Permainan Indoor Klasik yang (Mungkin) Gak Dikenal Anak Jaman Sekarang
Loading...
 
posted on WOW Keren
9,037 views
Permainan Indoor Klasik yang (Mungkin) Gak Dikenal Anak Jaman Sekarang

Halo teman-teman. Kali ini MBDC mau ngajak kamu untuk kembali bernostalgia, karena sesungguhnya mengenang masa lalu yang indah lebih menyenangkan daripada memikirkan masalah masa kini apalagi masa depan.

Kalo kemaren-kemaren kita udah nostalgia dengan tontonan-tontonan masa kecil, jajanan, komik dan juga lagu-lagu, kali ini kita mau ngebahas tentang permainan indoor (board game) klasik yang dulu menemani kita di masa kanak-kanak, sebelum digeser oleh video game, acara TV yang makin macem-macem dan gak jelas, iPod, iPad dan i-i-an yang lainnya, yang dinikmati oleh anak-anak sekarang.

Mungkin anak-anak sekarang gak kenal sama mainan-mainan ini. Kasian.

Yuk langsung mulai aja.
1. Ular Tangga

Mainan yang sangat simpel dan menyenangkan. Tujuannya adalah jalanin koin/pion kamu dari kotak nomer 1 sampe ke kotak nomer 100. Kalo ketemu tangga, kamu bisa langsung skip ke kotak ujung tangganya. Tapi kalo kamu kena kepala uler, berarti kamu musti turun ke kotak ekor uler. Simpel kan? Tapi pas dimainin sih seru, soalnya bisa aja temen kamu udah unggul jauh, tiba-tiba kena uler gede dan mundur jauh, sementara kamu ngebut karena dapet tangga terus.
2. Damdas ( Checkers )

Ini mainan kalo sama bule sih disebutnya Checkers, tapi kalo bahasa Indonesianya (kalo gak salah) Damdas. Cara mainnya mirip-mirip sama catur, yaitu bikin lawan kalah karena gak bisa gerak lagi, atau semua pionnya udah abis kamu makan. Cara jalanin pionnya adalah diagonal, ngikutin kotak yang waranya sama, atau bisa juga kamu sambil "ngelompatin" pion lawan dan sekalian makan pionnya itu. Kalo jago, kamu bisa "ngelompatin" beberapa pion lawan dalam satu giliran.
3. Halma

Kalo halma, tujuannya adalah mindahin semua pion kamu ke kandang yang satunya lagi. Misalnya pion kamu merah, kamu musti mindahin semua pion dari kandang merah tempat kamu mulai, ke merah yang ada di seberang kamu. Siapa yang bisa duluan mindahin semua pionnya, dia yang menang. Setiap giliran, kamu boleh majuin satu pion satu langkah. Waktu awal-awal emang gak seru sih, cuma maju dikit-dikit, tapi kalo pion-pionnya udah banyak yang keluar, kamu bisa loncat-loncat juga, kayak main damdas. Tapi disini bedanya gak ada makan pion lawan.
4. Ludo

Ludo juga tujuan mainnya mirip sama halma, yaitu kamu musti mindahin pion kamu ke kandangnya. Tapi ludo mainnya pake dadu dan peraturannya lebih rumit. Untuk ngeluarin satu pion ke arena, kamu musti ngeluarin angka 6 dulu di dadu. Terus misalnya kalo pion lawan jalan dan berenti di kotak yang ada pion kamu, berarti pion kamu musti balik kotak awal. Waktu buat main ludo ini lumayan lama dibandingin board game yang lainnya, tapi emang lebih seru sih.
5. Congklak

Nah, kalo yang ini, mungkin kamu sendiri gak kenal nih! Hayo ngaku, siapa yang gak pernah main congklak waktu kecil!

Inti dari permainan ini adalah mindahin butir-butirnya itu ke lobang yang ada di samping itu. Kamu sama lawan kamu banyak-banyakan buat menang. Setiap lobang, kecuali dua yang di samping bakal diisi 7 butir, terus kamu mulai giliran kamu dengan milih lobang mana yang mau kamu kosongin, dengan ngambil semua isinya dan masukin ke lobang-lobang sebelahnya satu persatu sesuai dengan arah jarum jam. Kalo kamu berenti di lobang yg kosong, giliran kamu berenti. Kalo ada isinya, lanjut lagi dengan ngambil semua butir di lobang itu.

