalah hal biasa, tapi jika seseorang terus-menerus mengalami kecapekan dan tak kunjung membaik, bahkan ketika menambah jam istirahatnya atau istirahat total dalam sehari, bisa jadi ini adalah indikasi awal untuk beberapa jenis kanker tertentu seperti kanker pada perut, usus atau kanker darah (leukemia).
Apalagi laporan terbaru dari Cancer Research UK menyatakan bahwa jumlah kasus kanker usus pada pria meningkat hingga 25 persen dalam kurun 35 tahun belakangan, padahal jumlah kasus kanker usus pada wanita hanya naik 6 persen.

8. Gangguan buang air kecil
Setiap pria pasti mengalami gangguan buang air kecil, apalagi jika usianya telah bertambah. Semakin tua usia seorang pria, mereka juga akan mudah kebelet pipis, memiliki aliran urin yang lemah serta kebutuhan untuk buang air kecil lebih banyak, baik di siang dan malam hari.
Meski sejumlah gejala ini seringkali diindikasikan sebagai kondisi non-kanker seperti pembesaran prostat, tak ada salahnya Anda berbicara pada dokter atau meminta screening untuk kanker prostat. Toh pemeriksaannya mudah dan tak makan banyak waktu.
(detik/19/4/13)

Trending Now
Saat Wanita Rela Melakukan Pekerjaan Berat Demi Pasangannya (10 foto)

Saat Wanita Rela Melakukan Pekerjaan Berat Demi Pasangannya (10 foto)

Demi cinta, semua orang rela melakukan pengorbanan apapun untuk pasangannya. Mereka cenderung tidak ingin pasangannya sedih bahkan terluka.
62,608 views 5,167 shares
10 Status Gagal Masak yang Bikin Kasihan Tapi Lucu

10 Status Gagal Masak yang Bikin Kasihan Tapi Lucu

Semua orang bisa makan, tapi nggak semua orang bisa memasak dan membuat makanan yang lezat. Berbicara tentang makanan, pasti nggak lepas dar
6,232 views 0 shares
10 Pesan yang Ditujukan Untuk Tamu Pernikahan Ini Lucu Banget

10 Pesan yang Ditujukan Untuk Tamu Pernikahan Ini Lucu Banget

Setiap orang sudah memiliki pasangan, pasti ingin hubungannya berlanjut ke bahtera pernikahan. Bagi orang Indonesia sendiri, pernikahan buka
12,007 views 0 shares
10 Gaya Kocak Nyeleneh Ibu-ibu Waktu Naik Sepeda Motor

10 Gaya Kocak Nyeleneh Ibu-ibu Waktu Naik Sepeda Motor

Kendaraan saat ini sudah tidak bisa lagi dibilang sebagai kebutuhan sekunder, karena tanpa sebuah kendaraan mobilitas manusia akan susah. Se
13,526 views 0 shares
10 Potret Jalan Kecil yang Bikin Kita Keheranan

10 Potret Jalan Kecil yang Bikin Kita Keheranan

Bagi kamu yang tinggal di pemukiman padat penduduk pasti nggak asing dengan jalanan yang sempit atau kecil. Biasanya jalanan ini hanya bisa
5,532 views 0 shares
10 Kelakuan Berbahaya Pengendara Motor di Palang Pintu Kereta

10 Kelakuan Berbahaya Pengendara Motor di Palang Pintu Kereta

Kereta api adalah salah moda transportasi yang ada di Indonesia. Menurut Undang-Undang, kereta api memiliki jalan sendiri sehingga harus mel
14,665 views 0 shares
10 Kehadian Tak Terduga Saat Memasak Ini Bikin Kaget

10 Kehadian Tak Terduga Saat Memasak Ini Bikin Kaget

Semua orang bisa makan, tapi nggak semua orang bisa memasak dengan enak. Tapi sebenarnya yang namanya rasa makanan itu relatif, jadi nggak s
4,942 views 0 shares
10 Poster Tukang Khitan Ini Bikin Anak-Anak Gagal Takut

10 Poster Tukang Khitan Ini Bikin Anak-Anak Gagal Takut

Selain kewajiban bagi para laki-laki yang memasuki akil baligh, khitan juga bisa dilakukan dengan alasan kesehatan. Kalau jaman dulu khitan
7,550 views 0 shares
MENAKJUBKAN! Angkutan Umum Indonesia Juga Bisa Keren Dan Mewah!

MENAKJUBKAN! Angkutan Umum Indonesia Juga Bisa Keren Dan Mewah!

Pulsker, kalau selama ini kamu berpikir cuman angkutan umum di luar negeri yang bisa bagus, siap-siap melongo deh. Angkutan umum Indonesia,
227,726 views 9,337 shares