bangunan-bangunan yang selamat dari bencana
Loading...
 
posted on WOW Keren
3,623 views
bangunan-bangunan yang selamat dari bencana

Manusia tidak dapat memprediksi kapan bencana terjadi. Gempa bumi, kebakaran, tanah longsor, tsunami, semua dapat terjadi sewaktu-waktu tanpa sepengetahuan manusia.

Sejumlah kerusakan dan korban jiwa pun tidak dapat terelakkan.
Namun di tengah duka yang menyelimuti akibat bencana, Tuhan YME selalu memberikan keajaiban. Beberapa bangunan dibiarkan tetap kokoh berdiri sementara bangunan di sekitarnya luluh lantak akibat bencana yang melanda. Sungguh Tuhan Maha Baik.


1. The George Pub, London

Minggu, 2 September 1666 menjadi hari yang tidak terlupakan bagi sebagian warga London. Berawal dari kebakaran di toko roti milik Thomas Farriiner di Pudding Lane, api dengan cepat menyebar hingga bagian barat kota London dan musibah ini terus berlangsung hingga tiga hari kemudian, Rabu, 5 September 1666.
Musibah ini menghanguskan 13.200 rumah dan menewaskan sekitar 100.000 jiwa atau sekitar seperenam jumlah penduduk London saat itu. Di tengah dahsayatnya kobaran api yang menghanguskan London saat itu, The George Pub, sebuah pub yang terletak di Fleet Street ternyata masih kokoh berdiri. Bangunan yang terbuat dari kayu ini kini menjadi salah satu obyek wisata bersejarah yang banyak dikunjungi di London.

2. Palace Hotel - Lotta's Fountain, San Fransisco


Berawal dari gempa hebat yang terjadi di San Fransisco pada 18 April 1906, sebagian infrastruktur kota San Fransisco ikut lumpuh dan menyebabkan kebakaran di beberapa tempat. Salah satunya adalah Palace Hotel yang berada di dekat salah satu landmark kota San Fransisco, Lotta's Fountain. Meski sempat hangus terkena kobaran api, namun hotel ini masih berdiri tegak dan menjadi tempat berlindung para warga.
Palace Hotel saat peristiwa kebakaran di San Fransisco tahun 1906
Saat ini, Palace Hotel tidak mengalami banyak perubahan. Hotel ini masih menjadi tempat menginap favorit bagi para wisatawan yang berkunjung ke San Fransisco.

3. St. Michael's Church Chicago


Bisa dikatakan bahwa musibah kebakaran yang terjadi di Chicago pada 8 Oktober 1871 adalah salah satu musibah terbesar yang pernah terjadi di Chicago. Peristiwa ini berlangsung mulai Minggu, 8 Oktober 1871 dan berakhir pada Selasa, 10 Oktober 1871. Sekitar 9 km persegi kota Chicago hangus terbakar tanpa penyebab yang jelas.
St. Michael's Church adalah salah satu bangunan yang selamat dari kebakaran Chicago. Bangunan yang didirikan sejak tahun 1852 ini sempat rusak parah akibat jilatan api, namun keseluruhan bangunan berhasil diselamatkan.

4. Masjid Raya Baiturrahman Aceh


Masjid Raya Baiturrahman menjadi saksi bisu musibah tsunami Aceh yang terjadi pada tahun 2004. Setelah diguncang gempa berskala 9 Richter, warga Aceh dikejutkan dengan bencana tsunami yang melumpuhkan kota Aceh dan menewaskan sekitar 230.000 warganya.
Namun di tengah bencana tersebut, Masjid Raya Baiturrahman tetap kokoh berdiri dan menjadi tempat berlindung bagi warga sekitar. Air yang masuk ke dalam perairan masjid pun seketika memiliki arus yang lebih tenang dibanding dengan air yang berada di luar masjid.

5. Masjid Kobe, Jepang

Masjid Kobe merupakan bangunan yang sangat penting bagi warga muslim di Jepang. Masjid yang mulai diresmikan sejak tahun 1935 ini merupakan masjid pertama yang dibangun di Jepang. Masjid ini dibangun dengan gaya Turki oleh arsitek kenamaan, Jan Josef Svgar yang juga mendesain beberapa tempat ibadah di Jepang.
Namun keistimewaan Masjid Kobe tidak hanya itu. Masjid ini adalah salah satu bangunan yang masih kokoh bertahan setelah mengalami beberapa bencana besar di Jepang.
Bencana pertama adalah peristiwa jatuhnya bom atom pada Perang Dunia II di tahun 1945.Meski kota Hiroshima dan Nagasaki yang menjadi tujuan pengeboman oleh Amerika Serikat, namun kota Kobe yang tidak jauh dari lokasi pengeboman juga ikut rata dengan tanah. Saat peristiwa tersebut terjadi, Masjid Kobe hanya mengalami keretakan pada dinding luar dan semua kaca jendelanya pecah.
Musibah kedua yang dialami oleh Masjid Kobe terjadi pada tahun 1995. Saat itu Jepang mengalami gempa Hanshin-Awaji yang menelan korban hingga 140.000 jiwa. Namun lagi-lagi, Masjid Kobe tetap berdiri kokoh dan tidak tergoyahkan.

