Apakah Warna Sesungguhnya Matahari?
Loading...
 
posted on WOW Keren
13,797 views
Apakah Warna Sesungguhnya Matahari?

Bila dilihat dengan mata telanjang, apakah warna matahari? Kuning dan jingga. Demikian mungkin jawaban mayoritas.

Pada faktanya matahari memancarkan sinar nya dalam semua warna, namun karena kuning adalah panjang gelombang yang paling terang dari matahari, maka warna kuninglah yang terlihat mata telanjang.

Jadi, sebenarnya matahari penuh warna bila diamati sesuai panjang gelombangnya masing-masing. NASA memiliki instrumen yang telah dibuat khusus untuk mengamati matahari, baik yang ada di bumi maupun yang berada di luar angkasa dapat menangkap cahaya matahari dalam berbagai panjang gelombang yang berbeda.




Panjang gelombang yang berbeda memberikan informasi tentang komponen yang berbeda-beda pula di permukaan dan di atmosfir matahari, sehingga dengan menggunakan tekhnik perbedaan panjanga gelombang ini, ilmuwan dapat mempelajari bintang kita yang selalu berubah-ubah dengan konstan setiap waktunya .

Sebagai contoh Sinar kuning kehijauan (5500 Angstroms), umumnya berasal dari material yang memiliki kisaran panasn sekitar 5.700 derajat C.

Sinar ultraviolet (94 Angstroms) berasal dari atom-atom yang panasnya mencapai 6.300.000 derajat C dan merupakan panjang gelombang yang dapat kita gunakan untuk melihat lidah api atau prominensa.

Dengan mempelajari gambar-gambar dari matahari dalam berbagai macam panjang gelombang, ilmuwan dapat mempelajari sekaligus mengenali bagaimana partikel dan panas bergerak di atmosfer matahari.

Beberapa contoh teleskop luar angkasa yang digunakan untuk mengamati matahari adalah SDO (Solar Dynamic Observatory), STEREO (Solar Terrestrial Relation Observatory) dan SOHO (ESA/NASA Solar and Heliospheric Observatory)

"Cahaya merupakan salah satu contoh gelombang elektromagnetik. Sebuah cahaya yang memancar kemudian menerangi ruangan sekitar kita pada dasar nya disebabkan akibat panjang gelombang cahaya yang dipancarkan diterima oleh mata kita. Namun pada saat panjang gelombang tidak sepanjang yang mata manusia mampu menjangkaunya, maka mata manusia tidak akan dapat melihatnya."

Teleskop matahari memberikan kita informasi tentang panjang gelombang dalam dua langkah. Instrumen tertentu yang akrab dikenal dengan spektrometer berfungsi mengamati banyak panjang gelombang secara berkesinambungan dan mampu menghitung berapa panjang gelombang dari sinar yang tersedia.

Dengan Hal ini maka dapat membantu menciptakan sebuah pemahaman gabungan tentang jarak suhu berapa yang diperlihatkan oleh material di sekeliling matahari. Spektrograf tidak menghasilkan gambar seperti pada umumnya melainkan menghasilkan grafik yang mengkategorikan jumlah dari tiap-tiap gelombang.

Instrumen yang menghasilkan gambar konvensional dari matahari dan hanya terfokus pada sinar di satu panjang gelombang tertentu, terkadang tidak dapat memberikan informasi yang relatif kuat.




Ilmuwan SDO memilih 10 panjang gelombang yang berbeda untuk diamati melalui instrumen AIA (Atmospheric Imaging Assembly). Tiap panjang gelombang secara garis besar berdasarkan satu, atau mungkin dua tipe ion. Tiap panjang gelombang telah dipilih untuk menandai bagian tertentu dari atmosfer matahari.

Mulai dari permukaan matahari ke luar, panjang gelombang yang teleskop SDO amati diukur dalam satuan Angstrom:

1. 4500: Menunjukkan permukaan matahari atau fotosfer.


2. 1700: Menunjukkan permukaan matahari, termasuk lapisan atmosfer matahari yang disebut kromosfer, yang terletak tepat di atasnya fotosfer dan dimana suhu mulai meningkat.

3. 1600: Menunjukkan campuran antara fotosfer bagian atas dan apa yang disebut sebagai daerah transisi (peralihan), sebuah daerah antara kromosfer dan bagian teratas lapisan atmosfer matahari yang disebut korona. Daerah transisi adalah daerah dimana suhu secara cepat meningkat.

4. 304: Sinar ini dipancarkan dari kromosfer dan daerah transisi.