Ada mainan dari masa kecil kamu yang belum dibahas disini? Tambahin di comment ya.

Trending Now
Beginilah Wajah 14 Karakter Princess Disney di Dunia Nyata

Beginilah Wajah 14 Karakter Princess Disney di Dunia Nyata

Pulsker yang suka banget sama kartun karya Disney mana nih suaranya? Kartun dari Disney emang ga ada matinya ya Pulsker, meskipun udah kuli
268,449 views 23,460 shares
10 Tingkah Kocak Orang Yang Memiliki Rasa Kepemilikan yang Tinggi

10 Tingkah Kocak Orang Yang Memiliki Rasa Kepemilikan yang Tinggi

Menjadi hal yang wajar ketika memiliki barang kesayangan, kita akan menjaga dan merawatnya sedemikian rupa agar tetap terjaga dan nggak rusa
5,093 views 745 shares
Anak Motor Wajib Tau .. Inilah 7 Kode Tangan Para Biker Saat Touring

Anak Motor Wajib Tau .. Inilah 7 Kode Tangan Para Biker Saat Touring

Motor merupakan alat transportasi roda dua yang banyak digandrungi mulai dari kelas atas sampai kelas rendah, selain mudah dijangkau ada lag
3,652 views 165 shares
Potongan Surga Dunia yang Tersembunyi dalam Deretan Wisata yang Ada Di Pulau Jawa, Eksotis Banget!

Potongan Surga Dunia yang Tersembunyi dalam Deretan Wisata yang Ada Di Pulau Jawa, Eksotis Banget!

Siapa bilang dipulau jawa tidak ada tempat wisata yang indah dan keren banget untuk dikunjungi? Banyak. Dari wisata airnya seperti dipantai
17,512 views 1,130 shares
10 Chat Belanja Online Memancing Emosi Ini Lucu Parah

10 Chat Belanja Online Memancing Emosi Ini Lucu Parah

Beberapa tahun belakang ini, belanja online memang digandrungi oleh beberapa orang karena kelebihannya, kita nggak perlu keluar rumah untuk
1,430 views 0 shares
Kontes Foto Anjing Terbaik 2018 Sudah Diumumkan, Inilah Beberapa Foto Epiknya

Kontes Foto Anjing Terbaik 2018 Sudah Diumumkan, Inilah Beberapa Foto Epiknya

Setiap tahun, National Geographic mengumumkan pemenang foto-foto terbaik dengan tema alam maupun foto hewan. Hal ini rupanya ditiru oleh The
2,774 views 167 shares
9 Artis yang Dulunya Kerempeng Kini Jadi Macho dan Berotot Bikin Kacau Hati Cewek

9 Artis yang Dulunya Kerempeng Kini Jadi Macho dan Berotot Bikin Kacau Hati Cewek

Cowok cowok ganteng selebritis Indonesia ini memang sangat menarik buat dikepoin. Tampangnya yang kece bikin kaum hawa kebat kebit nggak kar
4,587 views 380 shares
Saking Capeknya Orang-orang Ini Nggak Sadar Bertingkah Kocak Saat Tidur

Saking Capeknya Orang-orang Ini Nggak Sadar Bertingkah Kocak Saat Tidur

Sebagai manusia, sangatlah wajar jika kita semua pernah merasakan kantuk. Disaat inilah tubuh kita perlu beristirahat dengan cara tidur Puls
2,725 views 214 shares
10 Potret Driver Ojek Online Saat Beristirahat Ini Bikin Terharu

10 Potret Driver Ojek Online Saat Beristirahat Ini Bikin Terharu

Dijaman yang sudah melek teknologi ini, kehidupan kita tentu sangat terbantu. Kita bisa melakukan segala hal hanya dengan mengakses Internet
19,484 views 1,805 shares
Ternyata Ada! 12 Toilet Ini Ada Di Tepat yang Tak Pernah Terpikirkan Oleh Kamu

Ternyata Ada! 12 Toilet Ini Ada Di Tepat yang Tak Pernah Terpikirkan Oleh Kamu

Dirumah pulsker pasti ada satu ruangan atau bahkan lebih dari satu ruangan yang digunakan sebagai toilet, karena toilet adalah tempat yang s
63,110 views 3,135 shares