Siswa Kini Bisa Mengintip Isi Alam Semesta
Loading...
 
posted on
511 views
Siswa Kini Bisa Mengintip Isi Alam Semesta

Selama ini, media pembelajaran ruang angkasa hanya melalui gambar statis. Hal ini menjadikan imajinasi siswa tentang alam semesta relatif terbatas.

Tapi, kini siswa dan guru dapat memanfaatkan fasilitas perangkat lunak Wahana Jelajah Angkasa (World Wide Telescope), yang menawarkan tampilan visualisasi yang lebih hidup dan lengkap mengenai alam semesta.

Dengan peranti tersebut, siapa pun bisa mengeksplorasi data teleskop kelas tinggi pada perangkat komputer tanpa perlu ke laboratorium ruang angkasa khusus, seperti Boscha.

Hari ini, Rabu 13 Maret 2013, Microsoft bersama Kemendikbud meresmikan wahana tersebut.

Asyiknya, peranti lunak ini diintegrasikan dengan portal pendidikan besutan kemendikbud, Rumah Belajar Kemdikbud.

Sehingga, tidak hanya guru dan siswa, Anda pun bisa mengeksplorasi isi alam semesta tanpa perlu merogoh kocek dalam-dalam untuk membeli teleskop yang mahal.

"Dengan wahana ini, anak didik punya bayangan secara lebih detail tentang bentuk alam semesta secara visual dan utuh, tidak hanya sekadar gambar statis saja," jelas Ari Santoso, Kepala Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan Kemendikbud di Pustekom Kemendikbud, Tangerang, Banten.

Konten-konten pada portal terintegrasi tersebut dapat diakses kapanpun dan di manapun secara cuma-cuma. Modalnya sederhana, hanya koneksi Internet.

Dengan demikian, kata Ari, Wahana Jelajah Angkasa dapat mengurangi kesenjangan layanan pendidikan bagi seluruh siswa maupun guru di seluruh Indonesia.

Konten istimewa

Peranti lunak ini bukan hanya peranti pada umumnya. Data yang terdapat di dalamnya berasal dari 50 juta pencitraan luar angkasa milik badan antariksa Amerika Serikat (NASA).

"Foto dalam peranti ini berisi repositori NASA dari tahun ke tahun sejak data tahun 1970 (teleskop Hubble), dan dapat dilihat selama 24 jam," tambah Andreas Diantoro, President Director Microsoft Indonesia.

"Data yang terdapat dalam portal ini juga sangat dinamis sesuai dengan data NASA yang dapat dipublikasikan," tandasnya.

Ketika mengakses data ini, kata Andreas, pengguna di Indonesia diberikan akses langsung ke data center Microsoft Research. Pusat data inilah yang mengumpulkan data dari NASA tersebut.

Konten yang terdapat di dalamnya cukup kaya dan variatif, mulai dari teks, gambar, suara, video, animasi sampai simulasi. "Juga dilengkapi dengan Wikipedia Indonesia, untuk memberikan keterangan lebih detail tentang suatu hal," ujar Andreas.

"Dan, Indonesia adalah negara pertama di dunia yang mengadopsi teknologi ini," ucap Andreas bangga.

Wahana Jelajah Angkasa tidak terbatas pada browser tertentu saja. Microsoft tetap mengizinkan pengguna mengakses melalui semua browser, seperti Firefox, Chrome, Opera, dan lainnya.

Syaratnya, browser tersebut sudah mengistal Microsoft Silverlight. Jika belum, Anda bisa mengunduhnya terlebih dahulu melalui tautan ini.

Pengguna yang ingin mendalami konten pada portal Rumah Belajar juga diberikan fasilitas e-mail gratis dengan domian @guruku.my.id untuk kalangan guru dan @siswa.my.id untuk siswa-siswi.

Sebelum memanfaatkan portal ini, baik siswa, guru, ataupun pengguna perlu registrasi terlebih dahulu. Tujuannya untuk yaitu memudahkan monitor statistik pengguna. Selamat mencoba!

Trending Now
Saat Wanita Rela Melakukan Pekerjaan Berat Demi Pasangannya (10 foto)

Saat Wanita Rela Melakukan Pekerjaan Berat Demi Pasangannya (10 foto)

Demi cinta, semua orang rela melakukan pengorbanan apapun untuk pasangannya. Mereka cenderung tidak ingin pasangannya sedih bahkan terluka.
61,136 views 5,167 shares
10 Status Gagal Masak yang Bikin Kasihan Tapi Lucu

10 Status Gagal Masak yang Bikin Kasihan Tapi Lucu

Semua orang bisa makan, tapi nggak semua orang bisa memasak dan membuat makanan yang lezat. Berbicara tentang makanan, pasti nggak lepas dar
5,206 views 0 shares
10 Pesan yang Ditujukan Untuk Tamu Pernikahan Ini Lucu Banget

10 Pesan yang Ditujukan Untuk Tamu Pernikahan Ini Lucu Banget

Setiap orang sudah memiliki pasangan, pasti ingin hubungannya berlanjut ke bahtera pernikahan. Bagi orang Indonesia sendiri, pernikahan buka
11,098 views 0 shares
10 Gaya Kocak Nyeleneh Ibu-ibu Waktu Naik Sepeda Motor

10 Gaya Kocak Nyeleneh Ibu-ibu Waktu Naik Sepeda Motor

Kendaraan saat ini sudah tidak bisa lagi dibilang sebagai kebutuhan sekunder, karena tanpa sebuah kendaraan mobilitas manusia akan susah. Se
12,834 views 0 shares
10 Potret Jalan Kecil yang Bikin Kita Keheranan

10 Potret Jalan Kecil yang Bikin Kita Keheranan

Bagi kamu yang tinggal di pemukiman padat penduduk pasti nggak asing dengan jalanan yang sempit atau kecil. Biasanya jalanan ini hanya bisa
4,575 views 0 shares
10 Kelakuan Berbahaya Pengendara Motor di Palang Pintu Kereta

10 Kelakuan Berbahaya Pengendara Motor di Palang Pintu Kereta

Kereta api adalah salah moda transportasi yang ada di Indonesia. Menurut Undang-Undang, kereta api memiliki jalan sendiri sehingga harus mel
13,799 views 0 shares
10 Kehadian Tak Terduga Saat Memasak Ini Bikin Kaget

10 Kehadian Tak Terduga Saat Memasak Ini Bikin Kaget

Semua orang bisa makan, tapi nggak semua orang bisa memasak dengan enak. Tapi sebenarnya yang namanya rasa makanan itu relatif, jadi nggak s
4,201 views 0 shares
10 Poster Tukang Khitan Ini Bikin Anak-Anak Gagal Takut

10 Poster Tukang Khitan Ini Bikin Anak-Anak Gagal Takut

Selain kewajiban bagi para laki-laki yang memasuki akil baligh, khitan juga bisa dilakukan dengan alasan kesehatan. Kalau jaman dulu khitan
6,719 views 0 shares
MENAKJUBKAN! Angkutan Umum Indonesia Juga Bisa Keren Dan Mewah!

MENAKJUBKAN! Angkutan Umum Indonesia Juga Bisa Keren Dan Mewah!

Pulsker, kalau selama ini kamu berpikir cuman angkutan umum di luar negeri yang bisa bagus, siap-siap melongo deh. Angkutan umum Indonesia,
227,077 views 9,337 shares