6. Masjid Golcuk, Turki

http://www.Indojamtangan.com
Tahun 1999, Turki diguncang gempa dahsyat yang menewaskan lebih dari 40.000 jiwa dan hampir 44.000 jiwa terluka. Ajaibnya, sebuah masjid di daerah Golcuk masih berdiri tegak lengkap dengan menaranya. Sebuah bangunan di samping masjid tersebut juga masih kokoh berdiri.

7. Masjid Al Fatihah, Haiti

http://www.unikgaul.com
Masjid Al Fatihah yang berada di Haiti menjadi tempat berlindung warga sekitar ketika gempa besar terjadi di Haiti pada tahun 2010. Saat itu, hampir seluruh bangunan penting di Haiti termasuk istana kepresidenan dan gedung-gedung pemerintahan rusak parah, sementara Masjid Al Fatihah masih berdiri kokoh dan hanya mengalami keretakan di dinding luarnya.

like fans pages kami di https://www.facebook.com/pages/Info_X/221889127839930
1 like anda nsagta berarti untuk kami

Trending Now
15 Foto Editan Gagal #RIPPhotoshop Ini Bakalan Bikin Kamu Nyengir!

15 Foto Editan Gagal #RIPPhotoshop Ini Bakalan Bikin Kamu Nyengir!

Semua orang pasti menginginkan hasil gambar yang diambil lebih bagus dari aslinya. Sehingga kebanyakan orang memilih untuk mengedit fotonya
207,553 views 6,160 shares
8 Kelakuan Orang yang Sedang Berkendara Ini Bikin Nggak Habis Pikir

8 Kelakuan Orang yang Sedang Berkendara Ini Bikin Nggak Habis Pikir

Baru-baru ada peraturan lalu lintas yang baru diresmikan yaitu pengguna kendaraan dilarang merokok sambil berkendara. Karena bukan hanya men
2,363 views 2 shares
Ingin Meniru Gambar Di Internet, 10 Kue Ini Bentuknya Malah Buruk Rupa

Ingin Meniru Gambar Di Internet, 10 Kue Ini Bentuknya Malah Buruk Rupa

Internet merupakan sumber luar biasa untuk orang-orang kreatif. Kamu bisa mendapatkan inspirasi dari semua jenis seni seperti fotografi, des
12,852 views 821 shares
20 Foto Sekitar Yang Bikin Hati Kita Merasa Bahagia & Puas Melihatnya

20 Foto Sekitar Yang Bikin Hati Kita Merasa Bahagia & Puas Melihatnya

Mungkin ungkapan "Bahagia itu Sederhana" terkadang ada benarnya juga bagi sebagian orang, terbukti saat melihat barang barang yang ada disek
54,291 views 0 shares
20 Lucu-lucuan dengan Realita Anak Jaman Sekarang

20 Lucu-lucuan dengan Realita Anak Jaman Sekarang

Ada banyak perilaku yang dilakukan oleh anak-anak jaman sekarang terutama dalam pergaulannya. Kadang perilaku itu cukup menggelitik karena t
319,266 views 7,345 shares
10 Seleb Hollywood Yang Dulu Cupu Tapi Sekarang Jadi Pusat Perhatian

10 Seleb Hollywood Yang Dulu Cupu Tapi Sekarang Jadi Pusat Perhatian

Kita emang nggak pernah tahu masa depan seseorang, begitu juga dengan masa depanmu. Mungkin bisa aja hari ini kamu mengalami masalah dalam p
271,217 views 13,022 shares
11 Potret Kelakuan Orang Yang "Mempersulit Diri Sendiri", Gagal Paham Lihatnya!

11 Potret Kelakuan Orang Yang "Mempersulit Diri Sendiri", Gagal Paham Lihatnya!

Manusia setiap hari terus memikirkan tentang bagaimana teknologi dan inovasi bisa mempermudah aktifitas kehidupan sehari hari, mengatasi kes
8,334 views 0 shares
24 Pemain Film dan Tokoh Asli yang Diperankan, Mana yang Paling Mirip?

24 Pemain Film dan Tokoh Asli yang Diperankan, Mana yang Paling Mirip?

Dalam memilih artis untuk memainkan seorang karakter memang susah susah gampang loh Pulsker. Apalagi kalau filmnya berasal dari kejadian ny
351,457 views 7,815 shares
10 Chat Salah Kirim Gambar yang Endingnya Bikin Nyengir

10 Chat Salah Kirim Gambar yang Endingnya Bikin Nyengir

Kemjuan teknologi saat ini memang sangat memudahkan kehidupan kita. Karena hanya dengan bermodalkan koneksi internet dan menekan tombol, kit
16,097 views 0 shares
13 Foto Pencopet Ketika Melakukan Aksinya

13 Foto Pencopet Ketika Melakukan Aksinya

Mau tau ekspresi pencopet lagi beraksi, Pulsker? Ini dia foto anak kecil di China, yang lagi mau nyopet. Sepertinya yang dibelakangnya adala
369,914 views 4,298 shares