5. 171: Panjang gelombang ini memperlihatkan atmosfer matahari atau korona, saat mereka diam. Panjang gelombang ini juga memperlihatkan lengkungan magnetik raksasa yang dikenal sebagai lingkaran korona.

6. 193: Memperlihatkan daerah yang sedikit lebih panas di korona, dan juga material lidah api yang lebih panas.

7. 211: Panjang gelombang ini memperlihatkan daerah aktif yang bermagnet dan panas di korona

8. 335: Panjang gelombang juga menunjukkan daerah aktif yang bermagnet dan panas di korona.

9. 94: Panjang gelombang ini menandai daerah di korona saat terjadi lidah api.

10. 131: Material terpanas di lidah api.

Trending Now
Bertahan dari Tahun 1962, Ternyata Doraemon Mengajari Kita Banyak Hal

Bertahan dari Tahun 1962, Ternyata Doraemon Mengajari Kita Banyak Hal

Doraemon merupakan film animasi asal Jepang. Tahukah kamu sejak kapan ada kartun animasi ini ada?   Ternyata, Doraemon pertama kali tayan
5,803 views 1,429 shares
Kumpulan Screenshot Kocak Juga Kasihan Chat Driver Ojek Online Minta Cancel

Kumpulan Screenshot Kocak Juga Kasihan Chat Driver Ojek Online Minta Cancel

Beberapa tahun terakhir, pekerjaan driver ojek online semakin diminati oleh banyak orang. Mulai dari mahasiswa hingga orang tua menekuni
8,749 views 0 shares
11 Pelajaran Penting dari BILL GATES, Orang TERKAYA di DUNIA

11 Pelajaran Penting dari BILL GATES, Orang TERKAYA di DUNIA

Semua orang pasti mengenal siapa Bill Gates. Dia adalah orang terkaya di dunia. Meskipun dikeluarkan dari universitas, itu tidak menyurutkan
49,241 views 1,865 shares
Perbedaan Nama Panggung Dengan Nama Asli 10 Seleb Ini Bakal Bikin Kaget!

Perbedaan Nama Panggung Dengan Nama Asli 10 Seleb Ini Bakal Bikin Kaget!

Nama adalah sesuatu yang melambangkan identitas seseorang. Sebuah nama biasanya diberikan orang tua sejak pertama kita lahir. Dan biasanya,
147,091 views 4,985 shares
Kasihan tapi Lucu! 10 Orang Ini Menerima Barang yang nggak Sesuai Ekspektasi Saat Belanja Online

Kasihan tapi Lucu! 10 Orang Ini Menerima Barang yang nggak Sesuai Ekspektasi Saat Belanja Online

Perkembangan teknologi memang sangat membantu kehidupan kita, salah satunya adalah kita bisa dengan mudah berbelanja secara online. Ada bany
320,294 views 20,089 shares
10 Trik Marketing Dengan Bahasa Nyeleneh Ini Kocak Banget

10 Trik Marketing Dengan Bahasa Nyeleneh Ini Kocak Banget

Setiap orang yang berjualan barang ataupun jasa, pasti ingin produk/jasanya laku dipasaran. Salah satu cara yang sering dipakai adalah promo
7,315 views 0 shares
10 Momen Sial yang Bikin Kamu Menarik Nafas Kesal

10 Momen Sial yang Bikin Kamu Menarik Nafas Kesal

Nggak ada satu orangpun di dunia ini yang ingin merasakan kesialan. Tapi yang namanya nasib emang nggak ada yang tahu. Saat kita melakukan s
20,894 views 257 shares
12 Foto Kejadian Unik Yang Ada di Tempat Parkir, Ngeselin Dah

12 Foto Kejadian Unik Yang Ada di Tempat Parkir, Ngeselin Dah

Lahan parkir semakin lama semakin sempit, padahal jumlah kendaraan sebaliknya, semakin hari semakin banyak. Tempat parkir jadi salah satu pe
23,413 views 0 shares
Bukan Karena Menyeramkan, Tapi 8 Foto Ini Akan Membuatmu Bergidik Ngeri

Bukan Karena Menyeramkan, Tapi 8 Foto Ini Akan Membuatmu Bergidik Ngeri

Pada dasarnya setiap orang itu punya fobia atau ketakutannya masing-masing pada benda yang menurut mereka mengerikan. Contohnya aja nih, ada
14,683 views 639 shares
10 Chat Driver Ojol dan Penumpang yang Jawabannya Pakai Nge-Gass

10 Chat Driver Ojol dan Penumpang yang Jawabannya Pakai Nge-Gass

Adanya ojek online memang sangat membantu kehidupan kita sehari-hari, khususnya buat kamu yang anaknya mageran banget. Mau kemana-mana bisa
117,641 views 0 shares